Sulit Mengenal Konsep Bilangan

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,490 Comments

  1. Pada video ” Sulit Mengenal konsep Bilangan”
    Menurut saya video tersebut sangat menarik, dalam video tersebut memperlihatkan seorang guru dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan mereka menggunakan beberapa teknik yaitu mengajak anak untuk membilang dengan bermain bola sambil bernyanyi/ bertepuk tangan bersama-sama. Dan guru bisa juga dengan memberikan tugas berupa lembar kerja kepada anak yaitu dengan memasangkan benda sesuai lambang bilangannya serta melingkari benda sesuai bilangannya.
    Dan guru juga bisa memberikan penguatan kepada anak yang telah berhasil mengambil sejumlah benda yang diperintahkan guru tanpa salah, dan guru tersebut memberikan stempel bintang ditangan anak .

  2. Nama : Umi kalsum
    Nim : 856759348
    Upbjj : Palembang
    izin menanggapi video di atas yang berjudul sulit mengenal konsep bilangan dan Setelah melihat tayangan vidio diatas sangat membantu saya dalam menerapkan kegiatan yang kreatif dan inovatif karna guru telah menerapkan strategi yang tepat menyenangkan, dan sesuai dengan pendekatan pembelajaran PAUD. Guru tidak hanya menyampaikan konsep bilangan secara verbal, tapi juga melibatkan indera, gerak tubuh, serta emosi anak dalam proses belajar seperti bernyanyi dan bertepuk tangan membuat anak menjadi bersemangat dan Saya berharap pendekatan seperti ini bisa terus dikembangkan dan dibagikan sebagai praktik baik kepada guru-guru lainnya.Pembelajaran yang aktif, kreatif, dan memberikan ruang eksplorasi akan membantu anak memahami konsep-konsep dasar seperti bilangan secara lebih mendalam dan bermakna selain itu guru juga memberika reward dan apresiasi kepada siswa yang telah berhasil menyelesaikan tugas dan itu sangat bermanfaat karna anak menjadi termotivasi dan ingin melakukan hal yang sama seperti temannya yang lainnya juga
    terima kasih

  3. Assalamualaiku
    saya Dina Susilawati NIM 878163259 Prodi PGPAUD Semester 2 UPBJJ-UT Bandung
    Video ini menggambarkan upaya guru dalam mengatasi kesulitan anak-anak dalam memahami konsep bilangan. Guru menggunakan alat peraga dan kegiatan seperti circle time yang melibatkan benda nyata serta pengalaman nyata untuk membantu anak mengaitkan angka dengan jumlah benda. Pendekatan ini sesuai dengan prinsip pembelajaran nyata ke inti yang efektif dan tepat untuk anak usia dini.
    Saran saya terhadap video seri pembelajaran ini lebih menambahkan lagu atau cerita yang berkaitan dengan angka untuk meningkatkan minat anak dan cobalah menggunakan permainan kelompok untuk mengajarkan konsep bilangan secara sosial dan menyenangkan.

  4. Nama : Pinatul Septiani
    NIM : 877639054
    UPBJJ: UT Jakarta

    Video yang sangat bagus, sangat menarik. Kegiatan dalam video dapat digunakan sebagai referensi bagi guru untuk menghadirkan kegiatan yang menarik dan menyenangkan untuk anak -anak. Kegiatan interaktif membuat anak -anak yang tidak mudah bosan.

    Video di atas menunjukkan kegiatan pengembangan kognitif yang membawa anak -anak dengan berbagai teknik atau strategi untuk membawa konsep angka. Anak akan meminta untuk mengambil bola ke kegiatan pertama sesuai dengan jumlah yang diminta bahwa anak memberikan pengalaman langsung untuk mengenali jumlah objek. Anak itu kemudian diajak untuk menyanyikan nomor bagian tubuhnya. Dengan bernyanyi secara tidak langsung, anak -anak mempelajari konsep angka-angka seperti mata, mulut, hidung, dll. Kegiatan selanjutnya diajak untuk menghitung jumlah objek dalam lembar kerja dan melingkari simbol angka yang sesuai. Karena penggunaan berbagai teknik, pengetahuan anak-anak semakin memperkuat jumlah dan konsep anak ketika mereka belajar di kelas.

    Sekian jawaban dari saya, terimakasih.

  5. Nama : Umi Kalsum
    Nim : 856759348
    Upbjj : Palembang
    Izin menanggapi video di atas menurut saya contoh kegiatan yang di berikan oleh guru tersebut sangat baik dan tepat karna selain menggunkan media dan benda yang nyata guru tersebut juga menerapkan pembelajaran yang inovatif karna di imbangi dengan bernyanyi bertetpuk tangan yang membuat kegiatan tersebut menjadi sangat menyenangkan dan guru memberikan reward kepada siswa yang telah menyelesaikan kegiatan yang memebuat siswa sangat senang dan saya berharap agar dapat di praktikkan dan menginspirasi bagi di sekolah-sekolah lain
    terima kasih

  6. Nama: Salsa Aulia Muthmainnah
    NIM: 877842773
    UPBJJ: Bandung

    Judul Video yang Dianalisis: Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Alasan saya memilih video tersebut karena ada satu anak didik saya yang sulit dalam mengenal konsep bilangan, seperti saat disuruh mengambil 5 bola dia hanya membawa 3 bola, dengan adanya video ini saya berharap untuk belajar cara untuk menangani siswa tersebut, supaya dia dapat mengenal konsep bilangan. hasil analisis saya tentang video tersebut:
    – Metode melalui gerak dan lagu, menurut saya metode ini sangat efektif supaya anak dapat mengenal urutan angka, menghitung dengan jadi, dan lainnya. Yang kedepannya menjadi fondasi saat materi meningkat seperti pertambahan menggunakan jari dan lainnya.
    – Metode bermain, metode ini memungkinkan anak menyerap banyak hal, karena selama proses bermain anak melakukan pembelajaran dengan hati yang senang dan anak cenderung lebih fokus dari pada saat pembelajaran biasa, sehingga kemungkinan materi yang dipelajari dapat diingat dan dipahami.
    – Metode dengan simbol, menghitung simbol juga dapat membantu anak untuk memahami konsep angka, karena pada umumnya anak lebih tertarik dengan berbagai pola dan gambar yang berwarna dari pada angka atau tulisan biasa, hal ini dapat dimanfaatkan oleh guru supaya anak dapat lebih antusias dan fokus untuk menghitung dengan adanya gambar-gambar yang menarik.
    – Pemberian penghargaan (reward) juga dapat memotivasi anak untuk belajar lebih rajin.

    Kesimpulannya, menurut saya metode-metode tersebut kemungkinan besar efektif untuk mengenalkan anak pada konsep bilangan. Saran saya dalam kegiatan menghitung simbol dari pada hanya memberikan anak lembar kerja lebih baik dilakukan dengan permainan “petak umpet simbol”, yaitu guru menyembunyikan berbagai simbol dan anak harus mencarinya, setelah itu anak mengumpulkan simbol yang didapat lalu menghitungnya. kegiatan ini bukan hanya bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak tetapi juga dapat mengembangkan motorik kasar anak.

    Sekian tanggapan dari saya, mohon maaf apabila ada kesalahan, terimakasih atas perhatiannya.

  7. Assalamualaikum, mohon izin menanggapi dan berdiskusi.
    Nama : Sri Wahyuni
    NIM : 858464324
    Pokjar : Salut tunas jaya Samarinda, kutim
    Menurut saya video tersebut sangat bagus dalam pembelajaran mengenal bilangan, video berisi tatacara membantu dan membimbing anak dalam pengenalan konsep bilangan.
    Pada video guru mengajak anak bernyanyi dg berhitung kemudian mengajak anak berhitung dg benda atau gambar yg anak kenal, sehingga anak bersemangat untuk belajar berhitung atau mengenal konsep bilangan.
    Di dalam video jelas semua anak bersemangat dan antusias dalam belajar mengenal bilangan.
    Dari video tersebut kita bisa belajar untuk mencari referensi tepat untuk pembelajaran kepada Anak Usia Dini, video tersebut sudah bagus mungkin hanya perlu penambahan bahan dan media pembelajaran saja dengan memanfaatkan lingkungan sekitar.

  8. Nama : Mira Yuanita
    NIM : 856283905
    Dari hasil video yang saya tonton, guru menjelaskan konsep angka dengan menggunakan media dan alat bermain. kemudian guru memilih salah satu anak yang tertib untuk mempraktekkan cara mengenal konsep angka menggunakan bola sebagai alat peraga. selanjutnya guru memberikan motivasi dengan berbagai metode dan strategi pembelajaran berupa nyayian, ice breaking, dan lembar kerja. supaya lebih paham anak diberikan kesempatann lagi untuk melakukan kembali kegiatan tersebut agar anak paham betul tentang mengenal konsep angka. lalu guru memberikan reward kepada anak untuk ucapan bangga dan sebagai motivasi agar anak lebih semngat lagi dalam belajar.

  9. Nama : Nur Rizki Oktaviana
    NIM : 857581878
    Ijin menanggapi Vidio berjudul “Sulit Mengenal Konsep Bilangan”
    Video ini menampilkan praktik yang sangat inspiratif dari seorang guru Taman Kanak-kanak dalam membantu anak-anak menghadapi tantangan dalam memahami konsep bilangan. Pendekatan yang diambil oleh guru tersebut sangat sesuai dengan karakteristik pembelajaran anak usia dini, yang melibatkan permainan, lagu, alat peraga konkret, serta penguatan positif. Dengan memanfaatkan lagu, tepuk tangan, dan permainan menghitung, anak-anak dapat belajar dengan cara yang menyenangkan dan bermakna, yang sangat penting untuk perkembangan kognitif mereka. Selain itu, guru juga secara kreatif mengembangkan alat peraga untuk konsep bilangan, memungkinkan anak-anak untuk secara langsung memanipulasi objek dan mengaitkannya dengan simbol bilangan—ini sangat bermanfaat dalam mengkonkretkan pemahaman mereka mengenai konsep yang lebih abstrak.
    Tugas yang diberikan dalam bentuk lembar kerja juga menambah variasi dalam metode pembelajaran dan dapat berfungsi sebagai alat penilaian yang sederhana. Menariknya, guru memberikan umpan balik terhadap karya anak-anak dan memberikan stempel bintang sebagai bentuk penghargaan. Ini mencerminkan penerapan strategi penguatan positif yang dapat meningkatkan motivasi dan rasa percaya diri anak-anak.
    Secara keseluruhan, program ini mengedepankan prinsip belajar sambil bermain yang efektif dan menekankan pentingnya kreativitas guru dalam merancang strategi pembelajaran yang menyenangkan, bermakna, serta adaptif terhadap kebutuhan anak.

  10. Nama : Suryanah
    Nim : 856523146
    UPBJJ : Pekanbaru

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu, ijin Komen ya teman-teman.
    Judul Vidio yang saya analisis yaitu :”Sulit Mengenal Konsep Bilangan” pada aspek perkembangan kognitif
    Menurut saya apa yang sudah dilakukan guru sudah baik untuk mensimulasi perkembangan konsep bilangan, ibu guru menjelaskan dengan baik dan membuat duduk secara melingkar sehingga semua anak bisa fokus dalam melihat guru menjelaskan.
    -seperti belajar menghitung dan mengambil bola, tapi alangkah lebih baiknya disediakan wadah/tempat untuk anak menghitung bola yang sudah diambil anak jadi akan lebih terkonsep lagi dalam berhitung.
    -guru juga mengajak anak dalam berhitung melalui gerak dan lagu itu sangat baik karna anak tidak akan merasa bosan dalam pembelajaran.
    -Guru menugaskan anak untuk belajar menghitung menggunakan lembar soal yang sudah diterangkan terlebih dahulu dan memberikan reward bagi anak yang berhasil menjawab pertanyaan ibu guru, itu sangat baik dilakukan karna untuk mengembangkan daya tarik anak untuk lebih berusaha menjawab pertanyaan ibu guru.
    sekian pendapat saya, wassalam mualaikum warahmatullahi wabarakatu.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://encuestas.sistemasuni.edu.pe/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/