silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : Nurul Eviana
NIM : 855795563
Menanggapi Video : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Refleksi mengenai analisis kesulitan anak usia dini dalam mengenal konsep bilangan memberikan wawasan yang berharga tentang faktor-faktor yang memengaruhi pemahaman matematika dasar. Berikut adalah beberapa poin penting yang dapat diambil dari analisis tersebut:
1. Peran Lingkungan dalam Pembelajaran Bilangan
Lingkungan di sekitar anak sangat memengaruhi pemahaman mereka terhadap bilangan. Anak-anak yang tidak terpapar pada aktivitas yang melibatkan bilangan dalam kehidupan sehari-hari mungkin kesulitan untuk memahami konsep ini. Refleksi ini menekankan pentingnya menciptakan lingkungan yang kaya dengan pengalaman numerik, seperti menggunakan permainan yang melibatkan menghitung atau mengukur.
2. Pengaruh Perkembangan Kognitif
Kemampuan kognitif anak berperan besar dalam memahami bilangan. Anak usia dini berada dalam fase perkembangan yang berbeda, dan pemahaman mereka tentang konsep abstrak seperti bilangan masih dalam tahap awal. Memahami tahap perkembangan ini dapat membantu pendidik dan orang tua dalam merancang kegiatan yang sesuai dan tidak membebani anak.
3. Keterkaitan dengan Kemampuan Bahasa
Keterampilan bahasa juga berhubungan erat dengan kemampuan mengenal bilangan. Anak yang belum memiliki kosakata yang memadai mungkin kesulitan dalam mengungkapkan dan memahami konsep numerik. Mengintegrasikan aktivitas yang merangsang perkembangan bahasa, sambil mengenalkan bilangan, dapat memperkuat pemahaman anak.
4. Pentingnya Metode Pembelajaran yang Menarik
Metode pengajaran yang monoton dan kurang interaktif dapat membuat anak kehilangan minat dalam belajar bilangan. Refleksi ini menunjukkan bahwa menggunakan pendekatan yang menyenangkan, seperti permainan, lagu, dan aktivitas praktis, dapat meningkatkan minat dan pemahaman anak terhadap bilangan.
5. Dukungan Emosional dan Motivasi
Rasa percaya diri dan motivasi anak sangat mempengaruhi kemampuan mereka dalam belajar. Anak yang merasa tidak mampu atau takut salah cenderung enggan untuk berpartisipasi dalam aktivitas yang melibatkan bilangan. Memberikan dukungan emosional, pujian, dan menciptakan suasana yang positif adalah kunci untuk meningkatkan kepercayaan diri anak dalam belajar.
Video diatas, tentang Mengenalkan Konsep Bilangan Terlihat guru membuka pembelajaran dengan mengajak bermain bola di dalam kelas.
Dengan menunjuk murid secara untuk mengambil bola sesuai dengan angka yg guru sebut.Namun Nayla salah mengambil bola yang menandakan bawaha murid tersebut belum mengetahui secara jelas konsep bilangan.
Cara lain yang digunakan guru di video tersebut yakni Sebelum memulai pembelajaran guru mengajak untuk melakukan permainan berupa nyanyian/lagu bilangan, memberikan tugas berupa Lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangan dan melingkari sesuai lambang bilangan. Kemudian
Guru mengajak murid bertepuk sesuai bilangan yang guru sebut.
Guru menunjukkan gambar yg ada di papan tulis dan menghitung secara bersama sama.
Mengambil spidol sesuai instruksi guru dan memberikan apresiasi dengan stempel prestasi.
Masukan untuk video ini:
1. Media yang diberikan lebih bervariasi seperti kancing baju, biji-bijian yang langsung ananda bisa lihat dan pegang secara konkrit.
2. Sebaiknya murid bisa dibagi dengan beberapa kelompok agar memudahkan guru untuk mengkondisikan murid
Kelebihan:
1. Guru memberikan instruksi dengan bilingual
2. Memberikan apresiasi murid yang telah berhasil mengerjakan instruksi guru
Assalamualaikum Wr.Wb..
Dalam video diatas yang berjudul “Kesulitan Mengenal Konsep Bilangan”, dalam pembelajaran tersebut gurunya membuat permainan untuk memudahkan anak dalam menghitung bilangan dan membuat anak senang dan gampang untuk di ingat oleh anak , selain itu guru tersebut memberikan bintang kepada anak yang sudah berani maju kedepan, hal tersebut merasa anak sangat senang dan membuat teman yang lainnya ingin maju kedepan karena ingin seperti temannya mendapat bintang. Untuk anak yang masih kesulitan dalam mengingat angka dan menghitung bilangan bisa menggunakan dengan cara ini, dan di saat pulang sekolah juga bisa untuk menggunakan permainan lagi dan nyanyian agar anak ingat terus. Atau di dalam kelas dapat di pasang poster bilangan agar selalu dilihat oleh anak. Terimakasih Wassalamualaikum Wr.Wb..
Nama : Kharisum Malikhah
NIM : 857774605
Tanggapan saya mengenai video diatas tentang “Sulit Mengenal Konsep Bilangan”
cara ibu guru sudah bagus untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak yaitu dengan menggunakan game sederhana, gambar, serta sebuah lagu.
namun dengan kemajuan dalam pembelajaran ibu guru harus bisa berinovasi agar pembelajaran lebih menarik bagi anak sehingga dalam belajar tentang konsep bilangan sangat berarti buat anak. serta sebelum guru memberikan intruksi kepada anak sebaikanya ibu guru menberikan contoh jumlah bola sesuai dengan konsep bilangannya.
Nama : Asep Aminudin
NIM : 857514609
Ijin Menanggapi
Dalam menanggapi video tentang ”Sulit mengenal konsep bilangan”, ada beberapa point.
1. Memang betul ada tingkat kesulitan tersendiri dalam mengenal konsep bilangan tetapi ketika ragam kegiatan yang kita buat dengan alat dan bahan yang kreatif tentunya itu bisa mengurangi kesulitan tersebut.
2. Kegiatan dalam video terlihat ragam main dan alat yang menarik seperti bola yang berwarna warni serta dengan tepuk dan nyanyian, itu sangat cocok dengan kondisi Usia PAUD (disenangi)
3. Dan yang paling menarik perhatian adalah bentuk apresiasi sebagai guru terhadap prilaku atau karya anak, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri pada anak-anak
sekian, kurang dan lebihnya bmohon maaf dan terimakasih.
Nama : Atik Nur Fauziyah
NIM :857716302
Izin menanggapi video
dari paparan video yang disajikan, upaya guru dalam mengenalkan konsep bilangan terhadap anak menggunakan beberapa trik. namun, ada beberapa kelemahan dan kelebihan dalam video tersebut yaitu :
a. kelemahan
1. dalam mengenalkan konsep bilangan guru tidak mengawali dengan pengenalan lambang bilangan.
2. dalam mengenalkan bilangan, guru tidak memaparkan tema yang akan dibahas dalam kegiatan tersebut.
3. media dalam berhitung kurang variatif dan kurang menarik untuk anak
b. kelebihan
1. guru mengenalkan bilangan secara konkret
2. guru memberikan reward kepada anak
Menurut saya tentang video di atas masih menggunakan konsep pembelajaran yang belum berpusat pada anak, karena anak tidak bisa memilih kegiatan main yang sesuai dengan minatnya. Namun ada beberapa kelebihan yang disajikan oleh video tersebut, yakni pemilihan kata guru yang mudah dipahami oleh anak, guru mengajak bernyanyi atau bertepuk untuk membuat pembelajaran lebih menyenangkan, menggunakan benda nyata dalam menyampaikan materi sehingga anak bisa berpikir secara konkret, dan memberikan apresiasi untuk anak yang mampu memahami konsep bilangan dengan baik melalui pemberian stempel bintang di tangan anak tersebut.
Nama : Lusia Lu Jamlean
NIM : 859913249
Izin memberikan tanggapan
Menurut saya, teknik yang dilakukan oleh guru dalam video tersebut sangat efektif dan menarik sehingga anak lebih mudah memahami tentang konsep bilangan. Selain bola guru juga mengenalkan konsep bilangan dengan bernyanyi.
Demikian pendapat saya, Terima kasih.
Nama : Ni Wayan Diah Darmayanti
NIM: 859035277
Dalam tayangan vidio tersebut bahwa kesulitan anak dalam mengenal konsep bilangan menurut saya dalam hal menyamp[aikan kegiatan pembelajaran tersebut sangat menarik dengan adanya media pembelajaran untuk mengenalkan anak pada konsep bilangan.
Saran:
Dalam alat peraga yang digunakan selain bola juga bisa menggunakan media lain seperti kartu angka, sehingga anak akan merasa lebih antusias untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
Nama : sherly Rumintang
Nim : 858109077
menurut saya upaya guru untuk mengenalkan konsep bilangan dan cara penyampaian pada anak sudah sesuai dengan usia anak dan materi guru.
guru sudah mengajak anak dengan permainan bola,tepuk tangan dan lembar kerja untuk anak melingkari angka sesuai dengan jumlah benda.
saran saya alat peraga guru bisa lebih beragam