Sulit Mengenal Konsep Bilangan

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,490 Comments

  1. Nama : Salmiah
    Nim. : 859403416

    Assalamualaikum wr.wb
    Izin menanggapi🙏
    Dalam vidio tersebut menggambarkan upaya seorang guru mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan dengan beberapa cara,seperti:
    1. Mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu atau dengan tepuk.
    2. Membuat alat peraga permainan konsep bilangan,kemudian anak meletakkan benda sesuai lambang bilangan.
    3. Memberikan tugas berupa lembar kerja,seperti memasangkan benda seduai lambang bilangan atau melingkari benda sesuai lambang bilangan.
    Terima kasih🙏

  2. Nama : Linda Kurniawati
    Nim : 857830362

    dalam video “anak kesulitan memahami konsep bilangan”tersebut menjelaskan bagaimana cara memberikan pemahaman anak terhadap konsep bilangan dengan melalui nyanyian dan menghitung benda konkret.setelah itu guru memberikan reward,hal ini merupakan cara agak anak tertarik akan konsep bilangan.

  3. Nama : suraya permata sari
    NIM. : 858157924

    Melalui berbagai aktivitas, guru berusaha memfasilitasi anak-anak dalam mengenal angka dan jumlah secara konkret. Guru menerapkan berbagai strategi untuk mengenalkan konsep bilangan. Mengajak anak-anak untuk membilang melalui permainan dan lagu atau tepuk, yang dapat meningkatkan minat dan motivasi mereka dalam belajar.

  4. Dalam video tersebut guru memberikan upaya pada anak yang kesulitan mengenal konsep bilangan. Hal yang guru lakukan ialah mengajak anak untuk menghitung dan mengambil bola sesuai instruksi yang guru arahkan. Ada beberapa anak yang belum paham konsep tersebut, kemudian guru memberikan pemahaman melalui pengenalan konsep bilangan dengan cara yang menyenangkan seperti tepuk² dan lagu². Dengan memberikan konsep pemahaman yang menyenangkan anak akan lebih mudah memahami apa yang guru sampaikan.

  5. Nama : Mardhiana
    Nim : 858318812
    Video ini berisi tentang seseorang guru TK dalam mengamati anak-anak yang sulit mengenal konsep lambang bilangan upaya guru tersebut dalam mengatasi masalah tersebut seperti membuat alat peraga permainan konsep bilangan ,memberikan tugas berupa meminta anak-anak melingkari benda sesuai lambang bilangannya

  6. Nama : Miftahurrahmah
    Nim : 856339082
    Mata Kuliah : Pemantapan kemampuan mengajar

    Anak sulit mengenal konsep bilangan memang sering sekali terjadi, entah anak tersebut lupa ataupun hanya bisa menyabutkan angkanya saja namun tidak bisa menunjukkan berapa jumlahnya. Dari video diatas dapat kita pelajari dan kita coba praktikkan ke anak yang masih sulit mengenal konsep bilangan dengan cara menggunakan media bola untuk berhitung atau berbagai media yang lainnya.

  7. Nama : Umiyati
    Nim : 858318686

    Berdasarkan analisis yang saya lakukan video ini berisi tentang seorang guru TK dalam mengajar dan mengamati anak-anak yang sulit mengenal konsep lambang bilangan upaya guru tersebut dalam mengatasi masalah yang dihadapi berupa mengajak anak-anak untuk membilang atau berhitung dengan cara melalui bermain, bernyanyi atau lagi dan tepuk.

  8. Nama : Siti Suhrah
    Nim. : 858318955
    Video tersebut berisi tentang anak yang sulit membedakan huruf,angka dan lambang bilangan.Dalam memberikan pembelajaran yang menyenangkan untuk anak didik serta serta dengan konsep yang seperti itu akan membuat anak lebih mudah dalam mengenal konsep belajar tersebut.

  9. * Analisis vidio berjudul” sulit mengenal konsep bilangan”
    Vidio ini berisi tentang seorang guru yang sedang mengamati anak-anak yang sulit mengenal konsep lambang bilangan serta bagaimana upaya guru tersebut dalam mengatasi masalah
    -Mengajak anak untuk membilang atau berhitung dengan cara bermain dengan lagu atau tepuk
    -Membuat alat peraga permainan konsep bilangan
    -Memberikan tugas berupa meminta anak-anak melingkari benda sesuai lambang bilangan

  10. Nama:Norhayati
    NIM:858318876

    * Analisis vidio berjudul” sulit mengenal konsep bilangan”
    Vidio ini berisi tentang seorang guru yang sedang mengamati anak-anak yang sulit mengenal konsep lambang bilangan serta bagaimana upaya guru tersebut dalam mengatasi masalah
    -Mengajak anak untuk membilang atau berhitung dengan cara bermain dengan lagu atau tepuk
    -Membuat alat peraga permainan konsep bilangan
    -Memberikan tugas berupa meminta anak-anak melingkari benda sesuai lambang bilangan

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://encuestas.sistemasuni.edu.pe/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/