silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

1,884 Comments

  1. Nama : Apriana Azizah
    Nim : 859176579
    Assalamualikum. wr.wb
    dari vidio diatas menggambarakan upaya seorang guru dalam membantu anak-anak yang sulit mengenal konsep bilangan memiliki manfaat yang sangat besar dalam perkembangan kognitif dan sosial-emosional anak. Dengan menggunakan pendekatan yang melibatkan permainan, lagu, tepuk, alat peraga, dan tugas praktis dapat memberikan manfaat untuk anak Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan dengan Cara Menyenangkan, Memfasilitasi Pemahaman Konsep Bilangan melalui Alat Peraga,Melatih Keterampilan Kognitif dan Motorik dengan Lembar Kerja,Meningkatkan Kemampuan Sosial dan Emosional. dalam kegiatan belajar ini sudah terlihat kegiatannya sangat menarik sehingga anak akan antusias dalam mengikutinya karena ini pembelajran yang menyenangkan yang dapat mebuat anak tidak mudah bosan.

  2. Nama: Fatimah
    NIM: 858321684

    Berikut tanggapan Saya mengenai video “Sulit Mengenal Konsep Bilangan.”

    Pengenalan konsep bilangan di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan tahap awal dalam perkembangan literasi matematika anak. Di usia dini, anak belum sepenuhnya memahami angka sebagai simbol abstrak. Oleh karena itu, pengenalan konsep bilangan harus dilakukan secara konkret, menggunakan benda misalnya bola seperti yang ada dalam video dan aktivitas yang menyenangkan. Pendekatan yang baik akan membantu anak memahami konsep kuantitas, menghitung, mengenali angka, serta mengaitkan angka dengan jumlah benda yang sebenarnya.

  3. Nama : Andi Hamsana
    Nim : 859398916
    Pengenalan konsep bilangan sedini mungkin diberikan pada masa kanak – kanak atau usia dini seperyyang terlihat pada video guru memberi tehnik pengenalan bilangan melalui media bola dengan bersama sama menghitung sesuai petunjuk yang diberikan oleh guru . Dimana dlama Kegiatan ini sangat menginspirasi dan disenangi oleh anak

  4. Nama : Andi Hamsana
    Nim. : 859398916
    Dalam pendidikan anak usia dini anak telah dibantu mengenal bangan diman dapat dilakukan seperti dalam video yang menggunakan media bola untuk mengenal bilangan dan cara berhitung dengan baik sesuai arahan guru . Dalam video tersebut guru memberi Kegiatan dengan media bola yang mana sangat menginspirasi anak dalam mengenal bilangan dan kegiayini sangat disenangi anak . Dan kita bisa melakukan metode atau kegiatan lain dalam membantu anak mengenal lambang bilangan sesuai dengan kebutuhan anak .

  5. Nama : Musdalipa Taqwa
    Nim : 859431802
    Assalamu’alaikum alaikum warohmatulohi wabarakatuh.
    Dalam pengenalan konsep bilangan dengan menggunakan media alat peraga kartu angka dan cara berhitung 1-10 dengan dengan baik sesuai arahan guru.
    Dan guru memberi kegiatan anak ide bermain untuk meningkatkan perkembangan fisik motorik, kignitif, bahasa sosial emosional ( tutup botol dijepit).

  6. Nama : NURHAIMI
    NIM : 856508602

    Assalamu’alaikum alaikum warohmatulohi wabarakatuh. izin menanggapi isi video.

    Dari video tersebut terlihat guru berusaha mengajarkan konsep bilangan kepada anak dengan menggunakan berbagai pendekatan dan tekhnik yang menarik dimana anak-anak jadi bersemangat untuk megikuti ketian tanpa ada tekanan dan keterpaksaan. Kegiatan yang dipilih guru memanfaatkan aktivitas menyenangkan seperti bernyanyi, tepuk tangan, melakukan aktivitas permainan untuk memperkenalkan bilangan secara alami dan kontekstual. Kegiatan ini membantu anak mengenal urutan bilangan sekaligus melibatkan keterampilan kinestetik dan auditif, sehingga anak belajar sambil bergerak. Guru menyediakan alat bantu seperti kartu angka, balok, atau benda konkret lainnya sehingga anak lebih mudah memahami bilangan jika disertai benda fisik yang dapat dilihat, disentuh, dan dimanipulasi. Anak lebih termotivasi untuk berpartisipasi karena alat bantu menciptakan suasana bermain sambil belajar.

  7. Hajah Maysaroh, 877668736

    AssalamualaikumWr.Wb
    izin menanggapi video diatas.

    Konsep bilangan merupakan dasar yang penting dalam matematika, dan anak-anak sudah memiliki kemampuan matematika yang berkembang melalui pengalaman sehari-hari. Sebelum mereka memasuki sekolah, banyak anak yang mulai mengembangkan kemampuan matematikanya dengan menghitung objek yang mereka temui di sekitar mereka.

    Dalam video tersebut, terlihat upaya seorang guru untuk mengembangkan kemampuan anak dalam memahami konsep bilangan. Kegiatan yang dilakukan antara lain: sebelum memulai pembelajaran, guru mengajak anak-anak untuk berlatih menghitung melalui lagu dan tepuk tangan. Selanjutnya, guru memberikan alat peraga berupa bola untuk dihitung oleh anak-anak sesuai dengan instruksi guru. Anak-anak juga mengerjakan lembar kerja yang mengharuskan mereka memadukan benda dengan simbol bilangan yang sesuai. Guru tidak lupa memberikan apresiasi terhadap hasil karya anak sebagai bentuk motivasi bagi mereka.

    Untuk memperkenalkan konsep bilangan kepada anak, Anda dapat menggunakan kegiatan bermain. Dengan bermain, anak akan merasa lebih senang dan nyaman, sekaligus belajar tentang kehidupan, melatih keberanian, serta mengembangkan rasa percaya diri mereka.

  8. Berdasarkan video yang saya amati, terlihat guru mengajarkan konsep bilangan dengan cara, mengajak anak untuk terlibat langsung, yaitu meminta anak untuk mengambil bola sesuai bilangan yang sudah diucapkan guru. Setelah anak mengambil bola tersebut, guru mengajak anak untuk menghitung secaa bersama- sama, belum semua anak memahami konsep hitung, terlihat ada anak yang mengambil bola tidak sesuai dengan yang diinstrukikan guru. Selain itu pembelajaran pengenalan konsep bilangan yang terlihat pada video tersebut, guru mengajak anak dengan melakukan kegiatan melingkari angka sesuai dengan jumlah gambar, dengan bernyanyi. pemberian reward adalah langkah yang baik untuk anak, karena bagi anak mereka yg berhasil akan menambah semangat untuk belajar.
    Selain dengan menggunakan cara yang sudah disampaikan dari video, pengenalan konsep hitung pada anak usia dini bisa melalui
    – Metode bermain
    – Menghitung langkah

  9. Asalamualaikum…
    Dari vidio di atas vidio yang disajikan menginspirasi saya sebagai pendidik dan juga menyajikan pembelajaran yang tidak membosan kan bagi anak.
    terlihat upaya seorang guru untuk mengembangkan kemampuan anak dalam memahami konsep bilangan. Kegiatan yang dilakukan antara lain: sebelum memulai pembelajaran, guru mengajak anak-anak untuk berlatih menghitung melalui lagu dan tepuk tangan. Selanjutnya, guru memberikan alat peraga berupa bola untuk dihitung oleh anak-anak sesuai dengan instruksi guru. Anak-anak juga mengerjakan lembar kerja yang mengharuskan mereka memadukan benda dengan simbol bilangan yang sesuai. Guru tidak lupa memberikan apresiasi terhadap hasil karya anak sebagai bentuk motivasi bagi mereka.

    Untuk memperkenalkan konsep bilangan kepada anak, Anda dapat menggunakan kegiatan bermain. Dengan bermain, anak akan merasa lebih senang dan nyaman, sekaligus belajar tentang kehidupan, melatih keberanian, serta mengembangkan rasa percaya diri mereka.

  10. Vidio pembelajaran yang disajikan menginspirasi saya sebagai pendidik,dan juga menyajikan pembelajaran yang bagus.
    Aktivitas ini memfasilitasi anak-anak untuk berpraktik dan memastikan pemahaman konsep bilangan secara mandiri. Guru juga dapat memberikan umpan balik langsung kepada setiap anak. Mengulas Hasil Karya Anak yang Paling Baik dan Memberikan Penguatan. Mengulas hasil karya baik dapat meningkatkan motivasi anak-anak untuk belajar lebih keras. Stempel bintang sebagai reward juga dapat meningkatkan self-esteem mereka. Secara keseluruhan, upaya yang dilakukan oleh guru tersebut sangat komprehensif dan fleksibel. Metode-metodenya dapat disesuaikan dengan kebutuhan individual anak-anak, sehingga meningkatkan efektivitas pembelajaran konsep bilangan. Penting bagi guru untuk terus memantau progres anak-anak dan melakukan adaptasi yang diperlukan untuk memastikan semua anak dapat mencapai tujuan akademis mereka.

Leave a Reply