silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : Ni Ketut Deska Sri Rutami
Nim : 859015537
Judul : sulit mengenal konsep bilangan
Dari kegiatan video diatas sangat bagus dalam mengenal konsep bilangan guru pun piawai dengan menggunakan 2 tehnik bahasa untuk menarik minat anak, inspirasi sekali untuk dapat saya terapkan di lembaga saya, mengenal konsep bilangan tidak hanyaelalui berhitung namun dengan kegiatan tepuk tunggal yang dapat diikuti oleh anak dengan antusias.
Dari video di atas sudah sangat jelas sekali bahwa mengajar anak PAUD tidaklah mudah karena disini guru harus menyiapkan tehnik/strategi pembelajaran semenarik mungkin dengan beberapa alat/media yang bervariasi, sebab anak usia dini konsentrasinya cepat hilang dan mudah merasa bosan, berdasarkan video ini bisa menambah refrensi bagi para guru dalam pengenalan konsep bilangan/angka, guru dapat menerapkan beberapa tehnik dalam video ini agar anak dengan mudah dapat memahami dan mengenali konsep bilangan yang guru ajarkan
Nama : baiq ristiatullatifah
Nim : 859157429
video tersebut sangat memotifasi kita sebagai guru PAUD dalam mengembangkan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan dengan melalui permainan-permainan yang menarik dan menyenangkan yang bisa menarik perhatian anak untuk mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan, dan kita sebagai guru PAUD juga harus bisa membuat strategi pembelajaran yang menyenangkan dan membuat anak terus termotifasi dalam mengembangkan kemampuanya dalam semua aspek.
Fenomena anak sulit mengenal konsep bilangan kerap kali terjadi. Guru memerlukan keterampilan tersendiri untuk mengenalkan konsep bilangan kepada anak. Berikut adalah beberapa teknik untuk mengenalkan konsep bilangan kepada anak.
a. Sebelum memulai mengerjakan tugas pada anak, guru mengajak anak untuk membilang dengan permainan, lagu, dan tepuk.
b. Guru juga dapat memberikan tugas berupa worksheet memasangkan benda sesuai lambang bilangannya dan melingkari benda sesuai lambang bilangannya.
c. Guru dapat memberikan penguatan/reward kepada anak yang telah berhasil menyelesaikan tugas.
Judul vidio : Sulit mengenal konsep bilangan
Nama : Siti Raudah
Nim : 855895623
Dari video diatas sangat memotivasi saya dalam mengajarkan anak usia dini, dimana dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak-anak dapat dilakukan dengan permainan seperti dengan cara bernyanyi, dengan tepuk pola yang dapat membuat anak-anak untuk lebih semangat dalam mengenal konsep bilangan tersebut. Dan sebagai seorang pendidik pada anak usia dini harus memiliki strategi pembelajaran yang menyenangkan supaya peserta didik lebih semangat dalam kegiatan pembelajaran yang ada di sekolah.
dari video di atas menegaskan bahwa menajar anak tk bukanlah hal yag mudah, sebelum mulai mengajar gurunya harus menyadiakan alat, baan ajar dahulu semenarik munkin dan bervariasi agar anak tidak bosan dalam mengikuti pelajaran
Nama : Desi Rasita br Sembiring
NIM : 856049238
Judul Video : Sulit mengenal konsep bilangan
Dari video tersebut saya dapat belajar bagaimana upaya yang dapat dilakukan seorang guru untuk anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya. Artinya dibutuhkan persiapan yang matang untuk bisa mengajar anak. Terimakasih
Pada video di atas memperlihatkan kegiatan suasana anak-anak yang sedang belajar mengenal konsep bilangan. Tanggapan yang akan saya sampaikan adalah:
1. Reaksi anak-anak dalam video yakni banyak anak-anak yang sudah paham dengan materi yang dilakukan pada hari itu yakni mengenal konsep bilangan. Meskipun masih ada beberapa anak yang masih kurang fokus saat pendidik dan teman-teman yang lain melakukan kegiatan.
2. Kelemahan: guru dalam video tersebut adalah guru lebih dominan memanggil atau meminta anak yang terlihat aktif dibandingkan anak yang kurang aktif/sedikit pemalu
3. Kelebihan: Di dalam video, guru sudah mengenalkan teknik dalam mengenalkan konsep bilangan. Guru juga telah dengan baik menjelaskan langkah-langkah atau cara untuk melakukan kegiatan yang akan dilaksanakan. Pendidik dalam video juga telah nampak memberi apresiasi/reward bagi anak yang mau duduk rapi dengan memberi kesempatan untuk melakukan permainan terlebih dahulu, memberi tepuk tangan bagi yang sudah melakukan sudah melakukan kegiatan dengan baik dan benar.
4. Hal-hal unik yang saya temui di dalam video di antaranya anak-anak terlihat fokus dengan apa yang dikatakan dan dilakukan oleh guru (tidak ada yang lari kesana kemari atau berisik). Dan hampir semua anak yang Di dalam video juga tidak terlihat anak yang menangis ataupun bad mood dan tetap semangat mengerjakan.
5. Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya menurut pendapat saya adalah guru seharusnya menyampaikan terlebih dahulu tentang tema yang akan dilakukan. sehingga dapat tercapainya tujuan pembelajaran hari itu. Guru juga setidaknya dapat memanggil semua anak/meminta anak secara bergiliran dan adil sehingga anak yang sekiranya tidak mampu atau malu mampu meningkatkan pemahaman dan percaya diri
Nama : HENNI PURWASIH
NIM: 858296724
Dari,video tersebut menggambarkan bahwa metode,yang di gunakan ibu tersebut dalam,mengenalkan konsep bilangan,sangat bagus dan sangat mudah untuk di pahami anak.Dan ibu tersebut dalam membawakan materi pelajaran,sangat menarik sehingga semua anak,menjadi tertarik antusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran tersebut.
Nama