silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
NAMA : SERLYNDA JUNITA SARI
NIM : 858558071
Berdasarkan video pembelajaran di atas, saya melihat bahwa guru telah melaksanakan pembelajaran dengan baik. Guru menata anak-anak dengan posisi duduk melingkar agar anak-anak dapat fokus pada penjelasannya. Guru juga menjelaskan terlebih dahulu aturan kegiatan yang akan dilakukan anak-anak. Dalam upaya mengenalkan konsep bilangan, guru menggunakan media bola dan meminta beberapa anak untuk mencoba menghitung bola sesuai angka yang disebut oleh guru. Selain itu guru juga memberikan inovasi mengenal konsep bilangan melalui kegiatan tepuk angka dan bernyanyi lagu dua mata saya. Untuk lebih menguatkan pemahaman anak-anak mengenai konsep bilangan, guru memberikan lembar kerja berupa gambar yang harus dihitung lalu melingkari angka yang sesuai dengan jumlah gambar. Hanya saja menurut saya setelah guru menjelaskan aturan kegiatan yang akan dilakukan, guru dapat memberi contoh terlebih dahulu agar anak-anak memiliki pemahaman terhadap konsep bilangan dengan baik.
NAMA : SERLYNDA JUNITA SARI
NIM : 858558071
Berdasarkan video pembelajaran di atas, saya melihat bahwa guru telah melaksanakan pembelajaran dengan baik. Guru menata anak-anak dengan posisi duduk melingkar agar dapat fokus pada penjelasannya. Guru juga terlebih dahulu menjelaskan aturan kegiatan yang akan dilakukan anak-anak. Dalam upaya mengenalkan konsep bilangan, guru menggunakan media bola dan meminta beberapa anak menghitung bola sesuai angka yang disebut oleh guru. Selain itu guru juga berinovasi mengenalkan konsep bilangan dengan mengajak anak-anak tepuk angka dan bernyanyi lagu dua mata saya. Untuk lebih menguatkan pemahaman anak terhadap konsep bilangan, guru memberikan lembar kerja berupa gambar yang harus dihitung dan melingkari angka yang sesuai dengan jumlah benda. Hanya saja menurut saya setelah guru menjelaskan aturan kegiatan yang akan dilakukan anak, guru dapat memberikan contoh terlebih dahulu agar anak memiliki gambaran dan pemahaman yang baik terhadap konsep bilangan.
NAMA : LESTARIA BR MALAU
NIM : 859898107
Terima kasih Bu atas videonya untuk mengatasi anak sulit mengenal konsep bilangan yang mana sangat menambah pengetahuan atau ilmu buat saya pendidik anak usia dini.
Dalam video yang berjudul Sulit Mengenal Konsep Bilangan,
Sebelum pada kegiatan inti mengenal konsep bilangan, guru mengajak anak untuk membilang melalui bermain lagu maupun tepuk, dalam kegiatan membilang guru menggunakan berbagai metode permainan yang mudah dipahami oleh anak. Dilanjutkan dengan kegiatan inti hitung sederhana dengan contoh benda nyata(hal ini baik karena anak usia dini membutuhkan media untuk dapat lebih memahami suatu pembelajaran dan bersifat pengalaman langsung),kemudian untuk mengasah kemampuan hitung anak,dapat dilatih dengan memberikan lembah kerja sederhana.
Penguatan pada anak sangat penting,karena dapat memotifasi anak untuk lebih percaya diri dalam kegiatan belajar. Saya berpendapat Guru sudah cukup kreatif dalam upaya mengenalkan kosep bilangan pada anak.
Demikian tanggapan saya atas video pembelajaran tadi,terima kasih.
Ari Suyatmi
NIM: 859520156
Upaya yang dilakukan oleh guru Taman Kanak-Kanak dalam mengatasi anak-anak yang sulit mengenal konsep bilangan sangat efektif dan inovatif. Menggunakan Permainan dan Lagu. Metode ini sangat menyenangkan dan interaktif, sehingga anak-anak lebih mudah memahami konsep bilangan. Musik dan gerakan tubuh dapat membantu memori anak-anak lebih kuat.
Membuat Alat Peraga Permainan Konsep Bilangan. Alat peraga visual dapat membantu anak-anak memvisualisasikan konsep bilangan secara langsung. Ini dapat memudahkan pemahaman karena anak-anak dapat melihat hubungan antara lambang bilangan dan jumlah objek.
Memberikan Tugas Lembar Kerja Memasangkan Benda Sesuai Lambang Bilangannya atau Melingkarinya. Aktivitas ini memfasilitasi anak-anak untuk berpraktik dan memastikan pemahaman konsep bilangan secara mandiri. Guru juga dapat memberikan umpan balik langsung kepada setiap anak.
Mengulas Hasil Karya Anak yang Paling Baik dan Memberikan Penguatan. Mengulas hasil karya baik dapat meningkatkan motivasi anak-anak untuk belajar lebih keras. Stempel bintang sebagai reward juga dapat meningkatkan self-esteem mereka.
Secara keseluruhan, upaya yang dilakukan oleh guru tersebut sangat komprehensif dan fleksibel. Metode-metodenya dapat disesuaikan dengan kebutuhan individual anak-anak, sehingga meningkatkan efektivitas pembelajaran konsep bilangan. Penting bagi guru untuk terus memantau progres anak-anak dan melakukan adaptasi yang diperlukan untuk memastikan semua anak dapat mencapai tujuan akademis mereka.
yusdyana novitasari 877325178
setelah melihat vidio diatas dengan judul ” sulit mengenal konsep bilangan” menurut pendapat saya guru sudah menggunakan metode pembelajaran sangat tepat untuk meningkatkan kemampuan koqnitif pada anak. dalam vidio tersebut kegiatan dibuka dengan gerak lagu yang berhungan dengan tema dalam pembelajaran. guru mempersiapkan semua dengan sangat matang baik dalam penataan kelas hingga media yang akan digunakan sehingga guru akan menguasai pembelajaran yang diberikan sehingga anak juga tertarik untuk mengikuti setiap kegiatan. guru juga tidak lupa memberikan apresiasinya terhadap anak berupa stempel bintang sehingga anak menjadi semangat untuk belajar di ke esokan hari.
nama anita
Nim 857199151
Prodi s1 pg paud
Assalamualaikum
Menanggapi vidio diatas tadi, menurut saya guru nya sudah melakukan pembelajaran dengan baik, interaksi guru dan siswa sangat baik, penyampaian materi tersampaikan sangat menarik.
Nama
Nama : YURIA NOVA MUSLIMAH
NIM : 858157315
Menurut saya video tersebut sudah baik. Dimana dalam video tersebut menggambarkan tantangan seorang guru TK dalam membantu anak yang kesulitan memahami konsep bilangan. Dalam video ini, guru menerapkan metode pembelajaran interaktif yang menyenangkan seperti permainan dan lagu-lagu untuk mengenalkan angka. Selain itu, alat peraga juga digunakan untuk membuat anak lebih mudah memahami hubungan antara angka dan jumlah benda. Pendekatan yang ditampilkan menunjukkan bahwa konsep bilangan dapat diajarkan melalui pengalaman konkret, dengan melibatkan anak secara langsung dalam kegiatan fisik, seperti menghitung benda atau menggunakan tangan mereka untuk menggerakkan objek yang sesuai dengan jumlah yang diajarkan. Hal ini penting karena anak usia dini sering kesulitan memahami konsep abstrak, sehingga metode yang mengandalkan penglihatan dan sentuhan menjadi efektif. Selain itu, guru dalam video tersebut juga menggunakan pengulangan dan pemberian reward untuk memperkuat pembelajaran, memastikan anak mendapatkan pemahaman yang lebih baik secara bertahap.
Nama :Ani Nuraini Rahmah
Nim. : 857446821
Seri Pembelajaran Kognitif PAUD
Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Bismillah ijin komentar ,,,,
Dalam video tersebut, anak terlihat antusias mengikuti pembelajaran yang dilakukan guru, namun terlihat beberapa anak kurang semangat dan ekspresif. Tetapi secara keseluruhan, anak senang dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, terlihat pada saat mengerjakan tugas yang diberikan, anak mengerjakan sesuai arahan guru dan mengerjakan secara tuntas.
Menurut saya, kelemahan guru dalam video tersebut adalah dalam hal menyiapkan media. Pada saat anak mengambil bola, guru tidak menyediakan wadah untuk anak menaruh bola, karena ketika anak mengambil bola dengan jumlah yang cukup banyak, kemudian dia memberikan ke guru, dan kembali lagi ke wadah tempat mengambil bola, maka fokus anak akan terpecah, yang dapat menyebabkan anak lupa jumlah bola yang telah dibawa nya.
Selain itu, media konkrit yang digunakan terlihat sedikit, akan lebih baik guru mengajak anak menghitung media konkrit yang ada di sekitarnya, kemudian menunjukkan lambang bilangan nya.
Menurut saya, kelebihan guru yang ada dalam video tersebut adalah cara guru mengenalkan angka kepada anak. Metode yang digunakan guru sudah tepat, yaitu dengan mengajak anak bertepuk dan bernyanyi, dan mengajak anak berhitung dengan benda konkrit, di dukung dengan tugas yang diberikan oleh guru terkait dengan jumlah gambar dan lambang bilangan nya.
Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut adalah guru memberikan reward kepada anak berupa stempel bintang di tangan anak.
Dalam video tersebut, guru sudah berinteraksi dengan anak dan mengajar anak dengan baik. Namun, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran , menurut saya salah satu nya adalah penggunaan dan pengembangan media pembelajaran yang digunakan, juga kegiatan anak yang bervariasi dan mengembangkan 6 aspek pada anak.