silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,753 Comments

  1. Setelah menonton video pembelajaran pengenalan kognitif berhitung dalam video tadi sangat menginspirasi saya dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak di kelas saya, dengan menggunakan berbagai media dan juga kegiatan belajar yang menarik, akan membuat anak semakin antusias dan tertarik.Melalui bermain yang menyenangkan dan tentunya sangat menarik bagi anak, melalui bernyanyi dengan diiringi musik , anak-anak sangat senang , kemudian melalui pola tepuk.

  2. Dalam video tersebut menampilkan dedikasi seorang guru TK dalam membantu anak memahami konsep bilangan melalui pendekatan yang menyenangkan dan kreatif. Guru menggunakan permainan, lagu, alat peraga, dan lembar kerja sebagai media pembelajaran, serta memberikan penguatan positif seperti stempel bintang untuk memotivasi anak. Program ini mencerminkan pentingnya kesabaran dan strategi edukatif yang menarik dalam pendidikan anak usia dini.

  3. Nama : Emmanuella Christianingsih
    NIM : 857986886

    Setelah melihat video tersebut, saya dapat menyimpulkan bahwa program ini adalah contoh yang sangat baik tentang bagaimana pendekatan kreatif dan empatik dapat membantu anak-anak mengatasi tantangan belajar dan mengembangkan fondasi yang kuat dalam konsep matematika dasar. Video ini juga menyoroti pentingnya peran guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang suportif dan menarik.

  4. Alhamdulillah setelah saya melihat video itu gimana seorang guru TK dalam usahanya mengenalkan konsep bilangan kepada anak, masyaallah luar biasa usahanya agar anak-anak semua menjadi bisa, dan menjadi inspirasi bagi saya untuk melakukan hal itu juga yang usahanya diantaranya mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

  5. Menurut video di atas memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak-anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK akan lebih mudah mengerti jika guru memberi contoh dengan menggunakan konkrit yang ada di sekitar kita.

  6. NAMA : RURI RISTI
    Pada video diatas memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak-anak. Guru menyusun beberapa strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda nyata yang ada disekitar seperti bola untuk melatih anak dalam hal berhitung agar mempermudah anak untuk memahami benda yang dihitung sesuai perintah guru.

  7. Nama saya Berto Satrio Marbun (878272207)
    Berdasarkan Video yang berjudul “Sulit Mengenal Konsep Bilangan”
    Luar biasa, Sangat bermanfaat. Sederhana namun tepat sasaran.
    Konsep memperkenalkan bilanga dapat dilakukan lewat lagu, dengan tepuk dan lembar kerja. Selaianjutnya juga dapat melakukan penguatan dengan cara menyuruh anak untuk mengambil sesuatu/ benda sesuai dengan jumlah bilangan yang diintruksikan oleh guru. Yang terakhir, agar pembelajaran terkait dengan bilangan berjalan dengan baik perlu seorang guru mempersiapkan sejeniis reward boleh dalam bentuk pujian, tepuk tangan dan bintang (stempel).
    Demikian dan terima kasih

  8. nama : Siti Fatmawati
    Sesuai video yang telah saya tonton yaitu video tentang upaya guru mengenalkan konsep bilangan pada anak usia dini
    dimana guru mengenalkan konsep bilangan tersebut dengan lagu, menghitung dengan benda, menghitung dengan gambar.
    Dalam lembaga pendidikan anak usia dini, kasus tersebut merupakan fenomena yang mungkin sering di alami pada setiap lembaga. Maka dalam kasus ini, guru harus memberikan kreatifitasnya dalam pembelajaran mengenalkan konselp bilangan pada anak dengan cara yang menyenangkan

  9. nama : Sri Wahyuning Prastiwi
    Nim : 857569096
    prodi S1 PGPAUD
    upbjj purwokerto
    Alhamdulillah setelah saya melihat video itu gimana seorang guru TK dalam usahanya mengenalkan konsep bilangan kepada anak, masyaallah luar biasa usahanya agar anak-anak semua menjadi bisa, dan menjadi inspirasi bagi saya untuk melakukan hal itu juga yang usahanya diantaranya mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

  10. dalam video di atas terlihat upaya guru TK dalam mengatasi kesulitan anak mengenal konsep bilangan dengan menggunakan metode bermain dan media pembelajaran yang menarik sangat tepat dan sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia dini. Pendekatan ini tidak hanya membantu anak memahami konsep bilangan secara konkret dan menyenangkan, tetapi juga menumbuhkan motivasi dan minat belajar yang tinggi. Penggunaan metode seperti bermain peran, permainan tradisional, dan media visual interaktif dapat mengatasi hambatan anak yang sulit memahami bilangan dan menghindari kesan negatif terhadap pembelajaran matematika di usia dini. Dengan demikian, guru berperan penting dalam menciptakan suasana belajar yang kreatif dan inovatif agar anak dapat berkembang optimal dalam kemampuan mengenal bilangan

Leave a Reply