silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
bismilah
Nama : Dwinta Rehulina Bangun
NIM:856499882
gurunya sangat sabar dan kreatif agar anak bisa mengenal konsep bilangan. semoga guru-guru di sekolah kami juga selalu sabar dan lebih kreatif lagi untuk dapat mendampingi anak mencapai tujuannya.
Nama : Triasih
NIM : 859524493
Mengajarkan anak perlu menggunakan berbagai teknik yang dapat menarik perhatian anak, sehingga anak dapat belajar dengan asik dan dapat menyerap materi yang dapat disampaikan dengan lebih mudah. Dan dari video tersebut, dapat dipelajari bahwa guru tersebut sudah berusaha untuk menjadi guru yang asik dengan mempersiapkan kelas dengan baik dan kreatif.
Nama : Tuti Krisdayanti zega
Nim : 859875496
Menurut saya dalam video ini sangat bermanfaat Karna cara mengajar guru dalam video ini sangat aktif dengan konsep bilangan yang di berikan kepada siswa dengan berbagai cara yang menyenangkan, baik menggunakan tepuk, lagu dsb. Anak ikut dilibatkan & aktif dalam setiap kegiatan sehingga anak akan jauh lebih mudah dalam mengingat & memahami konsep bilangan yang diajarkan oleh guru. Jadi cara ini sangat berguna bagi kami sebagai pengajar agar mudah memahami cara mengajari anak tentang bilangan.
Nama : Lestari Ningsih
NIM : 857814565
Menurut saya, Video tersebut sangat menginspirasi para guru PAUD untuk mengenalkan konsep bilangan kepada anak.
Dengan cara bermain dan bernyanyi, anak tidak merasa jika sedang belajar mengenai konsep bilangan.
Setelah itu, anak-anak diminta kembali mengenal konsep bilangan menggunakan benda melalui lembar kerja.
Sri Lestari_859015243
Dalam video yang berjudul Sulit Mengenal Konsep Bilangan,dapat kita simak bersama bahwa dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak usia dini dapat dilakukan dengan cara sederhana dan menyenangkan.Dengan cara yang mudah dipahami oleh anak,yang diawali dengan lagu atau tepuk yang berkonsep bilangan.Dilanjutkan dengan kegiatan inti hitung sederhana dengan contoh benda nyata(hal ini baik karena anak usia dini membutuhkan media untuk dapat lebih memahami suatu pembelajaran dan bersifat pengalaman langsung),kemudian untuk mengasah kemampuan hitung anak,dapat dilatih dengan memberikan lembah kerja sederhana.
Penguatan pada anak sangat penting,karena dapat memotifasi anak untuk lebih percaya diri dalam kegiatan belajar.
Demikian tanggapan saya atas video pembelajaran tadi,terima kasih.
Assalamualaikum wr.wb
Salam sejahtera
Mohon Ijin menanggapi Vidio yang berjudul sulit mengenak konsep Bilangan.
Menurut saya vidio tersebut berisi Upaya seorang guru dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep Bilangan .Vidio tersebutkan memperlihatkan upaya guru dalam proses belajar sammbil bermain yaitu belajar berhitung menggunakan cara mengumpulkan bola sesuai angka yang disebutkan guru juga gurunya menyiapkan beberapa gambar dan meletakkan didepan papan tulis dan mengajak anak-anak berhitung bersama dan menunjukan angka yang tepat.
Cara ini sangat membantu dalam proses pengenalan konsep Bilangan Bagi AUD.
dan juga dapat menjadikan acuan untuk guru-guru yang baru belajar dalam membimbing anak usia dini.
Demikian Tanggapan saya,Mohon maaf jika ada salah kata.
Terimakasih
Wassalam,,,,
saya suka Vidionya
NAMA : LELY EVA RIKA VENY
NIM : 859655447
Assalamualiakum Wr Wb, mohon ijin untuk menanggapi video tersebut, pada video tersebut telah menunjukkan bahwa ada beberapa upaya yang diberikan guru untuk mengajari anak dalam mengenal konsep bilangan, melalui permainan menghitung bola agar kegiatan pembelajaran di kelas menyenangkan. Secara tidak langsung dalam kegiatan video tersebut, guru telah mengajarkan anak tentang konsep bilangan sehingga anak mampu mengerti akan lambang bilangan, kemudian disertai dengan menyiapkan lembar kerja untuk anak-anak sebagai bentuk pemantapan akan konsep mengenal bilangan dan pemberian stempel pada lembar kerja siswa/tangan anak sebagai bentuk motivasi dan apresiasi kepada anak.
Dalam Video ini dapat di simpulkan dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak, merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan anak-anak.
Seorang guru perlu memberikan metode pembelajaran dengan pendekatan bermain sehingga anak tidak merasa takut. Dalam memberikan reward kepada anak-anak akan membuat anak-anak merasa senang karena mereka bisa melakukan kegaiatan yang diminta oleh guru.
Video ini sangat menggambarkan kegiatan yang harus dilakukan di lembaga TK atau PAUD.
Dari vidio” sulit mengenal bilangan” ini kita dapat mengambil gambaran tentang bagaimana cara seorang guru mengenalkan bilangan kepada anak didik dengan cara yang bervariasi dan menyenangkan, Sehingga apa yang di ajarkan guru mudah melekat di ingatan anak karena cara penyampaiannya yang tidak monoton serta menyenangkan tadi.. Terimakasih atas vidio edukasi nya sangat bermanfaat tentunya bagi kami para guru PAUD.