silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

27 Comments

  1. Nama: Frisna Virginia
    NIM: 858128321

    Berdasarkan video pembelajaran mengenai tangga nada mayor tersebut, menurut saya terdapat beberapa hal yang bisa saya sampaikan dan simpulkan.

    Kelebihan pada pembelajaran tersebut adalah:
    Dalam penyampaian materi, guru menggunakan media berupa alat musik pianika yang membuat pembelajaran menjadi lebih menarik. Siswa terlihat antusias dalam mendengar, menyanyikan, dan memainkan alat musik. Siswa tertarik dan fokus pada pembelajaran sehingga dapat menyimpulkan bahwa tangga nada mayor yang disampaikan seperti urutan abjad. Siswa juga cukup menguasai dalam memainkan alat musik pianika.

    Kelemahan pada pembelajaran tersebut adalah:
    Guru tidak melakukan pendahuluan dalam pembelajaran, seperti mengecek kondisi siswa, absen, dan memberikan motivasi serta pertanyaan pemantik. Guru langsung ke praktik membunyikan tangga nada mayor tanpa memberikan penjelasan terlebih dahulu mengenai materi tangga nada mayor. Guru tidak menjelaskan bagaimana urutan nada yang benar pada tangga nada D mayor, karena tangga nada C mayor dan D mayor sebenarnya memiliki urutan nada yang berbeda. Siswa hanya mengetahui bahwa tangga nada C mayor dan D mayor berbeda tanpa mengetahui penjelasan spesifik mengapa tangga nada tersebut bisa berbeda.

  2. NAMA : KEVIN CRIST BENEDICTUS LUMBAN GAOL
    NIM : 859891136
    POKJAR : TAPUT-HUMBAHAS
    Berdasarkan video pembelajaran mengenai tangga nada mayor tersebut, menurut saya terdapat beberapa hal yang bisa saya sampaikan dan simpulkan.

    Kelebihan pada pembelajaran tersebut adalah:
    Dalam penyampaian materi, guru menggunakan media berupa alat musik pianika yang membuat pembelajaran menjadi lebih menarik. Siswa terlihat antusias dalam mendengar, menyanyikan, dan memainkan alat musik. Siswa tertarik dan fokus pada pembelajaran sehingga dapat menyimpulkan bahwa tangga nada mayor yang disampaikan seperti urutan abjad. Siswa juga cukup menguasai dalam memainkan alat musik pianika.

    Kelemahan pada pembelajaran tersebut adalah:
    Guru tidak melakukan pendahuluan dalam pembelajaran, seperti mengecek kondisi siswa, absen, dan memberikan motivasi serta pertanyaan pemantik. Guru langsung ke praktik membunyikan tangga nada mayor tanpa memberikan penjelasan terlebih dahulu mengenai materi tangga nada mayor. Guru tidak menjelaskan bagaimana urutan nada yang benar pada tangga nada D mayor, karena tangga nada C mayor dan D mayor sebenarnya memiliki urutan nada yang berbeda. Siswa hanya mengetahui bahwa tangga nada C mayor dan D mayor berbeda tanpa mengetahui penjelasan spesifik mengapa tangga nada tersebut bisa berbeda.

  3. Nama : Seli anggraini
    Nim : 856794897

    Setelah saya melihat dan menyimak video di atas, guru langsung pendekatan praktek mengajak murid berlatih. Menggunakan alat musik ( pianika) tanpa memberikan teori tertulis dipapan tulis, dan guru tersebut tidak melakukan kegiatan pendahuluan, langsung kegiatan inti pembelajaran hal ini dapat perpengaruh kepada siswa dan juga pada kegiatan inti guru tidak melakukan kegiatan dengan jelas guru langsung memberikan penjelasan terlebih dahulu.

  4. Nama : Simetri Oktafia Gulo

    Setelah saya mengamati video tersebut Siswa terlihat antusias dalam mendengar, menyanyikan, dan memainkan alat musik. Siswa tertarik dan fokus pada pembelajaran sehingga dapat menyimpulkan bahwa tangga nada mayor yang disampaikan seperti urutan abjad.

  5. Dhiana Putri
    859543651

    Kelemahan pada pembelajaran tersebut adalah:
    Guru tidak melakukan pendahuluan dalam pembelajaran, seperti mengecek kondisi siswa, absen, dan memberikan motivasi serta pertanyaan pemantik. Guru langsung ke praktik membunyikan tangga nada mayor tanpa memberikan penjelasan terlebih dahulu mengenai materi tangga nada mayor.
    Kelebihan pada pembelajaran tersebut adalah:
    Dalam penyampaian materi, guru menggunakan media berupa alat musik pianika yang membuat pembelajaran menjadi lebih menarik. Siswa terlihat antusias dalam mendengar, menyanyikan, dan memainkan alat musik.

  6. nama : made desi susanti nim 859543913
    Video ini sangat bermanfaat sebagai contoh pembelajaran musik yang menarik dan praktis dengan menggunakan alat musik pianika. Namun, untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, guru perlu menambahkan tahap pendahuluan, memberikan penjelasan teori yang lebih lengkap, dan mengaitkan praktik dengan konsep dasar tangga nada mayor secara jelas. Hal ini akan membantu siswa tidak hanya mahir bermain, tetapi juga memahami teori musik yang mendasarinya.

Leave a Reply