silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,753 Comments

  1. Nama : Ida Almunfaridah
    NIM : 857750068
    Prodi : S1 PAUD BI

    Video tersebut menggambarkan teknik yang ditempuh oleh seorang guru untuk mengatasi permasalahan kesulitan dalam konsep bilangan pada anak didiknya. Cara yang dilakukan oleh guru tersebut sudah efektif. Pengenalan konsep bilangan dengan lagu dan tepuk adalah cara yang menyenangkan bagi anak, sesuai dengan karakteristik anak yakni mudah menyerap pembelajaran dengan cara yang menyenangkan. Penggunaan LK merupakan salah satu teknik evaluasi untuk mengetahui apakah anak sudah mampu menyerap apa yang disampaikan oleh guru ataukah belum. Upaya yang dilakukan guru untuk mengenalkan konsep bilangan sebenarnya tidak hanya itu, namun seharusnya bisa ditambah dengan cara lain yang menyenangkan untuk anak, misalnya dengan cara bermain, di mana melalui permainan yang dilakukannya, anak bisa sambil belajar tentang konsep bilangan tersebut.

  2. NAMA : ROSIDATU LAILI ISNAIMA
    NIM : 858781825
    POKJAR : PAGELARAN
    Judul video : Sulit mengenal konsep bilangan
    Nama pengembang video : Netty Hernawati
    Lokasi : dalam kelas
    Kelompok anak : TK

    Ringkasan materi dalam video :
    Dalam video seri dengan judul “Sulit Mengenal Konsep Bilangan”, menampilkan seorang guru yang sangat baik dalam mengajarkan tentang konsep bilangan kepada anak-anak usia dini. Guru tersebut menggunakan cara atau metode bermain sambil belajar, di mana anak-anak diajak untuk ikut serta dalam permainan berhitung bola. Guru juga menggunakan permainan dan lagu untuk membantu anak-anak belajar membilang, membuat alat peraga untuk mengajarkan konsep bilangan, dan memberikan tugas pada anak-anak untuk memasangkan atau melingkari benda sesuai dengan lambang bilangan yang telah dipelajari. Guru juga memberikan penguatan berupa stempel bintang kepada anak-anak yang berhasil menyelesaikan tugas dengan baik.

    Dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam video tersebut sudah menggunakan cara yang bervariasi. Seorang guru perlu meningkatkan keceriaan dan antusiasme dalam mengajar, serta mengembangkan media yang lebih kreatif dan unik untuk menarik minat anak-anak. Selain itu, guru juga perlu melakukan evaluasi setelah kegiatan pembelajaran untuk mengetahui kemajuan dan kesulitan yang dialami oleh anak-anak dalam memahami konsep bilangan.

  3. Nama : Reni Suryaningsih
    NIM : 856031945
    POKJAR : ASAHAN
    UPBJJ : Medan
    Bidang Studi : S1 PGPAUD AKPMM

    Kelebihan dalam video Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    konsep yang di terapkan guru dalam mengenalkan bilangan sudah bagus dimana guru mengajak anak mengenal bilangan dengan cara bermain dan bernyanyi. dalam bermain dimana konsep yang di terapkan oleh guru adalah berhitung dengan menggunakan media bola. kemudian guru juga mengenalkan bilangan dengan bernyanyi dua mata saya dimana anak dapat mengenal angka dengan bernyanyi. selain itu guru juga mengenalkan lebih dalam konsep bilangan dengan berhitung gambar yang disediakan dengan melingkari angka.

    Kelemahan dalam video Sulit mengenal konsep bilangan
    1. guru tidak memberikan pemahaman terlebih dahulu kepada anak didik seperti menjelaskan terlebih dahulu cara melakukan kegiatan berhitung yang baik. sehingga ketika ada salah satu anak maju untuk melakukan kegiatan anak tersebut seperti bingung tidak memahami.
    2. dalam kegiatan tersebut murid kurang antusias dalam melakukan kegiatan. dimana ada murid yang lagi asyik sendiri mengobrol dengan temannya tidak memperhatikan teman yang sedang melakukan kegiatan berhitung dengan media bola.

    dalam hal ini secara keselurahan video konsep sulit mengenal konsep bilangan sudah baik. dimana kegiatan dalam mengenalkan bilangan menggunakan alat peraga dan media yang dapat menunjang pemahaman anak tentang konsep bilangan. maka dari itu alat peraga dan media sangat menunjang dalam melakukan kegiatan belajar untuk pemhaman yang lebih baik

  4. Nama : Nifa Nafiani
    NIM : 858861908
    Judul video : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Nama Pengembang Video : Netti Hernawati
    Lokasi : Dalam kelas
    Kelompok : TK
    Berikut ringkasan materi dalam video :
    Video tentang seorang guru yang mengajarkan konsep bilangan kepada anak didik dengan menggunakan beberapa metode, yaitu: metode mengambil bola didalam keranjang secara bergantian sesuai dengan instruksi guru, metode bernyanyi yang syairnya mengenai konsep bilangan yaitu menyanyikan dua mata saya dengan menggunakan anggota tubuh, serta guru memberikan lembar kegiatan siswa dan meminta murid untuk memasangkan benda dengan lambang bilangannya dan melingkari benda sesuai dengan lambang bilangannya, melakukan permainan tepuk bilangan, dan menggunakan penguatan kepada anak mengambil sejumlah spidol yang diperintahkan tanpa salah berupa pemberian stempel bintang di tangan.
    b. Dalam video tersebut guru telah melakukan penerapan assesmen .
    Dalam video guru telah melakukan asesmen dengan melihat secara langsung ketika anak-anak diminta menggambil bola sesuai yang diperintahkan, dan untuk penguatan pemahaman siswa, guru memberikan lembar kerja dengan memasangkan benda dengan lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai dengan lambang bilangan, dari beberapa alat pengumpulan data tersebut guru bisa melihat mengukur dan melihat hasil kemampuan siswanya.
    c. Menurut pendapat saya kekurangan dalam video tersebut yaitu :
    1. Pada kegiatan pendahuluan, guru sebaiknya mengajak anak bernyanyi atau
    bertepuk tangan sambil berdiri agar anak merasa enjoy sebelum memulai pembelajaran.
    2. Saat bernyanyi anak sambil menunjuk bagian tubuh anak, dengan nyanyian yang iramanya lambat dan cepat.
    3. Mungkin lebih seru permainannya kalau dibagi menjadi beberapa kelompok dengan jumlah yang sama, dalam satu permainan diperintahkan beberapa anak untuk mengambil bersamaan agar anak semua kebagian untuk ikut permainan memahami konsep bilangan.
    4. Ketika menerangkan materi kegiatan/Lembar kerja siswa di papan tulis sebaiknya menggunakan gambar yang lebih besar.
    4. Pada saat kegiatan penutup, guru melakukan diskusi dengan siswa mengenai konsep bilangan yang sudah diajarkan, baik dengan bernyanyi atau tebak-tebakan, menanyakan perasaan anak mengikuti kegiatan pembelajaran hari ini, dan menanyakan ide ke anak-anak menginginkan bentuk permainan lain dalam memahami konsep bilangan.

    Kelebihan dalam video tersebut yaitu :
    1. Guru sudah tepat dan kreatif mengenalkan konsep bilangan dengan bola warna-warni, ditambah dengan bernyanyi, sehingga mudah dimengerti anak.
    2. Guru selalu memberikan apresiasi terhadap setiap anak dengan tepuk tangan dan reward berupa stempel bintang.
    3. Meminta anak untuk membetulkan/mengambil bola yang kurang dengan intonasi suara yang lembut
    4. Memberikan penguatan pemahaman konsep mengenal bilangan dengan pemberian lembar tugas.
    5. Mengajak duduk anak secara melingkar yang membuat anak tidak terhalangi pandangannya.

  5. Nama : Nifa Nafiani
    NIM : 858861908
    Judul Video : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Nama Pengembang Video : Netti Hernawati
    Lokasi : Dalam kelas
    Kelompok : TK
    Berikut ringkasan materi dalam video :
    Video tentang seorang guru yang mengajarkan konsep bilangan kepada anak didik dengan menggunakan beberapa metode, yaitu: metode praktek langsung dengan meminta siswa mengambil bola di dalam keranjang secara bergantian sesuai dengan instruksi guru, metode bernyanyi yang syairnya mengenai konsep bilangan yaitu menyanyikan dua mata saya dengan menggunakan anggota tubuh, serta guru memberikan lembar kegiatan siswa dan meminta murid untuk memasangkan benda dengan lambang bilangannya dan melingkari benda sesuai dengan lambang bilangannya, melakukan permainan tepuk bilangan, dan menggunakan penguatan kepada anak mengambil sejumlah spidol yang diperintahkan tanpa salah berupa pemberian stempel bintang di tangan.
    b. Dalam video tersebut guru telah melakukan penerapan assesmen .
    Dalam video guru telah melakukan asesmen dengan melihat secara langsung ketika anak-anak diminta menggambil bola sesuai yang diperintahkan, dan untuk penguatan pemahaman siswa, guru memberikan lembar kerja dengan memasangkan benda dengan lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai dengan lambang bilangan, dari beberapa alat pengumpulan data tersebut guru bisa melihat mengukur dan melihat hasil kemampuan siswanya.
    c. Menurut pendapat saya kekurangan dalam video tersebut yaitu :
    1. Pada kegiatan pendahuluan, guru sebaiknya mengajak anak bernyanyi atau
    bertepuk tangan sambil berdiri agar anak merasa enjoy sebelum memulai pembelajaran.
    2. Saat bernyanyi anak sambil menunjuk bagian tubuh anak, dengan nyanyian yang iramanya lambat dan cepat.
    3. Mungkin lebih seru permainannya kalau dibagi menjadi beberapa kelompok dengan jumlah yang sama, dalam satu permainan diperintahkan beberapa anak untuk mengambil bersamaan agar anak semua kebagian untuk ikut permainan memahami konsep bilangan.
    4. Ketika menerangkan materi kegiatan/Lembar kerja siswa di papan tulis sebaiknya menggunakan gambar yang lebih besar.
    4. Pada saat kegiatan penutup, guru melakukan diskusi dengan siswa mengenai konsep bilangan yang sudah diajarkan, baik dengan bernyanyi atau tebak-tebakan, menanyakan perasaan anak mengikuti kegiatan pembelajaran hari ini, dan menanyakan ide ke anak-anak menginginkan bentuk permainan lain dalam memahami konsep bilangan.

    Kelebihan dalam video tersebut yaitu :
    1. Guru sudah tepat dan kreatif mengenalkan konsep bilangan dengan bola warna-warni, ditambah dengan bernyanyi, sehingga mudah dimengerti anak.
    2. Guru selalu memberikan apresiasi terhadap setiap anak dengan tepuk tangan dan reward berupa stempel bintang.
    3. Meminta anak untuk membetulkan/mengambil bola yang kurang dengan intonasi suara yang lembut
    4. Memberikan penguatan pemahaman konsep mengenal bilangan dengan pemberian lembar tugas.
    5. Mengajak duduk anak secara melingkar yang membuat anak tidak terhalangi pandangannya.

  6. Nama : Asmaul Husnah
    NIM : 858750361
    Prodi : PG Paud (Paud-BI)
    Judul : Sulit mengenal konsep bilangan
    Pengemban vidio : Neti Hernawati
    Lokasi : kelas
    Kelompok : TK

    Cara guru dalam mengenalkan bilangan sudah bagus karena guru menunjuk salah satu murid untuk mengambil bola sambil berhitung
    Dengan begitu murid yang lain akan mengenal bilangan sambil berhitung
    Tapi seharusnya guru mengajak bernyanyi dahulu baru bermain berhitung bola

  7. Nama : Asmaul Husnah
    NIM : 858750361
    Prodi : PG Paud (Paud-BI)
    Judul : Sulit mengenal konsep bilangan
    Pengemban vidio : Neti Hernawati
    Lokasi : kelas
    Kelompok : TK

    Cara guru dalam mengenalkan bilangan sudah bagus karena guru menunjuk salah satu murid untuk mengambil bola sambil berhitung
    Dengan begitu murid yang lain akan mengenal bilangan sambil berhitung
    Tapi seharusnya guru mengajak bernyanyi dahulu baru bermain berhitung bola

  8. NAMA : RATNA AJI NUR FATIMAH
    NIM ; 858168547
    PROGRAM STUDY : PGPAUD/BI
    SEMESTER :II
    Dalam video di atas tentang pengenalan konsep bilangan sudah cukup baik. Memang untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak sedikit sulit dan biasanya kemampuan anak berbeda-beda ada yang langsung bisa dan ada anak yg harus guru extra menerangkan dan karena karakteristik anak berbeda-beda. Ada yang cepat mengerti dan ada yang tidak. Anak-anak tentunya akan lebih cepat mengerti jika mengenalkan konsep bilangan melalui bermain.
    sebelum guru mengajarkan anak cara membilang seharusnya guru mengajak dengan bernyanyi terlebih dahulu supaya anak dapat mengerti apa bilangan itu sendiri,baru guru mengajak anak bermain bola seperti video diatas juga sangat membantu anak untuk lebih memahami tentang konsep bilangan. Jadi anak akan tertarik jika kita sebagai pendidik menyediakan beberapa media yang bisa digunakan untuk mengenal konsep bilangan.
    TERIMAKASIH….

  9. Nama : Nur Channah
    NIM : 858728933 / PGPAUD_BI
    Judul : Sulit mengenal konsep bilangan

    1. Ringkasan materi :
    Dalam video ini guru mengajarkan konsep bilangan kepada anak dengan menggunakan beberapa metode diantaranya :
    – Metode praktek langsung
    anak mengambil bola dalam keranjang secara bergantian
    sesuai dengan instruksi bu guru
    – Metode bernyanyi dan tepuk
    Bernyanyi lagu yang syairnya mengenai konsep bilangan yaitu
    menyanyikan lagu dua mata saya, tepuk sesuai bilangan
    – Metode pemberian tugas
    Memberikan lembar kerja dan meminta siswa untuk
    menghitung gambar dan melingkari angka yang sesuai dengan
    jumlah gambar
    Guru memberikan penguatan dengan meminta anak untuk mengambil spidol warna sesuai instruksi guru dan memberikan apresiasi berupa stempel bintang di tangan pada anak yang berhasil melaksanakan perintah sesuai intruksi bu guru

    2. Menurut pendapat saya kekurangan dalam video tersebut
    – Pada kegiatan pendahuluan, guru sebaiknya mengajak anak
    bernyanyi sambil bertepuk tangan dan menggerakkan badan
    sehingga anak enjoy dan semangat dalam melaksanakan
    pembelajaran
    – pengelolaan permainan kurang menarik sehingga masih
    ada anak yang tidak memperhatikan temannya bermain
    mengambil bola, lebih seru kalau permainan di buat
    semacam perlombaan jadi anak-anak akan lebih semangat
    – Ketika menerangkan materi kegiatan / lembar kerja di
    papan tulis, sebaiknya menggunakan peraga yang lebih
    besar
    – Pada kegiatan penutup, guru sebaiknya melakukan recalling
    tentang kegiatan hari ini, menanyakan kegiatan yang paling
    disukai anak, menanyakan perasaan anak mengikuti
    pembelajaran hari ini, menanyakan ide ke anak-anak
    menginginkan bentuk permainan lain dalam memahami
    konsep bilangan

    Kelebihan dalam video ini :
    – Guru sudah tepat dalam mengenalkan konsep bilangan
    kepada dengan kegiatan yang bervariasi
    – Guru selalu memberikan apresiasi kepada anak dengan kata-
    kata, tepuk tangan dan reward stempel bintang
    – Meminta anak untuk membetulkan / mengambil bola yang
    kurang dengan intonasi suara yang lembut
    – Memberikan penguatan pemahaman konsep mengenal
    bilangan dengan pemberian lembar kerja sehingga anak akan
    lebih faham
    – Mengajak anak duduk melingkar sehingga tidak menghalangi
    pandangan anak
    tangan

  10. Nama :Elsa Anisa
    Nim : 859167057
    Pokjar : Lombok Barat
    Semester :II-PG PAUD BI

    A.Identitas video
    Judul :anak sulit mengenal konsep bilangan .
    Nama pengembang :Netti Hermawati
    Lokasi : di dalam kelas
    Kelompok :TK

    Menurut pendapat saya tentang vidio di atas yaitu : Dalam pembahasan tentang pengenalan konsep bilangan sudah cukup baik, karena metode yang digunakan guru sudah tepat dalam menstimulasi anak untuk mengenal konsep bilangan tersebut, dan guru dengan sigap sudah menyediakan beberapa benda atau media yang beragam untuk dijadikan bahan kegiatan /pembelajaran konsep bilangan tersebut, dan sudah menyediakan beberapa kegiatan yang menarik minat anak yaitu dengan mengajak anak mengambil bola di keranjang sesuai perintah guru, bernyanyi tentang anggota tubuh sesuai dengan konsep bilangan, menghitung jumlah gambar bintang, pensil dll dan melingkari sesuai jumlah benda untuk melatih gaya ingat anak dan agar anak tidah mudah cepet bosan ketika melakukan pembelajaran tentang konsep bilangan tersebut. karena kita sebagai guru tidak mudah untuk mengenalkan konsep bilangan ini kepada anak-anak karena biasanya kemampuan anak-anak itu berbeda-beda kadang ada yang langsung bisa dan ada anak yg harus didampingi oleh guru pendamping, dan karakteristik anak itu berbeda-beda pula . Ada yang cepat mengerti dan ada yang tidak, Anak-anak tentunya akan lebih cepat mengerti jika mengenalkan konsep bilangan melalui bermain.

    Di dalam video tersebut ada juga kelemahan dan kelebihan yang terjadi pada saat KBM tersebut, antara lain yaitu :
    *Kelemahan : 1. ketika guru menjelaskan tentang konsep bilangan, antusias anak masih kurang karena masih ada anak yang belum fokus dan dan cara duduknya masih kurang tertib.

    *Kelebihan : 1. guru dapat menyampaikan pembelajaran konsep bilangan dengan baik, karena guru guru sudah mengajak anak untuk bernyanyi sesuai dengan konsep bilangan
    2. guru sudah dapat memberikan reward kepada anak dengan memberi tanda bintang pada tangan sehingga anak- anak semakin bersemangat dalam memnjawab pertanyaan.

Leave a Reply