silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama: Widyaningsih
NIM : 858018554
UT Yogyakarta
Alhamdulillah dari video ini saya belajar bahwa mengenalkan konsep bilangan pada anak bisa lewat berbagai cara seperti bermain, bernyanyi, tepuk dan mengerjakan worksheet.
mengenal konsep bilangan dengan cara bermain, bernyanyi dan tepuk tentu akan memberikan pengalaman nyata yang menarik bagi anak-anak. anak-anak akan lebih mudah memahami konsep mengenal bilangan ketika bermain, selain itu fisik motorik anak juga turut terasah.
Assalamu’alaikum wr.wb.
izin menanggapi video pembelajaran mengenal konsep bilangan diatas, menurut saya video pembelajaran yang diberikan guru cukup menarik dan menyenangkan.
Guru dalam menyampaikan pembelajaran tidak hanya secara verbal,tetapi melibatkan gerak tubuh dengan membuat nyanyian sambil menghitung jumlah panca indra dalam mengenalkan konsep bilangan.
Anak-anak juga diajak bermain sambil mengenal konsep bilangan. Selain itu juga Lembar Kerja Siswa juga cukup menarik bagi anak untuk mengenal konsep bilangan. Dalam video juga diperlihatkan guru yang memberi reward kepada anak yang bisa mengerjakan tugas denan baik yaitu dengan memberi stempel bintang.
Menurut saya videonya sangat mengispirasi.
Terima Kasih
Nama : Az zahrah
Nim. : 859407674
Pokjar : Maros
Prodi. : PGPAUD AKPMM
Ubjj. : UT Makassar
Berikut adalah analisis dari video ” sulit mengenal konsep bilangan”
Dalam video tersebut menayangkan tentang pemecahan masalah bagaimana seorang guru mengatasi anak yang kesulitan mengenal konsep bilangan. Upaya yang dilakukan guru yaitu : mengenalkan konsep bilangan dengan permainan mengunakan alat peraga seperti bola lalu anak diminta mengambil bola sesuai bilangan yang diintruksikan oleh guru, kemudian menghitungnya bersama-sama, anak juga diajak untuk membilang dengan tepuk dan nyanyian, guru memberikan tugas berupa lembar kerja sehingga anak menghitung gambarnya sendiri lalu memasangkan dengan lambang bilangan yang sesuai atau dengan melingkarinya, terakhir guru mengulas hasil karya anak dan memberikan apresiasi berupa stempel bintang di tangannya.
Guru melalukan assesmen yaitu dengan mengamati anak, melihat siapa yang percaya diri dalam mengambil bola serta guru memberikan tugas menghitung gambar dan melingkari lambang bilangan. Guru juga memberikan scaffolding seperti arahan, memperlihatkan jumlah jari tangan agar anak tahu jumlah benda yang diambilnya. Hal ini dilakukan karena tentu guru ingin anak mencapai indikator perkembangannya.
Secara umum, tayangan video tersebut sudah cukup menarik. Guru menggunakan benda konkret sebagai media untuk membilang, dimana hal itu sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Namun menurut saya, hal yang perlu diperbaiki adalah ketika saat pembukaan, sebelum menjelaskan kegiatan apa yang akan dilakukan sebaiknya guru mengajak anak untuk ice breaking, atau bergerak sambil bernyanyi, sehingga anak akan antusias dan lebih semangat.
Ketika melakukan permainan menghitung bola, ada sebagian anak yang merasa bosan, tidak memperhatikan temannya dan menghitung bola temannya. Menurut saya permainan bisa dilakukan dengan cara berkelompok dan estafet bola, anak berkompetisi untuk mengambil, siapa yang paling cepat mengumpulkan bola sesuai bilangan yang diintruksikan guru.
mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Terimahkasih🙏🏻
Apa yang dilakukan guru dalam video ini sudah sangat bagus untuk mengatasi anak yang sulit dalam mengenal bilangan. Upaya guru tersebut antara lain:
1. Mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk. Guru menggunakan benda konkrit yaitu bola dalam mengenalkan bilangan yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini yang suka dengan hal-hal yang bersifat konkrit; akan lebih baik lagi pada waktu menghitung bola anak yang memegang dan menghitung sendiri.
2. Membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut;
3. Memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya;
4. Mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berup a pemberian stempel bintang di tangannya.
Nama : Dede Nurul Komaria
Nim : 877623188
UPBJJ BANDAR LAMPUNG
Dalam tayangan video diatas yang berjudul “sulit mengenal konsep bilangan”, memperlihatkan kepiawaian seorang guru taman kanak-kanak yang sedang memperkenalkan konsep bilangan dengan teknik yang kreatif, inovatif dan menyenangkan. Beberapa teknik yang digunakan sebagai berikut:
1. Guru menggunakan bola-bola kecil untuk kegiatan berhitung nyata. Media pembelajaran konkret sangat penting untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak usia dini karena anak-anak pada tahap ini masih berpikir secara konkret dan visual.
2. Guru mengajak anak membilang dengan permainan, lagu dan tepuk.
3. Guru memberikan lembar kerja yaitu, memasangkan gambar dengan lambang bilangannya, dan melingkari gambar sesuai dengan lambang bilangannya.
4. Guru memberikan penguatan kepada anak yang berhasil menyelesaikan tugasnya, berupa pemberian stempel bintang pada tangan anak.
Demikian dan terima kasih.
Video ini membahas berbagai metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini, karena guru langsung mengenalkan konsep bilangan kepada anak dengan cara teknik belajar sambil bermain sambil menghitung jumlah benda seperti bola, sehingga anak tidak mudah bosan karena guru juga mengajar sambil mengajak anak-anak bernyanyi dan tepuk tangan. Dengan cara tersebut anak-anak makin mudah mengenal konsep bilangan.
Nama : Eni Sumarni
Nim : 877797202
Assalmualikum
Izin memberi tanggapan vidio pembelajaran tentang ” sulit memhami konsep bilangan”
Vidio inin menyajikan metode pembelajaran yang menyenangkan bagi anak usia dini dengan menerapkan pendekataan melalui permainan bola,bernyanyidan tepuk sehingga anak lebih mudah untuk memahami konsep bilangan.masukan dari saya menegnalkan konsep bialngan kepada anak usia dini sebaiknay dilakukan dengahn cara yang menyenangkan seperti permainan kartu angka bergambar dan tidak hanya permainan yang dilakukan didalam kelas saja akan tetapi permainan yang dilakukan diluar kelas,seperti permainan Engrang,anak dapat menghitung kotak yang dilomaptinya.
Vidio pembelajran ini sangat bermanfaat bagi saya memberi wawsan dan pengetahuan dalam menrapkan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak sehingga anak mudah memhami konsep bialngan .terimakasih..
dalam vidio tersebut tentang sulit mengenal konsep bilangan, guru telah menerapkan beberapa strategi yang mudah dipahami anak dengan pembelajaran yang menyenangkan dengan menggunakan media pembelajaran sesuai dengan minat anak, sehingga anak dengan mudah memahaminya. Anak mau duduk rapi dan memperhatikan apa yang disampaikan guru. Selain mengenalkan konsep bilangan guru juga mengenalkan konsep seni dengan bernyanyi dan tepuk. Anak juga dapat mengenal anggota tubuhnya melalui lagu dan tepuk sehingga anak sangat antusias mengikuti pembelajaran dan dapat memahami pembelajaran tersebut.
Assalamualaikum wr wb
Nama : Sri Wuryani
NIM : 857871343
UPBJJ : Boyolali
Dalam vidio tersebut tentang sulit mengenal konsep bilangan, guru telah menerapkan beberapa strategi yang mudah dipahami anak dengan pembelajaran yang menyenangkan dengan menggunakan media pembelajaran sesuai dengan minat anak, sehingga anak dengan mudah memahaminya. Anak mau duduk rapi dan memperhatikan apa yang disampaikan guru. Selain mengenalkan konsep bilangan guru juga mengenalkan konsep seni dengan bernyanyi dan tepuk. Anak juga dapat mengenal anggota tubuhnya melalui lagu dan tepuk sehingga anak sangat antusias mengikuti pembelajaran dan dapat memahami pembelajaran dan anak melaksanakan perintah sesuai yang disampaikan guru.
Assalamualaikum wr wb
Nama : Sri Wuryani
NIM : 857871343
UPBJJ : Boyolali
Dalam vidio tersebut tentang sulit mengenal konsep bilangan, guru telah menerapkan beberapa strategi yang mudah dipahami anak dengan pembelajaran yang menyenangkan dengan menggunakan media pembelajaran sesuai dengan minat anak, sehingga anak dengan mudah memahaminya. Anak mau duduk rapi dan memperhatikan apa yang disampaikan guru. Selain mengenalkan konsep bilangan guru juga mengenalkan konsep seni dengan bernyanyi dan tepuk. Anak juga dapat mengenal anggota tubuhnya melalui lagu dan tepuk sehingga anak sangat antusias mengikuti pembelajaran dan dapat memahami pembelajaran dan anak melaksanakan perintah sesuai yang disampaikan guru.