silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama: aswida faradisa
Nim: 878196271
Anak kadang masih kesulitan dalam mengenal konsep bilangan, sebagai pendidik kita harus mengenalkannya dengan penyampaian yang menyenangkan, contohnya kayak di vidio ini bisa kita tiru dalam pembelajaran kita.
NAMA: EVI WAHYU LESTARI
NIM: 859661497
UPBJJ: SURABAYA
Alhamdulillah video yang disampaikan sangat menarik. Video memberikan gambaran kepada kita bagaimana cara guru menstimulasi kemampuan anak dalam membilang dengan benda. Pada Awal pembelajaran guru menggunakan permainan-permainan yang menarik minat anak sehingga anak akan tertarik melakukan kegiatan tersebut. Guru juga mengkombinasikan dengan berbagai media sehingga tercipta diferensiasi dalam pembelajaran. Dalam video guru juga memperhatikan kondisi sosial emosional anak dalam mengikuti kegiatan. Pemberian afirmasi positif juga bermanfaat untuk meningkatkan semangat belajar anak.
Menurut saya, upaya guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi kesulitan anak mengenal konsep bilangan melalui berbagai metode yang menyenangkan dan konkret ini sangat efektif dan sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran pada anak usia dini.
Berikut adalah beberapa poin yang membuat saya memberikan apresiasi tinggi terhadap pendekatan guru tersebut:
• Penggunaan Metode yang Bervariasi dan Menyenangkan: Menggabungkan permainan, lagu, tepuk tangan, dan alat peraga adalah cara yang sangat tepat untuk mengenalkan konsep abstrak bilangan kepada anak-anak. Anak usia dini belajar paling baik melalui pengalaman langsung, interaksi yang menyenangkan, dan aktivitas yang melibatkan berbagai indra.
• Konkretisasi Konsep Bilangan: Membuat alat peraga dan meminta anak meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan membantu mereka menghubungkan simbol abstrak (angka) dengan representasi konkret (jumlah benda). Ini adalah langkah krusial dalam membangun pemahaman yang mendalam tentang konsep bilangan.
asslamualaikum
izin menanggapi video
nama : IRANA AMALIA
NIM : 856766114
UPBJJ UT : PALEMBANG
Dalam video tersebut menyajikan tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan kepada peserta didik secara konkret dengan metode pembelajaran yang menyenangkan dan bervariasi yaitu dengan bernyanyi (dua mata saya), tepuk – tepuk, menghitung sambil bermain bola, menghitung spidol sehingga siswa bersemangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan belajar.
ditambah lagi guru memberikan reward kepada siswa yang berhasil menyelesaikan tugas sehingga memotivasi siswa untuk semangat dan percaya diri dalam mengikuti pembelajaran.
Nama : Sri Utami
NIM : 878197109
Vidio tersebut sangat bermanfaat bagi saya untuk menambah ilmu. Memang cara yang paling tepat adalah dengan permainan dan belajar secara real. sehingga anak dengan mudah untuk memahaminya
vidio tersebut sangat bermanfaat bagi saya pribadi dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan, didalam vidio pembelajaran tersebut memberikan/menyajikan teknik agar anak mudah mengenal konsep bilangan dengan menyenangkan seperti bermain menghitung bola, sebelum kegiatan belajar anak diajak untuk membilang dengan bernyayi dan bertepuk serta memberikan motivasi / semangat kepada anak dengan memberikan stempel bintang
kegiatan tersebut sanagat menyenangkan untuk anak sehinga anak tidak akan merasa kesusahan/kesulitan dalam mengenal konsep bilangan
Nama : Yoga Ekarini
NIM : 857880184
UPBJJ – UT Surakarta
Ijin menanggapi video tersebut.
Metode yang digunakan untuk mengenalkan konsep bilangan sudah tepat merujuk dari konsep bilangan itu sendiri, tetapi apakah metode tersebut bisa benar-benar mengena pada semua anak sehingga semua anak tahu konsep bilangan atau tidak, membutuhkan proses yang berulang dan terkonsep.
Terdapat kelebihan dari metode yang digunakan dalam video tersebut, antara lain yaitu :
– Bahan yang digunakan simpel/sederhana
– Hemat karena bahan yang digunakan tidak banyak mengeluarkan biaya
– Sudah mencakup kegiatan fisik motorik, kognitif, sosial emosional, dan bahasa
– Pemberian reward pada akhir kegiatan sangat memacu anak untuk bisa
Namun ada beberapa kekurangan dalam video tersebut, antara lain yaitu :
– Dengan jumlah anak yang banya, menggunakan jumlah media yang terbatas, bisa menyebabkan situasi dan kondisi kelas kurang kondusif, masih ada anak yang berbicara sendiri, bermain sendiri, kurang fokus dsb saat menunggu giliran
– Media yang digunakan kurang menarik dan bervariasi, bisa menggunakan benda-benda yang ada di alam ataupun di sekitar lingkungan
– Penggunaan lembar kerja kurang tepat diterapkan saat ini, dimana sekarang anak menjadi pusat KBM
– Waktu yang diperlukan banyak untuk sesi dengan bola dan spidol, karena kegiatannya dilakukan secara bergiliran, sedangkan jumlah siswanya banyak
Terlepas dari kelebihan dan kekurangan dalam video tersebut, tentu saja metode yang digunakan harus sesuai dengan perkembangan jaman dimana saat ini kegiatan di sekolah berpusat pada anak sehingga guru dituntut untuk berkreasi dan berinovasi agak anak tertarik berkegiatan bermain dan belajar, sehingga hasil yang diinginkan tercapai.
Nama : Iga Kumalasari
Nim :858187822
Upbjj : Palangkaraya
Ijin menanggapi video diatas
Saya sangat suka dengan pendekatan guru dalam video ini. Anak-anak belajar bilangan bukan hanya lewat angka di kertas, tapi juga lewat lagu, permainan, dan alat peraga yang menyenangkan. Saya merasa cara ini jauh lebih efektif dan ramah anak. Yang paling saya suka adalah pemberian stempel bintang sebagai bentuk penghargaan—sederhana tapi pasti membuat anak merasa dihargai. Saya jadi terinspirasi untuk membuat alat permainan sendiri agar belajar bilangan lebih menyenangkan.
Saran dari saya, akan lebih menarik jika video ini juga memperlihatkan respon atau ekspresi anak saat belajar, sehingga guru bisa melihat seberapa besar keterlibatan dan ketertarikan anak terhadap kegiatan yang dilakukan.
Magdalena Purba NIM: 856056795
Menurut saya vidio pembelajaran diatas sudah sangat efektif dalam mengatasi masalah anak dalam mengenal konsep bilangan angka, dimana guru mengajak anak didik dalam proses belajarnya dengan cara belajar sambil bermain. Guru mengajak anak mengenal angka dengan cara anak didik mengambil bola sesuai angka yang perintah guru dan dan menghitung jumlah bola yang diambilnya, guru juga mengajak anak didik bernyanyi tentang jumlah anggota tubuh, juga mengajak anak didik mengenal konsep bilangan angka dengan cara pemberian tugas menghitung jumlah benda sesuai dengan lambang bilangan dengan cara melingkari lambang bilangannya.
Terimakasih
Nama: Siti Maimunah
NIM: 858567902
Mohon izin memberi pendapat mengenai vidio pembelajaran tentang mengenal konsep bilangan, menurut saya pada wal pembukaan sudah bagus dan menarik karena guru mengajak anak mengenal konsep melalui benda konkrit dan juga sebagai stimilasi dalam pengenalan angka anak di ajak untuk bernyanyi. Namun ada beberapa masukkan alangkah lebih baik jika dalam stimulasi awal anak juga di tunjukkan tentang bentuk angka untuk lebih menguatkan bentuk dan lambangnya. Pada kegiatan inti guru menggunakan lembar kerja untuk mendukung pembelajaran mengenal konsep bilangan, namun mungkin lebih baik bahwa guru menyediakan berbagai media agar anak lebih tertarik dan dapat bereksplorasi tentang memgenal bilangan, guru mencoba memberi kesempatan bagi anak untuk melatih ketrampilan dirinya, kemandirian dan daya berpikir kritisnya, sehingga kegiatan dapat mempengaruhi dalam segala aspek perkembangannya juga.
Sekian dari saya, terimakasih