silahkan klik iconย ย jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian padaย anak ย .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama: Lilih Suliah
Nim : 857489806
Setelah melihat vidio ini bagi saya bertmbah pengalaman khususnya untuk diterapkan dalam kwgitn pembelajaran di kels terutama anak yang lambat perkembangan kognitifnya.
Nama : Evie Suyanto putri
NIM : 877308379
Menurut saya pada saat melihat video pembelajaran yang ditampilkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan sudah terencana dengan baik, anak anak dapat terkondisi dan penataan ruang kelas juga baik, kegiatan pembelajaran yang berlangsung menunjukkan kemampuan guru dalam mengelola kelas sudah baik dan
Anak- anak diberikan penjelasan mengenai pembelajaran yang dilakukan sebelum anak anak diberikan tugas dalam mengenal lambang bilangan, ada beberapa anak yang belum paham dan guru mengamati/ mengobservasi mengapa ada anak yang belum paham untuk di cari solusi terhadap anak tersebut. Dan untuk anak anak yang berhasil guru memberikan penguatan berupa reward stempel kepada anak yang membuat anak merasa senang karena merasa di hargai hasil dari pekerjaannya tersebut. Dan juga melakukan refleksi di Tengah Tengah kegiatan agar anak tidak merasa bosan dengan pembelajaran yang di lakukan.
Nama: Lilih Suliah
Nim : 857489806
Setelah melihat vidio ini bagi saya bertmbah pengalaman khususnya untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran di kels terutama anak yang lambat perkembangan kognitifnya.
Setelah saya melihat video tersebut sedikit saya bisa pahami,dan bisa saya terapkan langsung disekolah saya mengajar,agar anak lebih paham tentang bilangan konsep yang anak kurang bisa pahami.
Nama : Benedikta Olga Benga
Nim: 859269665
Seri perkembangan yang saya nonton yaitu seri perkembangan Mengatasi Masalah Perkembangan kemampuan Kognitif Anak Usia Dini
dengan Judul Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Setelah saya menonton video tersebut ,,,dalam setting lingkungan sudah bagus ,ibu guru dan anak duduk bentuk lingkaran ,dari cara duduk seperti ibu dapat mempermudah guru untuk mengontrol anak-anak dan anak-anak dapat melihat dengan jelas ketika ibu guru menjelaskan. kegiatan-kegiatan yang digunakan ibu-ibu guru sudah sesuai dengan aspek yang ingin di kembangkan yaitu pengembanan aspek kognitif. ibu guru begitu kreatif dalam berbagai cara untuk mengenalkan konsep bilangan kepada anak-anak seperti ibu guru mengenalkan bilangan dengan cara anak-anak mengambil bola sesuai dengan jumlah angka yang disebutnya, ibu guru mengenalkan bilangan denga beryanyi “lagu Dua Mata Saya” ibu guru mengajak anak untuk melakukan tepuk tangan sesuai dengan angka yang ibu guru sebutkan.Setelah itu ibu guru membagi lembaran kerja yaitu kegiatannya melingkari angka sesuai dengan jumlah benda.
mksi…
Nama: Ghoida Syafiq Amalia
NIM : 859148064
Ada banyak cara untuk membuat anak mengenal konsep bilangan. bertepuk, bernyanyi bahkan bermain. setelah menonton vidio ini saya mempunyai bebebrapa ide untuk di terapkan di kelas terutama untuk anak yang belum terlalu paham konsep bilangan
FIRDA SUKIMAN
NIM 859422541
Menurut saya, upaya yang dilakukan guru sudah sangat efektif untuk mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Melalui kegiatan permainan dan lagu, anak dapat mengingat konsep bilangan, dan merangsang minat anak, biasanya anak menyukai kegiatan yang menyenangkan seperti ini. Alat peraga dan pemberian tugas juga merupakan strategi yang sangat baik karena anak dapat melihat dan merasakan jumlah secara langsung. Selain itu pemberian penguatan dan mengulas kembali hasil karya anak juga penting untuk membangun rasa percaya diri anak sehingga anak terdorong untuk terus belajar dan berusaha. Dengan kombinasi metode seperti yang dilakukan pada video dapat menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan mendukung. Pendekatan ini tidak hanya membantu anak memahami konsep bilangan tetapi juga merangsang perkembangan sosial dan emosionalnya.
Video yang menceritakan tentang kegiatan belajar mengajar di kelompok TK ini menceritakan upaya Guru dalam mengenalkan konsep bilangan untuk anak usia dini. Pengenalan bilangan sebaiknya dilakukan dengan bermain karena kegiatan ini melibatkan pemikiran menghitung, membilang, menghubungkan benda dengan angka, serta membandingkan. Seperti permainan yang tampak di video yaitu bermain bola, tepuk, lagu, dan Lembar Kerja. Pengenalan bilangan penting dilakukan sejak dini guna membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak agar memiliki kesiapan untuk memasuki pendidikan lebih lanjut.
a. Cara menyampaikan materi : Guru cukup bagus dalam menyampaikan materi diawali penjelasan juga diselingi dengan bernyanyi dan tepuk juga menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan hari itu,
Materi membilang sebaiknya dikaitkan dengan keseharian dan lingkungan yang terdekat pada anak, misal jumlah anggota tubuh, kancing baju yang dipakai anak, jumlah teman , jumlah anak tangga di sekolah dan masih banyak lainnya.
b. Alat dan bahan : Bahan yang dipakai dalam pengenalan bilangan banyak teknik yang dapat dilakukan. Namun tidak harus selalu menggunakan LK atau kertas lembar kerja. Dapat melalui permainan-permainan yang menarik dan variatif lainnya.
c. Recolling : Pada akhir pembelajaran, diperlukan recolling atau riview kegiatan guna mengetahui sejauh mana anak-anak memahami pembelajaran yang disampaikan guru. Dan mengidentifikasi kegiatan lanjutan yang diinginkan oleh anak, serta refleksi kepuasan anak terhadap materi hari itu.
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Nama : SAFIANI
Nim : 859146917
1. Antusias anak-anak terhadap kegiatan pembelajaran sangatlah memuaskan karena semua anak yang hadir dalam kelas sangat senang dan gembira dalam mengikuti pembelajaran, anak-anak aktif menjawab dan berinteraksi ketika guru memberikan pertanyaan.
2. Kelemahan guru sebelum kegiatan menghitung bola guru tidak mengenalkan angka 1 โ 10 kepada anak sehingga ada anak yang belum bisa menyelesaikan tugas diperintahkan guru yaitu menghitung jumlah bola dengan sempurna, dan guru memberikan perintah kata cukup kepada anak yang ambil bola padahal anak belum selesai mengambil bola sehingga dia salah jumlah yang harus nya 7 bola menjadi 6 bola saja yang di ambil.
3. Kelebihan yang dimiliki oleh guru adalah guru selalu memberikan semangat dan reward kepada anak yang mampu menyelesaikan tugas dengan baik, dan guru tetap memberikan semangat kepada anak yang belum mampu mengenal angka dan lambang nya. Selain itu sebelum memberikan tugas menebalkan atau melingkari angka guru menjelaskan terlalu dahulu caranya.
4. Hal unik yang saya temukan dalam video pembelajaran diatas adalah pada saat guru mengenalkan angka dengan teknik bernyanyi dimana dengan benyanyi anak terlihat dapat lebih mudah mengenal angka dan lebih menyenangkan sehingga meningkatkan semangat belajar anak .
5. Upaya yang saya usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran tersebut adalah :
a. Guru hendaknya mengenalkan angka 1-10 kepada anak sebelum bermain mengambil bola sesuai angka.
b. Guru harus pandai menyiapkan APE pendukung kegiatan pembelajaran yang hendak dikembangkan nya di kelas
c. Membuat berbagai macam permainan mengenal angka yang lebih menyenangkan.
d. Di akhir pembelajaran harus di selipkan recalling pesan-pesan yang bermanfaat
Sekian tanggapan saya untuk Vidio pembelajaran Anak yang sulit mengenal konsep angka , terimakasih ๐๐
NAMA : HINDUN
NIM : 859681009
UPBJJ : SURABAYA
Upaya yang dilakukan guru Dalam video tersebut untuk mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan sangat baik dan terencana. Yaitu dengan Pendekatan Bermain guru Mengajak anak untuk membilang melalui permainan dan lagu adalah cara yang efektif. Metode ini tidak hanya menyenangkan tetapi juga membuat pembelajaran terasa alami dan tidak membebani anak. Aktivitas seperti tepuk tangan sambil menghitung juga dapat membantu anak mengingat angka dengan cara yang menyenangkan. Dan penggunaan Alat Peraga untuk permainan konsep bilangan dapat membantu anak lebih memahami hubungan antara angka dan jumlah. Kegiatan meletakkan benda sesuai lambang bilangan juga memberikan pengalaman langsung yang memperkuat pemahaman anak. Guru juga Memberikan tugas berupa lembar kerja untuk memasangkan atau melingkari benda sesuai lambang bilangan adalah cara yang tepat untuk memperkuat konsep yang telah diajarkan. Ini memungkinkan anak untuk berlatih secara mandiri, dan guru juga memberikan penguatan dan penghargaan, seperti memberi stempel bintang, hal ini sangat penting dalam membangun motivasi dan percaya diri anak dan juga mendorong anak untuk terus berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.
Jadi menurut saya metode yang digunakan oleh guru ini sangat mendukung perkembangan anak secara menyeluruh. Dengan menggabungkan berbagai pendekatan, guru tidak hanya membantu anak mengenal konsep bilangan, tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang positif dan menyenangkan. Ini penting untuk membangun fondasi yang kuat dalam pembelajaran matematika di masa depan.