silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : Putri Hapsari
NIM : 857834234
Dari video tersebut konsep mengenal angka bisa diterapkan dengan kegiatan yang mudah seperti dengan tepuk dan lagu, karena dengan tepuk dan lagu anak biasanya mudah untuk mengingatnya, selain itu guru bisa membuat alat peraga yang kreatif dengan bentuk yang menarik dan warna warni, dengan begitu anak akan senang dan mudah untuk mengenal konsep bilangan angka. Dalam video tersebut kegiatan yang dilakukan sangat mudah untuk diterapkan di TK , dan medianya juga mudah untuk ditemukan.
NAMA : HENSI IBRAHIM
NIM858590239
Dari video tersebut konsep mengenal angka bisa diterapkan dengan kegiatan yang mudah seperti dengan tepuk dan lagu, karena dengan tepuk dan lagu anak biasanya mudah untuk mengingatnya, selain itu guru bisa membuat alat peraga yang kreatif dengan bentuk yang menarik dan warna warni, dengan begitu anak akan senang dan mudah untuk mengenal konsep bilangan angka. Dalam video tersebut kegiatan yang dilakukan sangat mudah untuk diterapkan di TK , dan medianya juga mudah untuk ditemukan.
Nama : Nia Gustini
NIM : 859153256
Dari video di atas yang dapat saya pelajari adalah tentang guru yang sedang mengajari anak tentang konsep mengenal angka bisa diterapkan dengan kegiatan yang mudah seperti dengan tepuk lagu anak biasanya mudah untuk mengingatnya. Selain itu guru bisa membuat alat peraga yang kreatif dengan bentuk yang menarik dan yang berwarna warni, dengan begitu anak akan senang dan untuk mengenal konsep bilangan angka. Dalam video tersebut kegiatan yang dilakukan sangat mudah untuk diterapkan di TK, dan medianya juga mudah untuk ditemukan.
Nama : Herlina Gambe
Nim : 858298885
Vidio yang baru saya nonton adalah mengenalkan konsep bilangan selain itu anak di kenalkan kosakata bahasa inggris. Anak dan guru bekerjasama menghitung benda yang di ambil. Guru harus lebih kreatif dalam mengenal konsep bilangan..
Nama: Erli gustina putri
Nim: 856233212
Dari vidio yang saya lihat, saya dapat mempelajari bahwa dengan bermain tepuk tangan bisa memudahkan siswa untuk mengenal angka dan mudah mengingat bilangan. Selain itu kita sebagai guru juga bisa membuat alat peraga yang menarik seperti bola warna warni di vidio tersebut. Kegiatan ini bagus di lakukan untuk anak tk dan anak kls 1 sd, sebab sekarang anak kls 1 sd masih banyak yang belum bisa berhitung.
Dalam video di atas mengenal konsep bilangan atau angka dapat diterapkan dengan kegiatan yang mudah dilakukan oleh anak-anak misalnya dengan tepuk dan lagu, anak-anak biasanya mudah untuk mengingat nya. Selain itu juga guru dapat mengenal kosakata dengan bahasa Inggris, dan guru harus kreatif dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak, dengan membuat alat peraga yang menarik dan berwarna-warni yang membuat Anak tertarik dan senang untuk mengenal konsep bilangan atau angka.
Nama : Jazilatul A’yuni
Nim : 859016736
vidio tersebut terdapat cara untuk mengenakan bilangan kepada anak. Cara-cara tersebut membuat anak menjadi lebih tertarik untuk mengenal bilangan, selain itu cara yang seru bagi anak akan membuat anak selalu ingat. Sehingga anak akan lebih cepat mengenak bilangan.
Nama : wenny rosselini
Nim : 856276963
Judul video : Sulit Mengenal konsep bilangan
Secara keseluruhan, video tentang “sulit mengenal konsep bilangan” menarik perhatian. Itu menampilkan cara untuk membuat pembelajaran konsep bilangan menarik bagi anak-anak, dengan penggunaan strategi, metode, dan evaluasi pembelajaran yang jelas. Guru menggunakan benda-benda nyata yang sesuai dengan tahap perkembangan anak-anak TK yang lebih tertarik pada hal-hal konkret. Namun, peran guru masih tampak dominan dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Nama : Sartika
NIM : 858304839
pembelajaran konsep bilangan yang berikan guru kepada anak sangat menarik dan dilakukan dengan kegiatan bermain, sehingga anak sangat antusias menunggu giliran bermain. juga disertai dengan lagu dan tepuk yang berfungsi untuk melatih motorik halus dan meningkatkan kecerdasan anak. Gerakan jari dan tubuh saat bernyanyi memberikan manfaat fingerplay lain yang tidak kalah penting. yaitu melatih sekaligus menguatkan motorik halus anak. setelah melakukan kegiatan tadi anak diberi lembar kerja dan yang terakhir guru memberikan penguatan kepada anak.
Assalamualaikum wr wb
Nama : Sipa Puziah
NIM : 856576486
Program Studi : S1 PGPAUD
UPBJJ : 17 Jambi
Judul Video yang di analisis : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
dalam video yang berjudul “Sulit Mengenal Konsep Bilangan” menjelaskan tentang cara guru memberikan solusi kepada anak didik mengenai anak yang sulit mengenal konsep bilangan. yang dimana guru memberikan solusi seperti mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk, membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut, memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya, dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya. dan menurut saya solusi yang diberikan oleh guru tersebut sangat baik karena dengan solusi seperti itu dapat membuat anak didik mudah dalam memahami konsep bilangan yang sederhana.
sekian terimakasih
wassalamualaikum wr wb