silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Ilustrasi dalam video ini menyajikan  gambaran salah satu cara mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak TK melalui  kegiatan tebak pantomim, yang merupakan salah satu alternative kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan gerakan lainnya. Selain itu, kegiatan tebak pantomime ini juga melatih perkembangan bahasa anak, yaitu kemampuan menyimak, mengekspresikan diri dan mengenal kosa kata agar lebih baik lagi.

Agus Tatang

Tujuan tayangan video sudah sesuai, yaitu sebagai alat bantu guru dalam mengembangkan kemampuan motorik Anak Usia Dini.

Pada waktu pembukaan guru kurang memperhatikan kesiapan belajar siswa sehingga masih ada siswa yang kurang memperhatikan pada materi yang akan dijadikan topik pembelajaran, dan pada waktu  mengisi pembelajaran guru tidak berusaha melibatkan seluruh siswa sehingga ada siswa yang masih belum aktif. Begitupun pada waktu mengevaluasi hasil pembelajaran, guru belum melibatkan semua siswa sehingga ketuntasan pembelajaran secara umm belum nampak.

Penggunaan pendekatan, strategi metode, media dan evaluasi sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Materi yang disajikan sudah sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

Materi yang disajikan sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Secara umum video pembelajaran ini sudah sesuai dengan fungsinya sebagai alat bantu pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan motorik anak usia dini, dan guna mengatasi siswa yang acuh tak acuh terhadap materi yang disajikan guru. Namun  masih ada siswa yang belum terlibat secara aktif karena guru tidak menghampiri semua siswa, terutama siswa yang belum berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran.

Chofnia Saidah

Secara umum tayangan video tersebut sudah cukup bagus dan banyak manfaatnya bagi pengunjung.

Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran cukup terlihat.
Guru menggunakan strategi bermain, tebak-tebakan, disertai media
gambar-gambar yang mendukung, yang membuat anak merasa senang dan
tertarik untuk melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan motorik
kasarnya, dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta
didik, dimana pembelajaran dilakukan dengan nuansa bermain. Untuk
evaluasi pembelajaran, sebelum anak-anak mencuci tangan atau pulang,
anak dapat melakukan gerakan-gerakan sesuai gambar menuju keluar kelas.

Pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku, dimana anak
diperlihatkan sesuatu, anak menebak, dan memperagakan sendiri
gerakan-gerakan tersebut. Guru hanya sebagai fasilitator.

Harimurti

Similar Posts

302 Comments

  1. Nama : Siti Nurhaya
    NIM: 856337397
    Permainan tebak pantomim ini terlihat sangat sederhana, dan mudah untuk diterapkan. Dan anak terlihat aktif untuk mengikuti permainan, anak dapat bekerja sama, dapat berinteraksi dengan baik bersama temannya.
    Permainan ini dapat melatih gerak motorik anak yaitu kemampuan bergerak, kelenturan dan keseimbangan selain itu juga dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak seperti kemampuan menyimak, mengekpresikan kan diri dan mengenal berbagai kosa kata agar lebih baik

  2. Nama : AMELIA SAPUTRI
    NIM : 858184749
    JUDUL : TEBAK PANTONIM

    Izin menjawab dari vidio diatas anak melakukan gerakann senam,tetapi anak kurang semangat jadi ibu guru nya berinisiatif Dalam video, guru mengajak anak untuk bermain Tebak Pantomim bersama, di mana guru yang memimpin permainan dengan cara memilih kartu yang bergambarkan hewan. Dan anak sebagai peserta diharapkan mengikuti perintah tersebut.

    •Kelebihannya
    anak anak senang dan mau mengikuti kegiatan tersebut dengan bermain tebak pantomim
    dalam vidio tersebut anak senang mengikutinya meskioun vidio diawal anak anak terlihat malas jadi ibu gurunya mengajak anak untuk bermain itu. Dengan bermain pantonim mampu mengembangkan motorik kasarnya dengan menggerakan berbagai tubuhnya dan menstimulasi perkembangannya dan melatih koordinasi anggota tubuhnya, pantomim juga sebagai alternafit dalam perkembangan anak dengan melatih, kelenturan, kelincahan, keseimbangan gerak pantomim itu sendiri juga dapat melatih kemampuan bahasa pada anak dengan mengemukakan apa yang dilihat oleh anak.

    •Kekurangan
    Beberapa kekurangan dalam menggunakan model pengajaran anak dengan bermain pantomim adalah
    1. Kurangnya interaksi verbal: Metode pantomim cenderung mengurangi interaksi verbal antara guru dan siswa, sehingga sulit untuk menggali pemahaman mendalam tentang materi pelajaran atau konsep yang diajarkan.
    2. Kurangnya kesempatan untuk berbicara: Anak-anak mungkin merasa kurang nyaman atau tidak terbiasa untuk berbicara di depan kelompok saat menggunakan pantomim sebagai metode pembelajaran, sehingga hal ini dapat menghambat perkembangan keterampilan komunikasi verbal mereka.
    3. Keterbatasan dalam penjelasan kompleks: Beberapa konsep atau ide yang kompleks mungkin sulit untuk disampaikan hanya dengan gerakan tubuh dalam pantomim, sehingga beberapa materi pelajaran mungkin tidak dapat dipahami dengan baik oleh anak-anak.
    4. Tidak cocok untuk semua jenis pembelajar: Beberapa anak mungkin memiliki preferensi belajar yang berbeda, dan model pantomim mungkin tidak cocok untuk semua jenis pembelajar, seperti visual, auditori, atau kinestetik.
    5. Keterbatasan dalam pengembangan keterampilan tertentu: Meskipun pantomim dapat membantu dalam mengembangkan keterampilan motorik dan ekspresi, hal ini mungkin tidak memberikan kesempatan yang cukup untuk mengembangkan keterampilan lain seperti keterampilan berbicara, menulis, atau pemecahan masalah.
    6. Kurangnya kerangka waktu yang jelas: Pengajaran dengan menggunakan pantomim mungkin membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyampaikan materi pelajaran, karena komunikasi melalui gerakan tubuh akan memerlukan waktu ekstra untuk dipahami oleh anak-anak.

    Meskipun demikian, penggunaan pantomim sebagai model pengajaran juga memiliki banyak kelebihan, seperti meningkatkan kreativitas, memfasilitasi pemahaman konsep abstrak, dan melibatkan anak-anak secara aktif dalam proses pembelajaran. Dan sebagai pendamping, Anda dapat memvariasikan model pengajaran yang digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan preferensi.

  3. Assalamualaikum wrwb
    Nama : Ruspita Sari
    Nim : 858102834
    Vidionya mengajarkan anak untuk kreatif dan membuat anak bergerak dengan kegiatan pantinim ini anak menjadi lebih aktif bergerak terimakasih untuk vidionya mudah d pahami dan di terapkan disekolah kami

  4. Assalamuaaliakum wr wr
    saya Andini Salvira
    izin menanggapi
    video “Tebak Pantomim” sangat bermanfaat bagi saya mahasiswa sebagai guru dan anak sebagai peserta didik. Dalam video, guru mengajak anak untuk bermain Tebak Pantomim bersama di mana guru yang memimpin permainan dengan cara memilih kartu yang bergambarkan hewan. Dan anak sebagai peserta diharapkan mengikuti perintah tersebut.
    Terima kasih

  5. Nama : Indah Melani
    NIM : 857489813
    Judul : Tebak Pantomim
    Tanggapan : Video ini sangat bagus memicu anak untuk bergerak aktif.

  6. Nama : Erika Oktaviani
    NIM : 859523563
    Bermain pantomim adalah kegiatan yang menarik, kegiatan ini mengharuskan anak untuk berpikir, dan bagaimana agar mereka dapat bergerak mengikuti gambar yang ada pada kartu tersebut, kegiatan ini juga dapat menstimulus motorik kasar anak juga bahasa. Sebagai seorang guru kita harus mencari kegiatan yang menarik agar anak-anak tidak mudah bosan dan selalu bersemangat dalam belajar. Kegiatan bermain pantomim sangat memberikan inspirasi bagi saya, dn akan saya terapkan disekolah

  7. RIRIN AMINAH
    856858595
    S1 PGPAUD
    Melalui kegiatan menebak gerakan pantomin membuat anak merasa tertantang untuk mengutarakan pendapat, melatih bahasa pada anak, terampil mengekspresikan diri melalui gambar yang ditunjukkan ibu guru. Mengembangkan daya berpikir pada anak.

  8. Nama : Suparti
    NIM :857995283
    Judul vidio ” Tebak pantomim”
    Menurut saya vidio tersebut cukup baik ,memberikan contoh metode kegiatan yang menarik untuk diberikan kepada anak sehingga anak tidak mudah bosan pada saat proses pembelajaran . Aspek perkembangan anak yang dapat dikembangkan melalui kegiatan tebak pantomim diantaranya :
    1.Menstimulasi kemampuan motoric , kemampuan gerak, keseimbangan , kelenturan .
    2. Meningkatkan kemampuan bahasa anak ( meyimak ,mengekspresika diri , mengenal berbagai kosakata agar lebih baik )

  9. Nama : Kidung Ardha Marsela
    NIM : 858000383

    bermain pantomim sangat seru karena anak-anak suka bermain peran menjadi hal-hal lainnya. ini menjadi alternatif kegiatan yang minim alat, sederhana dan bisa dimainkan bersama 1 kelas. permainan ini juga dapat meningkatkan aspek motorik kasar seperti kelenturan dan keseimbangan dan juga bahasa.

  10. Nama : Indrawati Sri Wulandari
    NIM : 857166669
    Dari video di atas guru akan belajar tentang bagaimana menarik minat dan fokus anak untuk memperhatikan gurunya saat mengikuti kegiatan senam salah satunya dengan permainan tebak patonim, anak yang awalnya kurang fokus mengikuti gerakan akan menjadi fokus ketika diajak bermain pantonim tebak gambar. Permainan ini juga bagus untuk meningkatkan kemampuan motorik anak dalam bergerak, kegiatan ini semoga menjadi salah satu alternatif yang dapat kami praktikan di sekolah kami.

Leave a Reply