silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : Tiara Aulia F
NIM : 857490216
Judul : Sulit mengenal konsep bilangan
Pengembang : Netti Hernawati
Lokasi : Di dalam ruangan kelas suatu sekolah
Kelompok : TK
Ringkasan materi :
Dalam video tersebut menayangkan tentang pemecahan masalah bagaimana seorang guru mengatasi anak yang kesulitan mengenal konsep bilangan. Upaya yang dilakukan guru yaitu : mengenalkan konsep bilangan dengan permainan mengunakan alat peraga seperti bola lalu anak diminta mengambil bola sesuai bilangan yang diintruksikan oleh guru, kemudian menghitungnya bersama-sama, anak juga diajak untuk membilang dengan tepuk dan nyanyian, guru memberikan tugas berupa lembar kerja sehingga anak menghitung gambarnya sendiri lalu memasangkan dengan lambang bilangan yang sesuai atau dengan melingkarinya, terakhir guru mengulas hasil karya anak dan memberikan apresiasi berupa stempel bintang di tangannya.
Guru melalukan assesmen yaitu dengan mengamati anak, melihat siapa yang percaya diri dalam mengambil bola serta guru memberikan tugas menghitung gambar dan melingkari lambang bilangan. Guru juga memberikan scaffolding seperti arahan, memperlihatkan jumlah jari tangan agar anak tahu jumlah benda yang diambilnya. Hal ini dilakukan karena tentu guru ingin anak mencapai indikator perkembangannya.
Secara umum, tayangan video tersebut sudah cukup menarik. Guru menggunakan benda konkret sebagai media untuk membilang, dimana hal itu sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Namun menurut saya, hal yang perlu diperbaiki adalah ketika saat pembukaan, sebelum menjelaskan kegiatan apa yang akan dilakukan sebaiknya guru mengajak anak untuk ice breaking, atau bergerak sambil bernyanyi, sehingga anak akan antusias dan lebih semangat.
Ketika melakukan permainan menghitung bola, ada sebagian anak yang merasa bosan, tidak memperhatikan temannya dan menghitung bola temannya. Menurut saya permainan bisa dilakukan dengan cara berkelompok dan estafet bola, anak berkompetisi untuk mengambil, siapa yang paling cepat mengumpulkan bola sesuai bilangan yang diintruksikan guru.
mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Nama : Tiara Aulia F
NIM : 857490216
Judul : Sulit mengenal konsep bilangan
Pengembang : Netti Hernawati
Lokasi : Di dalam ruangan kelas suatu sekolah
Kelompok : TK
Ringkasan materi :
Dalam video tersebut menayangkan tentang pemecahan masalah bagaimana seorang guru mengatasi anak yang kesulitan mengenal konsep bilangan. Upaya yang dilakukan guru yaitu : mengenalkan konsep bilangan dengan permainan mengunakan alat peraga seperti bola lalu anak diminta mengambil bola sesuai bilangan yang diintruksikan oleh guru, kemudian menghitungnya bersama-sama, anak juga diajak untuk membilang dengan tepuk dan nyanyian, guru memberikan tugas berupa lembar kerja sehingga anak menghitung gambarnya sendiri lalu memasangkan dengan lambang bilangan yang sesuai atau dengan melingkarinya, terakhir guru mengulas hasil karya anak dan memberikan apresiasi berupa stempel bintang di tangannya.
Guru melalukan assesmen yaitu dengan mengamati anak, melihat siapa yang percaya diri dalam mengambil bola serta guru memberikan tugas menghitung gambar dan melingkari lambang bilangan. Guru juga memberikan scaffolding seperti arahan, memperlihatkan jumlah jari tangan agar anak tahu jumlah benda yang diambilnya. Hal ini dilakukan karena tentu guru ingin anak mencapai indikator perkembangannya.
Secara umum, tayangan video tersebut sudah cukup menarik. Guru menggunakan benda konkret sebagai media untuk membilang, dimana hal itu sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Namun menurut saya, hal yang perlu diperbaiki adalah ketika saat pembukaan, sebelum menjelaskan kegiatan apa yang akan dilakukan sebaiknya guru mengajak anak untuk ice breaking, atau bergerak sambil bernyanyi, sehingga anak akan antusias dan lebih semangat.
Ketika melakukan permainan menghitung bola, ada sebagian anak yang merasa bosan, tidak memperhatikan temannya dan menghitung bola temannya. Menurut saya permainan bisa dilakukan dengan cara berkelompok dan estafet bola, anak berkompetisi untuk mengambil, siapa yang paling cepat mengumpulkan bola sesuai bilangan yang diintruksikan guru.
mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Dalam video pembelajaran sulit mengenal lambang bilangan, strategi pembelajaran yang dilakukan Bu Santi sudah sangat baik, Bu Santi menggunakan beberapa media yang menarik dan memberi penguatan kepada anak tentang mengenal lambang bilangan. Bu Santi juga memberikan apresiasi kepada anak yang dapat menyelesaikan tugas dengan baik.
Pada video pembelajaran sulit mengenal lambang bilangan, strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah sangat baik, guru menggunakan beberapa jenis media pembelajaran untuk mengenal lambang bilangan dan guru juga memberikan penguatan kepada anak saat kegiatan pembelajaran mengenal lambang bilangan.guru juga memberikan apresiasi kepada anak yang dapat menyelesaikan tugas dengan baik.
Dalam video tersebut, fenomena anak sulit mengenal konsep bilangan, guru memerlukan keterampilan tesendiri untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak guru secara tidak langsung memperkenalkan lambang bilangan kepada anak melalui kegiatan bermain. Anak usia dini lebih mudah memahami konsep bilangan atau huruf dengan menggunakan benda-benda konkret. Seperti yang ditunjukkan dalam video, guru memperkenalkan konsep bilangan dengan menggunakan bola, melingkari gambar sesuai jumlah yang ditentukan, serta menghitung spidol. Anak-anak terlihat senang dan lebih mudah memahami konsep bilangan karena metode yang digunakan adalah belajar sambil bermain yang menyenangkan. Guru juga memberikan pujian berupa tepuk tangan dan memberikan stempel bintang di tangannya kepada anak yang berhasil menghitung dengan benar. Video ini sangat inspiratif dan layak diterapkan pada anak usia dini, terutama untuk mengembangkan kemampuan dasar serta menanamkan pemahaman bahwa belajar sambil bermain itu menyenangkan.
Dalam video dia atas, guru memerlukan pengenalan konsep bilangan kepada anak usia dini. Hal ini kita dapat mempelajari dari vidoe diatas anak dapat mengenal angka atau bilangan dengan bagus. Perkembangan kognitif anak berhitung saat diperlukan untuk anak dimasa sekolah jenjang ke atas. Guru perlu pembelajaran yang sangat menyenangkan bagi anak.
Pada vidoe diatas pembelajaran dengan anak mengenal bilangan atau angka. Anak saat senang dan antusias dengan belajar sambil bermain. Sebagai guru kita dapat mengajarkan anak untuk menghitung dengan cara bermain. Agar anak dapat mengenal bilangan angka dan dapat membuat belajar dengan menyanyikan
Nama : Susi
Nim : 855872389
Dari video tersebut, Anak² Sulit Mengenal Konsep Bilangan, guru mengajarkan konsep bilangan dengan memanfaatkan berbagai teknik dan media yang bervariasi. Ibu guru mengajarkan konsep bilangan melalui kegiatan bernyanyi, tepuk tangan, dan bermain. Guru juga menyajikan beberapa jenis permainan yang dapat meningkatkan pemahaman anak terhadap konsep bilangan, selain menggunakan lagu dan tepuk.
Meskipun demikian, disarankan agar guru juga memperkenalkan bentuk-bentuk angka pada awal pembelajaran. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan media gambar atau bentuk geometri yang berwarna-warni, sehingga anak lebih tertarik dan mudah memahami konsep tersebut. Dengan demikian, saat guru memberikan lembar kerja yang memuat gambar benda dan lambang bilangan, anak akan lebih mudah mencocokkan jumlah gambar benda dengan lambang bilangan tersebut.
Pada akhir pembelajaran, guru memberikan penguatan kepada anak dan mengapresiasi kinerjanya dengan memberikan stempel bintang.
Nama : AYU ARIASTUTIK
NIM :855873517
Dalam video ini,sangat menginspirasi sekali..bisa dilihat seorang guru mempunyai peranan penting untuk anak yang sulit mengenal konsep bilangan, bagaimana seorang guru harus bisa menerapkan pembelajaran yang bisa dipahami oleh anak -anak terutama untuk Anak Usia Dini.guru memerlukan keterampilan tesendiri untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak guru secara tidak langsung memperkenalkan lambang bilangan kepada anak melalui kegiatan bermain. Anak usia dini lebih mudah memahami konsep bilangan atau huruf dengan menggunakan benda-benda konkret. Seperti yang ditunjukkan dalam video, guru memperkenalkan konsep bilangan dengan menggunakan bola, melingkari gambar sesuai jumlah yang ditentukan, serta menghitung spidol. Anak-anak terlihat senang dan lebih mudah memahami konsep bilangan karena metode yang digunakan adalah belajar sambil bermain yang menyenangkan. Guru juga memberikan pujian berupa tepuk tangan dan memberikan stempel bintang di tangannya kepada anak yang berhasil menghitung dengan benar. Video ini sangat inspiratif dan layak diterapkan pada anak usia dini, terutama untuk mengembangkan kemampuan dasar serta menanamkan pemahaman bahwa belajar sambil bermain itu menyenangkan.
Nama : Susi
Nim : 855872389
Dari video tersebut, Anak² Sulit Mengenal Konsep Bilangan, guru mengajarkan konsep bilangan dengan memanfaatkan berbagai teknik dan media yang bervariasi. Ibu guru mengajarkan konsep bilangan melalui kegiatan bernyanyi, tepuk tangan, dan bermain. Guru juga menyajikan beberapa jenis permainan yang dapat meningkatkan pemahaman anak terhadap konsep bilangan, selain menggunakan lagu dan tepuk.
Meskipun demikian, disarankan agar guru juga memperkenalkan bentuk-bentuk angka pada awal pembelajaran. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan media gambar atau bentuk geometri yang berwarna-warni, sehingga anak lebih tertarik dan mudah memahami konsep tersebut. Dengan demikian, saat guru memberikan lembar kerja yang memuat gambar benda dan lambang bilangan, anak akan lebih mudah mencocokkan jumlah gambar benda dengan lambang bilangan tersebut.
Pada akhir pembelajaran, guru memberikan penguatan kepada anak dan mengapresiasi kinerjanya dengan memberikan stempel bintang.