silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,753 Comments

  1. Nama : Sri Nuryati
    Nim : 857760417
    Prodi : PGPAUD BI

    Menurut saya, video tersebut sudah bagus guru mengajari anak usia dini belajar konsep bilangan dengan permainan, bernyanyi dan juga dengan tepuk jadi anak akan merasa senang dan lebih mengingat pembelajaran yang diberikan ataupun dengan memberikan lembar kerja yang dapat dikerjakan anak dengan memberikan reward berupa bintang setelah selesai mengerjakannya, jadi dapat menambah semangat untuk anak tersebut.

  2. Cara yang dilakukan guru tersebut sudah baik dalam pengenalan konsep bilangan pada anak. Dengan menggunakan media benda nyata akan lebih mengena pada ingatan anak. Stimulasi dua arah telah dilakukan oleh guru tersebut dalam berinteraksi dengan anak. Dengan melakukan demonstrasi pada anak menyeluruh ( satu persatu ) akan lebih baik untuk mendapatkan pengalaman secara langsung bagi setiap anak. Pada anak usia TK A masih memerlukan bimbingan dalam mengembangkan kemampuan mengenal angka, sehingga demonstrasi pada awal pembelajaran merupakan cara yang baik dalam menyampaian materi.

  3. hallo
    Saya Zanuana Khusnul Khotimah , NIM 857847334, berasal dari Pokjar Ngawen.

    Saya telah menonton sebuah video dengan judul “Sulit Mengenal Konsep Bilangan” yang dibuat oleh Netti Hernawati. Video tersebut menampilkan seorang guru yang sangat baik dalam mengajarkan tentang konsep bilangan kepada anak-anak usia dini. Guru tersebut menggunakan cara atau metode bermain sambil belajar, di mana anak-anak diajak untuk berdiri dan mengambil bola sesuai perintah guru. Kemudian guru juga menggunakan permainan dan lagu untuk membantu anak-anak belajar membilang, membuat alat peraga untuk mengajarkan konsep bilangan, dan memberikan tugas pada anak-anak untuk memasangkan atau melingkari benda sesuai dengan lambang bilangan yang telah dipelajari. Guru juga memberikan penguatan berupa stempel bintang kepada anak-anak yang berhasil menyelesaikan tugas dengan baik.

    Namun, saya merasa ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam video tersebut. Meskipun sudah menggunakan cara yang bervariasi, guru perlu meningkatkan keceriaan dan antusiasme dalam mengajar, serta mengembangkan media yang lebih kreatif dan unik untuk menarik minat anak-anak. Selain itu, guru juga perlu melakukan evaluasi setelah kegiatan pembelajaran untuk mengetahui kemajuan dan kesulitan yang dialami oleh anak-anak dalam memahami konsep bilangan.

    Terima kasih.

  4. Nama : Klara Elisnawaty Kasang.
    Nim : 837878484
    Judul : Sulit mengenal konsep bilangan
    Nama pengembang video : Netty Hernawati
    Lokasi : dalam kelas
    Kelompok anak : 5- 6 tahun
    Ringkasan materi dalam video :
    Fenomena anak sulit mengenal konsep bilangan sering terjadi sehingga guru harus piawai mengenalkan konsep bilangan pada anak. Teknik mengenal konsep bilangan yaitu:
    1. Membilang dengan lagu, permainan dan tepuk
    2. Memberikan tugas berupa lembar kerja yaitu memasangkan benda sesuai lambang bilangan dan melingkari benda sesuai lambang bilangan.
    3. Memberikan apresiasi kepada anak yang sudah mampu mengenal konsep bilangan dengan tepuk tangan atau stempel bintang.
    4. Membuat APE konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut.
    Kelebihan dalam video yang ditampilkan: guru dalam memberikan pemahaman tentang konsep bilangan kepada anak sudah baik dan benar yakni dengan menggunakan benda di sekitar anak yaitu bola
    Kelemahannya: guru kurang kreatif harusnya selain mengenalkan konsep bilangan guru juga bisa menggunakan bola untuk mengenal warna dan mengenalkan bentuk benda.

  5. Nama : Rita
    NIM : 855791233
    Jurusan : PGPAUD Semester 2

    Menurut saya cara guru mengenalkan angka pada anak dalam video tersebut sudah baik, karena diterapkan dalam bentuk permainan, gerak dan lagu , serta media gambar .Anak yang bisa mengenal angka dengan baik juga sudah diberikan reward yang memang penting agar anak semakin semangat belajar.
    Pengenalan angka memang mesti diterapkan dengan berbagai cara yang menarik bagi anak agar anak mudah mengenal angka dengan baik karena masing-masing anak berbeda ada yang cepat namun adapula yang lambat dan mesti menggunakan berbagai macam cara untuk bisa mengenal angka dengan baik.
    Saran saya permainan akan lebih menyenangkan bagi anak bila diadakan dalam bentuk lomba misalkan beberapa anak diminta berlari mengambil bola sejumlah tertentu pada kotak yang disediakan.atau dengan media lain misalnya kartu angka anak memegang kartu angka dan guru menuliskan angka di papan dan menyebutkan angkanya lalu anak diminta mencari angka yang sama. dan masih banyak metode lain yang bisa guru gunakan untuk mengenalkan angka bagi anak.

  6. Nama : Putu Mairista Oshi Damadi
    NIM : 859028676
    UPBJJ : Denpasar

    Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Nama Pengembang : Netti Hernawati
    Lokasi : Ruangan Kelas
    Kelompok anak : TK (Taman Kanak-Kanak)

    Ringkasan Materi Video:
    Dalam tayangan video tersebut terlihat saat pembelajaran, metode yang digunakan oleh guru dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak usia dini sudah bagus. Guru menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan bagi anak melalui permainan, menyanyikan lagu, berhitung menggunakan objek benda di sekitar seperti bola dan spidol. Dalam permainan bola, anak terlihat senang karena mendapat kesempatan berhitung dan mengambil bola sesuai dengan bilangan yang disebutkan oleh guru, guru juga menyelipkan penjumlahan melalui pertanyaan apabila bola ditambahkan 1, berapakah total bola yang ada. Selanjutnya guru mengajak anak membilang dengan menyanyikan lagu dan bermain tepuk sesuai dengan angka yang disebutkan. Setelah anak mengetahui jumlah bilangan, guru memberikan anak tugas berupa lembar kerja dengan memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya. Selain melalui lagu, permainan, lembar kerja, dan tepuk, guru tersebut juga guru menggunakan alat peraga permainan konsep bilangan dengan meminta anak meletakkan spidol sesuai lambang bilangan. Pada akhir kegiatan guru memberikan apresiasi kepada anak berupa tepok tangan dan pemberian stempel bintang di tangannya.

    Hal apa saja yang perlu diperbaiki pada proses pembelajaran yang Guru lakukan dalam video tersebut

     Guru dapat mengajak anak untuk menuliskan lambang bilangan dari benda yang dihitung, sehingga guru juga dapat melatih anak dalam mengenal cara menulis lambang bilangan
     Guru dapat memberikan anak kesempatan untuk bercerita maupun bereksplorasi dengan bilangan, sehingga kegiatan tidak hanya berpusat pada guru.
     Guru perlu memperhatikan metode lain apabila terdapat anak tidak tertarik untuk mengikuti kegiatan permainan.

    Terima kasih

  7. Nama : Herliana, S.Pd
    NIM : 859894457
    UPBJJ : Medan

    Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Nama Pengembang : Netti Hernawati
    Lokasi : Ruangan Kelas
    Kelompok anak : TK (Taman Kanak-Kanak)

    * Guru mengajarkan anak mengenal konsep bilangan dengan permainan mengambil bola sesuai jumlah
    bilangan yang disebutkan oleh guru sambil menghitungnya bersama.
    * Guru mengajak anak bernyanyi lagu anggota tubuh, di mana dalam lirik lagu dijelaskan setiap jumlah masing-
    masing anggota tubuh.
    * Guru mengajak anak bermain tepuk tangan dengan intruksi tepuk 1, tepuk 2, tepuk 3, dan tepuk 4.
    * Guru mengajak anak untuk mengerjakan tugas dengan menghitung jumlah gambar dan melingkari bilangan
    sesuai jumlah gambar.
    * Guru memberikan penguatan tentang konsep bilangan dengan meminta anak mengambil spidol sesuai
    dengan bilangan yang disebutkan guru, setelah itu guru memberikan reward berupa stamp bintang di tangan
    anak.

  8. Nama : Rumiana zulfa
    Nim : 837290805
    Pokjar : Samarinda

    TUGAS PARTISIPASI 1
    Judul : Anak sulit mengenal bilangan

    Guru memulai pembelajaran dengan duduk melingkar bersama anak-anak dan dengan bantuan alat peraga bola yang diletakkan ditengah. Guru memanggil satu persatu anak didik maju ke tengah untuk mengambil dan menghitung bola yang ada ditengah. Walaupun ada anak yang masih sulit mengenal bilangan namun, kegiatan menghitung bola cukup membuat anak-anak terlihat antusias. Kegiatan selanjutnya guru mengajak anak-anak bermain tepuk-tepuk sambil berhitung setelah kegiatan tepuk-tepuk anak-anak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dikertas yaitu menghitung gambar dan melingkari jumlah gambar masing-masing yang telah dihitung.
    Dari video yang sudah saya simak metode pembelajaran yang diberikan untuk anak usia dini sudah baik. Dalam video guru mengajak anak berhitung benda secara bersama-sama, berkomunikasi dua arah dengan anak, mengerjakan tugas menghitung gambar, mengenal bilangan dengan tepuk-tepuk bersama anak. Metode yang diberikan mudah dimengerti dan diikuti oleh anak usia dini. Menurut saya agar lebih efektif lagi pengenalan gambar angka saat berhitung juga perlu untuk anak usia dini agar tetap mengenal bilangan sambil berhitung.

  9. Nama : Durrotul Munawwaroh
    NiM : 858734858
    UPBJJ : Pokjar Lamongan
    semester : II PGPAUD-BI

    A. Identitas Video
    – Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    – Nama pengembang video : Netti Hernawati
    – Lokasi : Di dalam Ruang Kelas
    – Kelompok Anak : Taman Kanak – Kanak
    – Ringkasan materi :
    Video ini berisi tentang mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan tepuk, membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut, memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya, dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

    B. Guru tersebut sudah menerapkan prinsip assessment dan evaluasi
    – Assesment terlihat ketika guru mengamati melalui bentuk lembar kerja yang nantinya akan ditulis dihasil pengamatan. Guru juga memberikan reward berupa stempel bintang bagi anak yang mampu menyelesaikan tugas dengan baik.
    – Evaluasi terlihat ketika guru melakukan penilaian secara objektif. Guru menyuruh salah satu anak untuk mengambil bola sebanyak yang diminta. Pada saat anak mengalami kesalahan pada saat mengambil bola, guru tetap memberikan semangat dan memberikan kesempatan untuk memperbaikinya.

    C. Hal yang perlu di perbaiki guru dalam video ini
    Menurut saya pembelajaran yang guru berikan pada siswa sudah baik, namun dalam video ini guru masih terlalu mendominasi, sehingga anak masih terlihat pasif sebaiknya guru cukup menyimak dan jika ada kesalahan guru bisa memberi tahu.

  10. Nama : Ni Putu Mila Wangi
    NIM : 859031603
    Pojar : UT Denpasar

    Identitas Video :
    Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Nama Pengembang : Neti Hernawati
    Kelompok : TK
    Lokasi : Didalam Kelas
    Ringkasan Materi :
    Setelah saya menyimak video diatas tentang program atau salah satu kegiatan yang dilaukan guru untuk mengenal konsep bilangan kepada anak TK yaitu melalui bermain yang dilakukan di dalam kelas. Seperti yang kita ketahui salah satu cara yang sangat antusias untuk mengajar ditingkat TK yaitu belajar sambil bermain. Pada video diatas seorang guru mengajak anak mengenal konsep bilangan dengan bermain bola ( selain menghitung jumlah bola disini juga siswa dapat mengenal bentuk dan warna pada masing-masing bola), mengenal bagian-bagian tubuh melalui nyanyian (disini siswa juga bis menyebut nama-nama bagian tubuh beserta cara pengucapannya), dengan bertepuk tangan ( mestimulasi motorik kasar dan halus pada anak) sesuai hitungan yang diperintahkan dan juga menghitung dan mengenal angka melalui menghitung berapa jumlah benda seperti spidol ataupun gambaran bintang. Disini juga guru memberikan apresiasi atau rewards berupa stempel bintang agar anak lebih semangat dan antusias belajarnya.

    Terimakasih

Leave a Reply