Sulit Mengenal Konsep Bilangan

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,490 Comments

  1. Kesulitan mengenal konsep bilangan pada anak PAUD bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya pengalaman bermain yang mendukung perkembangan kognitif, kesulitan dalam memahami simbol angka, atau belum mampu menghubungkan angka dengan jumlah benda. Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk menggunakan pendekatan yang menyenangkan dan interaktif, seperti bermain sambil belajar dengan media yang menarik.
    Faktor-faktor penyebab kesulitan mengenal konsep bilangan: 1. Kurangnya pengalaman bermain (bermain sangat penting untuk perkembangan kognitif anak, termasuk pemahaman konsep bilangan. Jika anak kurang memiliki kesempatan untuk bermain dengan benda-benda yang bisa dihitung, mereka mungkin kesulitan dalam memahami konsep “banyak” atau “sedikit”). 2. Kesulitan memahami simbol angka (Beberapa anak mungkin kesulitan untuk mengenali simbol angka dan menghubungkannya dengan jumlah benda. Mereka mungkin masih terbalik dalam menulis angka atau kesulitan untuk mengurutkan angka). 3. Belum mampu menghubungkan angka dengan jumlah benda (Anak mungkin mampu menyebutkan angka, tetapi belum sepenuhnya memahami bahwa angka tersebut mewakili jumlah benda. Mereka mungkin kesulitan menghitung benda secara benar atau menghubungkan jumlah benda dengan simbol angka).
    Pendekatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi kesulitan: 1. Bermain sambil belajar (Gunakan berbagai jenis permainan yang melibatkan penghitungan, seperti permainan kartu angka, puzzle, atau media pohon angka. Ini akan membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan interaktif). 2. Menggunakan media pembelajaran yang menarik (Pilih media yang sesuai dengan usia dan tingkat perkembangan anak. Contohnya, flashcard, puzzle, atau permainan yang melibatkan benda-benda nyata bisa sangat efektif). 3. Memperkenalkan konsep bilangan secara bertahap (Jangan langsung memperkenalkan semua konsep bilangan sekaligus. Mulai dari konsep dasar seperti “banyak” dan “sedikit”, kemudian lanjutkan dengan konsep seperti menghitung, mengurutkan, dan membandingkan). 4.
    Menggunakan contoh yang nyata (Gunakan benda-benda di sekitar anak untuk membantu mereka memahami konsep bilangan. Misalnya, minta mereka untuk menghitung jumlah pensil di kotak atau jumlah buah-buahan di meja). 5. Memberikan pujian dan penguatan positif (Ketika anak berhasil menghitung atau memahami konsep bilangan, beri mereka pujian dan penguatan positif. Ini akan membuat mereka merasa senang dan termotivasi untuk terus belajar).
    Contoh aktivitas untuk mengenalkan konsep bilangan yaitu bermain “hitung-hitung”, mencocokkan angka dengan jumlah benda, membuat urutan angka, membandingkan jumlah benda.
    Dengan pendekatan yang tepat dan interaktif, anak-anak PAUD bisa belajar mengenal konsep bilangan dengan mudah dan menyenangkan.

  2. video ini sangat bagus karena dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita ketika melihat video diatas. dimana kita harus mebuat pembelajaran yang menarik kepada anak dan metode yang baik agar anak lebih mudah memahami dan mengenal konsep bilangan. namun akan lebih bagus lagi jika kita memperkenalkan konsep bilangan kepada anak dengan cara yang lebih kreatif agar tidak membosankan bagi anak,kita sebagai guru juga harus mampu menyampaikan materi yang komunikatif dan menarik agar anak tidak sulit memahami konsep bilangan.

  3. Nama: Anis husnul khotimah
    Nim : 877319103
    Pokjar : Kediri
    Mohon izin menanggapi video diatas
    Dalam video tersebut diperlihatkan berbagai cara guru untuk menstimulasi perkembangan kognitif anak dengan masalah anak sulit mengenal konsep bilangan. Guru mengajak anak mengenal bilangan dengan cara bernyanyi memberi tugas sambil bermain.
    Kelebihan metode ini:
    – anak bersemangat mengikuti kegiatan karena cara pembelajaran yang menyenangkan
    – guru memberikan penguatan kepada anak( reward ) untuk anak yg berhasil melakukan
    – guru menggunakan benda langsung untuk belajar
    Kekurangan:
    -Pembelajaran yang dilakukan bagus,tetapi guru masih menggunakan lembar kegiatan untuk memberikan tugas pada anak.
    Setiap model pembelajaran pasti ada kelebihan dan kekurangannya, yang terpenting sebagai guru kita harus kreatif dan inovatif agar anak tidak bosan dan semangat terus untuk belajar

  4. Nama : Keyza Azmi Nazhifah
    NIM : 877681061
    Upbjj : Purwokerto

    menurut saya setelah saya melihat vidio diatas, cara guru mengenalkan konsep bilangan cukup menarik dan menyenangkan, dengan menggunakan teknik permainan, bernyanyi, tepuk-tepuk, dan memberikan rewerd kepada anak yang berhasil sehingga memotivasi anak yang lain. tetapi sebaiknya guru tidak hanya memberikan lembar kerja saja tetapi bisa menggunakan benda yang nyata sehingga anak dapat mengenal benda dengan bentuk aslinya.

  5. Nama : Rohimah
    Nim : 857649717
    Menurut saya, video tersebut sangat kreatif, menarik, bagus dan bermanfaat
    Dalam video tersebut, guru tidak hanya mengajarkan tentang konsep bilangan, tetapi juga mengajarkan tentang budi pekerti seperti yang duudknya paling rapi untuk maju terlebih dahulu, guru juga mengajarkan/ memberikan pujian kepada anak yang sudah berhasil dan benar dalam menyelesaikan tugasnya.
    Upaya guru dalam menangani anak yang kesulitan untuk mengenal konsep bilangan dalam video tersebut menurut saya sudah sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan anak yaitu dengan mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu/ tepuk, membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut. Guru juga memberikan tugas berupa memasangkan gambar benda sesuai lambang bilanganya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya serta mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik dengan memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian batang bintang ditangan
    Terimakasih

  6. Nama : Sri Lestari
    Nim. : 857832144
    Mahasiswa PGPAUD SEM.8
    Izin menanggapi vidio diatas
    Guru dalam mengenalkan konsep bilangan menggunakan media yang beragam serta kegiatan sangat bervariasi . Ada kegiatan mengambil bola sesuai jumlah yang ditentukan guru, menghitung benda , dan lain-lain.

  7. Anak yang sulit memahami konsep bilangan bisa dilakukan dengn cara yang lebih bervariasi melalui langkah atau cara yang dapat meningkatkan minat anak dalam mengenal konsep bilangan seperti yang terdapat dalam video merupakan salah satu langkah tepat dalam membelajarkan konsep bilangan

  8. Nama : Novi Lailatul zanah
    Nim : 858827177

    Dari vidio di atas terlihat banyak cara guru dalam menstimulus kemampuan kognitif anak melalui permainan bola , berhitung dengan menggunakan gambar , menggunakan spidol dan guru juga menyisipkan lagu supaya anak terlihat senang dan tidak ngantuk.
    Kelemahan dari vidio tersebut : kurangnya contoh dari guru terlihat masih ada anak yang bingung , kurangnya menarik dalam permainan bisa dilihat masih ada anak yang mengobrol sendiri dan masih ada anak yang mengantuk, untuk lembar kerja sebaiknya di pegang supaya anak lebih fokus dan terlihat oleh semua murid
    Tetapi usaha guru dalam vidio tersebut sudah luar biasa , setiap pembelajaran selalu ada kelemahan dan tidak sesuai dengan ekspetasi guru , tetap semangat lagi ibu guru

  9. Nama: Karmila
    NIM: 858329166
    UPBJJ: Banjarmasin

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Izin menanggapi video diatas tentang ” Sulit Mengenal Konsep Bilangan”. Pada video diatas dapat menjadi solusi bagi guru untuk memberikan pembelajaran pada anak yang kesulitan dalam mengenal konsep bilangan.
    Teknik yang digunakan sangat menyenangkan seperti:
    – Mengajak anak untuk membilang dengan permainan, lagu dan tepuk.
    – Memberikan lembar kerja, seperti memasangkan benda sesuai lambang bilangannya dan melingkari benda sesuai bilangannya.
    – Memberikan penguatan kepada anak yang telah berhasil mengambil spidol sejumlah yang diperintahkan guru tanpa salah, berupa pemberian stempel bintang ditangan anak.
    Dengan menggunakan teknik pembelajaran diatas, dapat meningkatkan pemahaman anak tentang konsep bilangan dan juga dapat meningkatkan keaktifan anak dalam belajar. Dengan kegiatan permainan, lagu dan tepuk membuat anak lebih antusias dikarenakan bermain sambil belajar itu sangat menyenangkan bagi anak.

  10. Nama : Kirana Ekanatami Sholihah
    NIM : 858570276
    Pokjar : Blitar
    UPBJJ UT Malang

    Assalamualaikum wr wb.
    Mohon ijin menanggapi

    Di dalam video tersebut beberapa metode yang digunakan untuk mengenal konsep bilangan. Antara lain : menghitung bola, melalui bernyanyi 2 mata saya, menghitung spidol, tepuk sesuai instruksi, dan melingkari angka sesuai jumlah gambar.
    Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melaksanakan pembelajaran?
    – Pada saat anak kedua yang bermain, guru tampak kurang dalam memberikan waktu anak yang sedang mengambil bola.
    – Guru tampak masih menggunakan lembar kerja dalam pembelajarannya

    Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melaksanakan pembelajaran?
    – Strategi yang dilakukan guru sudahlah baik, Konsep bilangan dengan benda akan lebih mudah di oleh anak dan juga menyenangkan.
    – Pemberian reward adalah hal yang dapat menambah semangat dan motivasi belajar anak.

    Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    – Guru perlu memberikan cukup waktu dan tidak tergesa-gesa dalam pembelajaran
    – Dalam pembelajaran, lembar kerja dapat diganti dengan media pembelajaran yang lebih kreati. Contoh menuliskan angka pada pasir

    Terima Kasih
    Wassalamualaikum wr wb

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://encuestas.sistemasuni.edu.pe/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/