silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,074 Comments

  1. Nama : Henny Herawati
    Nim : 858320288
    judul video : sulit mengenal konsep bilangan
    Assalammualaikum Wr Wb
    izin berkomentar
    menurut saya tindakan guru dalam video diatas sudah sangat baik dalam mengenalkan konsep bilangan kepda anak. guru menggunakan metode bermain saat mengenalkan konsep bilangan sehingga anak merasa pengenalan konsep bilangan sangat menyenangkan dan tidak membosankan, guru juga mengenalkan konsep bilangan dengan semangat dan bicara dengan jelas sehingga anak terbawa suasana menjadi ikut semangat dan ceria. setelah saya menyaksikan video diatas, saya menjadi mendapatkan ilmu baru yang akan saya terapkan dikelas saya
    terimakasih,,

  2. Assalamualaikum wr. wb.

    Nama : Konita Fajriati
    NIM : 857331557
    Mata Kuliah : PAUD4401
    Judul Video : Sulit Mengenal Konsep Bilangan

    Di dalam video ini, guru mengenalkan konsep bilangan dengan kegiatan bermain bola, yaitu menghitung jumlah bola yang diambil sesuai dengan arahan guru dengan menyebutkan angka. Ada anak laki-laki yang berhasil mengambil bola dengan jumlah yang sesuai arahan guru, namun ada juga anak perempuan yang belum sempurna untuk pengenalan konsep bilangannya masih perlu bimbingan dan motivasi terus untuk penguatan pengenalan konsep bilangannya.
    Di sesi selanjutnya, guru juga mengenalkan konsep bilangan dengan media lembar kegiatan bergambar lalu mengajak anak-anak untung menghitug jumlah gambar dan menuliskan angka sesuai jumlah. Terakhir, guru memberikan penguatan dengan menghitung jumlah spidol dan memebrikan stemple bintang di tangan anak memberikan umpang balik kepada anak yang sudah percaya diri dan pantang menyerah.

    Dari kegiatan di atas untuk mengenalkan konsep bilangan dapat dilakukan, namun saran saya untuk selanjutnya memberikan kegiatan yang lebih kompleks dari sebelumnya, agar guru dapat melihat perkembangan anak dalam pnegenalan konsep bilangan.

  3. Assalamualaikum.wr.wb.
    Nama : Pahrini
    Nim : 858322006
    Ijin mengomentari video tentang Sulit mengenal konsep bilangan
    Menurut saya usaha yang dilakukan oleh guru itu sangat baik.karena berbagai cara di usahakan di antaranya memberikan permainan yang berkonsep bilangan.juga mengajsk anak membilang dengan bertepuk tangan.bernyanyi/lagu juga dengan permainan yang membuat anak memajami konsep bilangan. guru juga mengenalkan kpnsep bilangan dengan suara yang jelas dan bersemangat sehingga anak-ansk terbawa suasana dalam belajar yang nyaman.
    Dengan melihat vedio ini saya menjadi terinspirasi untuk menerapkan di sekolah kami.
    Terima kasih.

  4. Assalamu’alaikum, nama saya RIZKI SYAFRI nim 859431107 dari UPBJJ Makasaar izin menanggapi dari video diatas yang berjudul “sulit mengenalkan konsep bilangan”
    Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
    Saya sangat suka dengan video tersebut karena cara-cara yang digunakan guru sangat baik dan menyenangkan dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak, sehingga anak tidak jenuh dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Selain pengenalan konsep bilangan guru tersebut juga mengembangkan bahasa pada anak seperti berbahasa inggris dan memberikan reward atau umpan balik kepada anak yang menyelesaikan atau menjawab tugas dengan benar yang membuat anak-anak bersemangat dan antusias dalam kegiatan tersebut.
    Sekian dari saya, terima kasih.
    Wassalamu’alaikum

  5. Nama: Ari Setianingsih
    NIM: 857866438
    Mata Kuliah: PAUD 4401
    Judul Video : Sulit Mengenal Konsep Bilangan

    Tanggapan:
    Video “Sulit Mengenal Konsep Bilangan” dari platform Guru Pintar UT menunjukkan berbagai strategi kreatif yang dilakukan oleh guru PAUD untuk membantu anak memahami konsep bilangan, terutama bagi anak yang mengalami kesulitan. Beberapa poin penting dari video tersebut meliputi:
    1. Penggunaan metode kreatif: Guru memanfaatkan permainan, lagu, dan tepukan untuk menjadikan pembelajaran bilangan lebih menyenangkan dan menarik. Misalnya, anak-anak diajak menghitung bola atau menyebutkan angka sambil bernyanyi, yang membantu menciptakan suasana belajar yang interaktif dan tidak membosankan.
    2. Alat Peraga dan aktivitas praktis: Video menampilkan penggunaan alat peraga seperti gambar, bola, atau benda nyata untuk membantu anak menghubungkan konsep bilangan dengan kuantitas yang nyata. Guru juga memberikan tugas seperti mencocokkan angka dengan benda atau melingkari jumlah benda sesuai angka yang diberikan.
    3. Umpan balik positif: Guru memberikan apresiasi berupa stempel bintang atau penguatan verbal untuk meningkatkan motivasi dan rasa percaya diri anak. Hal ini menekankan pentingnya pengakuan atas usaha dan pencapaian anak dalam proses belajar.
    4. Pendekatan individual: Guru memberikan perhatian pada anak yang memerlukan bantuan lebih, menunjukkan pentingnya kesabaran dan adaptasi metode untuk kebutuhan masing-masing anak
    Metode dalam video ini sangat relevan dengan prinsip pembelajaran anak usia dini yang menekankan pembelajaran berbasis pengalaman dan bermain. Dengan pendekatan yang kreatif, anak-anak dapat memahami konsep bilangan dalam suasana yang santai dan mendukung perkembangan kognitif serta sosial-emosional mereka.

  6. Nama: Ari Setianingsih
    NIM: 857866438
    Tanggapan:
    Video “Sulit Mengenal Konsep Bilangan” dari platform Guru Pintar UT menunjukkan berbagai strategi kreatif yang dilakukan oleh guru PAUD untuk membantu anak memahami konsep bilangan, terutama bagi anak yang mengalami kesulitan. Beberapa poin penting dari video tersebut meliputi:
    1. Penggunaan metode kreatif: Guru memanfaatkan permainan, lagu, dan tepukan untuk menjadikan pembelajaran bilangan lebih menyenangkan dan menarik. Misalnya, anak-anak diajak menghitung bola atau menyebutkan angka sambil bernyanyi, yang membantu menciptakan suasana belajar yang interaktif dan tidak membosankan.
    2. Alat Peraga dan aktivitas praktis: Video menampilkan penggunaan alat peraga seperti gambar, bola, atau benda nyata untuk membantu anak menghubungkan konsep bilangan dengan kuantitas yang nyata. Guru juga memberikan tugas seperti mencocokkan angka dengan benda atau melingkari jumlah benda sesuai angka yang diberikan.
    3. Umpan balik positif: Guru memberikan apresiasi berupa stempel bintang atau penguatan verbal untuk meningkatkan motivasi dan rasa percaya diri anak. Hal ini menekankan pentingnya pengakuan atas usaha dan pencapaian anak dalam proses belajar.
    4. Pendekatan individual: Guru memberikan perhatian pada anak yang memerlukan bantuan lebih, menunjukkan pentingnya kesabaran dan adaptasi metode untuk kebutuhan masing-masing anak
    Metode dalam video ini sangat relevan dengan prinsip pembelajaran anak usia dini yang menekankan pembelajaran berbasis pengalaman dan bermain. Dengan pendekatan yang kreatif, anak-anak dapat memahami konsep bilangan dalam suasana yang santai dan mendukung perkembangan kognitif serta sosial-emosional mereka.

  7. NAMA : YESI AGUSTINA
    NIM. : 855764766
    UPBJJ 18 PALEMBANG
    Menurut saya, cara guru dalam mengenalkan konsep bilangan pada video “Sulit Mengenal Konsep Bilangan” bisa menjadi contoh pembelajaran yang akan saya terapkan di kelas. Guru menggunakan media yang nyata, sehingga hal ini tentu akan membantu anak dalam mengembangkan kognitifnya. Proses belajar juga dilakukan sambil bermain, sehingga anak tidak mudah bosan pada saat mengikuti kegiatan belajar.

  8. NAMA : YESI AGUSTINA
    NIM : 855764766
    UPBJJ 18 PALEMBANG
    Menurut saya, cara guru dalam mengajak anak mengenal konsep bilangan pada video “Sulit Mengenal Konsep Bilangan” bisa menjadi contoh bagi saya untuk melakukan pembelajaran mengenal konsep bilangan di kelas. Guru melakukan kegiatan belajar sambil bermain, sehingga pada saat anak mengikuti proses belajar anak tidak akan mudah bosan. Guru juga menggunakan media yang nyata, sehingga memberikan pengalaman yang nyata kepada anak, hal ini juga akan membantu anak dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak.

  9. Nama: Nur Kolifah
    NIM : 877304515
    UPBJJ: Surabaya
    Mohon izin untuk menanggapi video berjudul “Sulit Mengenal Konsep Bilangan”
    Dari video tersebut ada beberapa teknik yang digunakan oleh guru dalam mengenal bilangan guru mengajak mengenal bilangan dengan mengajak bermain sehingga anak tidak merasa terbebani dalam belajar menegnal konsep bilangan penguatan dalam pengenalan konsep bilangan dengan memberikan lembar kerja memasangkan benda sesuai lambing bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya, serta mengulas kembali hasil karya anak dengan memberikan stempel bintang ditangan anak.
    Dari beberapa teknik pembelajaran tersebut cukup interarktif dan inovatif dalam pengenalan konsep lambang bilangan kepada anak didik sesuai dengan tingkat kemampuan dan kebutuhan anak, sehingga anak merasa enjoy dalam menerima pembelajaran dan aktivitas dilakukan dalam pengenalan konsep bilangan tersebut. Sehingga meminimalkan anak untuk sulit mengenal lambang bilangan dikarenakan dalam pembelajaran tersebut menggunakan teknik bermain dalam pengenalan konsep bilangan tersebut.
    Demikian tanggapan saya tentang video berjudul “sulit mengenal konsep bilangan. ”
    Demikian saya ucapkan terimakasih.

  10. Pembelajaran mengenalkan bilangan yang saya tonton di atas sangat menginspirasi. Guru mempunyai ide yang baik untuk mengenalkan jumlah angka melalui kegiatan yang menyenangkan, yaitu dengan mengambil bola sesuai dengan angka yang disebutkan. Hal ini membuat anak menjadi bersemangat dan tidak hanya aspek kognitif saja yang didapatkan, aspek bahasa dengan mendengarkan arahan guru juga aspek sosmed dengan berperilaku sabar.

Leave a Reply