silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : ASA RIZKY AMALIA
NIM : 858568975
“SULIT MENGENAL KONSEP BILANGAN”
Dari vidio diatas menunjukkan cara seorang guru mengenalkan konsep bilangan kepada anak usia dini. Ada beberapa cara yang diterapkan yaitu bernyanyi, bermain, dan pemberian tugas. Dengan bernyanyi anak akan mudah memahami apa yang sedang disampaikan oleh guru, dengan bermain sambil belajar anak akan merasa senang dan tidak sadar bahwa dirinya sedang belajar karena kegiatan ini paling disukai dan menyengkan. Selanjutnya melalui penguatan materi yaitu pemberian tugas, hal ini mengajarkan anak untuk berlatih fokus dengan menghitung gambar dan melingkari angka yang benar.
Menurut saya metode yang digunakan oleh guru tersebut sudah sesuai karena melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan akan membuat anak merasa nyaman dan tidak bosan saat belajar serta mudah memahaminya.
Nama : Khoirun Nisa’
NIM : 877319751
Semester : 8
Pokjar : Joyoboyo Kota Kediri
Video menunjukkan upaya kreatif guru PAUD dalam mengenalkan konsep bilangan melalui permainan, lagu, tepuk bilangan, dan lembar kerja, yang berhasil memicu antusiasme anak. Penguatan positif seperti stempel bintang juga efektif memotivasi murid. Namun, guru perlu memberikan bimbingan lebih intensif pada anak yang kesulitan, seperti saat murid salah mengambil jumlah bola, dan menggunakan alat peraga visual untuk memperjelas konsep. Secara keseluruhan, pendekatan guru menarik, tetapi evaluasi pemahaman anak dan variasi metode dapat ditingkatkan untuk hasil belajar yang lebih optimal.
Nama : ULFATUN NISWAH
NIM : 858703728
Program yang dilakukan guru ini sangat efektif dalam membantu anak mengenal konsep bilangan secara menyenangkan dan interaktif. Karena pada vidio tersebut :
1. guru menggunakan Metode Bermain dan Bernyanyi Melalui lagu dan tepuk tangan, anak-anak lebih mudah memahami konsep bilangan karena mereka belajar sambil bergerak dan bersenang-senang.
2. Menggunakan Alat Peraga dan memberikan benda konkret untuk dipasangkan dengan lambang bilangan memungkinkan anak melihat dan menyentuh langsung angka yang mereka pelajari. Ini sangat membantu anak yang lebih memahami konsep melalui pengalaman langsung.
3.Memberikan Lembar Kerja sebagai Latihan Mandiri Latihan memasangkan benda dengan angka atau melingkari jumlah yang sesuai memberikan kesempatan kepada anak untuk mengaplikasikan pemahaman mereka dengan cara yang lebih fokus dan mandiri.
4. Memberikan Penguatan dan Apresiasi Penghargaan seperti stempel bintang di tangan dapat meningkatkan motivasi anak dan rasa percaya diri mereka. Anak-anak akan merasa dihargai atas usahanya, yang pada akhirnya memperkuat kebiasaan belajar yang positif.
Nama : DELVI NUR INDAH SARI
NIM : 858756101
Bu guru dalam video di atas dalam mengenalkan bilangan menggunakan metode yang di sukai anak-anak yakni bernyanyi dan bermain ,, di mana dalam metode ini anak cukup fokus dalam mengikuti arahan dari bu guru, kelebihan dari metode yang di ajarkan bu guru sudah sesuai dengan prinsip pembelajaran anak usia dini yakni bermain dengan belajar, hanya akan lebih baik lagi jika dalam kegiatan mengambil bola sesuai arahan bu guru, anak anak di beri rintangan untuk menuju ke bola,, agar fisik motorik anak lebih terasah lagi dengan adanya rintangan yang sesuai dengan anak usia dini.
Nama : Nur Dia Aputi ayu
Nim : 859423787
Upbjj : Makassar
Video tersebut memperlihatkan seorang guru mengenalkan konsep bilangan kepada anak didiknya melalui metode bermain bernyanyi, di mana metode ini lebih mudah dipahami oleh anak usia dini, karena mereka belajar sambil bermain, memberikan lembar kerja juga sangat membantu anak agar bisa mengenal lambang bilangan dengan mudah.
Assalamualaikum Wr Wb
Kepada YTH Ibu Tutor
Rekan Tuton sekalian
Perkenalkan
Nama : Hidayatun Nahariyah
NIM : 858538009
Prodi : PGPAUD
UPBJJ : Semarang
Izin menanggapi dan memberikan refleksi tentang video seri pembelajaran yang berjudul ANAK SULIT MENGENAL KONSEP BILANGAN.
Terima kasih kepada UT yang sudah mengunggah video dengan mengangkat topik yang sangat relevan dengan masalah yang sering kita hadapi di dalam kegiatan pembelajaran beserta contoh upaya yang dapat kita lakukan.saya sangat setuju dengan cara yang dilakukan oleh guru yakni mengenalkan konsep bilangan kepada anak melalui cara yang interaktif dan menyenangkan.Pendekatan belajar dengan lagu dan tepuk akan membuat konsep bilangan menjadi lebih hidup dan mudah melekat pada diri anak.kegiatan memasangkan lambang bilangan dengan benda membangun pemahaman yang kuat antara kuantitas fisik dan simbol bilangannya sehingga mampu menjadi fondasi yang penting dalam dunia matematika.pemanfaatan alat peraga edukatif yang beragam dan menarik juga dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang interaktif.Saya ingin menambah sedikit,dalam mengenalkan konsep bilangan ke anak biasanya saya juga menggunakan lagu yang memanipulasi bentuk labang bilangan.contoh :1 seperti tongkat,2 bebek berenang,3 burung terbang dan seterusnya.
Dari video di atas yang dapat saya simpulkan dalam menghadapi anak yang masih kesulitan dalam mengenal konsep bilangan adalah
1.Guru di tuntut untuk memiliki kreativitas dan inovasi dalam menciptakan metode pengajaran yang sesuai dengan dunia anak
2.Pembelajaran secara langsung dengan menghubungkan konsep abstrak menjadi konkret penting untuk membangun pemahaman anak
3.Menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan yang mampu mendorong partisipasi aktif anak
Demikian pendapat yang dapat saya sampaikan.mohon maaf atas kekurangan
Wassalamualaikum Wr.Wb
Nama : Siti Rohkimah
Nim : 859939424
Judul Video : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Video pembelajaran tersebut sangat bagus sekali karena dalam video tersebut guru menggunakan berbagai teknik untuk menstimulasi anak didiknya dalam mengenalkan konsep bilangan dengan berbagai macam alat peraga. Didalam kegiatan tersebut guru mengajak anak mengenal konsep bilangan dengan media sambil bermain, lalu guru menghitung dan menyebutkan jumlah benda yang dibawa anak tersebut lalu menghitungnya bersama-sama.
Dalam video tersebut guru juga menyampaikan pembelajaran mengenal konsep lambang bilangan dengan mengajak bernyanyi, bertepuk-tepuk terlebih daahulu dalam memberikan penguatan. Guru juga mmeberikan reward pada anak dengan memberikan stempel bintang di tangan kanan dan kiri bagi anak yang bisa menjawab.
Nama : Eva Beathrix Justina Gilda
NIM : 858530011
Menurut saya, video di atas memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana seorang guru Taman Kanak-kanak dapat mengatasi kesulitan anak dalam mengenal konsep bilangan. Video ini menunjukkan bahwa dengan pendekatan yang kreatif dan menyenangkan, seperti menggunakan lagu, permainan, tepuk tangan, dan alat peraga, guru dapat membantu anak memahami bilangan dengan lebih mudah. Saya juga melihat bahwa pentingnya memberikan penguatan positif, seperti stempel bintang, sangat efektif untuk memotivasi anak. Dari tayangan ini, saya belajar bahwa mengenalkan konsep matematika kepada anak usia dini perlu dilakukan secara bertahap, menarik, dan sesuai dengan dunia mereka yang penuh bermain.
Menurut saya, video di atas memberikan gambaran yang jelas dan inspiratif tentang bagaimana seorang guru Taman Kanak-kanak dapat mengatasi kesulitan anak dalam mengenal konsep bilangan. Video ini menunjukkan bahwa dengan pendekatan yang kreatif dan menyenangkan, seperti menggunakan lagu, permainan, tepuk tangan, dan alat peraga, guru dapat membantu anak memahami bilangan dengan lebih mudah. Saya juga melihat bahwa pentingnya memberikan penguatan positif, seperti stempel bintang, sangat efektif untuk memotivasi anak. Dari video ini, saya belajar bahwa mengenalkan konsep matematika kepada anak usia dini perlu dilakukan secara bertahap, menarik, dan sesuai dengan dunia mereka yang penuh bermain.
NAMA : FIRLY NURBAETI ZEIN
NIM : 857526223
PGPAUD UPBJJ BANDUNG
Dalam video tersebut, guru berupaya untuk mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk, membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut, memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya, dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Menurut saya, pembelajaran/strategi yang digunakan sudah bagus. Pembelajaran juga bisa memanfaatkan bahan disekitar sepeti ranting, kancing baju, tutup botol, kerikil dan sebagainya. Selain memperkenalkan konsep bilangan pada anak, dapat juga mengajarkan anak untuk memanfaatkan serta menggunakan bahan disekitar.