silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,748 Comments

  1. Nama : Eulis Maesaroh
    NIM : 877673974
    Saya sangat mengapresiasi video ini karena menyajikan pembelajaran yang sesuai dengan dunia anak usia dini. Guru berhasil menciptakan suasana belajar yang menyenangkan melalui lagu, tepuk, dan permainan bilangan. Anak-anak tampak antusias dan terlibat aktif, yang menunjukkan bahwa pendekatan bermain sangat efektif dalam mengenalkan konsep matematika awal.

  2. Dari vidio yang saya putar cukup menarik bagi anak yang sulit mengenal lambang bilangan,, karena vidio tersebut guru secara langsung mempraktikkan dengan benda-benda yang ada di kelas,seperti anak-anak diperintahkan untuk mengambil bola dengan menghitung sesuai banyak lambang bilangan yang disebut ibu guru,, maka anak-anak mulai menghitung satu persatu,dan ada juga yang menghitung banyak bintang ⭐yang ada di papan,, maka anak-anak akan lebih paham dalam mengenal lambang bilangan.

  3. Nama : Hijrah Safitri Sihombing
    Nim : 877525272
    Video ini menunjukkan bagaimana cara mengenal angka salah satunya menggunakan media bola. Anak² diperintahkan mengambil bola sesuai dengan perintah guru. Cara ini merupakan yang bisa melibatkan anak secara keseluruhan untuk mengambil bola.

  4. Video yang saya tonton adalah mengenal angka dengan menggunakan media bola. Anak diperintah untuk menghitung bola sehingga kegiatan tersebut menjadikan semua anak terlibat aktif dalam mengenal huruf.

  5. Nama: Siti Mas’udah
    NIM: 877303158

    Video ini menampilkan kegiatan pembelajaran konsep bilangan kepada anak usia dini. Video tersebut sangat menginspirasi, Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan metode dan strategi pembejaran sangat inovatif dapat menyesuaikan kondisi dan karakteristik anak usia dini.
    Saran untuk guru pada Video pembelajaran di atas penggunaan lembar kerja anak (LKA) yang kurang menarik dapat diganti lembar kerja dengan media konkret. Sehingga dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan bermakna bagi anak-anak

  6. Nama : Ai Rustini
    NIM : 859670812
    UPBJJ : Bandung
    Menanggapi video yang saya tonton, video ini sangat bermanfaat sebagai bahan refleksi bagi guru PAUD dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak usia dini. Guru dalam video sudah menunjukkan upaya positif dengan menggunakan alat bantu konkret dan membangun interaksi yang baik dengan anak. Namun, pembelajaran masih dapat ditingkatkan dengan menyesuaikan metode pengajaran sesuai kebutuhan individu anak serta memanfaatkan media digital atau permainan edukatif agar suasana belajar lebih variatif dan menyenangkan. Pembelajaran konsep bilangan pada usia dini memang menantang, namun dengan pendekatan yang tepat, anak-anak akan lebih mudah memahaminya. sekian dan terima kasih

  7. Secara keseluruhan, pembelajaran yang dilakukan sudah sangat bagus sekali. namun perlu diperhatikan dalam penggunaan media yang bervariatif sehingga pembelajaran akan lebih aktif dan menyenangkan.
    Terima Kasih

  8. Setelah menonton vidio dengan judul” Anak sulit Mengenal konsep Bilangan” vidio ini sangat mengedukasi saya dan menambah pengetahuan tentang bilangan yang mana bilangan ini menyangkut dengan kognitif anak dan ini sangat penting sekali untuk matematikanya nanti. Anak di suru mengambil bola dan menghitungnya. Dan anak anak senang melakukannya. Dan semua anak terlibat

  9. Nama : Fitriani
    Nimko : 858320643

    pembelajaran dalam video tersebut sangat bagus mengenalkan angka dalam bentuk permainan, namun alangkah baiknya dalam pengenal angka sebelum permainan anak juga di perlihatkan bentuk angka kongkritnya bukan cuma sekerdar disebutkan guru bisa menggunakan kartu angka, dan menyebutkan bersama-sama

  10. Nama : Siti Munawiroh
    Nim : 858535762
    Dengan melihat video “anak sulit mengenal konsep bilangan” dapat menginspirasi saya bagaimana mengenalkan konsep bilangan dengan cara yang menyenangkan melalui lagu dan permainan yang membuat anak-anak antusias mengikuti kegiatan karena anak- anak terlibat langsung dalam pembelajaran.

Leave a Reply