silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
NAMA:HIBA ROYKHANA
NIM:859838663
UPBJJ:UT KENDARI
Assalamu’alaikum warahmatullohi wabarakatuh..ibu tutor yang saya hormati,izin menanggapi tentang video anak sulit mengenal konsep bilangan,dari video tersebut menjadi inspirasi bagi kami para guru untuk bisa mengembangkan cara mengajar kami dalam mengenalkan konsep bilangan dengan menggunakan media pembelajaran yang menyenangkan,dan mudah di pahami oleh semua murid.Dari video tersebut terlihat beberapa strategi pembelajaran mengenalkan konsep bilangan,dan memberikan apresiasi pada murid berupa cap bintang pada tangan murid yang bisa mengambil spidol dengan jumlah yang di sebutkan oleh guru,membuat murid lebih semangat untuk berhitung dengan teliti dan benar.
NAMA = SASTRA REBKA NATALIA ZAI
NIM =860134986
JUDUL VIDEO =SULIT MENGENAL KONSEP BILANGAN
Dalam video ini kita dapat mengamati caraguru tersebut mengajarkan anak anak dalam mengenal bilangan dengan cara mengambil bola,spidol serta menghitung sebuah gambar bintang dalam buku sehingga anak dapat dipermudah dalam mengenal dan menghitung angka 1 sampai seterusnya.
Nama : Ailsa Nahwa Haura
Nim : 858963383
UPBJJ : Jember
Anak yang sulit mengenal konsep bilangan bisa dibantu dengan cara yang menyenangkan dan sederhana. Gunakan benda nyata seperti kancing, mainan, atau makanan kecil untuk menghitung bersama agar anak lebih mudah memahami. Mengajak anak bermain sambil belajar angka, seperti bermain papan angka atau lagu berhitung. Ulangi terus secara rutin dan sabar agar anak terbiasa. Jika perlu, bantu anak dengan gambar atau warna untuk membedakan angka. Dengan cara yang menarik dan dukungan penuh, anak bisa lebih mudah mengenal konsep bilangan.
Nama: putri kirani maulida
NIM:877637082
UPBJJ: Jakarta
Setelah saya analisis dari vidio guru pintar online tentang Sulit Mengenal Konsep Bilangan. seblum memulai mengerjakan tugas untuk membilang guru memulai dengan permainan,lagu,dan tepuk tangan.pemberian stempel pada anak karena suda menjawab tugas dari guru dengan benar anak akan merasa senang dan bermotivasi lagi untuk lebih semangat.setelah saya lihat dari vidio tersebut dapat menambah pengetahuan bagi guru paud dan juga bermanfaat.
Dalam seri Pengembangan Kognitif PAUD terdapat 3 video yang berjudul :
1. Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar
2. Anak Tidak Dapat Membedakan Huruf yang Mirip
3. Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Menurut saya, video tentang pembelajaran PAUD yang membahas aspek pengembangan kognitif sangat bermanfaat bagi saya sebagai guru PAUD. Karena dapat menambah wawasan dan pengetahuan saya tentang pengembangan kognitif anak.
Assalamu’alaikum
Nama : Aninda Ratna Iftita
NIM. : 858013096
Dari video yang saya saksikan guru mengajak anak untuk mengenal jumlah dengan cara bermain sambil belajar, hal tersebut sangat menarik untuk anak dan tidak membosankan.
Dan setelah anak berhasil, guru memberikan apresiasi kepada anak dengan memberikan stiker. Hal tersebut akan membuat anak lebih antusias dalam belajar.
assalamualikum wr.wb
izin, nama :Andina putri
nim :885899717
UPBJJ :BANDA ACEH
Setelah saya menonton video ini,Pendekatan Bermain: Guru Mengajak anak untuk membilang melalui permainan dan lagu adalah metode yang sangat efektif. Anak-anak pada usia dini belajar dengan cara yang menyenangkan, dan penggunaan lagu serta permainan dapat meningkatkan minat dan motivasi mereka untuk belajar. Ini juga membantu mereka mengasosiasikan bilangan dengan pengalaman positif.
Alat Peraga yang di gunakan oleh guru yang biasa di mainakan oleh anak (bola) dalam menghitung konsep dapat membantu anak memahami konsep bilangan dengan lebih baik. Dengan melihat dan menyentuh benda-benda tersebut, anak-anak dapat lebih mudah memahami hubungan antara lambang bilangan dan jumlah benda.
Lembar Kerja: Memberikan tugas berupa lembar kerja untuk memasangkan atau melingkari benda sesuai lambang bilangan adalah cara yang baik untuk menguatkan pemahaman mereka. Ini memberikan kesempatan bagi anak untuk berlatih secara mandiri dan mengaplikasikan apa yang telah mereka pelajari.
Ulasan dan Penguatan: Mengulas kembali hasil karya anak dan memberikan penguatan, seperti stempel bintang, adalah cara yang efektif untuk membangun rasa percaya diri anak. Penguatan positif dapat memotivasi anak untuk terus belajar dan berusaha lebih baik.
Masukan dan Saran
Variasi Metode Pembelajaran: Meskipun metode yang digunakan sudah baik, guru dapat mempertimbangkan untuk menambahkan variasi lain, seperti menggunakan teknologi (misalnya, aplikasi edukasi) atau kegiatan luar ruangan yang melibatkan bilangan, seperti menghitung langkah saat berjalan.
Kolaborasi dengan Orang Tua: Mengajak orang tua untuk terlibat dalam proses pembelajaran di rumah dapat memperkuat pemahaman anak. Misalnya, guru dapat memberikan saran kepada orang tua tentang permainan atau aktivitas yang dapat dilakukan di rumah untuk memperkenalkan konsep bilangan.
Penggunaan Cerita: Mengintegrasikan cerita atau dongeng yang melibatkan bilangan dapat menjadi cara yang menarik untuk memperkenalkan konsep bilangan. Anak-anak sering kali lebih mudah mengingat informasi yang disampaikan dalam bentuk cerita.
Pemberian Tantangan: Setelah anak mulai memahami konsep bilangan, guru dapat memberikan tantangan yang lebih kompleks, seperti menghitung benda dalam kelompok atau membuat pola dengan bilangan. Ini dapat membantu anak berpikir lebih kritis dan kreatif.
Evaluasi Berkala: Melakukan evaluasi berkala untuk mengukur pemahaman anak terhadap konsep bilangan dapat membantu guru menyesuaikan metode pengajaran. Dengan mengetahui kemajuan setiap anak, guru dapat memberikan perhatian lebih kepada anak yang masih kesulitan.
Kesimpulan
Secara keseluruhan, upaya guru dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan sudah sangat baik. Dengan pendekatan yang menyenangkan dan beragam, anak-anak dapat belajar dengan lebih efektif. Dengan beberapa masukan dan saran di atas, diharapkan proses pembelajaran dapat semakin optimal dan menyenangkan bagi anak-anak.
Assalamualaikum wr wb…
Nama : Widya yuliyati
NIM : 858537379
Disini saya akan menanggapi video tersebut, dalam mengenalkan konsepbilangan kepada anak2 memang perlu kreatifitas guru, dan agar pengenalan konsep bilangan nudah dipahami oleh anak2. Dari video tersebut membantu saya dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak2 dengan berbagai kegiatan.
terimakasih
Nama : Laganingtyas Sanda Arlina
NIM : 858016006
UPBJJ : UT Yogyakarta
Berdasarkan video kasus tersebut dapat kita ketahui bahwa masih banyak anak usia dini yang kesulitan dalam mengebal konsep bilangan. Oleh karena itu, sebagai guru kita berusaha untuk menemukan solusinya. Beberapa solusi yang dapat dilihat dari video tersebut yaitu dengan bermain bola. Anak diminta mengambil sejumlah bola sesuai dengan perintah guru. Namun sebelum permainan dimulai, guru memberikan awalan dengan bernyanyi lagu “Dua mata saya” dan tepuk bilangan. Awalan tersebut bertujuan untuk menarik minat anak. Selanjutnya guru memberikan Lembar Kerja Anak (LKA) yakni melingkari angka sesuai jumlah benda(gambar) dengan contoh. Dilanjutkan dengan permainan mengambil sejumlah spidol sesuai perintah guru.
Dari video tersebut, guru bersikap bijaksana dengan memberikan reward berupa stempel bagi anak yang berhasil menyelesaikan tugas. Namun bu guru tidak menyalahkan anak yang tidak tepat menjawab pertanyaan, melainkan tetap memberikan semangat dan memberi kesempatan pada anak untuk mengulang kembali (saat mengambil bola).
Nama : Sekolastika Ha’ong
Nim : 858434962
UPBJJ : 50 Samarinda
Mengatasi kesulitan dalam mengenal konsep bilangan memerlukan pendekatan yang holistik. Ini melibatkan penguatan pemahaman konsep dasar, penerapan metode pengajaran yang inovatif dan relevan, pengelolaan kecemasan matematika, mengakomodasi berbagai gaya belajar, menghubungkan konsep dengan konteks nyata, memperjelas representasi simbolik, dan mempertimbangkan tahapan perkembangan kognitif siswa.