silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : Fransiska Hulo
Nim : 858393154
pada ilustrasi vidio diatas adalah konsep mengenal bilangan
1. guru mengajak anak membilang dengan menyanyikan lagu bilangan
2. dapat juga memberikan tugas lembar kerja berupa lambang bilangan sesuai gambarnya
3. guru dapat memberikan penguatan bagi anak yang telah berhasil mengambil spidol sejumlah yang diminta gurunya.
Assalamualaikum wr. wb.
Nama: Yulistyati
NIM: 859523517
Ijin memberi komentar pada video di atas.
Jika di lihat kemungkinan kelompok usia mereka adalah 4-5 tahun. Cara pengajaran guru dalam video tersebut sudah baik, namun bisa ditingkatkan lagi.
1. Penggunaan bahasa pengantar harus lebih konsisten, Inggris atau bahasa Indonesia. Karena anak belajar dari konsistensi.
2.Sudah baik mengenalkan angka dengan permainan, namun lebih baik lagi jika urutan permainan lebih terstruktur.
– Pertama: Guru memberi arahan singkat tata cara permainan sambil memberi contoh aturannya.
– Kedua: Guru meminta anak secara untuk secara mandiri melakukan permainan ambil bola. Karena sifatnya mandiri, maka diperlukan alat bantu seperti kartu bergambar jumlah bola atau kartu bertuliskan angka. Lakukan berulang sampai anak-anak paham konsepnya.
– Ketiga: Kegiatan selanjutnya anak-anak diminta mengerjakan lembar kerja, atau melakukan kegiatan serupa di sentra (learning center). Dengan bermacam permainan yang bertujuan atau berkonsep sama (purposed playing)
3. Jika mereka sudah dapat mengerjakan dengan mandiri, barulah guru dapat memberikan lembar kerja atau buku cetak matematika. Namun jika anak belum mengerti, tahapan diatas diulangi lagi.
Demikian terimakasih
Nama : Eka Sholihat
NIM : 857513836
Dalam video tersebut anak-anak diajarkan konsep bilangan melalui permainan bola, tepuk-tepukan, serta dengan nyanyian.
Assalamuallaikum wr.wb
NAMA : DEFI RATNASARI
NIM : 856854082
Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Menurut saya, cara untuk Mengenal Konsep Bilangan banyak cara yang bisa kita lakukan.Dalam video Mengenal Konsep Bilangan yang saya tonton disitu guru mengajarkan anak dengan menggunakan media yang pertama yaitu bola,dimana guru menyuruh anak untuk mengambil bola secara bergantian dengan jumlah yang ditentuka guru dan kemudian dihitung kembali secara bersama-sama,yang kedua guru mengajak anak untuk menyanyikan lagu yang menentukan jumlah bilangan,yang ketiga guru mengajak anak untuk menghitung jumlah gambar yang ada secara bersama-sama dan menebali sebuah angka pada gambar. Konsep bilangan merupakan kegiatan yang melibatkan pemikiran menghitung, membilang, menghubungkan benda dengan angka, serta membandingkan.
Terimakasih
Nama : Ani Nurhidayati, SE ( 858539215) Prodi : PGPAUD UPBJJ Kota Semarang.
Mohon ijin memberikan analisis terkait video tersebut.
Pada video tersebut menampilkan bagaimana guru memberikan stimulasi dalam mengenal konsep bilangan kepada anak khususnya yang belum memahami konsepnya. Memang satu hal yang mendasar dalam mengajarkan dan menstimulasi anak usia dini agar anak mengerti dan paham untuk mengenal konsep bilanganl harus dengan cara bermain yang menyenangkan. Bermain yang bermakna . Bernyanyi dan tepuk merupakan Variasi kegiatan yang menyenangkan dan mudah diingat anak.
Ragam kegiatannya dalam video untuk menstimulasi perkembangan kognitif anak cukup baik. Dapat sebagai referensi bagi guru khususnya guru baru yang baru pertama mengajar di PAUD.
Diharapkan ada video – video baru lagi yang dapat menambah referensi bagi guru-guru PAUD.
Nunung Nurhasanah says:
Nama : Nunung Nurhasanah
NIM : 877667838
Dalam video pembelajaran yang saya tonton terdapat kegiatan pengenalan konsep bilangan yang di aplikasikan dengan beberapa alat pembelajaran. Dalam video tersebut guru sudah merancang pembelajaran dengan rapih dan anak juga mengikutinya dengan tertib. Kegiatan yang diterapkan pertama kali dalam video tersebut guru menerangkan bagaimana cara atau aturan permainannya supaya anak tidak bingung dan dapat mengikuti dengan benar kegiatan mengenal konsep bilangan tersebut. Kemudian guru juga memanggil satu persatu anak yang akan mengikuti kegiatan dan mengoreksi ketika anak melakukan kesalahan ataupun memberi apresiasi ketika anak melakukan dengan benar. Dalam kegiatan di video juga di selipkan nyanyian ataupun berupa tepuk-tepuk yang bersangkutan dengan pembelajaran yang akan di lakukan yaitu mengenal konsep bilangan. Dalam video juga guru memberikan lembar kerja kepada anak berupa melingkari angka sesuai dengan gambar yang ada. Dan guru juga memberikan apresiasi berupa stempel bintang ketika mereka mengerjakan sesuai dengan perintah dari guru.
Upaya yang dilakukan oleh guru Taman Kanak-Kanak dalam mengatasi anak-anak yang sulit mengenal konsep bilangan sangat efektif dan inovatif. Menggunakan Permainan dan Lagu. Metode ini sangat menyenangkan dan interaktif, sehingga anak-anak lebih mudah memahami konsep bilangan. Musik dan gerakan tubuh dapat membantu memori anak-anak lebih kuat. Membuat Alat Peraga Permainan Konsep Bilangan. Alat peraga visual dapat membantu anak-anak memvisualisasikan konsep bilangan secara langsung. Ini dapat memudahkan pemahaman karena anak-anak dapat melihat hubungan antara lambang bilangan dan jumlah objek. Memberikan Tugas Lembar Kerja Memasangkan Benda Sesuai Lambang Bilangannya atau Melingkarinya. Aktivitas ini memfasilitasi anak-anak untuk berpraktik dan memastikan pemahaman konsep bilangan secara mandiri. Guru juga dapat memberikan umpan balik langsung kepada setiap anak. Mengulas Hasil Karya Anak yang Paling Baik dan Memberikan Penguatan. Mengulas hasil karya baik dapat meningkatkan motivasi anak-anak untuk belajar lebih keras. Stempel bintang sebagai reward juga dapat meningkatkan self-esteem mereka. Secara keseluruhan, upaya yang dilakukan oleh guru tersebut sangat komprehensif dan fleksibel. Metode-metodenya dapat disesuaikan dengan kebutuhan individual anak-anak, sehingga meningkatkan efektivitas pembelajaran konsep bilangan. Penting bagi guru untuk terus memantau progres anak-anak dan melakukan adaptasi yang diperlukan untuk memastikan semua anak dapat mencapai tujuan akademis mereka.
Nama: Selvi Yunita
NIM: 859944243
Setelah menonton video tadi dapat disampaikan bahwa:
1. Sebelum memulai mengerjakan tugas, guru memantik anak dengan lagu, gerak dan tepuk yang berhubungan dengan konsep bilangan. Bisa juga dengan menghitung gambar lalu menghubungkan dengan angka yang sesuai
2.Memberikan apresiasi kepada anak yang melakukan dengan benar apa yang diminta dan mengarahkan anak yang belum melakukan dengan benar apa yang diminta agar melengkapi sehingga benar
3. Kondisi anak yang semangat dan antusias ketika pembelajaran
4. Guru menggunakan media konkret seperti bola yang dapat dipegang dan dihitung langsung oleh anak
5. Pembelajaran masih berpusat kepada guru, karena guru lebih banyak mencontohkan. alangkah baiknya ketika menghitung bola anak yang melakukannya menghitung sendiri. Dan ketika menjelaskan bagaimana mengerjakan lk, guru meminta salah seorang anak untuk maju dan menghitung gambar yang ada lalu melingkari angka yang sesuai.
Sekian tanggapan dari saya, mohon maaf apabila masih banyak kekurangan.
Nama: Selvi Yunita
NIM: 859944243
Setelah menonton video tadi dapat disampaikan bahwa:
1. Sebelum memulai mengerjakan tugas, guru memantik anak dengan lagu, gerak dan tepuk yang berhubungan dengan konsep bilangan. Bisa juga dengan menghitung gambar lalu menghubungkan dengan angka yang sesuai
2.Memberikan penghargaan kepada anak yang melakukan dengan benar apa yang diminta dan mengarahkan anak yang belum melakukan dengan benar apa yang diminta agar melengkapi sehingga benar
3. Guru menggunakan media yang nyata seperti bola yang dapat dipegang dan dihitung langsung oleh anak
4. Pembelajaran masih berpusat kepada guru, karena guru lebih banyak mencontohkan. alangkah baiknya ketika menghitung bola anak yang melakukannya menghitung sendiri. Dan ketika menjelaskan bagaimana mengerjakan lk, guru meminta salah seorang anak untuk maju dan menghitung gambar yang ada lalu melingkari angka yang sesuai.
Sekian tanggapan dari saya, mohon maaf apabila masih banyak kekurangan.
Menurut saya video ini sangat bagus dan bermanfaat sekali, karena membantu anak untuk mengenal lambang bilangan dengan mudah. Kami menjadi tahu bagaimana cara mengajarkan anak berhitung dengan penuh kesabaran dan membutuhkan keahlian tanpa anak merasa bosan dengan menyanyi, bertepuk tangan, memperlihatkan gambar dan pemberian reward.