silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : Novita Rian Susanti
NIM : 857657588
Dari vidio yang berjudul “sulit mengenal konsep bilangan”. Banyak permasalahan belajar yang terjadi pada anak-anak, salah satunya sulit mengenal konsep bilangan. Untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak dapat dilakukan melalui bermain. Pada vidio tersebut guru menyiapkan keranjang yang berisi bola, anak mengambil bola sesuai jumlah yang diperintah guru, selain membilang dengan permainan ada juga teknik mengenalkan konsep bilangan pada anak yaitu : dengan teknik menyanyi, tepuk, memberikan tugas seperti : memasangkan benda sesuai lambang bilangan, melingkari benda sesuai lambang bilangan.
teknik lain untuk motivasi anak yaitu dengan memberi penguatan kepada anak yang telah berhasil mengerjakan tugas. misalnya, dengan memberi stempel bintang.
Nama : Achmad Fathoni
NIM : 837736317
Setelah Saya melihat video ” Sulit Mengenal Konsep Bilangan ” mencerminkan salah satu tantangan umum dalam proses perkembangan kognitif anak usia dini. Pada tahap ini, kemampuan anak untuk memahami bilangan, menghitung, dan menghubungkan angka dengan jumlah konkret masih dalam proses berkembang.
Kesulitan tersebut bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan secara berlebihan, melainkan menjadi petunjuk bagi pendidik untuk menyesuaikan metode pembelajaran yang digunakan.
Anak-anak membutuhkan pendekatan yang konkret, menarik, dan sesuai dengan dunia bermain mereka untuk dapat memahami konsep bilangan secara perlahan. Misalnya, melalui media benda nyata, lagu berhitung, permainan edukatif, atau kegiatan sehari-hari yang melibatkan angka.
Peran guru sangat penting dalam memberikan stimulus yang tepat dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan serta bebas tekanan. Dengan pendekatan yang konsisten dan penuh kesabaran, anak akan lebih mudah memahami konsep bilangan sesuai dengan tahapan perkembangannya.
Nama : Achmad Fathoni NIM : 837736317 Setelah Saya melihat video ” Sulit Mengenal Konsep Bilangan ” mencerminkan salah satu tantangan umum dalam proses perkembangan kognitif anak usia dini. Pada tahap ini, kemampuan anak untuk memahami bilangan, menghitung, dan menghubungkan angka dengan jumlah konkret masih dalam proses berkembang. Kesulitan tersebut bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan secara berlebihan, melainkan menjadi petunjuk bagi pendidik untuk menyesuaikan metode pembelajaran yang digunakan. Anak-anak membutuhkan pendekatan yang konkret, menarik, dan sesuai dengan dunia bermain mereka untuk dapat memahami konsep bilangan secara perlahan. Misalnya, melalui media benda nyata, lagu berhitung, permainan edukatif, atau kegiatan sehari-hari yang melibatkan angka. Peran guru sangat penting dalam memberikan stimulus yang tepat dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan serta bebas tekanan. Dengan pendekatan yang konsisten dan penuh kesabaran, anak akan lebih mudah memahami konsep bilangan sesuai dengan tahapan perkembangannya.
Setelah menonton video “Sulit mengenal konsep bilangan”, menurut saya isi video tersebut dapat menginspirasi guru dan calon guru dalam memberikan pembelajaran bagi anak didik, serta metode-metode yang digunakan juga dapat dipraktekkan dalam kegiatan pembelajaran terutama untuk anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Dengan mengajak anak mengambil bola sejumlah yang diinstruksikan oleh guru, kemudian melakukan tepuk dengan mengucapkan lambang bilangan, dan mengajak anak bernyanyi dengan mengucap lambang bilangan seperti “dua mata saya” itu sudah sangat membantu anak untuk mengenal konsep bilangan. Selain itu, guru juga mengajak anak untuk mengerjakan lembar kegiatan.
Nama : Olga Alfire Santi Syaranamual
Nim : 858598527
Prodi : PG PAUD
Upbjj : Ambon
Setelah saya menonton video ini, sebelum proses belajar, Guru mengajak anak untuk bermain (dalam bentuk menyanyi atau ice breaking) gunanya untuk membangun semangat belajar anak,kemudian Guru mengarahkan anak untuk mencocokkan benda dengan angka, Guru menggunakan metode demontrasi dalam bentuk memberi contoh kepada anak kemudian memberi tugas untuk dikerjakan oleh anak dalam pengawasan Guru.Video ini menjadi referensi bagi Guru maupun calon Guru untuk memperkenalkan konsep bilangan kepada anak usia dini. Terimakasih.
Terima kasih untuk video yang sangat menginspirasi.
Saya setuju bahwa dalam mengenalkan konsep bilangan anak memerlukan proses dari mengenalkan konkret berupa kuantitas menggunakan hands-on material yang dapat anak gunakan untuk menghitung langsung menuju ke pengenalan abstrak yaitu simbol angka, lalu proses selanjutnya adalah mengasosiasikan kuantitas dengan simbol angka, serta dalam prosesnya diperlukan pembelajaran menggunakan metode yang menyenangkan seperti yang diperlihatkan di video.
video di atas adalah metode-metode untuk pengembangan kognitif anak/ pengenalan bilangan pada anak paud. video diatas sangat lengkap, ada pembukaan, inti dan penutup. insyaallah akan saya terapkan di lembaga tempat saya mengajar.
Dari video yang saya lihat dimana seorang guru memiliki keterampilan untuk anak didik ya mengenal konsep bilangan.Membuat anak mengenal bilangan dengan membilang melalui kegiatan bermain dan lagu tepuk. Anak diminta untuk mengambil sejumlah benda sesuai lambang bilangan yang ditugaskan oleh guru.K mudian guru dapat mengenalkan lambang bilangan melalui lagu tepuk. Setelah itu memberikan lembar kerja dengan memasangkan benda sesuai lambang bilangan nya, setelah itu guru k mudian mengulas kembali kegiatan yang dilakukan dengan memberikan penguatan kepada anak, anak diminta untuk mengambil spidol sejumlah bilangan yang disebutkan dan apabila benar berikan reward dengan memberikan cap stempel bintang ditangannya.
Dari video yang saya lihat dimana seorang guru memiliki keterampilan untuk anak didik ya mengenal konsep bilangan.Membuat anak mengenal bilangan dengan membilang melalui kegiatan bermain dan lagu tepuk. Anak diminta untuk mengambil sejumlah benda sesuai lambang bilangan yang ditugaskan oleh guru.K mudian guru dapat mengenalkan lambang bilangan melalui lagu tepuk. Setelah itu memberikan lembar kerja dengan memasangkan benda sesuai lambang bilangan nya, setelah itu guru k mudian mengulas kembali kegiatan yang dilakukan dengan memberikan penguatan kepada anak, anak diminta untuk mengambil spidol sejumlah bilangan yang disebutkan dan apabila benar berikan reward dengan memberikan cap stempel bintang ditangannya
Secara umum, tayangan video memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak. Ada beberapa kekurangan dan kelebihan yang terdapat pada tayangan video tersebut, diantaranya:
KEKURANGAN:
1. Belum siapnya anak dalam mengikuti pembelajaran tersebut terbukti dengan adanya anak yang belum bisa diam, ada anak yang masih menggoyangkan badannya,menguap dan ada anak yang duduknya belum tertib sedangkan sikap guru kelas maupun guru pendamping membiarkannya saja.
2. Pada saat pengambilan bola anak merasa kesulitan saat mengambil bola yang terlalu banyak karena tidak adanya keranjang untuk tempat bola yang sudah di ambil anak terbukti dengan adanya bola yang terjatuh saat sudah di ambil oleh anak.
3. Ketika menghitung gambar, guru menggunakan gambar yang kecil sehingga kurang jelas terlihat.
KELEBIHAN:
1. Guru sebelum melakukan kegiatan mengajak anak bemyanyi dan bertepuk-tepuk terlebih dahulu dan memberikan penguatan
2. Kegiatan yang disiapkan oleh guru bervariatif sehingga tidak menimbulkan kejenuhan pada anak.
3. Guru mengajarkan konsep bilangan secara sederhana sehingga anak-anak mudah mengerti
4. Guru memberikan reward memberi stempel bintang di tangan kanan dan kirinya pada anak yang bisa menjawab pertanyaan.