silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
NAMA : SHERLY RUMINTANG
NIM : 858109077
Langkah-langkah yang dilakukan oleh guru dalam membantu anak mengenal konsep bilangan tergolong tepat dan sejalan dengan prinsip Developmentally Appropriate Practice (DAP). Guru telah memanfaatkan beragam metode pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan anak usia dini, khususnya melalui kegiatan bermain dan aktivitas konkret.
1. Mengajak anak membilang melalui lagu, permainan, dan tepuk tangan merupakan cara yang efektif karena memanfaatkan pendekatan yang menyenangkan dan melibatkan gerakan, sehingga mendukung gaya belajar anak yang bersifat auditif dan kinestetik.
2. Pembuatan alat permainan konsep bilangan dan kegiatan mencocokkan jumlah benda dengan lambang angka menunjukkan penerapan pembelajaran yang konkrit dan mudah dipahami anak, sesuai dengan tahap berpikir operasional konkret menurut teori Piaget.
3. Pemberian tugas berupa lembar kerja dapat melatih kemampuan motorik halus serta mengenalkan keterampilan mencocokkan simbol bilangan dengan jumlah benda. Namun demikian, aktivitas ini sebaiknya tidak dijadikan kegiatan utama, melainkan sebagai pelengkap.
4. Pemberian pujian dan hadiah berupa stempel bintang di tangan anak merupakan bentuk penguatan positif yang dapat meningkatkan rasa percaya diri dan semangat belajar anak.
5. Menampilkan hasil karya anak yang baik sebagai contoh dapat membantu anak lain memahami tugas dengan lebih jelas. Namun, guru perlu memastikan semua anak tetap merasa dihargai agar tidak terjadi perasaan dibandingkan.
Menurut pendapat saya materi yang diajarkan juga alat peraga dan strategi pembelajaran baik dan sesuai dengan usia anak pada video tersebut. Sebagai guru, banyak melibatkan anak dalam proses belajarnya, seperti mengajak anak mengemukkan pendapat mereka tentang kegiatan yang sedang berlangsung, mengecek bersama – sama serta memberikan kesempatan kepada anak untuk memperbaiki tanpa adanya rasa takut ataupun rendah diri.
Namun kegiatan tersebut dengan jumlah anak yag cukup banyak, dapat juga dibuat kedalam 2 atau tiga kelompok sehingga pembelajaran pengenalan konsep bilangan tersebut akan menjadi lebih kaya dan semua anak dapat terlibat langsung tanpa harus menunggu giliran terlalu lama.
Secara keseluruhan, menurut saya menarik dan menyenangkan. Dapat menginspirasi guru lain untuk menggunakan media yang ada disekitar dan tidak mahal sebagai media pembelajaran.
Video ini sangat menarik dan bermanfaat sebagai contoh praktik pembelajaran konsep bilangan di tingkat PAUD. Guru telah berupaya menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan memanfaatkan lagu, tepuk tangan, alat peraga, dan permainan konkret yang sesuai dengan tahap perkembangan kognitif anak usia dini. Meski demikian, masih terdapat beberapa aspek yang dapat ditingkatkan. Guru terlihat masih mendominasi jalannya pembelajaran, sehingga anak-anak belum mendapatkan cukup ruang untuk bereksplorasi dan belajar secara mandiri. Selain itu, tidak semua anak tampak aktif terlibat dalam kegiatan. Hal ini penting untuk diperhatikan agar setiap anak memperoleh pengalaman belajar yang setara. Secara keseluruhan, video ini memberikan gambaran nyata tentang upaya guru dalam memperkenalkan konsep angka secara kreatif. Pembelajaran akan menjadi lebih efektif apabila guru dapat menyesuaikan pendekatan dengan kebutuhan individual anak, memperkaya penggunaan media pembelajaran, serta memberikan lebih banyak kesempatan kepada anak untuk aktif berpartisipasi dan terlibat secara langsung.
Video ini sangat menarik dan bermanfaat sebagai contoh praktik pembelajaran konsep bilangan di tingkat PAUD. Guru telah berupaya menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan memanfaatkan lagu, tepuk tangan, alat peraga, dan permainan konkret yang sesuai dengan tahap perkembangan kognitif anak usia dini. Meski demikian, masih terdapat beberapa aspek yang dapat ditingkatkan. Guru terlihat masih mendominasi jalannya pembelajaran, sehingga anak-anak belum mendapatkan cukup ruang untuk bereksplorasi dan belajar secara mandiri. Selain itu, tidak semua anak tampak aktif terlibat dalam kegiatan. Hal ini penting untuk diperhatikan agar setiap anak memperoleh pengalaman belajar yang setara. Secara keseluruhan, video ini memberikan gambaran nyata tentang upaya guru dalam memperkenalkan konsep angka secara kreatif.
NAMA : ZARMINI
NIM : 855769568
Assalamualaikum wr.wb.
Video pembelajaran ini sangat menarik dan sangat bermanfaat.
Keberhasilan guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan melalui kegiatan bermain dalam mengenalkan konsep bilangan kepa da anak sangat efektif terlihat dari keterlibatan anak secara aktif dalam pembelajaran tersebut. Penggunaan metode belajar serta didukung dengan media yang sesuai dengan perkembangan anak sehingga kegiatan pembelajaran berhasil dengan baik. Kesiapan guru dalam merencanakan pembelajaran terlihat sangat baik dari hasil pembelajaran di kelas.
Terima kasih.
Wassalamualaikum wr.wb
Nama : Fitriyah
NIM : 858828939
menurut pndapat saya Video tersebut menunjukkan upaya guru TK yang tepat dan kreatif dalam membantu anak memahami konsep bilangan. Melalui permainan, lagu, alat peraga, dan lembar kerja, anak diajak belajar secara menyenangkan dan konkret. Pemberian penguatan positif seperti stempel bintang juga efektif untuk memotivasi anak. Pendekatan ini sesuai dengan prinsip pembelajaran anak usia dini yang menekankan belajar aktif, kontekstual, dan penuh apresiasi.
Nama : Dewi Binasari
Video pembelajaran diatas memberikan pengetahuan kepada saya cara mengatasi kesulitan anak dalam mengenal konsep bilangan, sehingga dapat dipraktikkan di sekolah. Keberhasilan pembelajaran tergantung pada guru itu sendiri sejauh mana dia memberikan pembelajaran yang menarik dan bermakna bagi anak.
Video pembelajaran diatas dapat menambah pengetahuan tentang cara mengatasi kesulitan anak dalam mengenal konsep bilangan, pembelajaran tersebut juga sangat menarik dan bermanfaat utuk dijadikan contoh dalam pembelajaran di sekolah. Guru juga dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan permainan lagu dan tepuk serta memberikan penguatan positif kepada anak dengan tujuan agar anak-anak lebih bersemangat dan termotivasi dalam mempelajari konsep bilangan.
Program ini menunjukkan upaya yang sangat baik dan kreatif dari seorang guru Taman Kanak-kanak dalam membantu anak mengenal konsep bilangan. Penggunaan metode yang menyenangkan seperti permainan, lagu, dan tepuk sangat sesuai dengan karakteristik belajar anak usia dini yang aktif dan suka bermain. Selain itu, penyediaan alat peraga dan lembar kerja yang menarik mampu merangsang pemahaman anak secara konkret terhadap konsep bilangan.
Strategi memberikan penguatan positif, seperti ulasan hasil karya terbaik dan pemberian stempel bintang, juga sangat efektif dalam meningkatkan motivasi dan rasa percaya diri anak. Pendekatan yang variatif dan menyenangkan seperti ini patut diapresiasi dan bisa menjadi contoh baik bagi guru lainnya dalam merancang pembelajaran matematika dasar di TK.
Secara keseluruhan, program ini mencerminkan pemahaman guru terhadap kebutuhan belajar anak usia dini dan penerapan metode pembelajaran yang tepat dan bermakna.
Nama : TRI MURNI SARI
NIM : 858019026
UPBJJ : YOGYAKARTA
kegiatan pembelajaran yang dilakukan dalam video diatas sangat membantu untuk menangani anak yang kesulitan dalam memahami konsep bilangan. upaya dari guru yang bervariasi menarik bagi anak.metode yang digunakan sudah efektif.