silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Ilustrasi dalam video ini menyajikan gambaran salah satu cara mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak TK melalui kegiatan tebak pantomim, yang merupakan salah satu alternative kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan gerakan lainnya. Selain itu, kegiatan tebak pantomime ini juga melatih perkembangan bahasa anak, yaitu kemampuan menyimak, mengekspresikan diri dan mengenal kosa kata agar lebih baik lagi.
Agus Tatang
Tujuan tayangan video sudah sesuai, yaitu sebagai alat bantu guru dalam mengembangkan kemampuan motorik Anak Usia Dini.
Pada waktu pembukaan guru kurang memperhatikan kesiapan belajar siswa sehingga masih ada siswa yang kurang memperhatikan pada materi yang akan dijadikan topik pembelajaran, dan pada waktu mengisi pembelajaran guru tidak berusaha melibatkan seluruh siswa sehingga ada siswa yang masih belum aktif. Begitupun pada waktu mengevaluasi hasil pembelajaran, guru belum melibatkan semua siswa sehingga ketuntasan pembelajaran secara umm belum nampak.
Penggunaan pendekatan, strategi metode, media dan evaluasi sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
Materi yang disajikan sudah sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
Materi yang disajikan sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Secara umum video pembelajaran ini sudah sesuai dengan fungsinya sebagai alat bantu pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan motorik anak usia dini, dan guna mengatasi siswa yang acuh tak acuh terhadap materi yang disajikan guru. Namun masih ada siswa yang belum terlibat secara aktif karena guru tidak menghampiri semua siswa, terutama siswa yang belum berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran.
Chofnia Saidah
Secara umum tayangan video tersebut sudah cukup bagus dan banyak manfaatnya bagi pengunjung.
Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran cukup terlihat.
Guru menggunakan strategi bermain, tebak-tebakan, disertai media
gambar-gambar yang mendukung, yang membuat anak merasa senang dan
tertarik untuk melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan motorik
kasarnya, dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta
didik, dimana pembelajaran dilakukan dengan nuansa bermain. Untuk
evaluasi pembelajaran, sebelum anak-anak mencuci tangan atau pulang,
anak dapat melakukan gerakan-gerakan sesuai gambar menuju keluar kelas.
Pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku, dimana anak
diperlihatkan sesuatu, anak menebak, dan memperagakan sendiri
gerakan-gerakan tersebut. Guru hanya sebagai fasilitator.
Harimurti
“ Tebak Pantonim “
Pada video diatas guru mengajak anak-anak untuk bermain pantonim atau tebak-tebakan guru akan memberikan kartu kepada anak-anak dan anak-anak harus mengikuti gerakan dan suara dari kertas yang didapatnya. Selanjutnya guru akan memberikan gerakan atau suara dari hewan tersebut dan guru meminta anak-anak untuk menjawab hewan apakah itu. Dalam video anak-anak terlihat sangat antusias dan senang mengikuti kegiatan tersebut. Permainan antonim ini bisa menjadi salah satu alternatif yang dapat meningkatkan kemampuan anak yaitu menstimulasi kemampuan motorik, membuat anak bergerak, kelenuturan, kesimbangan dan dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak yaitu kemampuan menyimak, mengeksperikan diri dan menambah kosa kata baru
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabaarakatuh.
Nama: Nia Marda Widuri
Nim: 856646575
Judul vidio: Tebak Pantomim
Sering kali ditemukan pada saat kegiatan senam anak tidak antusias mengikuti senam, anak asyik dengan kegiatannya sendiri dan tidak memperhatikan. Kemungkinan anak bosan karena melakukan senam yang sama setiap minggu.
Jika menemukan masalah seperti diatas, maka guru dapat mengajak anak-anak bermain tebak pantomim/tebak gerak, misalnya gerakan binatang, tanaman yang terkena angin dan lain-lain.
Dengan bermain tebak pantomim bisa menjadi salah satu alternatif yang dapat meningkatkan kemampuan, gerakan, keseimbangan, kelenturan dan gerakan lainnya.
Selain itu bermain tebak pantomim ini bisa meningkatkan bahasa anak yaitu kemampuan menyimak, mengekspresikan diri dan juga mengenal kosa kata agar lebih baik
Vidio ini sangat bermanfaat bagi saya dan mudah dipahami. Solusi bermain tebak pantomim ini bisa dijadikan sebagai contoh untuk diterapkan disekolah apa bila guru menemukan masalah yang sama dalam vidio.
Nama : Diyan Wahyuni
NIM : 877317346
Terimakasih atas video yang menginspirasi ini. Anak bosan dan tidak mau mengikuti gerakan senam yang telah dicontohkan oleh guru sering kita dapati di benyak lembaga pendidikan anak usia dini. Dalam video ini telah diberikan salah satu strategi agar anak mau bergerak dan menstimulasi perkemabangan motorik kasarnya tidak hanya itu dengan anak menebak nama atau ciri-ciri dari gerakan yang telah ditunjukkan terlah melatih kemapuan anak dalam berkomunikasi, menuangkan ide dan menegnal kosakata baru
Supaya anak tidak bosan dalam melakukan kegiatan senam, maka guru dapat memberikan kegiatan lain yang menstimulasi perkembangan fisik – motoriknya dengan cara tebak pantomim seperti video ini. Kegiatan ini juga dapat melatih konsentrasi anak, kemampuan bahasa dan berkomunikasi.
Nama: Ruwanti
Nim :857994812
Vidio tebak pantomim ini sangat bermanfaat untuk saya ,dengan vidio ini saya menjadi punya gambaran ketika anak anak sudah mulai malas untuk bergerak karena bosan dengan gerakan senam seperti biasa,jadi dengan referensi vidio ini saya bisa belajar bagaimana mengajak anak untuk mengembangkan bahasa dan kosakata dengan tebak gerakan pantomim
Video ini efektif dalam mengajarkan keterampilan motorik dan bahasa dengan cara yang menarik dan interaktif. Saran-saran di atas dapat membantu meningkatkan kualitas video dan memastikan anak-anak dapat mengikuti kegiatan dengan lebih mudah dan aman.
Nama : HALIDAE
NIM : 858191823
Prodi : PGPAUD
TUGAS : Sesi 7. Guru/ pendidik PAUD yang “kaya”
Video ini efektif dalam mengajarkan keterampilan motorik dan bahasa dengan cara yang menarik dan interaktif. Saran-saran di atas dapat membantu meningkatkan kualitas video dan memastikan anak-anak dapat mengikuti kegiatan dengan lebih mudah dan aman.
Nama : Wiwik Muryati
NIM : 822672159
Vidio dengan tebak pantomin membuat saya ingin mempraktikkan di lembaga saya. dan ini sangat membuat anak antusias dalam pembelajaran serta memperoleh banyak kosakata.
Nama : Krisna Alfiana
NIM : 858532355
Dari hasil menonton video tersebut, saya sebagai guru sadar bahwa menambah wawasan dan mencari ilmu tidak hanya melalui buku saja tetapi dari sosial media juga sangat banyak ditemukan bahan-bahan pembelajaran yang dapat diterapkan terhadap anak didik kita di sekolah, bermain tebak pantomim ternyata dapat melatih perkembangan motorik pada anak, selain itu dapat menambah perbendaharaan kosa kata. Alhamdulillah video ini sangat bermanfaat sekali bagi saya, dan menambah keterampilan saya dalam mengajar sebagai seorang guru.
assalamulaikum
nama : Neni sukarmini
Nim : 857253399
Prodi : PG PAUD semester 2
terimakasih atas video nya, dan sangat menginspirasi sekali kepada saya untuk belajar pantomim di lembaga saya, dan dapat memberikan pembelajaran yang menyenangkan untuk anak