silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Assalamualaikum wr,wb
Nama : Durotul Maunah
NIM. : 860009686
Pada video yang berjudul ” sulit mengenal konsep bilangan” sangat bagus dimana anak diajak mengenal konsep bilangan melaui permain.. Anak bisa belajar sambil bermain
Terimaksih..
Refleksi dengan cara menganalisis video tentang sulit mengenal konsep bilangan Dari video tersebut sangat bermanfaat bagi guru atau calon guru untuk mengatasi anak sulit mengenal konsep bilangan dengan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan untuk anak. Dalam video tersebut guru yang mempunyai kemampuan untuk menyampaikan materi berupa menghitung bilangan dengan menggunakan media benda konkrit seperti bola, spidol dan melalui lka bergambar sangat membantu anak untuk lebih memahami konsep bilangan dan didukung dengan bahasa yang jelas dan komunikatif sehingga anak mudah untuk memahaminya. Proses pembelajaran yang berlangsung sangat interaktif, anak dilibatkan langsung dalam pembelajaran.
NURBAITI NASARI
NIM 857879663
Menurut saya vidio diatas sudah bagus dan sangat menginspirasi para guru untuk lebih meningkatkan preses belajar dengan anak2…dalam vidio tersebut guru menggunakan media untuk membantu anak mengenal anka..guru juga sangat pintar menguasai anak2 agar dapat fokus memperhatikan apa yg disampaikan..dan beliau jg mengenalkan konsep bilangan dengan gabungan menyebutkan angota tubuh..sehingga anak dapat ilmu yang lebih..guru juga sanat komunikatif dalam penyampaian materi
assalamu’alaikum wr wb
salam kenal
nama Mai Roza Lidiana
Nim 877555623
UPBJJ Padang
izin memberi tanggapannya.
di kegiatan dalam video tersebut guru dapat melakukan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak sehingga anak langsung terlibat dalam permainan mengenal konsep bilangan dengan cara mengambil bola, mengambil spidol, bernyanyi dan tepuk tangan, dan mengerjakan lembar kerja yang disediakan oleh guru. disini dapat meningkatkan kampuan kognitif anak seperti membilang, mengenal warna, mengenal bentuk pada gambar sehingga anak dapat melakukannya dengan baik, walau ada salah satu anak yang belum sempurna tetapi guru tetap memberika pujian guru dapat menyelesaikan dengan cara mengajak yang lainya sehingga anak tersebut dapat melakukannya dengan benar. setiap kegiatan yang dilakukan guru memberikan pujian sehingga anak lebih bersemangat lagi dalam kegiatan tersebut.
selain kegiatan diatas kita juga dapat mekalakuan dengan cara menyediakan alat peraga atau media pembelajaran yang bervariasi.
Assalamu’alaikum izin menanggapi vidio tentang sulit mengenal konsep bilangan
Saya Priska Triana Putri (856306916)
Menurut saya konsep pembelajaran seperti di dalam vidio cukup efektif digunakan untuk membantu anak belajar sambil berhitung, saya juga memakai metode seperti ini, yaitu guru memberi intruksu kepada anak dididk untuk mengambil bola sebanyak angka yang di sebutkan, anak akan belajar dan memahami seperti apakah bola sebanyak angka 4,twrnyata seperti, nah anak akan paham berhitung dengan cara seperti itu, dan juga dengan memakai media bola berwarna warni anak tidak mudah bosan dan tertarik untuk mencobanya.
Selamat siang. Sebelumnya, perkenalkan saya Henni Mariana (NIM 859942107) dari UPBJJ Jakarta.
Berdasarkan pengamatan yang saya lakukan terhadap tayangan di atas, saya melihat guru melakukan kegiatan pembuka dengan mengajak anak bermain bola. Hal ini sesuai dengan nature anak usia dini, yaitu bermain. Selanjutnya, guru memilih 2 anak untuk mengambil bola sejumlah yang diperintahkan guru. Anak pertama diminta mengambil 4 bola, guru mengajak seluruh anak untuk menghitung jumlah bola yang diambil dan benar sejumlah 4 bola. Kemudian, anak kedua diminta mengambil 7 bola, guru kembali mengajak seluruh anak untuk menghitung jumlah bola yang diambil dan ternyata hanya ada 6 bola. Lalu guru menanyakan kepada anak-anak berapa bola yang kurang agar jumlahnya tepat 7 bola dan anak-anak menanggapi dengan menambahkan 1 bola.
Guru mengidentifikasi adanya masalah pada anak yaitu pengenalan konsep bilangan.
Guru pun melakukan beberapa solusi untuk mengatasi masalah pengenalan konsep bilangan tersebut, yaitu:
1. Dengan mengenalkan konsep bilangan dengan bernyanyi dan menggunakan alat peraga, yaitu anggota tubuh.
2. Guru juga melakukan tepuk untuk melatih pemahaman anak tentang konsep bilangan.
3. Guru memberikan lembar kerja, dimana terdapat sejumlah gambar benda dan lambang bilangan. Anak perlu melingkari lambang bilangan sesuai dengan jumlah gambar bendanya.
4. Guru juga memberikan apresiasi kepada anak yang sudah memahami konsep bilangan dengan memberikan stempel ditangan anak.
Secara keseluruhan apa yang dilakukan oleh guru tersebut sudah baik, hanya perlu dilakukan sedikit perbaikan yaitu ketika menghitung jumlah bola sebaiknya jumlah yang ditunjukkan dan yang disebutkan adalah sama. Ketika guru membilang 1, maka bola yang ditunjukan ke anak 1. Ketika guru membilang 2, maka jumlah bola yang ditunjukan 2. Dalam video ketika guru membilang 2, guru hanya mengangkat 1 bola baru meletakkannya bersama bola sebelumnya. Sebaiknya, langsung dilekatkan bersama bola sebelumnya. Sehingga anak tau bola tersebut adalah 2, sesuai dengan guru yang membilang 2.
Nama : Nurul Khayatul Qilmi
Nim : 857631775
UPBJJ: UT Purwokerto
Assalamualaikum… Izin menanggapi video pembelajaran di atas. Dengan adanya video tersebut membuat saya terbantu untuk lebih kreatif serta inovatif dalam memberikan pembelajaran yang menyenangkan untuk anak didik saya. Dengan di selingi dengan lagu, tepuk membuat anak lebih semangat dalam pembelajaran. Serta dengan konsep yang seperti itu akan membantu anak lebih mudah dalam mengenal konsep bilangan. Karena dengan hal tersebut anak akan senang serta rasa ingin tahunya kembali besar.
Serta dengan memberi reward untuk anak yang mampu mengambil bola dan spidol dengan jumlah yang benar dengan memberikan cap Bintang untuk nya akan membuat anak-anak yang lain termotivasi dan ingin melakukan hal yang sama seperti temannya yang lain..
Demikianlah tanggapan dari saya.
NAMA : ANAH
NIM : 857275925
UPBJJ : SERANG
Dalam video ini, guru PAUD memperlihatkan bagaimana ia membantu anak-anak yang kesulitan memahami konsep bilangan. Dengan pendekatan bermain dan menggunakan benda-benda konkret seperti balok dan benda sehari-hari, guru berhasil menanamkan konsep angka secara bertahap dan menyenangkan. Metode ini sesuai dengan prinsip pembelajaran anak usia dini yang berbasis pengalaman nyata dan manipulatif.
Nama: Neneng Fauziah
Nim: 857274844
UPBJJ: Serang
Dalam video ini, guru PAUD memperlihatkan bagaimana ia membantu anak-anak yang kesulitan memahami konsep bilangan. Dengan pendekatan bermain dan menggunakan benda-benda konkret seperti balok dan benda sehari-hari, guru berhasil menanamkan konsep angka secara bertahap dan menyenangkan. Metode ini sesuai dengan prinsip pembelajaran anak usia dini yang berbasis pengalaman nyata dan manipulatif.
Nama: Asya Alya Maulida
NIM : 857622031
UPBJJ PURWOKERTO
Dari video tersebut dapat belajar bagaimana cara pembelajaran pada anak yang sulit untuk mengenal konsep bilangan, sebagai referensi atau acuan bagi pendidik. Video ini disajikan sangat menarik dengan disertai penjelasan dan contoh nyata. Dari video tersebut dapat disimpulkan bahwa fenomena anak yang Sulit mengenal konsep bilangan kerap kali terjadi, yang dimana guru memerlukan kepiawaian atau keahliannya tersendiri untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak. Video tersebut memberikan teknik mengenalkan konsep bilangan pada anak yaitu pertama sebelum memulai pembelajaran Guru mengajak anak untuk membilang dengan permainan, lagu dan tepuk. Kedua, guru juga dapat memberikan Tugas berupa lembar kerja. Ketiga, memberikan reward atau apresiasi kepada anak atas keberhasilan dalam menjawab soal sehingga anak merasa senang dan semangat dalam belajar. Video tersebut menyampaikan metode dan proses pembelajaran yang interaktif dengan melibatkan anak secara langsung dalam pembelajaran, sehingga guru dapat memotivasi anak dengan baik. Dengan demikian, tujuan dari pembelajaran untuk mengembangkan aspek kognitif tersebut dapat tercapai dan terlaksana dengan baik. video tersebut sangat bermanfaat dan membantu para pendidik untuk menangani kasus yang sama, serta dapat memotivasi pendidik untuk memberikan pembelajaran menyenangkan.