silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
RISNA AMINUDIN
NIM 857382048
PG PAUD UPBJJ BOGOR
Dari video ini saya mendapatkan manfaat pengajaran untuk mendukung pembelajaran yang lebih efektif lagi, saya dapat belajar lagi tentang pengembangan kognitif terhadap anak usia dini, agar pengembangan kognitif anak berkembang secara optimal. penggunaan media yang sederhana dalam pembelajaran memudah kan anak dalam memahami konsep bilangan secara kongkret, sehingga pembelajaran yang bermakna bagi anak dapat tercipta pada proses pembelajaran.
Dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan ada beberapa cara yang bisa guru upayakan terhadap anak, yaitu :
1. Guru mengenalkan konsep bilangan melalui permainan, gerak tepuk, atau lagu sebagai permulaan pembelajaran. Atau guru menyediakan lembar kerja untuk anak tentang mengenal konsep bilangan. Contohnya, menghitung benda sesuai dengan jumlah bilangannya.
2. Memberikan penguatan terhadap anak serta memberikan reward sebagai apresiasi terhadap pencapaian anak
Nur ni’ma Umriyati
NIM :857799337
Setelah melihat video ini saya dapat ide, ketika ada murid saya yang masih kesulitan dalam mengenal konsep bilangan, guru dalam video sangat kreatif dan anak anak antusias dalam memperhatikan penjelasan guru
Nur Ni’ma Umriyati
NIM : 857799337
Setelah melihat video ini, saya mendapatkan solusi ketika siswa saya ada yg kesulitan dalam membedakan konsep bilangan, guru di video sangat kreatif, strateginya bagus. Anak antusias memperhatikan guru yg sedang menjelaskan kesimpulannya dalam pembelajaran sudah baik
Nama : FEBRIYANTI
NIM : 859938605
Video pembelajarannya sangat bermanfaat bagi guru PAUD. Saya sebagai guru PAUD sangat terbantu jika ada kasus anak didik kami yang kesulitan dalam mengenal konsep bilangan. Kami bisa mempraktekkan strategi yang dilakukan dalam video tersebut. Melalui berbagai pendekatan, termasuk aktivitas bermain, lagu, dan alat peraga, untuk mengajarkan konsep tersebut. Selain itu, guru juga bisa memberikan tugas-tugas dan lembar kerja untuk meningkatkan pemahaman bilangan anak-anak, serta memberikan penghargaan positif kepada mereka yang berhasil melalui pemberian stempel bintang sebagai bentuk reward. Terima kasih
Nama : RISKA ARIANI
NIM : 858304402
Prodi : S1 PGPAUD AKPMM
UPBJJ : BANJARMASIN
Judul : ” Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Seri : Pengembangan Kognitif PAUD
Dalam Video yang saya sudah saya tonton terdapat upaya atau usaha seorang guru dalam mengatasi anak yang memiliki ksulitan dalam mengenal konsep bilangan, dan guru pun memberikan berbagai cara bagaimana anak tersebut dapat mengenal konsep bilangan.
Adapun kegiatan yang dapat menstimulasi agar anak dapat mengenal konsep bilangan seperti :
* Guru memilih atau media pembelajaran yang menyenangkan dengan menggunakan bola kecil dengan meminta anak untuk mengambil jumlah bola sesuai dengan arahan yang diberikan guru, lalu anak menghitung kembali bola yang sudah ia kumpulkan.
* Selain guru menggunakan media pembelajaran yang nyata seperti mengunakan media benda. Guru juga mengenalkan konsep bilangan dengan menyanyikan lagu anggota tubuh dengan menghitung jumlahnya.
* Guru mengajak anak dengan permainan lagu dan tepuk tangan sesuai dengan konsep bilangan dengan menyenangkan
* Memberikan lembar kerja yang memuat konsep bilangan
Seharunya seorang guru tidak langsung melakukan pembelajaran pada kegiatan inti, akan tetapi seorang guru seharusnya sebelum melakukan suatu proses pembelajaran guru melakukan evaluasi kepada anak per individu apakah mereka sudah tau atau sudah mengenal konsep bilangan. Sehingga saat proses pembelajaran berlangsung, seorang guru memberikan pertanyaan sesuai dengan kemampuan anak tersebut.
Selain itu juga seorang guru harusnya melakukan alokasi waktu pada proses pembelajaran seperti :
* Kegiatan pembukaan
* Kegiatan inti
* Kegiatan Penutup
Nama: Lutfiah Anggraini Suastika
NIM: 877319973
Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Menurut saya video tersebut bagus karena setelah video permasalahan diberikan solusi untuk mengatasi masalahnya, solusi dari video tersebut bermanfaat untuk saya terapkan dalam pembelajaran dikelas. Selain itu juga video tersebut memotivasi saya untuk lebih bersabar dalam mendidik anak-anak. Pembelajaran pada video tersebut sangat menyenangkan karena media pembelajarannya bervariasi, anak menjadi semangat belajar karena mendapat apresiasi dari guru berupa stempel bintang ditangan.
Nama: Lutfiah Anggraini Suastika
NIM: 877319973
Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Menurut saya video tersebut bagus karena setelah video permasalahan diberikan solusi untuk mengatasi masalahnya, solusi dari video tersebut bermanfaat untuk saya terapkan dalam pembelajaran dikelas. Selain itu juga video tersebut memotivasi saya untuk lebih bersabar dalam mendidik anak-anak. Pembelajaran pada video tersebut sangat menyenangkan karena media pembelajarannya bervariasi, anak menjadi semangat belajar karena mendapat apresiasi dari guru berupa stempel bintang ditangan.
Nama : Eliwidiawati
Nim : 858725304
Dalam video tersebut guru diTK mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Beberapa upaya yang dilakukan guru tersebut antara lain:
a. Mengajak anak untuk membilang dengan cara bermain lagu dan tepuk.
b. Membuat alat peraga permainan konsep bilangan dan meminta anak untuk meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut.
c. Memberikan tugas berupa lembar kerja untuk memasangkan benda sesuai lambang bilangan atau melingkari benda sesuai lambang bilangan.
d. Mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan reward kepada anak, dengan memberikan stempel bintang di tangannya.
strategi atau metode yang digunakan untuk evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit
NAMA : Dessy Wahyu Wirasti
NIM : 858948151
PRODI : S1 PGPAUD
UPBJJ UT : Jember
Dari video mengenai mengatasi permasalahan anak yang sulit mengenal konsep bilangan saya dapat mengetahui upaya apa saja yang dilakukan guru dalam mengatasi permasalahan tersebut. Upaya yang dilakukan guru dalam mengenalkan/mengajarkan tentang konsep bilangan melalui berbagai macam kegiatan bermain sangat tepat karena secara tidak langsung lewat kegiatan bermain tersebut anak sudah belajar dan anak senang dalam mengikuti kegiatan pembelajaran tanpa merasa terbebani atau merasa bosan. Kegiatan bermain yang dilakukan guru untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak sangat menarik seperti mengajak anak membilang lewat bermain dengan bola, anak mengikuti perintah guru untuk mengambil bola sesuai dengan bilangan yang disebutkan guru; membilang lewat lagu (bernyanyi); dan membilang dengan bermain tepuk; permainan konsep bilangan dengan anak diminta meletakkan sejumlah benda disesuaikan lambang bilangan tersebut. Kegiatan permainan dan lagu atau tepuk diharapkan anak lebih mudah memahami dan belajar mengenal konsep bilangan. Selain kegiatan permainan dan lagu atau tepuk guru juga memberikan tugas dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik, memberikan penguatan berupa stempel bintang pada anak yang hasil karyanya baik. Penguatan dari guru diharapkan dapat membuat anak lebih termotivasi dan merasa percaya diri dalam belajar, menurut saya penguatan tidak hanya diberikan kepada anak yang berhasil/mampu melakukan tugas dengan baik saja tetapi penguatan dan pendekatan juga perlu diberikan pada anak yang masih belum mampu melaksanakan tugas dengan baik.
Nama: Pahma wati
Nim. 856258768
Dari video tersebut dapat pembelajaran yang lebih efektif lagi, pengembangan kognitif terhadap anak usia dini pengembangan kognitif anak berkembang secara optimal penggunaan media yang sederhana dalam pembelajaran memudah kan anak dalam memahami konsep bilangan secara kongkret, sehingga pembelajaran yang bermakna bagi anak dapat tercipta pada proses pembelajaran.
Dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan ada beberapa cara yang bisa guru upayakan terhadap anak, yaitu :
1. Guru mengenalkan konsep bilangan melalui permainan, gerak tepuk, atau lagu sebagai permulaan pembelajaran. Atau guru menyediakan lembar kerja untuk anak tentang mengenal konsep bilangan. Contohnya, menghitung benda sesuai dengan jumlah bilangannya.
2. Memberikan penguatan terhadap anak serta memberikan reward sebagai apresiasi terhadap pencapaian anak