silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Assalamualaikum
Ijin menanggapi vidio, dalam kegiatan Mengenalkan anak kepada anak anak sangat jelas dan menyenangkan sehingga anak-anak mengikutinya dengan senang dan gembira, konsep mengenalkan angka sangat lah penting untuk anak usia dini dengan cara yang menyenangkan dan tidak membuat anak cepet bosan.
Nama : Anik Puji Lestari
Nim : 858541379
Upbjj : Semarang
Dalam video tentang Anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya upaya yang dilakukan seorang guru diantaranya :
1. Mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu serta tepuk
2. Membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan
3. Memberikan tugas berupa lembar kerja, memasangkan benda sesuai lambang bilangan yang.
Kemudian guru memberi ulasan atas hasil karya anak kemudian memberi apresiasi berupa bintang ditangan. Dengan demikian anak anak akan merasa lebih semangat dan senang mengikuti pembelajaran.
Nama: Nurul Hasanah
NIM: 877763116
UPBJJ: Palembang
Video yang sangat membantu dalam hal pembelajaran pengenalan konsep bilangan pada anak. Guru juga memberikan apresiasi kepada anak yang bisa melakukan tugas dengan baik, yaitu dengan memberikan cap bintang. Guru juga menggunakan dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
Assalamualaikum wr wb
Judul : anak sulit mengenal konsep bilangan.
Dari video tersebut, sangat luar biasa peran guru dalam membersamai & membimbing serta menjadi fasilitator bagi anak didiknya untuk bisa mengenal konsep bilangan, mulai dari pengenalan angka melalui nyanyian dan tepuk-tepukan titik sebelum memberikan pembelajaran secara langsung anak diajak menghitung jumlah dengan jarinya, guru memberikan media lembar kerja yang mendukung, anak diajak mengenal konsep bilangan dengan melingkari angka sesuai jumlah gambar atau pun memasangkan sesuai jumlah gambar. Anak diajak menghitung sendiri titik setelah anak mencoba dan bisa anak diberi reward berupa bintang. Hal yang sangat menyenangkan ketika anak mendapatkan bintang.
Nama : Elminah
NIM : 858157995
Video ini sangat bermanfaat untuk membuka wawasan tentang tantangan yang dihadapi anak usia dini dalam mengenal konsep bilangan. Penjelasan mengenai tahapan perkembangan kognitif anak sangat membantu para pendidik PAUD untuk memahami bahwa mengenal angka tidak cukup hanya dengan menghafal, tetapi perlu melalui pengalaman konkret dan bermakna. Saya tertarik saat dijelaskan bahwa anak perlu memanipulasi benda nyata untuk benar-benar memahami jumlah. Ini mengingatkan saya bahwa dalam praktik sehari-hari, guru sebaiknya lebih banyak menggunakan bahan alam atau benda sekitar sebagai media pembelajaran numerasi.
Dalam video tersebut menggambarkan anak sulit mengenal konsep lambang bilangan bahwa dalam kegiatan pembelajrannya harus bersifat nyata /konkrit sperti ice breaking dalam menghitung anggota tubuh, dengan bertepuk sesuai dengan bilangan yang disebutkan, mencocok lambang bilangan dengan melingkari jumlah angka yang benar sesuai dengan jumlah bendanya, tentunya hal ini sangat menarik dalam proses pembelajaran dan juga memberi reward terhadap anak yang mamou menjawab dengan benar sehingga anak-anak antusias dan termotivasi
nama : cucu yuliana
nim : 859688681
Dalam video tersebut menggambarkan anak sulit mengenal konsep lambang bilangan bahwa dalam kegiatan pembelajrannya harus bersifat nyata /konkrit sperti ice breaking dalam menghitung anggota tubuh, dengan bertepuk sesuai dengan bilangan yang disebutkan, mencocok lambang bilangan dengan melingkari jumlah angka yang benar sesuai dengan jumlah bendanya, tentunya hal ini sangat menarik dalam proses pembelajaran dan juga memberi reward terhadap anak yang mamou menjawab dengan benar sehingga anak-anak antusias dan termotivasi
Video pembelajaran diatas mengajar anak-anak PAUD dalam mengenalkan konsep bilangan melalui media benda konkret. Video tersebut dapat menambah pengetahuan tentang cara mengatasi kesulitan anak dalam mengenal konsep bilangan, pembelajaran tersebut juga sangat menarik dan bermanfaat untuk dijadikan contoh dalam pembelajaran di sekolah. Guru mencoba berbagai pendekatan, seperti mengulang instruksi, memberikan contoh langsung, dan mendampingi anak satu per satu. Guru membuat kegiatan yang kreatif agar anak tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Guru juga dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan permainan lagu dan tepuk serta memberikan penguatan positif kepada anak dengan tujuan agar anak-anak lebih bersemangat dan termotivasi dalam mempelajari konsep bilangan. Pembelajaran dalam video ini dapat dijadikan acuan untuk diterapkan sebagai pembelajaran di sekolah.
Pembelajaran yang diberikan Guru terhadap anak-anak tentang pengenalan Konsep bilangan atau Numerasi Angka sudah cukup baik.
Beberapa hal yang dapat saya amati & analisa dari video diatas menurut saya terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan diantaranya sebagai berikut :
a. Kelebihan :
– Materi pembelajaran yang diberikan Guru sudah sesuai dengan usia dan karakteristik peserta didik, yaitu pengenalan konsep bilangan mulai dari angka 1-10, dalam pengenalan angka, Guru mengajak anak-anak untuk bernyanyi tentang angka terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam inti pembelajaran, dan itu sangat sesuai jika diberikan kepada anak-anak usia dini.
– Guru sudah sangat bagus dalam mengkondisikan keadaan kelas, sehingga meskipun metode yang digunakan adalah bergantian, namun anak-anak yang belum dipanggil untuk mendapat gilirannya tetap bisa duduk dengan tertib dan memperhatikan.
– Konsep pengenalan angka yang dilakukan Guru sudah menggunakan metode yang bagus, yaitu dengan mengenalkan angka melalui menghitung benda nyata yaitu bola.
b. Kekurangan :
– Metode pengenalan konsep bilangan yang digunakan Guru kurang bervariasi, sehingga sebagian anak ada yang masih belum bisa menghitung bola secara tepat.
– Dalam pengenalan angka, selain anak bisa menghitung, anak perlu mengetahui bagaimana bentuk dari angka/bilangan, namun dalam pembelajaran diatas, Guru tidak mengenalkan/menunjukkan kepada anak bagaimana bentuk dari masing-masing angka.
Video pembelajaran diatas mengajar anak-anak PAUD dalam mengenal konsep bilangan sudah cukup baik . Di dalam nya ada beberapa kegiatan untuk meningkatkan kemampuan konsep bilangan terdapat guru dan murid berdiskusi tentang bilangan dengan bermain ambil bola sesuai bilangan yang di ucapkan guru, cukup jelas pada penjelasan di setiap tugas atau kegiatan, guru memberikan penguatan motivasi pada anak dan memberikan pujian bahkan memberikan suatu reward dengan memberikan bintang.