silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,753 Comments

  1. Dari tayangan video yang telah disaksikan bahwa mengajarkan konsep bilangan pada anak usia dini sudah tepat, seperti yang kita ketahui bahwa mengenal konsep bilangan dengan benda merupakan salah satu bentuk yang sederhana dalam penerapan pembelajaran matematika pada anak usia dini, namun tidak semua anak dapat langsung bisa memehami konsep bilangan, seperti yang nampak dalam video beberapa cara yang dilakukan oleh Guru agar peserta didik bisa memahami konsep bilangan, diantaranya menggunakan metode bermain mengambil bola, melalui gerak dan lagu, serta bertepuk tangan. mengenalkan konsep bilangan pada anak usia dini sangat penting karena akan memberikan kemudahan kepada anak dalam mengikuti proses pendidikan lebih lanjut terutama dalam pembelajaran matematika.

  2. Nama : Sri Rahayu
    NIM : 857144885
    Menurut saya strategi yang dilakukan guru sudah cukup bagus namun alangkah baiknya sebelum mengenalkan lambang bilangan dengan yang dekat dengan anak dulu missal menghitung jumlah anak laki-laki dikelas, menghitung anak perempuan, dan menghitung jumlah anak dikelas, lalu menghitung jari tangan, baru menghitung bola dan sebagainya, anak pada umumnya senang bergerak, jadi ketika menyanyikan lagu “Dua mata saia” sambal berdiri dan bertepuk tangan berputas=putar agar anak tidak jenuh, untuk lembar kerja sudah bagus yang dilakukan guru yaitu menghitung jumlah benda dan melingkari lambing bolangan jumlah benda tersebut, untuk pemberian reward sudah bagus yaitu memberikan stempel pada anak yang dapat menghitung jumlah spidol dengan benar, bias juga dengan memberikan bintang, memberikan pujian :good Job”, “Hebat” dan lain-lain.

  3. Nama : Sri Wulandari
    NIM : 858738823

    a. Proses pembelajaran yang dilakukan guru
    Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah cukup baik. Dalam mengenalkan konsep bilangan dan membilang jumlah benda diawali dengan permainan kecil yakni permainan dengan media bola yakni menghitung jumlah bola dan memasukkannya dalam keranjang sesuai instruksi/perintah guru secara bergantian serta diiringi dengan dengan nyanyian dan tepuk tangan sehingga kelas jauh lebih hidup dan menarik. Selain itu guru juga memberikan umpan balik baik itu koreksi bagi anak yang keliru ataupun reward yang berupa pujian serta tanda bintang pada anak yang sudah dapat membilang dengan benar.

    b. Setting kelas dalam video tersebut
    Adapun setting kelas di dalam video tersebut sudah baik karena diawali dengan permainan kecil, maka setting kelas pun dibuat duduk melingkar mengelilingi gurunya. Setting ini memudahkan guru untuk lebih dekat dalam mengjangkau para murid-muridnya sehingga lebih komunikatif serta observasi dan asesmen kelas jauh lebih mudah diterapkan. Tetapi dalam mengerjakan lembar kerja siswa agak sulit karena tidak disediakan meja kecil/meja lipat sebagai alas untuk menulis jawaban soal yang terdapat di dalam lembar kerja siswa.
    c. Kesesuaian proses pembelajaran dengan kompetensi (aspek perkembangan) anak yang akan dicapai.
    Adapun kesesuaian proses pembelajaran dengan kompetensi (aspek perkembangan) anak yang akan dicapai sudah sesuai dan benar yakni mengenalkan konsep bilangan pada anak masuk dalam kategori aspek kognitif.

  4. Nama:Rasmi
    Nim:859375553
    Menurut pendapat saya dari Vidio tersebut strategi yang di lakukan guru sudah cukup c bagus namun alangkah baiknya sebelum mengenal lambang bilangan menghitung dulu jumlah anak laki-laki di kelas dan jumlah anak perempuan di kelas ,kemudian menghitung jari tangannya ada berapa kemudian menghitung bola bolo kecil yang di ambil.ke.udian menyayikan lagu dua mata saya sambil berdiri dan bertepuk tangan namun untuk lembar kerja sudah bagus di lakukan untuk guru karena menghitung benda dan melingkari lambang bilangannya jumlah tersebut.

  5. Nama : Nurjanah
    NIM : 858518655
    Menurut saya dalam video tersebut yang dilakukan guru tersebut dalam upaya mengembangkan pengenalan konsep bilangan sudah sangat baik, dengan melakukan cara menstimulasi pengembangan kognitif anak terutama pengembangan pengenalan konsep bilangan dengan cara melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat mengembangan pengenalan konsep bilangan serta mengajak anak-anak untuk bernyanyi dan bertepuk sambil berhitung. Serta guru juga memberikan penguatan kepada anak dengan memberikan stempel bintang di kedua tangan anak sebagai hasil karya anak.

  6. Mufidatun Nafilah (858399882) S1 PGPAUD

    Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
    Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
    Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri
    Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

  7. Ria Widiawati,857940915
    PG Paud
    Pokjar Salut Pesawaran
    UPBJJ Bandar Lampung
    Menurut saya pembelajaran dengan topik anak sulit mengenal konsep bilangan sudah sangat baik,pembelajaran sambil bermain yang dipilih guru pun sangat menarik dan edukatif,anak mengalami pengalaman nyata saat belajar,guru dapat langsung melakukan observasi untuk assesmen kemampuan kepada anak secara objektif. Guru juga bisa langsung memberi koreksi dan pengguatan pada setiap anak. Kegiatan belajar sambil bermain tersebut juga mampu melatih kepercayaan diri anak,kesportifan pada anak.

  8. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah tepat , pembelajaran dilakukan sambil bermain sehingga anak merasa nyaman dan enjoy . Anak mengalami pengalaman nyata ketika sedang belajar sehingga guru dapat melaksanakan asesmen observasi secara langsung. Kegiatan belajar sambil bermain dapat meningkat kan kepercayaan diri pada anak

  9. Nama : Rizky Mustika Purnamajati
    NIM : 858166353
    Pokjar : Magetan

    Menurut saya, pada vidio tersebut guru telah melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan sangat baik, konsep bilangan yang di terapkan sangat sesuai dengan proses dan kompetensinya, guru mengajak anak membilang dengan benda-benda kongkrit di sekitarnya.
    hanya saja ketika guru memberikan permainan mengambil bola sesuai jumlah angka, guru tidak menunjukkan angkanya, alangkah baiknya jika ketika kegiatan itu sebelum anak mengambil bola guru menunjukkan gambar angkanya, contoh : ini angak berapa? (menunjukkan gambar angka 4 dengan kartu). setelah anak menjawab baru guru memberi perintah lagi, coba mas/ mbak ambil bola sebanyak 4.

  10. Siti Romlah puji Hastuti
    857185121

    Comen saya
    Alhamdulillah.guru dalam menyampaikan materi sudah cukup bagus,jelas,dan menarik sehingga anak-anak antusias dalam meyimak dan memperhatikan dalam kegiatan belajar dan mengajar,bagi anak yang aktif dan proaktif pasti dapat mengikuti dan berkembang sesuai harapan ,namun jika ada anak yang kurang aktif maka hasilnya pun kurang memuaskan.
    Kelemahan dalam menyampaikan kegiatan belajar dan mengajar di sini kurangnya fasilitas yang ada.. terimakasih

Leave a Reply