silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : Dian safitri
Nim : 859816002
Tanggapan saya saat saya menonton video “SULIT MENGENAL KONSEP BILANGAN “, video nya sangat menginspirasi bagi guru untuk mengenalkan bilangan kepada anak tanpa membuat anak merasa tidak bosan saat belajar dengan cara guru membuat sebuah metode pembelajaran yang menyenangkan seperti bermain dengan menyuruh anak mengambil bola sesuai jumlah yang ia arahkan kemudian , bernyanyi dengan menggunakan lagu yang berkaitan dengan bilangan seperti ” 2 mata saya ” yang membuat anak lebih mudah dalam mengenal bilangan , saya mengambil banyak pengalaman dari video ” sulit mengenal konsep bilangan “
ijin menanggapi video
Nama : I Gusti Ayu Made Santini
NIM : 859039235
UPBJJ : Denpasar
setelah saya mengamati video, dengan menggunakan teknik menghitung dengan mengajak anak berhitung melalui permainan bola, bertepuk tangan, dan bernyanyi sudah sangat membantu perkembangan anak. Karena menggunakan teknik belajar dengan asik dan menarik sangat perlu diterapkan karena bisa mempermudah saat belajarnya. Kita bisa melihat bagaimana cara anak itu belajar dan bisa mempermudah saat belajar menghitung. Namun saat bernyanyi dengan bahasa asing mungkin ada beberapa anak yang kurang paham dan terlihat bosan dalam belajar
Dalam video ini guru sudah bagus mengajarnya dengan menggunakan permainan bola, tepuk tangan sambil pernyanyi. saran kasih semua anak di kelas menjawab dan maju kedepan
Nama : Sry Asmawati Sitompul
NIM : 856524678
Jurusan : PGPAUD (UPBJJ Pekanbaru).
Izin menanggapi video ini.
Setelah menonton video edukasi tentang menangani sulit mengenal konsep bilang pada anak, ada pembelajaran yang dapat saya ambil yaitu :
Guru telah melakukan metode bermain dan bernyanyi dalam mengenal bilang kepada anak, sehingga anak bersemangat untuk belajar. Guru juga mengajarkan anak dengan dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Hal tersebut sangat menarik untuk menambah ilmu pada anak dalam berbahasa.
Saran :
*Guru mengajak anak untuk mengenal bilangan dengan mengeksplorasi benda-benda sederhana mudah didapat yang ada disekitar sekolah. Misalnya mengajak anak keluar kelas untuk melihat benda sekitar kelas, agar anak lebih ekspresif dan tidak monoton dalam belajar hanya dikelas saja.
* Setiap anak itu memiliki kemampuan yang berbeda. Dimana maksudnya adalah setiap anak belum tentu mampu memahami konsep yang dilakukan oleh guru. Oleh karena itu, guru mencoba untuk mencoba kembali kepada anak untuk menyebutkan, menulis bilangan di kertas, diatas pasir, membuat bilangan menggunakan plastisin atau media belajar nyata lainnya yang bisa menarik perhatian anak, sehingga anak penasaran untuk mencoba karena adanya dukungan media belajar yang bervariasi.
*Guru tidak memaksa anak untuk langsung memahami konsep bilangan jika ada anak yang belum memahami sepenuhnya, agar anak tidak merasa tertekan.
* Guru memberikan kalimat pujian, dan kata motivasi semangat untuk anak selain reward stempel.
Itulah kesimpulan mengenai video diatas yang telah saya tonton. Semoga bisa menjadi masukan dan ide baru untuk kita semua.
Semoga bermanfaat dan terimakasih.
Assalamualaikum wr, wb.
Nama : Inayatur Rofiqoh
NIM : 858954843
UPBJJ : UT JEMBER
Izin menanggapi video tersebut, setelah menonton video tersebut saya jadi menemukan metode baru untuk saya ajarkan kepada anak kelas saya nanti. Melihat interaksi antara guru dan murid di video tersebut memperlihatkan bagaimana telatennya beliau. Akan tetapi beberapa anak di dalam video mungkin ada yang belumm faham menggunakan bahasa inggris.
Guru juga memanfaatkan berbagai mddia yang terdapat dalam kelaz, memanfaatkan alat mainan yang dapat digunakan untuk menghitung. Selain itu juga membuat suasana tidak membosankan dengan kegiatan tepuk angka.
Mungkin itu saja sekian terima kasih
Assalamualaikum izin menanggapi diskusi..
Nama : LADIBA SASQIA ZAIDAS
NIM : 856593181
Berikut merupakan refleksi dari video yang telah saya tonton
a. Kelebihan video : Penyampaian materi sangat baik dan mudah dipahami, karena terdapat contoh anak yang sudah mengenal dan belum mengenal bilangan.
b. Kelemahan video : kualitas video dan suara kurang bagus
c. Manfaat untuk pembelajaran : Dari video pembelajaran tersebut saya mendapatkan beberapa teknik untuk mengenalkan bilangan kepada anak, seperti :
– Mengajak anak membilang dengan permainan, lagu dan tepuk
– Memasangkan dan melingkari benda sesuai lambang bilangan
– Memberi stempel bintang sambil menghitung bintang bersama
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Ijin menanggapi isi video
Nama : Muztalifah
NIM : 814767293
UPBJJ : UT SURABAYA
Setelah mengamati video yang berjudul “SULIT MENGENAL KONSEP BILANGAN” menurut pendapat saya video ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-Kanak dalam membantu anak didiknya untuk memahami konsep bilangan,perkembangan setiap individu itu berbeda-beda terkadang anak usia PAUD sudah ada yang lahir dalam berhitung,tdtapi juga ada yang belum faham sama sekali.
Dalam Video tersebut guru menggunakan berbagai metode pembelajaran yang menarik, antaranya dengan mengajak anak berhitung melalui permainan bola, tepuk tangan, dan lagu. Selain itu, alat peraga dimanfaatkan untuk menggambarkan konsep bilangan, seperti dengan meminta anak untuk mengambil bola sesuai perintah guru.
Kelebihan video di atas : Guru sangat interaktif dengan anak didiknya, serta menggunakan bahasa asing “Inggris dalam setiap perintahnya”
Kelemahan : Mungkin sebagian anak yang kurang faham dengan bahasa Inggris, kurang merespon perintah guru.
Terimakasih🙏
assalamualaikum.wr.wb.
ijin untuk menanggapi video tersebut.
Nama : Rita Siti Maryamah
Nim : 857649691
Menurut saya video tersebut sangatlah bagus dan penting untuk para pendidik karena dapat membantu guru untuk menjadikannya masukan dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran mengenai konsep bilangan terutama bagi seperti saya yang masih proses belajar.
Masukan dan saran dari saya untuk video tersebut yaitu videonya sangat bagus dan menginspirasi untuk merancang kegiatan pembelajaran yang menarik lagi,tetapi menurut saya lebih baik durasi video diperpanjang, penjelasan dan contohnya lebih detail lagi,supaya lebih memahamkan serta memberikan wawasan lebih luas lagi.
sekian,terimakasih
Wassalamu’alaikum.wr.wb.
NAMA SELA RIFTANA
NIM 858979783
UPBJJ JEMBER
berikut pendapat saya mengenai manfaat dari seri pengembangan kognitif tentang sulit mengenal konsep bilangan di video GPO (Guru Pintar Online):
Manfaat Utama:
Seri video ini memberikan kontribusi yang sangat berharga dalam membantu guru memahami dan mengatasi tantangan dalam mengajarkan konsep bilangan kepada anak usia dini yang mengalami kesulitan. Video ini tidak hanya membahas teori-teori tentang perkembangan kognitif, tetapi juga memberikan contoh-contoh praktis dan strategi pembelajaran yang dapat diterapkan langsung di kelas.
Manfaat Spesifik:
– Meningkatkan Wawasan dan Keterampilan Guru: Video ini membantu guru untuk memahami berbagai aspek perkembangan kognitif, serta menawarkan solusi konkret untuk membantu anak-anak yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep bilangan. Guru dapat belajar tentang strategi pembelajaran yang efektif, seperti penggunaan alat peraga, permainan, dan aktivitas fisik yang diintegrasikan dengan konsep bilangan. Video juga menjelaskan berbagai penyebab kesulitan belajar mengenal bilangan, seperti faktor kognitif, lingkungan, atau pengalaman.
– Memperluas Jaringan dan Dukungan: Video GPO dapat menjadi platform untuk berbagi informasi dan pengalaman di antara para guru. Guru dapat berdiskusi dan bertukar ide dengan guru lain melalui kolom komentar atau forum diskusi. Hal ini dapat memberikan dukungan dan inspirasi bagi guru dalam menghadapi tantangan dalam mengajar.
– Meningkatkan Motivasi dan Semangat Mengajar: Video ini menunjukkan bahwa ada banyak cara untuk membantu anak-anak belajar mengenal konsep bilangan dengan cara yang menyenangkan dan efektif. Video ini dapat membantu guru dalam mengatasi tantangan dalam mengajar anak-anak yang sulit belajar dan menumbuhkan semangat untuk terus belajar dan berinovasi dalam pembelajaran.
Nama : MUZTALIFAH
Nim : 814767293
guru mengenalkan konsep bilangan dengan kegiatan bermain bola, yaitu menghitung jumlah bola yang diambil sesuai dengan arahan guru
dengan menyebutkan angka. Ada anak laki-laki yang berhasil mengambil bola dengan jumlah yang sesuai arahan guru, namun ada juga anak perempuan yang
belum sempurna untuk pengenalan konsep bilangannya masih perlu bimbingan dan motivasi terus untuk penguatan pengenalan konsep bilangannya.
Di sesi selanjutnya, guru juga mengenalkan konsep bilangan dengan media lembar kegiatan bergambar lalu mengajak anak-anak untung menghitug jumlah gambar
dan menuliskan angka sesuai jumlah. Terakhir, guru memberikan penguatan dengan menghitung jumlah spidol dan memebrikan stemple bintang di tangan anak
memberikan umpang balik kepada anak yang sudah percaya diri dan pantang menyerah