silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Ilustrasi dalam video ini menyajikan  gambaran salah satu cara mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak TK melalui  kegiatan tebak pantomim, yang merupakan salah satu alternative kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan gerakan lainnya. Selain itu, kegiatan tebak pantomime ini juga melatih perkembangan bahasa anak, yaitu kemampuan menyimak, mengekspresikan diri dan mengenal kosa kata agar lebih baik lagi.

Agus Tatang

Tujuan tayangan video sudah sesuai, yaitu sebagai alat bantu guru dalam mengembangkan kemampuan motorik Anak Usia Dini.

Pada waktu pembukaan guru kurang memperhatikan kesiapan belajar siswa sehingga masih ada siswa yang kurang memperhatikan pada materi yang akan dijadikan topik pembelajaran, dan pada waktu  mengisi pembelajaran guru tidak berusaha melibatkan seluruh siswa sehingga ada siswa yang masih belum aktif. Begitupun pada waktu mengevaluasi hasil pembelajaran, guru belum melibatkan semua siswa sehingga ketuntasan pembelajaran secara umm belum nampak.

Penggunaan pendekatan, strategi metode, media dan evaluasi sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Materi yang disajikan sudah sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

Materi yang disajikan sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Secara umum video pembelajaran ini sudah sesuai dengan fungsinya sebagai alat bantu pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan motorik anak usia dini, dan guna mengatasi siswa yang acuh tak acuh terhadap materi yang disajikan guru. Namun  masih ada siswa yang belum terlibat secara aktif karena guru tidak menghampiri semua siswa, terutama siswa yang belum berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran.

Chofnia Saidah

Secara umum tayangan video tersebut sudah cukup bagus dan banyak manfaatnya bagi pengunjung.

Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran cukup terlihat.
Guru menggunakan strategi bermain, tebak-tebakan, disertai media
gambar-gambar yang mendukung, yang membuat anak merasa senang dan
tertarik untuk melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan motorik
kasarnya, dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta
didik, dimana pembelajaran dilakukan dengan nuansa bermain. Untuk
evaluasi pembelajaran, sebelum anak-anak mencuci tangan atau pulang,
anak dapat melakukan gerakan-gerakan sesuai gambar menuju keluar kelas.

Pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku, dimana anak
diperlihatkan sesuatu, anak menebak, dan memperagakan sendiri
gerakan-gerakan tersebut. Guru hanya sebagai fasilitator.

Harimurti

Similar Posts

300 Comments

  1. Menurut saya melalui kegiatan permainan tebak pantomim sangat bagus karena anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan dan menunjukkan berbagai ekspresi dan minat yang sangat tinggi dan mengerahkan seluruh tenaganya sehingga selain kreatif,aktif juga mengembangkan kosakata anak.

  2. Menurut Saya video ini sangat bermanfaat untuk memperkaya pengetahuan Saya sebagai guru dalam mengimplementasikan ilmu baru ke anak didik saya. Juga bagaimana cara mengontrol kondisi kelas tetap kondusif ketika melakukan permainan Tebak Pantomim.

  3. Menurut saya melalui kegiatan ini dapat banyak mengembangkan motorik anak juga keseimbangan dan keselarasan gerakan dan juga dapat belajar memahami bahasa tubuh mereka selain itu juga daoat melatih konsentradi anak dengan gambar dan melatih pola berfikir anak dapat mengembangkan dalam berkomunikasi secara sosial.

  4. NAMA : Nur Elva Oktaviana
    NIM : 857 609 509
    SERI PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK PAUD
    TEBAK PANTOMIN
    Setelah saya melihat video kegiatan tebak pantonim sangatlah menginspirasi dan sangat bermanfaat bagi saya untuk melakukan kegiatan tersebut ketika saya mengajar. Karena dengan kegiatan tersebut bisa mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan, dan perkembangan gerak lainnya. Selain itu juga bisa melatih perkembangan anak, yaitu kemampuan menyimak, mengekspresikan diri dan mengenal kosa kata agar lebih baik lagi. Dalam video tersebut guru juga sangat sabar dalam mengajar.

  5. Nama : Putu Mas Wina Lestari
    NIM : 859034204
    UPBJJ : Denpasar
    Judul video : Tebak Pantomim
    Video ini sangat membantu anak – anak dalam mengembangan aspek perkembangannya khususnya dalam mengembangkan aspek bahasa dan juga motoriknya. Di samping bermanfaat bagi anak, manfaat yang bisa dirasakan dari teknik atau cara mengembangkan motorik dan bahasa pada anak adalah guru paud. Karena permainan ini dapat diaplikasikan oleh semua lembaga taman kanak – kanak. Kegiatan anak bermain tebak pantomim ini merupakan fenomena yang unik yang membuat anak – anak secara aktif membuat gerakan dan menirukan suara dari kartu gambar yang disiapkan guru. Dengan kegiatan bermain tebak pantomim ini tidak hanya dapat meningkatkan kemampuan motorik saja seperti kemampuan bergerak, keseimbangan, kelenturan, dan gerakkan lainnya selain itu dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak yaitu kemampuan menyimak, mengekspresikan diri dan juga mengenal berbagai macam kosakata agar lebih baik. Di lihat dari video itu juga, tempat yang bisa digunakan atau lebih baik yaitu menggunakan tempat yang lebih luas atau bisa menggunakan tempat di halaman sekolah, agar anak – anak dapat bergerak dengan bebas, dapat lebih ekspresif lagi dalam mengekspresikan atau memperagakan gerakan yang akan ditirukan oleh anak. Lingkungan yang baik dapat mempengaruhi pembelajaran pada anak. Maka oleh sebab itu, kita sebagai guru harus merencanakan kegiatan pengembangan dengan melihat kondisi lingkungan anak, perasaan anak, dan memahami setiap karakter dari anak agar mereka lebih antusias lagi dan lebih semangat lagi dalam mengikuti kegiatan pengembangan yang kita berikan kepada anak – anak. Selain itu, guru juga bisa memanfaatkan teknologi atau IT guna dapat merangsang anak – anak untuk lebih semangat lagi. Misalnya saja guru dapat menggunakan layar yang lebih besar atau menggunakan LCD proyektor, menggunakan gambar atau visual yang lebih cerah dan berwarna dan ukuran gambar lebih besar, maka anak – anak akan memberikan respon yang sangat baik dan meningkatkan keantusiasannya dalam melakukan permainan tebak pantomim ini.

  6. Setelah melihat video tersebut video tersebut memperlihatkan berbagai strategi guru yang di lakukan dalam mengatasi ketika anak-anak mulai tidak bersemangat, ketika mulai bosan dan kendala lainnya. melalui tebak pantonim. kegiatan tersebut dapat mengembangan aspek-aspek perkembangan seperti : melatih perkembangan bahasa anak, yaitu kemampuan menyimak, mengekspresikan diri dan mengenal kosa kata agar lebih baik lagi. kegiatan yang dilakukan yaitu dengan menebak pantomim / menirukan gerakan melalui kartu dan instruksi guru, serta melompat sesuai dengan jumlah dadu. Melalui permainan tebak pantomim ini kita dapat menstimulasi kemampuan motorik anak, kelenturan, keseimbangan, dan gerakan lainnya. Selain itu dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak seperti menyimak, mengekspresikan diri, dan mengenal berbagai pemahaman.
    Hal tersebut menurut saya tepat untuk dilakukan karena dapat melatih perkembangan motorik anak. Selain itu, melalui permainan tebak pantomim anak dapat terlibat aktif dalam permainan dan dapat menambah semangat anak dalam belajar.

  7. Nama : Wiji Tulus Asari
    Nim :858757633
    Dalam video ini menyajikan gambaran salah satu cara bagaimana mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak TK melalui kegiatan tebak pantomim, yang merupakan salah satu alternative kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan gerakan lainnya. Selain itu, kegiatan tebak pantomime ini juga melatih perkembangan bahasa anak, yaitu kemampuan menyimak, mengekspresikan diri dan mengenal kosa kata agar lebih baik lagi.sehingga dapat bermanfaat bagi saya untuk mencontoh atau meniru vidio tersebut.

  8. Dalam konteks anak-anak, bermain tebak pantomin juga dapat menjadi sarana edukasi yang menyenangkan. Permainan ini tidak hanya mengasah keterampilan motorik halus, tetapi juga dapat membangun kedekatan antara anak dan orang tua serta mempererat hubungan antara mereka. Dengan bermain bersama, akan terjalin komunikasi yang baik dan mempererat hubungan antara orang tua dan anak, sehingga bagus untuk tumbuh kembang mereka
    Dalam aplikasi tebak gambar untuk anak usia 4-6 tahun, permainan tebak gambar juga dapat membantu proses anak mengenal gambar dan belajar dengan cara yang menyenangkan. Sehingga, minat anak untuk belajar akan meningkat dan anak akan mengerti semua gambar yang ada di aplikasi tebak gambar
    Dengan demikian, bermain tebak pantomin dapat menjadi salah satu metode yang menyenangkan dan bermanfaat dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak, terutama dalam pengembangan motorik halus mereka.

  9. Nama : Nurul khayatul Qilmi
    Nim : 857631775
    UT Purwokerto, Salut Cilacap
    Dalam video tersebut menunjukkan seorang guru Paud yang “kaya”. Yaitu memiliki kemampuan menggunakan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, membuat anak-anak menjadi antusias dan berpartisipasi aktif pada pembelajaran tersebut, membuat anak mengembangkan motoriknya dalam stimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan dan keseimbangan serta mengembangkan kemampuan bahasanya dan perkembangan sosialnya. Guru tersebut juga dapat mengkondisikan kelas agar tetap kondusif ketika melakukan permainan tebak pantomim.

  10. Menurut saya melalui kegiatan ini dapat banyak mengembangkan motorik anak juga keseimbangan dan keselarasan gerakan dan juga dapat belajar memahami bahasa tubuh mereka selain itu juga daoat melatih konsentradi anak dengan gambar dan melatih pola berfikir anak dapat mengembangkan dalam berkomunikasi secara sosial.serta dapat menambah wawasan saya sebagai guru PAUD cara mengatasi anak yang tidak bersemangat dalam melakukan kegiatan senam.

Leave a Reply