silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Semua guru pada Guru pada jenjang Pendidikan anak usia dini memang sangat berperan dalam menumbuhkan inisiatif, dorongan serta tanggung jawab untuk pembelajaran peserta didik. Media Pembelajaran yang baik sangat diperlukan untuk mendapatkan pembelajaran yang berkualitas tinggi.
Menurut saya Kegiatan yang dilakukan oleh Ibu guru dalam video tersebut sudah tepat dan bagus dalam mengembangkan kemampuan kognitif berupa mengenalkan konsep bilangan. Kegiatan yang dilakukan juga sangat interaktif melibatkan anak secara langsung dalam pembelajaran.
Kegiatan tersebut juga sudah sesuai dengan perkembangan usia anak didik yakni belajar sambil bernyanyi, bertepuk tangan, permainan menggunakan alat peraga atau media pembelajaran yang ada disekitar kelas berupa bola dan spidol dan sebagainya. Dilanjutkan dengan mengerjakan Lembar Kerja (mencocokkan gambar dengan angka) sehingga menarik dan menyenangkan untuk anak-anak. Kemudian memberikan reward kepada anak yang berhasil mengerjakan tugas dengan benar.
Mengapa kegiatan ini saya anggap sudah tepat? Karena terbentuk keseimbangan antara pengetahuan, proses dan perilaku. Diharapkan bagi kami para pendidik, khususnya saya pribadi kegiatan seperti ini bisa diterapkan dan dipraktikkan secara konsisten, lebih variative dan berpusat pada anak serta disesuaikan dengan kebutuhan anak agar pertumbuhan dan perkembangannya dapat tercapai secara optimal.
Nama : Sabela Eka Pramudita
NIM
Nama : SABELA EKA PRAMUDITA
NIM : 858813258
Prodi : S1 PAUD
UPBJJ : Malang Pokjar Kota Kediri
Pada video pembelajaran tersebut sedang memberikan pembelajaran dengan menghitung bola warna kecil untuk dihitunhg tapi kebanyakan anak yang tidak fokus akan hal tersebut banyak yang tidak menarik dalam pembelajaran mengenal konsep bilangan dengan menghitung bola warna, guru juga bisa memberikan media agar menarik perhatian dalam mengenal konsep bilangan dengan menggunakan media stik ice cream untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada anak usia dini
Pada video diatas guru menerapkan cara bagi ank yang sulit mengenal konsep bilangan dengan bersama- sama menghitung jumlah bola secara berurutan,bermain bertepuk tangan sambil berhitung,mencocokan jumlah bola dan angka yg sdh di sediahkan
Serta bernyanyi,dari video ini dapat dilihat anak sangat aktif dan kreatif.
Pembelajaran yang dilakukan pada video diatas dimana guru menyiapkan beberapa metode bagi anak yang kesulitan mengenal konsep bilangan dengan menghitung bola,menyanyikan lagu sambil menyebutkan bilangan,meminta anak untuk mencocokan angka dan jumlah bola yang disediahkan. Dari kegiatan ini dapat dilihat anak merasa senang dan terbantu…
Upaya yang telah dilakukan guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang kesulitan mengenal konsep bilangan dengan menyiapkan beragam kegiatan, dan mengfasilitasi kegiatan anak sangat baik dan sudah sesuai dengan kemampuan yang ingin dikembangkan yaitu kemampuan kognitif anak dengan cara mengenalkan konsep bilangan dengan berbagai media, di awal kegiatan ibu guru menjelaskan terlebih dahulu kegiatan yang akan di lakukan anak, guru memberikan contoh dan memberikan kesempatan kepada anak untuk praktek langsung bermain bola sambil menghitung, membilang dengan bernyanyi dan bertepuk, memberikan tugas dan mengulas serta memberikan penguatan kepada hasil karya anak berupa pemberian stempel bintang, kegiatan yang dilakukan guru terarah dan dapat menstimulus kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan, anak lebih aktif karena kegiatan yang dilakukan bervariasi, menyenangkan dilakukan sambil bermain sehingga anak lebih mudah untuk mempelajari konsep bilangan dan dapat memecahkan masalah sehingga kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan dapat berkembang dengan optimal.
Nama : Yulianti Frencita Pitoy
Nim : 859950372
UPBJJ : UT Manado
Judul : Sulit Mengenal konsep bilangan
Upaya yang telah dilakukan guru untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak yang masih kesulitan mengenal konsep bilangan sangat baik dan bagus dan sudah sesuai dengan kemampuan yang ingin dicapai, karena guru mengfasilitsi kegiatan anak dengan menyiapkan beragam kegiatan yang bervariasi dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik sehingga selama proses pembelajaran anak aktif dan dapat memecahkan masalah, kegiatan awal guru menjelaskan terlebih dahulu dan memberikan contoh sehingga memudahkan anak untuk mengenal konsep bilangan dengan bermain bola sambil mengitung, dan memberikan kesempatan kepada anak untuk praktek langsung, guru mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk, memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya. kegiatan yang dilakukan guru dari awal sampai akhir sudah tepat untuk mengembangkan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan sehinggga kemampuan anak dapat berkembang dengan optimal.
Judul video: Anak sulit mengenal konsep bilangan
Nama guru: Ibu Santi
Secara umum, tayangan dalam video tersebut sangat menarik. Dalam video tersebut strategi serta metode yang digunakan guru dalam mengenalkan konsep bilangan sudah terlihat jelas serta guru menggunakan media yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Guru juga memberikan penghargaan kepada anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan anak. Tetapi dalam video tersebut terlihat guru lebih dominan dalam kegiatan pembelajaran.
Nama : Sugeharti
NIM : 857929141
Pada vidio tersebut diatas tentang pengenalan konsep bilangan pada anak usia dini.
Ada beberapa yang dapat disimpulkan dari kegiatan ini diantaranya:
1. Model kegiatan yang diterapkan menggunakan pembelajaran kelompok dengan kegiatan pengaman dan posisi anak duduk membentuk lingkaran.
2. Penataan ruangan cukup baik dengan posisi ruangan yang luas dan tertata rapi dan terdapat kursi, meja anak dan peralatan main yang terlatak di rak,
karpet, papan tulis yang posisinya disesuaikan dengan tinggi badan anak.
3. Kegiatan yang dilakukan anak adalah mengenal bilangan dengan kegiatan yang dilakukan menghitung bola sesuai jumlahnya. Pada kegiatan ini ada anak
yang sudah mengerti tentang bilangan dan ada anak yang belum mengerti bilangan. Hal yang dilakukan pendidik untuk mengatasi masalah ini dengan
menggunakan strategi pembelajaran melalui metode bernyanyi, bertepuk tangan dengan menyebut angka, menghitung benda, menuliskan jumlah sesuai
gambar.
4. APE yang digunakan untuk kegiatan ini menggunakan bola, keranjang, alat dan bahan yang digunakan seperti kertas, spidol, papan tulis dan cap stempel
bintang.
5. Pengelompokan anak pada kegiatan ini sudah baik dengan mengajak anak untuk duduk membentuk lingkaran. Untuk usia kelompok 3-4 tahun.
6. Asesmen yang digunakan pada kegiatan ini menggunakan observasi, penugasan proyek, praktek langsung, cheklis, anekdot, penilaian harian, mingguan
dan semester.
7. Referensi https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/02/06/sulit-mengenal-konsep-bilangan
Vidio ini menjelaskan tentang anak yg sulit mengenal konsep bilangan pada saat penugasan mengambil bola, untuk stimulasi yg digunakan dalam mengenalkan anak pada konsep bilangan adalah melalui penugasan anak yg diawali dengan bertepuk, permainan, bernyanyi, kemudian dapat juga dilakukan dengan penyediaan lembar kerja menjodohkan benda sesuai dengan lambang bilangannya, melingkari benda sesuai lambang bilangannya, memberikan penguatan pada anak yg berhasil mengambil spidol dengan benar dan memberi anak stempel bintang di tangannya.Selain itu kita juga dapat menggunakan benda lain seperti batu kerikil, jagung, tutup botol dan daun yang ada di sekitar dengan kartu angka yg kita buat kita jika tidak menggunakan LKA.