silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,060 Comments

  1. Setelah saya melihat video ini saya melihat cara guru dalam menstimulasi aspek perkembangan kognitif yaitu anak yang sulit menganal konsep bilangan, guru sudah memberikan bagaimana metode yang dilakukan ketika anak belum mampu mengenal konsep bilangan dengan memberi tugas kepada anak untuk mengambil bola sesuai bilangan selain itu guru juga mencari cara lain yaitu dengan cara bernyanyi sambil berhitung kemudian guru memberikan reward kepada anak yang mampu melakukan kegiatan mengenal bilangan dengan baik .

  2. Nama : Nurul Hikmah NIM :855873491, Dari video “Sulit Mengenal Konsep Bilangan” video diatas menunjukkan bahwa guru sudah baik dalam menjelaskan tentang konsep bilangan. Upaya guru tersebut adalah:
    1. Mengajak anak untuk Membilang dengan permainan bola kemudian mengajak anak menghitung bersama sama 2. Bermain tepuk 3. Bernyanyi dengan menyebutkan angka 4. Memberikan tugas 5. Menghitung spidol sesuai dengan perintah guru. Guru tersebut sudah berperan aktif dalam pembelajaran tersebut.

  3. Mohon izin memberi komentar
    Nama : Meila Marwati
    NIM : 855764773
    Video tersebut memberikan gambaran tentang bagaimana seorang guru PAUD memberikan kiat untuk mengatasi anak yang kesulitan untuk memahami konsep bilangan. Diawali dengan mengajak anak membilang dengan permainan dan lagu atau tepuk, membuat alat peraga pengenalan konsep bilangan, memberikan tugas berupa lembar kerja untuk melingkari benda sesuai dengan bilangannya, terakhir yakni penguatan dan umpan balik dari kegiatan yang telah dilakukan anak. Video tersebut sangat menginspirasi kepada guru-guru lain yang menemukan kesulitan yang sama. Namun kegiatan tersebut perlu dilakukan berulang untuk memungkinkan anak benar-benar memahami konsep bilangan .

  4. Nama : Nur Farida
    NIM: 855873549
    Video tersebut memberikan gambaran untuk mengatasi anak yang kesulitan untuk memahami konsep bilangan, mengajak anak membilang dengan lagu atau tepuk, membuat alat peraga pengenalan konsep bilangan. Guru mengajak anak-anak untuk mengulangi pengenalan konsep bilangan

  5. Setelah saya menonton video diatas …yang dilakukan guru sudah baik dan benar …disini guru dalam memperkenalkan bilangan kepada anak dengan cara bermain bola dan menghitung bola tersebut …sehingga anak antusias mengetahui jumlah bola yang dihitung bersama ” ..dan disini guru juga memakai lembar kerja memasangkan benda sesuai bilangannya dan sebelum mengerjakan guru juga sudah mencontohkan dulu .guru juga bermain tepuk tangan untuk mengenal bilangan ..dalam mengenal konsep bilangan guru juga menggunakan spidol untuk dihitung bersama ” setelah melakukan tugas anak ” diberi apresiasi yaitu dengan memberikan bintang di tangan anak” …disini anak jadi lebih semngat dalam belajar sambil bermain.

  6. Nama Susi Lestari
    NIM : 856460339
    Dari video tersebut sangat memberikan bagaimana cara mengenalkan bilangan kepada anak yang sulit mengenal bilangan , pendidik memberikan kegiatan main mengambil bola sesuai bilangan . Kemudahan guru juga membantu anak yang belum mampu mengenal konsep bilangan dengan membantu anak ketika masih salah mengambil bola , guru juga mengajak anak bernyanyi sambil berhitung, guru juga mengajak anak bertepuk sesuai bilangan .

  7. Nama: Vebrian Prastika Susi Cahyanti
    NIM: 859941484
    Prodi: PG-PAUD

    Dalam video tersebut, guru mengajar anak-anak untuk bermain bola di dalam ruangan dengan mengambil bola sesuai dengan jumlah yang disebutkan oleh guru. Fenomena anak sulit mengenal konspe bilangan sering kali terjadi, maka guru bisa mengajarkan hal berikut:
    1. Guru bisa mengajak anak untuk membilang dengan lagu.
    2. Guru mengajak anak-anak untuk memasangkan banyak benda sesuai lambang bilangannya dan melingkari benda sesuai lambang bilangan dalam lembar kerja.
    3. Guru juga bisa memberikan penguatan kepada anak-anak berupa stempel bintang jika benar dalam mengambil benda dengan jumlah tertentu.
    Jadi, dalam video ini menjelaskan tentang beberapa cara yang dapat dilakukan guru ketika anak sulit mengenal konsep bilangan.

  8. Nama : Azimatul Mgafiroh
    nim :857995269
    izin menanggapi tentang video “Sulit mengenal konsep bilangan” dalam video tersebut seorang guru Taman Kanak-kanak berupaya dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain : mengajak anak untuk membilang dengan permainan bol, dan menyanyikan lagu dan atau tepuk, guru tersebut membuat alat peraga permainan konsep bilangan gambar bintang kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut, selain itu guru memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilanganny, dan Guru mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya. upaya yang dilakukan guru tersebut berhasil dilakukan sehingga anak tidak mengalami kesuliatan dalam mengenal konsep bilangan

  9. Nama : Denok Banowati
    NIM : 858428399
    Guru mengajarkan konsep bilangan melalui kegiatan menghitung bola, instruksi guru kepada anak cukup jelas, hal ini sangat menarik bagi anak karena anak dapat menghitung bola secara langsung, alangkah baiknya saat kegiatan berhitung yang menghitung anak-anak sendiri, sekian dan terima kasih

  10. Nama: Umi Mahtumah
    NIM: 857638341

    Pada video pembelajaran di atas merupakan salah satu pengenalan konsep bilangan, yaitu guru mengenalkan kepada peserta didik dengan menggunakan bola, dimana peserta didik diminta mengambil bola sejumlah angka yang disebutkan oleh guru. Selain itu guru juga mengenalkan konsep bilangan dengan menggunakan lembar kerja, dimana peserta didik diminta menghitung benda yang ada di lembar kerja dan melingkari angka sesuai dengan jumlah benda tersebut. Metode pengenalan konsep lainnya pada video tersebut yaitu dengan guru menginstruksikan peserta didik untuk mengambil spidol sejumlah angka yang disebutkan oleh guru.
    Pada video pembelajaran kali ini, guru tidak saja mengenalkan konsep bilangan, namun peserta didik juga dilatih kemampuan sosial emosional untuk sabar menunggu giliran bermain dengan duduk tertib. Selain itu, guru memberikan contoh keteladanan untuk melatih kemampuan kognitif peserta didik, yaitu dengan cara memberikan apresiasi kepada peserta didik yang telah berhasil melaksanakan instruksi guru, serta memberikan koreksi dengan baik kepada peserta didik yang belum berhasil mengikuti instruksi guru.

Leave a Reply