silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : Deistrina Banua
NIM : 859957311
Menurut Saya setelah menonton vidio tersebut, pembelajaran konsep bilangan melalui menghitung gambar bilangan merupakan metode yang efektif untuk membangun pemahaman dasar matematika pada anak. Pendekatan ini memanfaatkan visualisasi untuk membantu anak menghubungkan simbol angka dengan kuantitas nyata seperti pemilihan gambar. Pembelajaran konsep bilangan melalui menghitung merupakan pondasi penting dalam membangun pemahaman, pengenalan lambang bilangan pada anak dan guru harus memiliki kesabaran, konsistensi dan terlebih kreatifitas guru sangat diperlukan dalam proses ini.
Nama : Deistrina Banua
NIM : 859957311
Menurut saya setelah menonton vidio tersebut pembelajaran konsep bilangan melalui menghitung gambar, merupakan metode yang efektif untuk membangun pemahaman dasar pengembangan lambang bilangan pada anak. Pendekatan ini memanfaatkan visualisasi untuk membantu anak menghubungkan simbol angka dengan kuantitas nyata seperti pemilihan gambar. Pembelajaran konsep bilangan melalui menghitung merupakan Fondasi penting dalam membangun pemahaman lambang bilangan pada anak, dan guru harus memiliki kesabaran, konsistensi dan kreatifitas guru sangat diperlukan dalam proses ini.
Nama : Ingria Nida Maretha
NIM : 856863081
Pada video Sulit Mengenal Konsep Bilangan diberikan upaya atau trik guru dalam konsep mengenal bilangan. pada konsep bilangan sulit dipahami oleh anak. diantaranya yang guru lakukan yaitu mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut,memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya, dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya. dengan konsep bermain sambil belajar anak lebih mudah memahami dengan konsep bilangan. dengan teori yang dilakukan guru dala video bisa diterapkan oleh kami selaku guru PAUD.
Nama : Neni Rahmaningsih
NIM
Nama : Neni Rahmaningsih
NIM : 858190728
Video ini mengajarkan tentang memperkenalkan konsep bilangan kepada anak, kegiatan pertama mengenal angka melalui bermain bola sehingga anak lebih tertarik dan bersemangat untuk menghitung bola, kegiatan kedua yaitu menghitung jumlah gambar yang ada di kertas kemudian melingkarkan angka mana yang sesuai dengan gambar, yang ketiga guru meminta anak untuk menghitung jumlah benda sesuai jumlah yang diminta guru kemudian memberikan apresiasi kepada anak yang jawabannya benar dengan memberikan stempel bintang kepada anak agar anak termotivasi dalam mengenal konsep bilangan
Nama : Migda Sari Yuniar
NIM : 859799547
UPBJJ : Palembang
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Setelah menyaksikan video diatas, menurut saya konsep pengenalan angka / bilangan pada anak usia dini sudah cukup menarik dan kreatif. Kegiatan ini merupakan suatu kemampuan dasar yang harus dimiliki anak walaupun anak-anak masih sering terbalik menyebutkan urutan angka. Dimulai dengan kegiatan guru memanggil anak satu persatu untuk mengambil bola warna secara acak lalu disuruh maju kedepan untuk menghitung bola yang didapatnya. Kemudian guru juga mengajak anak-anak bernyanyi angka bersama. Anak-anak diberikan penugasan di lembar kerja. Dimana lembar kerja ini sudah dibuat contoh gambar dan angka. Yang cara pengerjaannya yaitu dengan menghitung benda-benda yang ada lalu menghubungkan dengan angka yang ada disebelahnya lalu menebalkan angka. Untuk penutupnya sudah sangat bagus karena anak-anak yang telah selesai diberikan reward dari guru berupa cap ditangan.
Mungkin itu saja pendapat
Maaf bila ada kesalahan
Semoga bermanfaat
Terimakasih
Nama : Fransisca Arie Tristiani
NIM : 858319101
Pengembangan kognitif PAUD : “Sulit Mengenal Konsep Bilangan”
Menurut saya video ini sangat bagus dimana guru mengenalkan konsep bilangan dengan bermain mengambil bola dimulai dari rozak mengambil 4 bola dan sampailah pada naila yang hanya mengambil 6 bola sedangkan perintahnya adalah tujuh.
Kemudian ibu guru mengajarkan konsep bilang menjadi lebih mudah diterima anak didik denan cara yang sederhana dan benar- benar tersatruktur sehingga anak dapat cepat menangkap esensial pembelajran. Kegiatan tersebut antara lain memulai mengenal konsep bilangan dengan menyanyi dua mata saya kemudian dilanjutkan dengan melingkari banyak benda sesuai lambang bilangannya. kemudian anak melakukan kegiatan mengambil spidol dan jika benar mendapat reward stamp bintang ditangannya. pembelajaran dengan kegiatan yang berkaitan memberikan kebermaknaan bagi anak sehingga anak dapat memahami konsep bilangan dengan lebih mudah. cara video ini cukup efektif untuk anak PAUD terutama kelas TK A./ KB
Dengan teknik pengenalan konsep bilangan,
Teknik-teknik ini tidak hanya membantu anak mengenal konsep bilangan tetapi juga membuat proses pembelajaran menjadi menyenangkan dan menarik. Dengan menggunakan berbagai pendekatan, guru dapat memenuhi kebutuhan belajar setiap anak dan membantu mereka membangun fondasi matematika yang kuat sejak dini. Penggunaan benda konkret bermain bola dengancara di hitung, permainan interaktif, serta kegiatan kreatif adalah cara-cara efektif untuk memperkenalkan konsep bilangan kepada anak-anak usia dini
nama : wilda fahriyah
nim : 859939789
pada video pengenalan konsep bilangan sudah cukup bagus, di mana Teknik-teknik ini tidak hanya membantu anak mengenal konsep bilangan saja tetapi juga membuat proses pembelajaran menjadi menyenangkan dan menarik dengan menggunakan permainan bola. Dengan menggunakan berbagai pendekatan, guru dapat memenuhi kebutuhan belajar setiap anak dan membantu mereka membangun fondasi matematika yang kuat sejak dini. Penggunaan benda konkret, permainan interaktif, serta kegiatan kreatif adalah cara-cara efektif untuk memperkenalkan konsep bilangan kepada anak-anak usia dini
Nama : Wijaya Dozen
NIM : 858098132
Pendekatan dalam video ini memiliki beberapa kelebihan sekaligus area yang dapat ditingkatkan untuk membantu anak lebih memahami konsep bilangan. Penggunaan aktivitas menarik seperti permainan, lagu, dan tepuk merupakan cara efektif untuk membuat pembelajaran terasa menyenangkan, mengingat anak usia dini cenderung belajar lebih baik melalui aktivitas yang melibatkan gerak, suara, dan emosi. Guru juga memberikan tugas lembar kerja, seperti memasangkan atau melingkari benda sesuai bilangan, yang membantu anak mempraktikkan konsep bilangan secara visual. Selain itu, pemberian reward berupa stempel di tangan dapat memotivasi anak untuk berpartisipasi aktif, memberikan dorongan positif dalam belajar.
Namun, perlu diperhatikan bahwa membilang secara mekanis belum tentu menunjukkan pemahaman konseptual. Anak perlu diberikan kegiatan eksploratif, seperti menghitung benda nyata atau mengelompokkan benda ke dalam jumlah tertentu, untuk memahami hubungan antara angka dan jumlah. Lembar kerja juga sebaiknya divariasikan, misalnya dengan tugas mengurutkan angka, membandingkan jumlah, atau bermain menggunakan dadu dan kartu. Meskipun reward bermanfaat, fokus perlahan perlu diarahkan ke penghargaan intrinsik, seperti rasa bangga karena menyelesaikan tugas. Selain itu, aktivitas kelompok atau permainan kolaboratif dapat melibatkan anak secara sosial dan membantu mereka belajar bilangan melalui interaksi. Dengan mengintegrasikan pendekatan-pendekatan ini, anak tidak hanya mengenal angka, tetapi juga memahami konsep bilangan secara mendalam dan aplikatif.