silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
NAMA : MIRA YUANITA
NIM :856283905
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Saya sudah menonton video diatas yang mana di awal pembelajarannya dalam penanaman konsep guru menggunakan media dan alat media pembelajaran berupa bermain bola. selanjutnya guru menanamkan konsep angka dengan nyanyian ,ice breaking dan alat peraga.lalu guru memlih anak bagi yang bisa mempraktekkan mengenal konsep menggunakan alat peraga berupa benda dengan cara menghitung,lalu guru memberikan lembar kerja tentang mengenal konsep angka .bagi anak yang bisa menjawab perintah guru di beri reward sebagai apresiasi sudah mengerjakan tugas dengan baik dan benar.Terima kasih. wassalam.
Assalamualaikum ijin berkomentar nggih 🙏🏻
Nama : Desty Sagitarani
NIM : 877682181
Dari video di atas kita dapat melihat bahwa masih banyak anak yang belum mengenal konsep bilangan. Sebenarnya, pada konsep pembelajaran dalam video tersebut sudah baik dan dapat diserap oleh anak dengan baik. Guru juga memberikan kegiatan dengan bermain sambil belajar mengenal angka bilangan. Tetapi, seperti dilihat pada video tersebut ada anak yang tidak mengerti bilangan apa yang diucapkan guru. Karena guru yang mengucapkan konsep bilangan tersebut dengan berbahasa Inggris. Menurut saya sebaiknya, anak difokuskan mengenal pola bilangan terlebih dahulu dengan baik. Jika dirasa anak sudah menguasai pola bilangan tersebut, baru guru mengenalkan nama-nama bilangan dengan berbahasa Inggris. Agar anak tidak merasa bingung saat pembelajaran berlangsung.
Adapun cara yang yang dapat diambil untuk anak mengenal konsep bilangan :
1. Guru memberikan tugas dengan lembar kerja yang nantinya anak melingkari bilangan sesuai gambar
2. Memberikan penghargaan pada anak yang sudah mengerjakan dengan benar, dapat dengan hal-hal kecil seperti stempel bintang atau stiker bintang. Agar anak dapat lebih semangat dalam mengerjakan kegiatan. Untuk anak yang belum tepat menjawab agar lebih termotivasi agar selalu berusaha dan mendapatkan bintang tersebut.
Sekian pendapat saya, Terimakasih 🙏🏻
NAMA : ERNA
NIM : 859565277
Assalamualaikum. wr.wb
Ijin menanggapi
Pada vidio tersebut dengan judul ” SULIT MENGENAL KONSEP BILANGAN”
Kegiatan dalam video menunjukkan bahwa anak usia dini lebih mudah memahami konsep bilangan melalui permainan konkret. Guru menggunakan media seperti bola dan spidol untuk mengajak anak menghitung secara langsung. Saat anak melakukan kesalahan, guru tidak langsung membetulkan, tetapi membimbing anak menemukan jawabannya sendiri. Penguatan positif seperti pemberian bintang dan pujian terbukti efektif dalam meningkatkan semangat dan rasa percaya diri anak. Pendekatan ini sesuai dengan prinsip pembelajaran anak usia dini: belajar melalui bermain, pengalaman langsung, dan interaksi sosial.
Nama : Khoirun Nisa’
NIM : 877319751
Semester : 8
Pokjar : Joyoboyo Kota Kediri
Video menunjukkan upaya kreatif guru PAUD dalam mengenalkan konsep bilangan melalui permainan, lagu, tepuk bilangan, dan lembar kerja, yang berhasil memicu antusiasme anak. Penguatan positif seperti stempel bintang juga efektif memotivasi murid. Namun, guru perlu memberikan bimbingan lebih intensif pada anak yang kesulitan, seperti saat murid salah mengambil jumlah bola, dan menggunakan alat peraga visual untuk memperjelas konsep. Secara keseluruhan, pendekatan guru menarik, tetapi evaluasi pemahaman anak dan variasi metode dapat ditingkatkan untuk hasil belajar yang lebih optimal.
Nama : Najmiyah Bey Nasution
NIM : 878267244
Kemampuan mengenal konsep dasar bilangan merupakan kemampuan anak untuk mengenal simbol-simbol bilangan. Mengenal lambang bilangan penting untuk dikembangkan karena merupakan dasar kemampuan matematika pada anak. Pembelajaran untuk mengenalkan lambang bilangan pada anak usia Taman Kanak-kanak sebaiknya dilakukan dengan tahapan yang tepat yaitu tahap pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan berpikir anak.
Dari video diatas yang saya lihat bahwa proses belajar mengenal konsep bilangan yang dilakukan oleh guru sesuai dengan tahapan berpikir anak dan menggunakan metode yang ceria dan menarik membuat anak antusias terhadap pembelajaran.
Selain itu guru juga dapat menggunakan media manipulatif dalam mengenal konsep bilangan agar anak lebih mudah untuk mengingat dan memahami konsep bilangan serta mengasah kreativitas guru untuk mengembangkan media pembelajaran yang edukatif.
Nama : Naini Sari Purnama Febri
NIM : 857994608
Video tersebut menunjukkan upaya seorang guru dalam mengenalkan konsep bilangan kepada siswa. Guru menggunakan metode bermain mengambil bola untuk mengenalkan konsep bilangan. Pada video tersebut didapati ada 1 anak yang belum tepat dalam mengenal konsep bilangan, hal ini diyunjukkan anak tersebut mengambil bola dengan jumlah yang kurang sesuai dengan yang diperintahkan guru. Guru memerintahkan kepada anak tersebut untuk mengambil 7 bola, tetapi anak tersebut mengambil 6 bola.
Selain dengan metode bermain mengambil bola, ada beberapa tekhnik mengenalkan konsep bilangan pada anak, yaitu :
1. Sebelum Guru mengajarkan konsep bilangan pada anak, guru mengajak anak membilang dengan lagu atau tepuk, contoh : lagu “dua mata saya”.
2. Guru memberikan tugas kepada anak berupa lembar kerja yaitu memasangkan benda sesuai lambang bilangan dan melingkari benda sesuai lambang bilangannya
3. Guru mengajak anak menghitung gambar sesuai dengan jumlahnya
4. Guru memberikan penguatan kepada anak, yang telah berhasil mengambil spidol yang telah diperintahkan tanpa salah berupa pemberian stampel bintang di tangan
Nama: Sri wahyuni
Nim: 859404701
Pokjar: maros
“SULIT MENGENAL KONSEP BILANGAN”
Menurut saya,
Dari vidio diatas menunjukkan cara seorang guru mengenalkan konsep bilangan kepada anak usia dini. Ada beberapa cara yang diterapkan yaitu bernyanyi, bermain, dan pemberian tugas. Dengan bernyanyi anak akan mudah memahami apa yang sedang disampaikan oleh guru, dengan bermain sambil belajar anak akan merasa senang dan tidak sadar bahwa dirinya sedang belajar karena kegiatan ini paling disukai dan menyengkan. Selanjutnya melalui penguatan materi yaitu pemberian tugas, hal ini mengajarkan anak untuk berlatih fokus dengan menghitung gambar dan melingkari angka yang benar.
Menurut saya metode yang digunakan oleh guru tersebut sudah sesuai karena melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan akan membuat anak merasa nyaman dan tidak bosan saat belajar serta mudah memahaminya.
Nama : ULFATUN NISWAH
NIM : 858703728
Program yang dilakukan guru ini sangat efektif dalam membantu anak mengenal konsep bilangan secara menyenangkan dan interaktif. Karena pada vidio tersebut :
1. guru menggunakan Metode Bermain dan Bernyanyi Melalui lagu dan tepuk tangan, anak-anak lebih mudah memahami konsep bilangan karena mereka belajar sambil bergerak dan bersenang-senang.
2. Menggunakan Alat Peraga dan memberikan benda konkret untuk dipasangkan dengan lambang bilangan memungkinkan anak melihat dan menyentuh langsung angka yang mereka pelajari. Ini sangat membantu anak yang lebih memahami konsep melalui pengalaman langsung.
3.Memberikan Lembar Kerja sebagai Latihan Mandiri Latihan memasangkan benda dengan angka atau melingkari jumlah yang sesuai memberikan kesempatan kepada anak untuk mengaplikasikan pemahaman mereka dengan cara yang lebih fokus dan mandiri.
4. Memberikan Penguatan dan Apresiasi Penghargaan seperti stempel bintang di tangan dapat meningkatkan motivasi anak dan rasa percaya diri mereka. Anak-anak akan merasa dihargai atas usahanya, yang pada akhirnya memperkuat kebiasaan belajar yang positif.
“Sulit Mengenal Konsep Bilangan”
Pengembangan kognitif untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat penting untuk membentuk dasar kemampuan berpikir anak. Terlihat dalam video tersebut guru membuka pelajaran dengan mengaikan mater ajar yang lalu hal ini sangat baik karena dapat mengasah kemampuan daya mengingat anak. Selanjutnya dalam video tersebut, guru mengajak anak-anak untuk bermain memghitung bola. setiap anak diminta untuk mengambil bola yang berada dikeranjang sesuai arahan guru. Tindakan pengajaran ini mampu meningkatkan daya berpikir mereka dan juga mengenal konsep bilangan. Namun alangkah baiknya, guru mengarahkan anak agar lebih aktif, misalkan Menyuruh anak mengambil bola dalam keranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Video ini juga memperlihatkan juga kesulitan anak dalam belajar. Dimana terdapat salah satu anak yan belum memahami secara baik terkait materi yang diajarkan. Dalam video diberikan solusinya juga yang mana hal ini bisa menjadi salah satu referensi bagi para guru jka memiliki permasalahan yang sama dengan yang terdapat dalam video.
Nama : Sumiati
NIM : 838329904
“Sulit Mengenal Konsep Bilangan”
Pengembangan kognitif untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat penting untuk membentuk dasar kemampuan berpikir anak. Terlihat dalam video tersebut guru membuka pelajaran dengan mengaikan mater ajar yang lalu hal ini sangat baik karena dapat mengasah kemampuan daya mengingat anak. Selanjutnya dalam video tersebut, guru mengajak anak-anak untuk bermain memghitung bola. setiap anak diminta untuk mengambil bola yang berada dikeranjang sesuai arahan guru. Tindakan pengajaran ini mampu meningkatkan daya berpikir mereka dan juga mengenal konsep bilangan. Namun alangkah baiknya, guru mengarahkan anak agar lebih aktif, misalkan Menyuruh anak mengambil bola dalam keranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Video ini juga memperlihatkan juga kesulitan anak dalam belajar. Dimana terdapat salah satu anak yan belum memahami secara baik terkait materi yang diajarkan. Dalam video diberikan solusinya juga yang mana hal ini bisa menjadi salah satu referensi bagi para guru jka memiliki permasalahan yang sama dengan yang terdapat dalam video.