Similar Posts
Membaca untuk Mendapatkan Informasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Perlawanan pangeran Diponegoro VS Makam Mbah Priok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Yuk, Bercerita Kepada Teman
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak…
Bagaimana Cara Menyampaikan Pesan yang di Peroleh dari Penelepon
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran berbicara di kelas III SD, yaitu cara menyampaikan pesan yang di peroleh dari penelpon. Pada waktu berlatih menerima telepon siswa mendapat pesan dari penelpon. Karena dia tidak mencatat pesan yang di terimanya, maka pesan tersebut tidak…
Memahami Sifat Pada Operasi Hitung
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa…
Nama : Intan Yulistiana
Nim : 856455161
Dalam video pembelajaran tersebut, ada kelebihan dan kelemahannya. Yaitu:
Kelebihan:
– Guru menyampaikan tahapan kegiatan dengan baik, yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, dan mengkomunikasikan
– Menggunakan media bantu (pianika) yang mempermudah anak untuk memahami pembelajaran yang berlangsung
– Penciptaan kelas yang kondusif.
Kelemahannya adalah:
– Guru tidak memberikan salam
– Guru tidak mengecek kehadiran siswa
– Tidak ada kegiatan refleksi di akhir pembelajaran.
Nama : Haya Sopiyati
Nim : 858049939
Program studi : PGSD-S1
Kelas B semester 6
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
izinkan saya untuk menanggapi video tersebut.
Menurut saya dari video yang saya lihat pada kegiatan pembukaan Guru tidak dengan memberi salam kepada siswa, tidak mengecek kehadiran siswa, tidak memberi motivasi serta tujuan kepada para siswa tentang pembelajaran tersebut
Pada kegiatan intinya Guru hanya memberitahukan bahwa akan bermain sebuah alat musik dengan tangga nada mayor, tanpa menjelaskan tentang tangga nada mayor, ciri-cirinya dan apa-apa saja contoh lagu dari tangga nada mayor. Guru hanya memberikan contoh tentang tangga nada mayor secara langsung menggunakan pianika. Guru tidak menuliskan contoh tangga nada C mayor, D mayor, dan E mayor ke papan tulis dan hanya menyuruh siswa memperhatikannya dan mendengarkan serta mengulang kembali apa yang Guru mainkan dengan menirukan nadanya dan mencoba memainkan menggunakan pianika. Dalam hal ini, setelah pelajaran tersebut kemungkinan siswa bisa lupa akan pelajaran yang telah lalu karena tidak mencatat apa-apa yang telah dijelaskan oleh Guru.
Pada kegiatan penutup sudah baik siswa disuruh belajar lagi dan mencoba memainkan sebuah lagu menggunakan pianika, terlihat siswa sudah lancar meminkannya.
Kurang lebihnya saya minta maaf Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Terimakasih
Asslamaualaikum wr.wb
Nama: SRI RIMA RAHMADANI
NIM: 856456608
Program studi: PGSD S1
UPBJJ : PEKANBARU
setelah saya melihat video diatas dengan adanya seorang guru menyapa siswa dalam pendahuluan tetapi adanya kelemahan kurangnya mengucapkan salam pada siswa ,mengecek kehadiran siswa,dengan adanya pendahuluan pada proses pembelajaran tersebut dapat menciptakan suasana yang lebih semangat untuk siswa karena tidak langsung kepembelajaran,setelah itu guru dapat menjelaskan inti dari pembelajaran atau tujuan pembelajaran yang akan dipelajarin pada proses pembelajaran tersebut. dalam pembelajaran juga seorang guru dapat menggunakan metode yang dapat memberikan kemudahan siswa dalam memahami pembelajaran.dengan menggunkan bahan ajar atau alat seperti yang ada divideo tersebut menggunakan pyanika untuk mempermudah siswa praktek langsung yang dijelaskan guru sehingga siswa dapat langsung mengerti.
sekian dari saya,saya ucapkan terimkasih
waalikumsalam.wr.wb
Nama : Anggrita Novim Christama
Nim : 858821176
Prodi : PGSD – S1
Menurut saya dalam pembelajaran di video tersebut diawal pembelajarannya guru tidak mengecek kehadiran siswa-siswinya. Meski diawal guru sudah menjelaskan apa yang dipelajari saat itu, namun guru tersebut kurang memotivasi siswa diawal pembelajarannya jadi kelas berjalan hanya sesuai dengan materi tanpa adanya keseruan didalam pembelajaran. Namun meski begitu anak-anak mudah memahami apa yang telah diajarkan oleh gurunya. Dan diakhir video tidak ada inti penjelasan dari materi yang telah diajarkan.
Mungkin untuk pembelajaran selanjutnya guru dapat lebih mengajak anak-anak untuk berinteraksi dan bermain agar kelas menjadi lebih berwarna dan lebih asik agar anak-anak selalu antusias ketika pembelajaran dimulai
Nama : RILLANITIS PURNA DHITA
NIM : 857725451
Progdi : S1-PGSD
Bismillah
Assalamualaikum
Izin menanggapi video diatas
Setelah menyimak video diatas menurut saya cara guru kurang jelas, karena dalam menerangkan guru mempraktekaan langsung, atau tidak dengan menjelaskan terlebih dahulu secara teori apa itu tangga nada mayor, dan baru setelahnya mempraktekan dengan media alat musik pianika.
Ekspresi wajah guru diatas juga terlalu tegang, Padahal ekpresi wajah juga sangat penting dalam menyampaikan suatu pelajaran. Sehingga siswa merasa nyaman dan terinspirasi untuk belajar dengan antusiasme.
Terimakasih
NAMA : MARIA IGNASIA LOKO
NIM : 859274642
setalah menyimak vidio diatas reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran kurang bersemangat dan agak tegang
kelemahan guru: guru tidak menjelaskan terlebih dahulu materi tentang tangga nada mayor tetapi lansung mempraktekkan.
kelebihan guru:guru menggunakan media sehngga mempermudah peserta didik untuk memahami pembelajaran.
hal unik yang terdapat pada pembelajaran di atas yaitu pada akhir kegiatan peserta didik di minta untuk memainkan tangga nada c mayor dan pesrta didik dengan kompak memainkan tangga nada tersebut.
upaya untuk perbaikan : guru dapat lebih mengajak peserta untuk berinteraksi dan bermain agar kelas menjadi lebih berwarna juga tidak tegang.
sebaiknya guru menjelaskan terlebih dahulu materi pembelajaran,setelah itu baru memperaktekkannya.
Nama : Nurmaidah
NIM : 857196385
Program Studi : PGSD
UPBJJ : Serang
Setelah saya menyimak video tentang “Tangga nada mayor”, tanggapan saya yaitu:
Pada video tersebut nampak siswa mengikuti pembelajaran dengan kondusif, reaksi siswa pun baik dan bersemangat. Namun terdapat kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran, yaitu dalam video tersebut guru tidak menjelaskan materi tentang tangga nada mayor secara terperinci, guru hanya memberikan intruksi untuk menyimak dan mengikuti bahwa nada yang dimainkannya adalah tangga nada mayor. Kelebihan guru dalam video pembelajaran tersebut yaitu guru sudah menggunakan media yang baik dan benar yaitu mempraktekkan tangga nada mayor secara langsung menggunakan alat musik pianika. Hal-hal unik yang saya temui dalam video ini yaitu pada sesi terakhir pembelajaran anak-anak memainkan pianika dengan kompak. Menurut saya, video ini cukup bagus dan menginspirasi namun mungkin butuh sedikit usulan adanya pemberian materi terlebih dahulu sebelum mempraktekkannya menggunakan pianika.
Terima kasih
Nama : Sisna Astrina
Nim : 856982356
Prodi : S1 PGSD
Pokjar : Banjar Agung
UPBJJ UT : Bandar Lampung
Dari hasil pengamatan saya pada video “Tangga Nada Mayor” adalah sebagai berikut :
1. Reaksi siswa pada saat pembelajaran berlangsung sangat tertib dan aktif. Mereka begitu menyimak setiap penjelasan guru dan sangat memperhatikan materi yang diberikan.
2. Kelemahan dalam pembelajaran di video diatas adalah kurangnya penjelasan mendetail tentang ciri-ciri tangga nada mayor dan contoh lagunya.
3. Dari segi kelebihan mempergunakan media dengan sebaik mungkin seperti alat musik pianika untuk membantu menguatkan pembelajaran tangga nada diatonis.
4. Hal unik yang terdapat dalam video diatas adalah ada siswa yang berpendapat bahwa tangga nada seperti urutan abjad.
5. Upaya yang dapat dilakukan agar pembelajaran di video menjadi lebih baik adalah dengan mengajarkan terlebih dahulu materi mendalam tentang apa itu tangga nada, definisi tangga nada mayor, ciri-ciri serta contoh lagu-lagu. Selain itu bisa dengan menyuruh siswa maju satu per satu ke depan menyanyikan lagu tangga nada mayor.
Nama : Nailah Nabila
NIM : 856034467
Setelah saya menyimak video tersebut tampak para siswa/i yang diajarkan oleh guru tersebut tamak tertib dan aman dalam melaksanakan pembelajaran.
Dan dalam video tersebut nampak jelas bagaimana seorang guru melaksanakan pembelajaran dengan sangat bagus dan para siswa/i nya juga aktif dalam pembelajaran dengan bertanya kepada guru apa yang tidak mereka fahami dalam menghafal ” Tangga Mayor “.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Perkenalkan,
Nama : Siti Fadhilah
Nim : 856576676
Prodi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pokjar : Kota Jambi
Dari hasil pengamatan saya pada video di atas adalah :
– Pada awal pembelajaran, guru tidak melakukan pengecekan kehadiran siswa dan tidak kebanyakan bagaimana kondisi siswa pada saat itu. Guru langsung saja pada inti pembelajaran. Jika awal pembelajaran dilakukan secara baik dan benar, hal tersebut akan membangun semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran.
– Pada inti pembelajaran, guru tidak menyampaikan materi yang secara mendetail. Guru tidak menjelaskan apa yang dimaksud dengan tangga nada mayor, macam-macam dan contoh dari tangga nada mayor. Guru juga tidak melakukan pendinginan atau ice breaking guna membangun fokus siswa.
– Pada akhir pembelajaran, guru tidak melakukan kegiatan refleksi atau mengulas kembali pembelajaran yang telah dipelajari.
– Terlepas dari kekurangan tersebut, guru dapat mempraktikan cara menggunakan alat media peraga secara langsung. Guru memainkan pianika sehingga siswa dapat memahami pembelajaran dengan baik.
Saran dari saya, semoga guru dapat merefleksikan lagi bagaimana cara dalam kegiatan belajar mengajar. Guru dapat menentukan metode dan strategi pembelajaran yang tepat. Agar guru melaksanakan pembelajaran yang lebih kreatif dengan cara menampilkan video pembelajaran tentang tangga nada mayor.
Baiklah hanya itu yang dapat saya sampaikan, saya ucapkan terimakasih.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.