silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,748 Comments

  1. Nama : IIS SUMAIDAH
    Nim :858163738
    Pokjar. :Al khodijah Mojokerto
    Saya sudah melihat vidio pengembangan kognitif yang berjudul mengenal konsep bilangan
    Didalam vidio tersebut guru sudah baik dalam penyampain materi untuk mengenalkan konsep bilangan yaitu angka guru sudah melibatkan anak dalam pembelajaran guru juga sudah memakai alat peraga dalam mengajar dan bu guru juga memberi reward pada anak yang sudah bisa mengerjakan perintah daro bu guru
    Saran saya atau masukan dalam vidio tersebut alangkah baiknya jika guru tersebut menambah lagi alat peraga seperti kartu angka atau juga bisa menulis angka yang dimaksud bu guru tadi dalam permainan ambil bola td guru cuma bilang ambil bola sebanyak empat alangkah baiknya bu guru juga memberi kartu angka jadi selain anak mengenal bilangan anak juga tau bentuk angka empat atau bu guru menyuruh anak menulis angka tersebut di papan tulis anak akan lebih mengingat angka tersebut itu saja yang bisa saya sampai mengeni vidio pembelajar tersebut

  2. Vivi Lianata 857502682
    Menurut saya vid nya sidah bagus dan dapat menjadi contoh yg dpt dilaksanakan di dalam pemvelajaran tk, masukan sedikit lebih dikembangkan lagi pengadaan media dan alat2 peraga untuk mengoptimalkan pembelajaran

  3. ARIFANTI MAILIYAH (858750648)
    PG PAUD BI
    Ass. Wr. Wb
    Setelah saya melihat vidio tentang cara mengenal konsep bilangan tersebut, menurut pendapat saya sudah bagus.tahap awal dalam pembelajaran anak sudah diberi pemahaman oleh guru tentang konsep dasar bilangan. Dengan mengenalkan tepuk bilangan terlebih dahulu selain membuat anak lebih tertarik juga merupakan pembelajaran yang menyenangkan untuk anak.setelah itu guru sudah menggunakan media berupa bola bola kecil berwarna warni diambil bolanya sesuai bilangan yang disebutkan oleh guru, dengan media bola tersebut juga sudah menunjang proses belajar mengajar.sesuai karakter anak tk harus bersifat aktif dalam melakukan berbagai eksplorasi, maka aktivitas bermain merupakan bagian dari proses pembelajaran yang menyenangkan.dengan menyuruh anak mengambil spidol setelah itu menghitungya, kemampuan anak kemampuan anak yang semula rendah menjadi meningkat karena alat/media pembelajaran yang menarik perhatian anak.pemberian cap stempel bintang di tangan selain mengenalkan konsep bilangan pada anak hal ini merupakan pembelajaran yang menyenangkan untuk mereka dan tidak terbebani.dengan semua prmbelajaran vidio yang saya lihat guru sudah mengenalkan media gambar berseri, warna dan menghitung, dengan begitu anak lebih cepat menghafal bilangan.

  4. Nama : TRI AYU HASANAH
    Nim : 857031726
    Prodi : PGPAUD

    assalamualaikum wr.wb izin menanggapi video pembelajaran diatas
    Menurut saya cara guru pada video pembelajaran diatas sudah cukup baik sebab guru sudah mengenalkan konsep bipangan dengan cara bermain dan bernyayi sehingga anak-anak tidak jenuh saat sedang belajar. Dimana guru mengenalkan konsep bipangan dengan menyuruh anak mengambil bola sesuai yang diperintahkan lalu jika benar anak akan di beri cap bintang, dimana itu akan membuat anak merasa bangga dan lebih giat lagi belajar agar mendapat lebih banyak bintang.Jika suasana hati anak-anak baik maka anak-anak akan lebih mudah memahami pembelajaran yang kita berikan.
    Itu tadi adalah tanggapan dari saya kurang dan lebihnya mohon maaf
    Wassalamualaikum wr.wb

  5. Nama : Sulistyowati
    Nim : 858167387
    Prodi : BI PG PAUD
    Assalamualaikum wr. Wb
    Menanggapi dari video, menurut saya guru Sudah baik dalam menerapkan pembelajaran di kelas dengan mengenal konsep bilangan. Dengan cara guru menyuruh salah satu anak mengambil bola sesuai angka. Secara teknik guru juga Sudah baik, yaitu dengaan cara membilang, bertepuk, bernyanyi.
    Guru juga members penguatan dengan cara members stempel bintang pada anak yang berhasil.
    Itu tadi tanggapan saya terhadap, mohon maaf jika Ada salah, terima kasih

  6. NAMA : FEBRIANA ASNGARIANTI
    NIM : 858852955
    PRODI : PGPAUD-S1
    UPBJJ MALANG POKJAR NGUNUT
    Menurut saya , pada awal video guru mengenalkan konsep bilangan melalui permainan yang sangat diminati oleh anak. Dapat dilihat juga ada guru pendamping yang juga mengawasi anak-anak saat sedang dijelaskan oleh guru kelas. Setelah bernyanyi dan tepuk, anak diajak untuk mengerjakan tugas di lembar kerja, yang dapat melatih pemahaman anak terhadap konsep bilangan yang telah dijelaskan oleh guru pada awal pembelajaran. Jika anak berhasil memahami konsep tersebut guru memberikan reward berupa bintang, ini akan menstimulasi anak agar lebih semangat untuk belajar konsep bilangan agar anak mendapatkan reward bintang 4. Saran saya, jika membuat sebuah permainan yang lebih menantang , mungkin akan lebih membuat anak-anak semangat. Seperti contoh memindahkan sedotan dari titik A ke titik B sejumlah angka yang ditentukan oleh guru.

  7. Nama : Riski cahya putri
    NIM : 856617718
    Prodi : 122/PGPAUD S1 (AKPMM)
    UPBJJ : 17/Jambi

    Menurut pendapat saya,video yang dilakukan guru ini sudah bagus dan menarik dalam pengembangan kognitif yaitu mengenalkan konsep bilangan pada anak dengan berbagai media seperti bola dan spidol,permainan lagu dan tepuk,memberikan tugas berupa lembar kerja yaitu memasangkan benda sesuai dengan lambangnya dan melingkari benda sesuai lambang bilangannya,guru juga memberikan reward berupa stempel bintang ditangan kepada anak yang membilang benda dengan benar,dengan ini anak akan merasa senang dan lebih mudah mengenal konsep bilangan.

  8. Nama: Ulin Niyawati Sa’adah
    NIM : 857761884
    Progam studi : PGPAUD

    setelah melihat video “anak sulit mengenal konsep bilangan”, cara guru pada video pembelajaran di atas sudah sangat bagus, pada tahap awal pembelajaran guru mengenalkan konsep dasar bilangan. Cara-cara tersebut: 1. Guru mengenalkan konsep dasar bilangan dengan cara membilang dengan lagu dan tepuk, dengan cara ini anak akan menjadi senang belajar konsep bilangan dan juga anak akan lebih mudah mengerti pembelajarannya. 2. Guru menberikan tugas lembar kerja yaitu memasangkan benda sesuai lambang bilangannya dan juga melingkari benda sesuai dengan lambang bilangannya. 3. Memberikan penguatan kepada anak yang telah berhasil menyelesaikan tugas yang diperintahkan tanpa salah, kemudian guru memberikan hadiah stempel bintang di tangan anak. Hal ini akan membuat anak lebih bersemangat ketika mengenal konsep bilangan.

    Saran: 1. Lebih baik lagi guru menggunakan media pembelajaran yang lebih beragam dan juga menarik agar anak lebih semangat dalam belajar konsep bilangan.
    2. Kemudian guru harusnya bisa memberikan kesempatan kepada anak untuk menghitung sendiri benda yang sudah di ambilnya tersebut, sehingga jika ada kesalahan anak akan lebih faham kesalahannya.

  9. Menurut saya cara guru menjelaskan kepada anak sudah bagus dengan menyuruh anak mengambil bola, lalu anak disuruh menghitung bola sesuai dengan jumlah yang di perintah, secara langsung guru juga mengenalkan bermacam-macam warna pada bola tersebut dan guru juga mengajak anak bernyanyi dan bermain tepuk, setelah itu guru memberikan tugas yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan anak tentang apa yang telah diberikan tadi oleh guru. Setelah itu guru memberikan reward kepada anak dengan memberi bintang kepada anak agar anak-anak lebih semangat lagi belajar.

Leave a Reply