silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
MIFTAKHUL JANNAH
NIM 858738665
POKJAR PONOROGO
Judul Video : ” Mengenal Konsep Bilangan ”
Guru dalam video : Bu Santi
Siswa : Taman kanak-kanak
Aspek yang dikembangkan : Kognitif PAUD (mengenal bilangan)
Berdasarkan video tersebut menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilanganantara lain:
1.mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk;
dengan kegiatan tersebut anak memang tidak bosan untuk belajar angka
2. membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut;
3.memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya
4. mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
menurut saya, guru juga bisa mengenalkan anak dengan cara bernyanyi angka yang diikuti oleh cara menulis angka yang benar, bisa juga melalui kegiatan bermain kerikil membentuk angka
NAMA : LILING RATNAWATI
NIM : 857501942
PRODI : PGPAUD
UPJJB :BANDUNG
Menurut pendapat saya tehnik pembelajaran guru yang dilakukan pada video tersebut sudah sangat baik.berbagai macam cara guru memberikan pembelajaran dengan konsep lambang bilangan dengan bertepuk tangan,bernyanyi dan melalui media bola dan guru juga di dalam video itu memberikan tugas yang menarik untuk mengenal konsep bilangan.alangkah baiknya guru bisa menambahkan permainan yang menarik anak didik agar lebih terpacu dan fokus pada pembelajaran kognitif itu.
Menurut saya teknik yang di lakukan guru sudah benar dan bagus.serta penggunaan media dalam mengembangkan konsep bilangan pada anak sudah benar.namun mungkin media yang di gunakan bisa dapat lebih beragam agar lebih dapat menunjang pengembangan konsep bilangan pada anak.
Nama: Nety Tarsila
Nim:858405718
Jurusan: S1 PGPAUD
Pokjar :Barong Tongkok,Kutai Barat
Menurut saya teknik yang di lakukan guru sudah benar dan bagus.serta penggunaan media dalam mengembangkan konsep bilangan pada anak sudah benar.namun mungkin media yang di gunakan bisa dapat lebih beragam agar lebih dapat menunjang pengembangan konsep bilangan pada anak.
Nama;lastiar sinaga
Nim ;856062119
UPBJJ SUMUT
Kelebihan guru
Menurut pendapat saya tentang vidio sulit mengenal konsep bilangan kepada anak ,yang di lakukan guru sudah bagus Dan media yang di berikan sudah bagus dengan bola yang berwarni warni sehingga membuat media nya menarik kemudian guru menyuruh anak mengambil bola sesuai jumlah bilangan yang di berikan guru.dan anak anak juga bisa menghitung bola yang di ambil anak dan anak anak sangat antusias untuk menghitung bola tersebut dan guru juga mengajak anak untuk bernyanyi dan anak anak sangat antusias,kemudia guru mengajak anak untuk melakukan kegiatan dengan menghitung jumlah bintang kemudian guru menyuruh anak untuk mengambil spidol sesuai perintah guru kemudian guru memberikan penguatan seperti tepuk tangan supaya anak lebih semangat lagi.
Kekurangan dari vidio
Guru tidak memberi contoh terlebih dahulu waktu mengambil bola
Guru tidak mengenalkan warna bola kepada anak.
Nama :khoiro Ummatin
Nim :858732166
Prodi : pgpaud
UPBJJ :Surabaya
Menurut saya cara guru menyampaikan tentang bilangan sudah sangat baik. Dengan menggunakan alat peraga seperti bola dan jg gambar sehingga anak dapat mengingat dengan baik urutan bilangan dan lambang bilangannya. Kemudian guru jg memberi apresiasi bagi anak yg berani untuk maju mengambil bola dan benar dalam menghitung bola tersebut. Alangkah baiknya jika disela” Kegiatan belajar anak diberikan ice breaking agar kembali fokus dalam kegiatan belajarnya.
Nama : Nurrotun Nikmah
NIM : 857751489
dalam video tersebut sangat sesuai dengan aspek pengembangan kognitif, yaitu mengenalkan konsep bilangan dengan cara bermain bola. Selain itu guru juga mengajak anak untuk bernyanyi dan melakukan tepuk. Dalam proses pembelajaran guru meminta anak untuk mengambil bola dengan cara dihitung, guru dapat melakukan asesmen langsung kepada setiap anak apakah yang dikerjakan anak sesuai dengan apa yang diperintahkan guru atau tidak. Setelah bermain guru kemudian meminta anak membilang jumlah gambar sesuai dengan lambang bilangannya. Disini guru bisa melihat apakah anak sudah mampu mengenali lambang bilangan atau belum. Guru juga memberikan penguatan kepada Anak yang dapat melakukan kegiatan tersebut dengan benar tanpa salah.
Menurut saya pembelajaran yang di lakukan oleh Bu Sinta sudah sangat bagus karena praktek nyata dalam mengenalkan bilangan akan dapat mempermudah anak dalam mengenal bilangan melalui lagi 2 mata saya anak pun dapat dengan senang mengenal bilangan dengan baik ,melalui pemberian reward pada anak yang sudah bisa melakukan tugas dengan baik sangat di anjurkan untuk memacu semangat anak yang lain untuk bisa melakukan tugasnya dengan baik juga
Nama : Durotu Akyun
Nim : 858848163
Prodi :BI PGPAUD
Dalam video anak sulit mengenal konsep bilangan tersebut terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan diantaranya,
kelebihan :
1. guru mengenalkan tema dan kegiatan hari itu pada anak
2. setting kelas sudah bagus yaitu melingkar sehingga semua anak dapat terkondisikan dengan baik
3. guru melakukan tepuk dan bernyanyi untuk meningkatkan konsentrasi anak
4. guru melakukan pengenalan bilangan dengan contoh benda nyata.
5. guru melakukan penilaian tugas untuk menilai kemampuan anak erhadap konsep bilangan yang sudah diajarkan
6. guru memberikan reward kepada anak berupa stempel bintang
kelemahan:
1. guru lebih mendominasi pembelajaran
2. anak kurang tertarik pada permainan bola
dari keselururan video tersebut, tampak terlihat proses pembelajaran sudah berjalan dengan cukup baik, guru pun sudah berusaha menggunakan media dalam penyampaian materi. supaya anak lebih antusias, guru harus mampu menciptakan suasana yang nyaman bagi anak
Nama : Isti Rohanna
NIM : 858738626
Pokjar : Ponorogo
UT SURABAYA
Dari pengamatan Vidio tentang Anak Sulit Mengenal Konsep Bilangan,
Pembelajaran dalam vidio tersebut bagus, guru sudang mengenalkan bilangan dengan benda nyata yaitu bola, dari situ anak bisa belajar berhitung secara langsung dengan benda nyata bola. Guru juga bisa menguasai kelas bisa mengkondisikan anak=-anak dengan baik juga memberikan ice breaking dengan beberapa tepuk, agar anak lebih konsentrasi.
Akan tetapi juga ada beberapa kekurangan dari kegiatan tersebut misalnya ada beberapa anak yang belum tentu tertarik/suka dengan bola, mereka lebih suka diam, dan biasannya bola lebih disukai anak laki-laki.