silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,753 Comments

  1. Assalamualaiku. Wr.Wb.
    Perkenalkan nama saya Herlina
    Dengan NIM 878205768
    Saya Mahasiswa PGPAUD semester 2
    Video yang disajikan sangat edukatif yaitu mengenal konsep bilangan menggunakan permainan bola.
    Pembelajaran seperti ini sangat menarik minat anak- anak , serta dapat meningkatkan kognitif anak dalam berpikir dan menemukan jumlah bilangan yang diinstrusikan ibu guru.

  2. Nama: Aisyah
    NIM: 857407987
    Judul Video ‘Sulit Mengenal Konsep Bilangan’
    Anak diajak untuk belajar konsep bilangan dengan cara yang menyenangkan dan melalui praktik langsung melalui benda-benda nyata seperti bola dan spidol, sehingga mereka bisa lebih mudah memahami. Selain itu, ada umpan balik positif setelah anak berhasil menghitung jumlah benda dengan memberikan stempel bintang. Video ini sangat membantu dalam mengembangkan ide pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak, karena menyajikan kegiatan yang interaktif, menyenangkan, dan tetap efektif.

  3. Video ini membahas tantangan yang sering dihadapi anak dalam mengenal konsep bilangan seperti menghitung benda konkret, mengenal angka, dan membandingkan jumlah. Penyajian videonya cukup jelas dan sesuai dengan permasalahan di lapangan. Video ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai mahasiswa. Penyajian yang cukup baik dan berbasis praktik membuat saya lebih mudah memahami cara menstimulasi perkembangan kognitif anak dengan menyenangkan dan tepat.

  4. istafil fuadah_878194246
    judul vidio : anak sulit mengenal konseo bilangan
    menurut pendapat saya vidio ini sangat bagus, dan sangat memberi banyak ilmu pada saya tentang bagaimana cara mengatasi anak yang masih sulit mengenal konsep bilangan dilembaga saya. karena sebagian besar anak dikelas A yang saya pegang masih banyak yang kesulitan dalam mengenal konsep bilangan.

  5. Nama : Setianingsih
    Nim : 878193047
    POKJAR: JOYOBOYO Kota KEDIRI
    Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Ijin untuk menanggapi video tentang “Sulit Mengenal Konsep Bilangan”dalam video tersebut ibu guru memberikan banyak sekali simulasi dengan berbagai media .serta guru lebih sabar dan kreatif dalam mengenalkan konsep bilangan seperti menghitung benda konkret,permainan ambil bola dengan jumlah yang sudah ditentukan oleh ibu guru,selain itu ibu guru juga mengajak bernyanyi sambil berhitung.Bertepuk tangan sambil.berhitung dan juga memberikan lembar gambar yang sudah ada angka yang harus mereka hitung ,dengan cara melingkari jumlah gambar yang ada .

  6. Nama : Retno Anggraeni
    NIM : 877635928
    mata kuliah : Evaluasi perkembangan anak TK

    Tanggapan untuk video yang berjudul ” Sulit mengenal konsep bilangan ”
    Dalam video tersebut, menunjukkan strategi yang digunakan guru untuk mengenalkan lambang bilangan kepada peserta didik. Strategi assesmen yang dilakukan menggambarkan assesmen otentik.
    Pertama-tama ibu guru membentuk hubungan yang baik dengan anak, sikap hangat dalam proses pendekatan awal agar anak merasa nyaman dan memusatkan perhatiannya kepada ibu guru. Strategi yang digunakan menekankan pada 4P; performance, process, products dan portofolio.
    1. guru menggunakan assesmen untuk mendiagnosa apakah peserta didik sudah memahami konsep bilangan dengan membuat permainan ambil bola.
    2. dari hasil assesmennya tersebut teridentifikasi masih ada anak yang kurang memahami konsep bilangan.
    3. sebelum melakukan evaluasi menggunakan lembar kerja, ibu guru mengajak anak untuk mengulang mempelajari konsep bilangan melalui lagu 2 mata saya, tepuk bilangan ( tepuk 1 : prok, tepuk 2 : prok prok, dst), dan membilang angka dengan menghitung suatu benda.
    4. untuk mengevaluasi pemahaman anak, ibu guru memberikan lembar kerja yaitu memasangkan benda sesuai lambang bilangan dan melingkari benda sesuai lambang bilangannya.
    5. setelah peserta didik menyelesaikan lembar kerja, ibu guru memberikan penguatan kepada anak yang telah berhasil memahami konsep bilangan berupa stempel bintang ditangan anak sebagai reward atas pencapaiannya.

  7. Nama : Anggita Dwi Pasha
    NIM : 877686157

    Menurut saya video dengan judul “ Anak sulit mengenal konsep bilangan” sangat bagus. Saya memperoleh ilmu baru, untuk saya terapkan kepada anak. Pembelajaran yang sangat menarik dan kreatif sehingga anak dapat menerima pembelajaran dengan baik. Dengan menggunakan alat peraga, anak lebih paham apa yang diajarkan oleh guru karena nyata.

  8. SITI MUSYAROFAH/878191828
    Izin menanggapi
    dalam video ” ANAK SULIT MENGAENAL LAMBANG BILANGAN” menurut saya dalam video tersebut guru sudah memberikan edukasi bagaimana cara menangani anak yang sudah atau belum mahir dalam berhitung, yaitu dengan menunjukkan cara menghitung bola dengan baik dan benar. tak hanya itu anak-anak juga diajarkan bagaimana menghitung benda (bintang) dengan cara melingkari jumlah atau angka yang sesuai. yang ketiga anak-anak diajak untuk mengambil cat warna sesuai perintah bu guru, dan yang sudah paham/benar diberikan reward berupa stempel bintang.

  9. NAMA : Febriliya
    NIM : 858984617
    Saya sepenuhnya sepakat bahwa video pembelajaran tersebut sangat bagus dan dapat dijadikan acuan bagi guru-guru lain, karena dalam video ini ibu guru memiliki banyak aktivitas untuk memahami konsep bilangan melalui bermain bola, tepuk, bernyanyi, dan menggunakan lembar keria yang menarik minat anak.
    Dengan cara ini, anak-anak lebih mudah memahami konsep bilangan dalam pendidikan anak IK. Dalam melaksanakan kegiatan, bu guru harus senantiasa memberikan dorongan dan semangat belajar kepada anak. Guru dapat memberikan pujian atau penghargaan seperti pilai, bintang, atau ha -hal yang membuat anak-anak merasa suka dan bahagia. Demikian tanggapan dari saya, terima kasih

Leave a Reply