Sulit Mengenal Konsep Bilangan

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,490 Comments

  1. Nama: Winda Luxtiani
    NIM : 877973917
    Dalam video tersebut gur menyampaikan pembelajaran mengenal konsep lambang bilangan menggunakan metode bermain dan bernyanyi sambil bertepuk-tepuk agar suasana lebih hidup dan mudah melekat pada anak. Dari video diatas yang dapat saya simpulkan dalam menghadapi anak yang masih kesulitan dalam mengenal konsep bilangan yaitu:
    – Menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan menyenangkan
    – Guru dituntut untuk memiliki kreativitas dan inovasi dalam menciptakan metode belajar yang sesuai dengan dunia anak-anak
    – memberikan reward pada anak yang bisa menjawab untuk mendorong partisipasi aktif anak.

  2. Nama : Venty Fitriati
    NIM : 877859018

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    terimakasih,video tersebut sangat bagus, bermanfaat dan menginspirasi saya. banyak sekali strategi untuk mengenalkan bilangan ke anak. Dapat melalui lagu, tepuk, membilang benda dan masih banyak lagi. untuk usia PAUD pengenalan bilangan yang paling sesuai memang melalui bermain. karena anak belajar melalui bermain. seperti yang ada dalam video.

  3. Dalam video tersebut dijelaskan mengenai tantangan yang dihadapi anak-anak dalam memahami konsep bilangan. Video ini juga menyajikan beberapa strategi untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satunya adalah dengan mengajak peserta didik melakukan kegiatan membilang melalui permainan atau menyanyikan lagu yang disertai tepuk tangan sebelum memulai aktivitas atau mengerjakan tugas. Selain itu, guru dapat memberikan lembar kerja yang melibatkan aktivitas seperti mencocokkan benda dengan lambang bilangan yang sesuai atau melingkari benda berdasarkan angka yang ditentukan.

  4. Video ini sangat menarik karena menggambarkan langkah-langkah konkret yang dilakukan guru untuk membantu anak mengenal konsep bilangan. Guru menggunakan pendekatan yang variatif seperti permainan, lagu, alat peraga, dan lembar kerja. Saya setuju dengan metode ini karena anak usia dini memang belajar lebih efektif melalui pengalaman langsung dan kegiatan yang menyenangkan. Ini membantu anak membangun pemahaman bilangan secara bertahap. Saya belajar dari video ini bahwa konsistensi dan kreativitas guru sangat berpengaruh dalam membantu perkembangan kognitif anak, khususnya dalam mengenalkan konsep bilangan.

  5. Izin mengomentari video tersebut
    Upaya yang dilakukan oleh guru Taman Kanak-kanak ini sangat inspiratif dan menunjukkan pendekatan yang kreatif dalam mengajarkan konsep bilangan kepada anak-anak. Menggunakan permainan, lagu, dan alat peraga membuat pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menyenangkan bagi anak-anak. Pendekatan ini juga membantu anak-anak memahsep bilangan dalam konteks yang konkret dan mudah dipahami.Dengan memberikan tugas berupa lembar kerja dan meminta anak-anak untuk memasangkan atau melingkari benda sesuai lambang bilangan, guru tidak hanya mengajarkan konsep bilangan tetapi juga mengembangkan keterampilan motorik dan konsentrasi anak-anak. Mengulas kembali hasil karya anak-anak dan memberikan penguatan juga merupakan cara yang baik untuk memotivasi anak-anak dan meningkatkan rasa percaya diri mereka dalam memahami materi.Secara keseluruhan, pendekatan iniif dalam membantu anak-anak mengenal dan memahami konsep bilangan dengan cara yang menyenangkan dan mendalam. Ini juga menunjukkan betapa pentingnya penggunaan metode pembelajaran yang kreatif dan interaktif dalam pendidikan anak usia dini.

  6. vidio tersebut menampilkan sebuah vidio dimana seorang guru membantu anak didik yang merasa kesulitan dalam mengenal konsep bilangan. guru tersebut menggunakan beberapa metode yaitu dengan cara bermain, bernyanyi, dan memberikan tugas yang mana anak melakukan kegiatan tersebut dengan senang dan perlahan memahami. vidio tersebut juga menampilkan seorang guru yang sabar dalam menghadapi anak didik nya.

  7. Nama : SUCI MAULANA ULFA
    NIM : 858569454
    UPBJJ : UT-Malang
    Setelah mengamati video berjudul “SULIT MENGENAL KONSEP BILANGAN” menurut saya video ini menggambarkan usaha seorang guru Taman Kanak-Kanak dalam membantu anak-anaknya memahami konsep bilangan yang terkadang sulit. Dalam prosesnya, guru tersebut menggunakan berbagai metode pembelajaran yang menarik, antara lain dengan mengajak anak berhitung melalui permainan, tepuk tangan, dan lagu. Selain itu, alat peraga dimanfaatkan untuk menggambarkan konsep bilangan, seperti dengan meminta anak meletakkan sejumlah benda sesuai angka yang ditentukan. Selanjutnya guru memberikan lembar kerja di mana anak harus mencocokkan benda dengan angka yang ada atau melingkari sejumlah benda sesuai dengan bilangan yang tertera. Sebagai bentuk penguatan positif, guru memberikan stiker bintang kepada anak-anak yang berhasil menyelesaikan tugas mereka. Tayangan ini dengan jelas menunjukkan dedikasi guru dalam mendukung anak-anak yang menghadapi kesulitan dalam memahami konsep bilangan. Walaupun ada beberapa aspek yang masih perlu diperbaiki, video ini menekankan pentingnya penggunaan benda konkret dan kegiatan yang menyenangkan dalam proses pembelajaran. Dengan beberapa penyempurnaan, video ini memiliki potensi untuk menjadi sumber pembelajaran yang lebih efektif bagi para pendidik di Taman Kanak-Kanak.

  8. Nama : NURBAITI
    NIM : 814126969
    “SULIT MENGENAL KONSEP BILANGAN”
    Isi video :
    Kegiatan pembelajaran tentang mengenal konsep bilangan dengan media bola berwarna warni. Dan media gambar. Strategi yang tepat untuk anak, dimana anak terlibat langsung terhadap kegiatan nya yaitu mengambil bola dengan jumlah sesuai dengan perintah guru. Kegiatqn berikut nya adalah melingkari angka- angka yang sesuai dengan jumlah gambar. Terlihat anak sangat antusias. Sehingga perkembangan aspek kognitif anak dalam hal berhitung sangat terlayani dengan optimal.

  9. Nama : Nurbaiti
    NIM : 814126969
    Asaalaamu’alaikum..
    Mohon izin nya untuk menyampaikan komentar saya.
    Isi video:
    Pembelajaran konsep bilangan.
    Media :
    Bola dan gambar benda + angka.
    Menurut saya pembelajaran tersebut sangat tepat untuk anak. Karena anak terlibat langsung dalam kegiatan pembelajaran nya yaitu mengambil bola dengan jumlah sesuai dengan perintah guru. Kamudian anak melingkari angka- angka sesuai dengan jumlah nenda benda yang tertera pada gambar. Terlihat anak sangat antusias melakukan kegiatan nya. Maka dengan demikian aspek perkembangan kognitif anak dalam hal berhitung dengan konsep terlayani dengan baik/ ootimal.

  10. Nama : Mintarti Usadani
    NIM : 857780583
    UPBJJ : UT Semarang
    Saya setuju dengan metode pengenalan konsep bilangan yang digunakan pada vidio tersebut, diantaranya yaitu :
    1. Menggabungkan matematika dengan kehidupan sehari-hari
    Dalam vidio tersebut guru menggabungkan konsep matematika dengan cara meminta siswa mengambil bola dengan jumlah tertentu sehingga siswa dalam melakukan apa yang diminta guru sambil belajar menghitung. Dalam vidio tersebut juga siswa diajarkan konsep jumlah dan pengurangan.
    2. Mengenalkan konsep matematika dengan nyanyian dan tepukan
    Guru mengajak siswa bernyanyi sambil belajar yaitu dengan lagu “Dua mata saya” dan juga tepukan selain membantu guru mengkondisikan anak, tepukan tersebut juga membantu siswa belajar menghitung.
    3. Memberikan lembar kerja kepada siswa untuk mencocokan gambar dengan lambang bilangan sehingga siswa akan lebih paham dengan bentuk serta jumlah bilangannya.
    Selain metode-metode tersebut, guru juga memberikan reward kepada siswa yang berhasil melakukan tugas dan menghitung bilangan dengan tepat kepada siswanya sehingga memotivasi siswanya untuk belajar dengan benar agar bisa mendapatkan reward berupa stempel bintang. Hal tersebut tentunya akan memotivasi siswa agar lebih giat belajar.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://wiki.naturkraftwerke.com/https://cheersport.at/doc/pkv-games/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://piaud.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/https://dishub.jakarta.go.id/visi-misi/