Sulit Mengenal Konsep Bilangan

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,490 Comments

  1. Nama : Ayuning Sitoresmi
    Nim : 857620432

    Dari video diatas dapat membantu saya untuk mengenalkan terlebih dahulu konsep bilangan dengan cara menyenangkan, dengan cara menyanyi, bermain game sederhana. dan gerak dan lagu. untuk anak-anak yang membutuhkan bantuan, guru bisa membimbing dengan media berhitung yang ada di sekitar, seperti pensil, koin, kancing dan batu kerikil. dan melakukannya secara berulang.

  2. NDANDA AMBARAWADI
    NIM : 877313879

    Mata Kuliah: Pemantapan Kemampuan Profesional
    Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan.

    Mohon ijin mengomentari vidio pembelajaran
    Dari video tersebut kita dapat menambah wawasan tentang bagaimana cara mempermudah anak dalam mengenal konsep bilangan.
    Beberapa cara yang digunakan guru dalam membantu anak mudah dalam mengenal konsep bilangan adalah:
    a. Menggunakan media/peraga yang mudah dikenal anak misalnya bola kecil.
    b. Mengenalkan anak untuk membilang dengan menggunakan lagu sederhana, permainan maupun tepuk. Sehingga anak merasa nyaman dan tidak mudah bosan.
    c. Membuat lembar kerja dengan gambar yang mudah dikenali anak, bisa berwarna agar menarik bagi anak kemudian anak diminta untuk melingkari angka sesuai jumlah bendanya.
    d. Dalam kegiatan mengenal konsep bilangan dapat diselipkan pengenalan angka , instruksi dalam kosakata bahasa Inggris sehingga pengetahuan anak berkembang.
    e. Mengulas kembali materi yang telah dipelajari sebagai penguatan agar anak benar-benar memahami konsep bilangan dan memberikan reward kepada anak yang dapat menghitung benda dengan benar misalnya pemberian stempel bintang di tangan atau stiker smile.

    Terimakasih atas kesempatannya.

  3. Izin menanggapi
    Nama : SUPARNI
    NIM : 857585194
    UPBJJ UT-Purwokerto
    Semester : 8
    Prodi : S1 PG PAUD

    Matkul : Pemantapan Kemampuan Mengajar
    Judul Video : Sulit Mengenal Konsep Bilangan

    Menurut pendapat saya dari video tersebut guru mengajarkan konsep bilangan dengan berbagai metode atau dengan berbagai variasi kegiatan agar anak tidak jenuh dan bosan. Yaitu dengan menggunakan alat edukatif berupa bola ada anak yang sudah paham saat guru meminta mengambil bola dengan jumlah yang benar dan ada anak yang belum memahami konsep bilangan. Kemudian guru tersebut menggunakan tepuk untuk menganl konsep bilangan serta memberikan berbagai contoh berupa gambar kemudian dihiung dan dilingkari. Guru memberikan stampel pada anak yang dapat menyelesaikan kegiatan dengan baik dan benar.

    Kesimpulannya : sebagai guru harus memiliki banyak ide kreatif, inovatif dan bervariasi dalam kegiatan belajar mengenalkan konsep bilangan agar anak tidak bosan dan cepat memahami konsep bilangan. Memiliki Alat Permainan Edukatif yang menarik dan menggunakan media atau bahan yang nyata agar anak tertarik dalam belajar konsep bilangan. Guru harus melibatkan anak dalam berkegiatan agar anak fokus dalam kegiatan menjadi mudah dan memahami konsep bilanagn. Sebagai guru juga harus memberikan reword atau hadiah, pujian jika anak tersebut berhasil dalam menyelesaikan kegiatan agar anak termotivasi untyk lebih baik lagi.

    Terimakasih .

  4. Nama : Ernawati
    NIM : 858325072

    Dari Video diatas mengenal konsep bilangan , Guru mengenalkan konsep bilangan dengan cara bermain, bernyanyi, dengan tepuk,dan juga dengan menunjukkan gambar sambil menghitung, dan memberikan bintang,,itu akan membuat anak senang dan bahagia

  5. Assalamualiakum
    Nama : Melisa Martha Lucky/ 877856148
    ijin saya akan menanggapi dan menganalisis video mengenai kesulitan anak dalam konsep bilangan,menurut saya didalam video tersebut guru menggunakan strategi pembelajaran dengan menggunakan benda konkret seperti bola,hal ini dapat membantu anak memahami konsep bilangan dengan lebih baik dan lebih efektif,benda konkret dapat membantu anak menghubungkan konsep abstrak bilangan dengan kenyataan sehari hari.Ternyata dalam kegiatan tersebut ada anak yang belum bisa atau mengalami kesulitan dalam konsep bilangan namun guru tersebut berdiskusi dengan anak anak tentang jumlah bola yang diambil tiap siswa jadi anak bisa berpikir mana menghitung benda yang benar dan salah, kemudian guru membantu anak yang mengalami kesulitan untuk berhitung lagi sehingga sang anak merasa diberi dukungan dan motivasi untuk bisa . Dalam video tersebut guru juga dengan strategi menggunakan visualisasi seperti gambar yang ditempel dipapan tulis sehingga anak tertarik dan guru menjelaskan cara berhitung yang benar anak anakpun berantusias mendengarkan guru saat menjelaskan didepan kelas.Kemudian guru memberikan tugas LKPD kepada anak anak tentang menghitung jumlah benda.Setelah itu guru memberikan penguatan lagi dengan menyuruh salah satu anak mengambil spidol sesuai angka yang diperintah guru .Guru pun memberikan reward kepada anak yang telah berhasil dengan memberikan stempel ditangan anak sehingga anak merasa semangat dan dihargai atas kerja kerasnya.

  6. Selamat malam..
    Nama : Ritha Margaretha
    NIM : 858193984
    PRODI PGPAUD UPBJJ PALANGKA RAYA

    Dari video ini terlihat gambaran tentang metode pembelajaran konsep bilangan pada anak usia dini. Guru dapat mengatasi kesulitan anak dalam mengenal konsep bilangan melalui strategi mengenal konsep bilangan lewat permainan,lagu dan juga tepuk tangan. Guru juga memberikan lembar kerja kepada anak didik. Guru membuat alat peraga yang menarik dan menyenangkan sehingga disukai oleh anak-anak. Kemudian guru juga memberikan apresiasi kepada anak-anak dengan memberikan cap stampel ditangan. Sehingga dapat memberi motivasi belajar bagi anak.
    Terimakasih..

  7. Nama :Fatimah ariyani
    NIM: 860155499
    Berdasarkan Video diatas sangat menarik dan menyenangkan.Anak – anak dapat bermain sambil belajar Angka dan Bahasa inggris.Bermain bola di dalam kelas sambil menghitung ,anak dapat berhitung benda yang konkrit,anak diajak mengikuti instruksi guru berapa bola yang harus diambil, spidol yang harus diambil,dihitung apakah benar jumlah benda yang diambil.Sebelum mulai mengerjakan tugas guru mengajak anak membilang dengan lagu,tepuk dan lembar kerja yang dapat berupa counting objek,memasangkan benda sesuai lambing,dan melingkari benda sesuai lambang bilanganya.kegiatan ini sangat menyenangkan bagi anak – anak terlebih lagi jika anak tersebut benar dalam mengambil jumlah bendanya mendapatkan apresiasi stempel Bintang.

  8. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Nama : Euis Nursari
    NIM: 857471302
    Pada video tersebut guru mengajarkan konsep bilangan sesuai dengan tahapan perkembangan anak yaitu melalui lagu, tepuk dan alat permainan edukatif (bola). Bola menjadi media yang efektif untuk membantu anak dalam membangun pemahaman yang lebih nyata tentang angka, karena anak dapat melihat, memegang/menyentuh bola tersebut dan menghitungnya secara langsung.
    Guru mengenalkan konsep bilangan dengan mengajak anak untuk bermain bola, mengenalkan konsep bilangan kepada anak melalui bermain membuat anak merasa senang karena anak bisa belajar seraya bermain dengan menyenangkan dan tidak membosankan. Selain dengan bermain bola guru mengenalkan konsep bilangan melalui bernyanyi dan bertepuk. Melalui nyanyian, anak akan lebih mudah mengenal konsep angka. Guru juga memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya dan mengulas kembali hasil karya anak serta memberikan penguatan kepada anak berupa pemberian stempel bintang. Penguatan sangat penting dalam proses belajar-mengajar karena dapat meningkatkan motivasi, perhatian, dan perilaku positif. Penguatan yang tepat dapat mendorong anak untuk mengulangi perilaku baik dan meningkatkan semangat belajar mereka.
    Selain itu, penataan tempat duduk anak dengan membentuk lingkaran memungkinkan anak dapat memperhatikan guru dengan baik. Dengan penataan tempat duduk yang baik maka diharapkan akan menciptakan kondisi belajar yang kondusif, dan juga menyenangkan bagi anak.

  9. Nama : Firyal Chasna Rosyidah
    NIM : 877861759

    Dari video di atas kita dapat mempelajari bagaimana upaya untuk mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan
    Beberapa teknik mengenal konsep bilangan pada anak diantaranya:
    1. Mengajak Anak Membilang Lewat Permainan, Lagu, atau Tepuk
    Guru mengemas kegiatan membilang secara menyenangkan agar anak lebih tertarik dan terlibat aktif.
    2. Menggunakan Alat Peraga Permainan Konsep Bilangan
    Guru menggunakan alat peraga seperti kartu angka, papan angka, atau benda konkret (balok, kancing, kelereng) untuk membantu anak memahami hubungan antara jumlah dan simbol angka.
    Aktivitas:
    1. Anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai dengan lambang bilangan yang ditunjukkan oleh guru.
    2. Anak mengelompokkan benda berdasarkan angka yang diminta.

  10. Assalamualaikum
    Nama : DEWI MUSFIROTUL ILMIYAH.
    NIM : 858824806
    JUDUL VIDEO : SULIT MENGENAL KONSEP BILANGAN
    Menurut saya dalam video ini sudah sangat kreatif saat menyampaikan konsep bilangan pada peserta didik,
    Dengan menyebutkan bilangan guru sangat menguasai konsep pembelajaran yang akan disampaikan mulai dari bernyanyi dan penyebutan bilangan, guru juga memberikan reward kepada anak yang mampu memberikan jawaban yang benar.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://aenfis.com/cloud/bandarqq/https://aenfis.com/cloud/pkvgames/https://aenfis.com/cloud/dominoqq/
https://unm.edu.ni/old/pkvgames/https://unm.edu.ni/old/bandarqq/https://unm.edu.ni/old/dominoqq/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/https://cheersport.at/about-us/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/https://sipil.teknik.untan.ac.id/