silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,036 Comments

  1. Nama : Ita Nurjannah
    NIM : 859431748
    Jurusan PGPAUD
    UPBJJ Makassar
    Judul Video
    SULIT MENGENAL KONSEP BILANGAN
    menurut pendapat saya tentang video tersebut, yaitu Pengenalan Konsep bilangan pada anak – anak sudah bagus alat yang digunakan yaitu Bola dan Spidol. sebelum memulai kegiatan guru menjelaskan tentang kegiatan yang akan dilakukan dan semua anak terlibat dalam permainan tersebut. Sebaiknuya guru menggunakan FlashCard untuk mengenalkan angka pada anak. Bola tidak hanya dihitung saja tapi alangkah baiknya jika menyebutkan warnanya juga, dan sebelum kegiatan dimulai baiknya guru memberikan contoh terlebih dahulu.

  2. Trisnawati H_857988944
    Video seri pengembangan kognitif dengan judul “Sulit Mengenal Konsep Bilangan”
    Dalam tayangan video, guru mengajarkan anak tentang konsep bilangan melalui kegiatan berhitung, bernyanyi, tepuk, dan melingkari angka. Kegiatan tersebut sesuai dengan strategi pembelajaran anak TK yaitu belajar sambil bermain. Pengenalan konsep bilangan melalui lagu dan tepuk akan sangat menarik perhatian anak karena dunia anak penuh dengan irama. Kegiatan menghitung bola, pensil, dan gambar lalu melingkari angkanya juga tepat untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak. Pada awal kegiatan, guru juga bisa menggunakan kartu angka terlebih dahulu agar anak juga dapat mengenal bentuk angka. Selain itu penggunaan media lain yang lebih variatif seperti balok, lego, atau looseparts agar anak mempunyai pilihan lain untuk kegiatan berhitung juga bisa dilakukan sebagai alternatif kegiatan bermain anak. Pemberian pujian guru kepada anak sangat tepat dilakukan. Guru juga sudah memberikan motivasi kepada anak untuk memperbaiki hitungan yang kurang dengan memberi kesempatan anak untuk mengambil bola lagi. Kegiatan anak memberikan applause kepada teman yang maju akan membantu anak untuk lebih percaya diri dan melatih anak menghargai orang lain.

  3. Mardhatillah ( 858291155 )
    Judul Video : Anak Sulit Mengenal Konsep Bilangan

    Tanggapan saya mengenai tayangan video tersebut, guru mengajarkan anak tentang konsep bilangan melalui kegiatan berhitung, bernyanyi, tepuk, dan melingkari angka. Kegiatan tersebut sudah sesuai dengan strategi pembelajaran anak PAUD yaitu belajar sambil bermain.
    Pengenalan konsep bilangan melalui lagu dan tepuk akan sangat menarik perhatian anak karena dunia anak penuh dengan irama. Kegiatan menghitung bola, pensil, dan gambar lalu melingkari angkanya juga tepat untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
    Pada awal kegiatan, guru juga bisa menggunakan kartu angka terlebih dahulu agar anak juga dapat mengenal bentuk angka. Selain itu penggunaan media lain yang lebih variatif seperti balok, atau lego agar anak mempunyai pilihan lain untuk kegiatan berhitung juga bisa dilakukan sebagai alternatif kegiatan bermain anak. Pemberian pujian guru kepada anak sangat tepat dilakukan. Guru juga sudah memberikan motivasi kepada anak untuk memperbaiki hitungan yang kurang dengan memberi kesempatan anak untuk mengambil bola lagi. Kegiatan anak memberikan applause kepada teman yang maju akan membantu anak untuk lebih percaya diri dan melatih anak menghargai orang lain.
    Terimakasih

  4. Assalamu’alaikum,
    Menurut saya vidio yang berjudul “Sulit Mengenal Konsep Bilangan” Yang barusan saya tonton.
    Dalam vidio ini guru mengajar sangat baik bagi saya karena, guru mengaja anak bermain menghitung bola, bernyanyi dia mata saya dan bertepuk angka.
    Terimakasih

  5. Nama : Aliasari (877669143)
    Jurusan : PGPAUD
    UPBJJ :Bandung

    Dari tayangan video diatas dengan judul “Sulit Mengenal Konsep Bilangan” tanggapan yang dapat saya berikan pada video tersebut yaitu dalam tayangan video, guru cukup baik dalam menyampaikan tujuan kegiatan yang akan dilakukan yaitu bermain bola. Kegiatan tersebut cukup menarik dan kreatif,karena guru menerapkan metode bermain sambal belajar, dimana guru mengajak anak bermain bola dengan mengambil bola yang ada di keranjang sesuai jumlah dari perintah ibu guru. Dengan permainan tersebut dapat menjadikan salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan anak yang masih mengalami kesulitan dalam mengenal konsep bilangan. Selain bermain mengambil bola, dalam video tersebut juga disajikan teknik lain yang diberikan oleh guru dalam membantu anak mengenal konsep bilangan yaitu dengan menyanyikan lagu 2 mata saya, bermain tepuk, dan guru memberikan reward kepada Anak yang telah berhasil mengambil spidol dengan benar. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan objek yang nyata dan menyenangkan, Anak akan lebih mudah memahami konsep bilangan.

  6. selamat malam perkenalakan
    Nama :Marlianah
    Nim :857328233
    Dalam video yang saya lihat/tonton guru sudah benar dalam penerapan pengenalan bilangan pada anak usia dini,guru sudah kreatif guru juga sudah menerapakan belajar sambil bermain,pemberian pujian kepada anak sudah sangat tepat ini membuat anak lebih semangat lagi dalam pembelajaran pengenalan bilangan

  7. 1. Pendekatan Pembelajaran yang Kreatif : Guru menggunakan permainan, lagu, dan tepuk untuk membuat pembelajaran bilangan lebih menarik dan menyenangkan bagi anak-anak. Ini menunjukkan pentingnya metode yang menyenangkan dalam pengajaran anak usia dini.
    2. Penggunaan Alat Peraga : Pembuatan alat peraga untuk membantu anak memahami konsep bilangan menunjukkan betapa efektifnya visualisasi dalam pembelajaran. Ini juga mengajarkan pentingnya materi ajar yang dapat menyentuh berbagai indra.
    3. Guru juga sudah memberikan motivasi kepada anak untuk memperbaiki hitungan yang kurang dengan memberi kesempatan anak untuk mengambil bola lagi.
    4. Pemberian Tugas Praktis : Dengan memberikan tugas seperti lembar kerja, guru mendorong anak untuk aktif terlibat dalam proses belajar. Tugas ini tidak hanya membantu anak berlatih tetapi juga memperkuat pemahaman mereka tentang bilangan.

  8. Dalam video ini secara tidak langsung guru mengenalkan anak lambang bilngan melalui bermain. Anak usia dini (PAUD) lebih memahami konsep bilangan atau huruf menggunakan benda-benda konkrit. Seperti video diatas guru mengenalkan konsep bilangan menggunakan bola, melingkari jumlah yang gambar sesuai , dan menghitung spidol. Dalam video diatas anak tampak senang dan mudah memahami konsep bilangan, karena metode yang digunakan guru belajar sambil bermain yang asyik. Selain itu guru memberikan pujian berupa tepuk tangan anak yang berhasil menghitungnya dengan benar. Video ini sangat menarik untuk diterapkan di usia anak PAUD khususnya dalam pengembangan kemampuan dasar dan perilaku bahwa belajar sambil bermain itu mengasyikkan.

  9. Dalam video tersebut guru mengajak anak untuk belajar sambil bermain yaitu dengan cara konsep berhitung yaitu menghitung bola yang ada di keranjang tiga anak sudah mengambil bola tersebut guru dan anak lainnya menghitng bola yang sudah diampuni ketika bola sama sesuai dengan nominal yang guru disebutkan guru memberikan apresiasi berupa tepuk tangan. Ketika anak tidak melengkapi jumlah bolanya guru menghitung kembali dan mengambil bola tambahannya

  10. Nama: Eka Puspitasari
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Izin menanggapi vidio diatas tentang ” Sulit Mengenal Konsep Bilangan ”
    Vidio diatas menunjukkan bahwa guru sudah baik dalam mengenalkan kepada anak tentang konsep bilangan. Upaya guru tersebut adalah
    1. mengajak anak untuk membilang dengan permainan bola lalu menghitung bersama dengan anak-anak yang lainnya…
    Maaf sedikit tanngapan untuk vidio diatas, bahwa alangkah baiknya setelah menghitung bola sebaiknya dikenalkan juga tentang warna bolanya, baik dalam bahasa indonesia dan bahasa inggris.
    2. Bermain tepuk., Sebaiknya untuk bermain tepuk anak-anak sudah dilatih dalam menghitung dulu jari-jari tangannya. sehingga dalam bermain tepuk tidak ada yang lebih atau kurang dari instruksi tepukan ibu guru.
    3. Bernyanyi dengan menyebutkan angka sambil menyebut bendanya, sehingga anak-anak lebih mudah memahaminya.
    4. Memberikan tugas, yaitu memasangkan benda sesuai lambang bilangannya dan melingkari benda sesuai dengan pasangannya.
    5. Menghitung spidol sesuai dengan perintah guru dan memberikan reward (stempel tangan) untuk anak yang bisa/pintar.

Leave a Reply