silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Ilustrasi dalam video ini menyajikan  gambaran salah satu cara mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak TK melalui  kegiatan tebak pantomim, yang merupakan salah satu alternative kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan gerakan lainnya. Selain itu, kegiatan tebak pantomime ini juga melatih perkembangan bahasa anak, yaitu kemampuan menyimak, mengekspresikan diri dan mengenal kosa kata agar lebih baik lagi.

Agus Tatang

Tujuan tayangan video sudah sesuai, yaitu sebagai alat bantu guru dalam mengembangkan kemampuan motorik Anak Usia Dini.

Pada waktu pembukaan guru kurang memperhatikan kesiapan belajar siswa sehingga masih ada siswa yang kurang memperhatikan pada materi yang akan dijadikan topik pembelajaran, dan pada waktu  mengisi pembelajaran guru tidak berusaha melibatkan seluruh siswa sehingga ada siswa yang masih belum aktif. Begitupun pada waktu mengevaluasi hasil pembelajaran, guru belum melibatkan semua siswa sehingga ketuntasan pembelajaran secara umm belum nampak.

Penggunaan pendekatan, strategi metode, media dan evaluasi sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Materi yang disajikan sudah sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

Materi yang disajikan sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Secara umum video pembelajaran ini sudah sesuai dengan fungsinya sebagai alat bantu pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan motorik anak usia dini, dan guna mengatasi siswa yang acuh tak acuh terhadap materi yang disajikan guru. Namun  masih ada siswa yang belum terlibat secara aktif karena guru tidak menghampiri semua siswa, terutama siswa yang belum berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran.

Chofnia Saidah

Secara umum tayangan video tersebut sudah cukup bagus dan banyak manfaatnya bagi pengunjung.

Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran cukup terlihat.
Guru menggunakan strategi bermain, tebak-tebakan, disertai media
gambar-gambar yang mendukung, yang membuat anak merasa senang dan
tertarik untuk melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan motorik
kasarnya, dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta
didik, dimana pembelajaran dilakukan dengan nuansa bermain. Untuk
evaluasi pembelajaran, sebelum anak-anak mencuci tangan atau pulang,
anak dapat melakukan gerakan-gerakan sesuai gambar menuju keluar kelas.

Pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku, dimana anak
diperlihatkan sesuatu, anak menebak, dan memperagakan sendiri
gerakan-gerakan tersebut. Guru hanya sebagai fasilitator.

Harimurti

Similar Posts

469 Comments

  1. Nama: Di Ajeng Triwahyuni
    NIM: 856856251
    Diskusi 7: Profesionalitas Guru PAUD

    komentar saya terhadap vidio tersebut: vidio sangat membantu anak dalam menstimulasi dalam perkembngan motorik anak, terutama pada motorik kasar mereka. dalam vidio tersebut guru dapat mengikuti cara dan teknik dari bermain tebak pantom selain kegiatan tersebut tidak membosankan dan dapat membuat anak bersemangat dalam melakukannya. selain itu guru dapat meningkatkan keterampilan dalam bagaimana cara menstimulasi perkembangan motorik anak dengan menarik dan membuat anak menjadi antusias dan tidak bosan. juga anak dapat mengekspresikan diri mereka.

    saran dari saya: yaitu saya sedikit kebingungan pada permainan yang kedua karena tidak dijelaskan bagaimana cara bermain, untuk kedepannya agar di jelaskan dan didetailkan bagaimana cara bermain dan penerapannya kepada anak.

  2. Nama : Lucia Indriyati
    NIM : 858758546
    UPBJJ UT SEMARANG

    Judul : Tebak pantonim
    Komentar : Dari video pembelajaran diatas dapat kita simpulkan bahwa dengan kegiatan Tebak Pantomim dapat meningkatkan imajinasi anak serta mengembangkan kognitif dan motorik anak usia diniSelain itu anak bisa mengerti cara untuk menghadapi masalah melalui kegiatan tebak pantomim.Video tersebut sangat bermanfaat untuk contoh pembelajaran di dalam kelas.

  3. Berbagai kegiatan dapat kita lakukan untuk menghilangkan kebosanan/kejenuhan pada kegiatan belajar anak. Sebagai contohnya dalam vidio ini melalui tebak pantomim anak di harapkan mampu mengembangkan fisik motorik serta bahasa, di mana kegiatan ini dapat menstimulasi anak untuk bergerak sesuai dengan intruksi guru, serta menambah berbagai kata baru / kosa kata pada anak.

  4. Nama : Apriyanti
    Nim : 857629708
    Dari video tersebut saya bisa dapat ilmu baru bagaimana melatih motorik anak dengan cara yang lebih menyenangkan membuat anak lebih terlibat langsung kedalam permainan tebak pantomim serta mengembangkan berbagai aspek

  5. 1. Video 1
    Nama : Risma Septi Lestiyani
    NIM : 858536829
    Prodi : PG PAUD
    Pokjar : Kota Semarang
    Video 1 “Tebak Pantomim”
    Menurut saya Berdasarkan video tersebut sangat membantu anak ntuk menstimulasi perkembangan motorik anak. Berdasarkan yang ditampilkan dapat menjadi alternatif solusi bagi guru yaitu dengan mengikuti cara dan teknik dari bermain tebak pantomim. Dengan kegiatan tersebut anak menjadi senang dan tidak bosan dalam mengikuti proses pembelajaran.
    Saran: lebih banyak lagi video yang sejenis untuk memperkaya keterampilan para guru PAUD dalm hal mengajarkan motorik kasar anak.
    Terimakasih

  6. Nama : Aprilyani
    Nim : 859799063

    Secara keseluruhan, Video “tebak pantomim” adalah kegiatan yang bermanfaat yang dapat membantu anak-anak TK mengembangkan berbagai keterampilan penting. Kegiatan ini menyenangkan, mudah diadaptasi, dan dapat dimainkan di mana saja.
    Manfaat Lainnya:
    • Meningkatkan kreativitas: Tebak pantomim mendorong anak-anak untuk menggunakan imajinasi mereka dan datang dengan gerakan-gerakan baru untuk mewakili berbagai hal.
    • Meningkatkan kepercayaan diri: Saat anak-anak berhasil menebak pantomim atau saat mereka berhasil menyampaikan pantomim mereka sendiri dengan jelas, hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka.
    • Meningkatkan kemampuan bersosialisasi: Tebak pantomim adalah kegiatan yang menyenangkan yang dapat dimainkan bersama teman-teman. Hal ini dapat membantu anak-anak untuk belajar bagaimana bekerja sama, bergiliran, dan mengikuti aturan.

  7. Anwargani Saputra
    836860408

    Kegiatan senam memang baik dilakukan oleh anak usia dini untuk menstimulasi motorik kasar anak. Tetapi jika bermain tebak pantomim. Anak diminta menirukan Gerakan biatang atau benda-beda yang menarik. kegiatan menstimulasi motorik kasar menjadi lebih menarik dan disukai oleh anak-anak.

  8. Nama : Nita Ritani
    Nim : 858450999
    Judul Vidio : Tebak pantomim

    Penggunaan pantomim sebagai media pembelajaran dapat membantu anak-anak mengembangkan berbagai aspek penting, seperti:
    √ Keterampilan komunikasi: Anak-anak belajar untuk berkomunikasi secara nonverbal dengan menggunakan gerakan tubuh dan ekspresi wajah untuk menyampaikan ide dan pesan.
    √ Keterampilan imajinasi dan kreativitas: Anak-anak didorong untuk menggunakan imajinasi mereka untuk menafsirkan gerakan pantomim dan menciptakan cerita atau ide-ide baru.
    √ Keterampilan sosial dan emosional: Anak-anak belajar untuk bekerja sama, bergiliran, dan saling menghargai dalam permainan tebak pantomim.
    √ Keterampilan motorik halus dan kasar: Anak-anak menggunakan gerakan tubuh mereka untuk melakukan pantomim, yang membantu mengembangkan keterampilan motorik halus dan kasar mereka.

    Saran dan Masukan:
    – Variasi: Akan lebih menarik jika video menampilkan berbagai jenis pantomim, seperti pantomim hewan, benda sehari-hari, atau aktivitas.
    – Tingkat Kesulitan: Video dapat dibagi menjadi beberapa tingkat kesulitan, sehingga anak-anak dengan berbagai kemampuan dapat belajar dan bermain dengan sesuai.
    – Interaktivitas: Video dapat dibuat lebih interaktif dengan mengajak anak-anak untuk menebak pantomim bersama-sama atau membuat pantomim mereka sendiri.
    – Durasi: Durasi video mungkin perlu dipersingkat untuk menjaga fokus dan minat anak-anak.
    – Musik: Musik yang digunakan dalam video dapat disesuaikan dengan tema pantomim untuk menambah keseruan.

  9. Nama : Dini Destiani
    NIM : 857524964

    Video ini adalah salah satu cara mengembangkan motorik kasar dan kegiatan tebak pantomim ini juga melatih perkembangan bahasa anak, yaitu kemampuan menyimak, mengekspresikan diri dan mengenal kosa kata agar lebih baik lagi.

  10. Nama :Yuni Indriyastuti
    NIM :857859962
    Dari vidio diatas sangat menginspirasi guru ketika anak sudah tidak mau mengikuti gerakan senam maka guru dapat memberikan tebak pantomim sehingga anak senang dan dapat menstimulasi perkembangannya

Leave a Reply