silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Ilustrasi dalam video ini menyajikan gambaran salah satu cara mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak TK melalui kegiatan tebak pantomim, yang merupakan salah satu alternative kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan gerakan lainnya. Selain itu, kegiatan tebak pantomime ini juga melatih perkembangan bahasa anak, yaitu kemampuan menyimak, mengekspresikan diri dan mengenal kosa kata agar lebih baik lagi.
Agus Tatang
Tujuan tayangan video sudah sesuai, yaitu sebagai alat bantu guru dalam mengembangkan kemampuan motorik Anak Usia Dini.
Pada waktu pembukaan guru kurang memperhatikan kesiapan belajar siswa sehingga masih ada siswa yang kurang memperhatikan pada materi yang akan dijadikan topik pembelajaran, dan pada waktu mengisi pembelajaran guru tidak berusaha melibatkan seluruh siswa sehingga ada siswa yang masih belum aktif. Begitupun pada waktu mengevaluasi hasil pembelajaran, guru belum melibatkan semua siswa sehingga ketuntasan pembelajaran secara umm belum nampak.
Penggunaan pendekatan, strategi metode, media dan evaluasi sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
Materi yang disajikan sudah sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
Materi yang disajikan sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Secara umum video pembelajaran ini sudah sesuai dengan fungsinya sebagai alat bantu pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan motorik anak usia dini, dan guna mengatasi siswa yang acuh tak acuh terhadap materi yang disajikan guru. Namun masih ada siswa yang belum terlibat secara aktif karena guru tidak menghampiri semua siswa, terutama siswa yang belum berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran.
Chofnia Saidah
Secara umum tayangan video tersebut sudah cukup bagus dan banyak manfaatnya bagi pengunjung.
Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran cukup terlihat.
Guru menggunakan strategi bermain, tebak-tebakan, disertai media
gambar-gambar yang mendukung, yang membuat anak merasa senang dan
tertarik untuk melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan motorik
kasarnya, dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta
didik, dimana pembelajaran dilakukan dengan nuansa bermain. Untuk
evaluasi pembelajaran, sebelum anak-anak mencuci tangan atau pulang,
anak dapat melakukan gerakan-gerakan sesuai gambar menuju keluar kelas.
Pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku, dimana anak
diperlihatkan sesuatu, anak menebak, dan memperagakan sendiri
gerakan-gerakan tersebut. Guru hanya sebagai fasilitator.
Harimurti
Nama : Dina Khouf Nurul Karomah
NIM : 857380947
Mata Kuliah : Profesionaliatas Guru PAUD
Pokjar : Bogor Utara
Kegiatan tebak pantomim adalah cara yang menarik dan interaktif untuk mengembangkan kemampuan motorik dan bahasa anak TK. Anak akan menggunakan gerakan tubuh mereka untuk menggambarkan objek, aktivitas, atau emosi tertentu. Ini membantu mereka meningkatkan koordinasi antara berbagai bagian tubuh. Kegiatan ini juga dapat melibatkan gerakan halus, seperti menggunakan jari untuk meniru bentuk atau ukuran objek. Ini membantu meningkatkan keterampilan motorik halus. Anak-anak harus memperhatikan keseimbangan dan kontrol gerakan mereka agar mereka bisa menggambarkan objek atau situasi dengan jelas. Ini membantu mereka mengembangkan keterampilan motorik kasar. Sedangkan dalam kemampuan bahasa, anak-anak akan memperluas kosakata mereka saat mereka mencoba untuk menggambarkan berbagai objek atau aktivitas secara visual. Mereka juga akan belajar kata-kata baru saat mendengarkan tebakan teman-teman mereka. Ketika anak-anak menebak apa yang dipantomin oleh teman-teman mereka, mereka akan menggunakan kemampuan bahasa mereka untuk mengkomunikasikan tebakan mereka. Ini membantu meningkatkan kemampuan berbicara mereka.
Nama : Aprilyani
NIM : 859799063
Mata Kuliah : Profesionaliatas Guru PAUD
Komentar:
Saya sangat senang dengan video pembelajaran “Tebak Pantomim” dari Guru Pintar Online. Video-video ini sangat informatif, menarik, dan bermanfaat.
Saya terinspirasi untuk mencoba permainan tebak pantomim di kelas saya. Saya yakin permainan ini akan membantu anak-anak belajar banyak hal, seperti:
Mengembangkan imajinasi dan kreativitas: Anak-anak harus menggunakan imajinasi mereka untuk memikirkan gerakan yang sesuai dengan kata atau frasa yang diberikan.
Meningkatkan keterampilan komunikasi: Anak-anak harus belajar bagaimana berkomunikasi secara nonverbal dengan gerakan tubuh dan mimik wajah.
Memperkaya kosakata: Anak-anak akan belajar banyak kata dan frasa baru saat bermain tebak pantomim.
Meningkatkan kerja sama tim: Anak-anak dapat bermain tebak pantomim dalam kelompok, yang akan membantu mereka belajar bagaimana bekerja sama dengan orang lain.
Masukan dan Saran:
Video-videonya bisa lebih singkat dan to the point. Beberapa video terasa terlalu panjang dan bertele-tele.
Akan lebih baik jika ada lebih banyak contoh permainan tebak pantomim yang kreatif dan inovatif.
Sangat membantu jika ada tips dan trik untuk membuat permainan tebak pantomim lebih menarik dan menyenangkan bagi anak-anak.
Secara keseluruhan, saya sangat puas dengan video pembelajaran “Tebak Pantomim” dari Guru Pintar Online. Saya yakin video-video ini akan membantu para guru PAUD dan orang tua dalam menumbuhkan kemampuan dan kreativitas anak-anak.
#Tebak Pantomim
Saya sangat merekomendasikan video pembelajaran “Tebak Pantomim” dari Guru Pintar Online kepada para guru PAUD dan orang tua. Video-video ini adalah sumber yang berharga untuk mempelajari tentang permainan tebak pantomim dan bagaimana cara memainkannya dengan anak-anak.
Terima kasih Guru Pintar Online atas video-videonya yang bermanfaat!
Nama : Firda Nuzula Ramadhani
Nim : 858756316
Video tersebut bermanfaat bagi saya dan mengetahui cara mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak TK melalui kegiatan tebak pantomim, yang merupakan salah satu alternative kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan gerakan lainnya.
Nama : DHEVI LUCKYMINGTYAS
NIM : 858756591
Vidio tersebut menurut saya sangat bermanfaat bagi saya karena dapat membantu saya dalam menambah kegiatan yang bisa saya berikan kepada anak. Dalam kegiatan tersebut dapat mengembangkan motorik, bahasa, dan sosial emosional serta seni pada anak.
dalam vidio tebak pantomim banyak sekali manfaat untuk perkemabanagn anak-anak. mereka dapat menambh kosakata, belajar menyimak, dan mengekspresikan diri dalam bentuk motorik seuai denagn gambar yang guru perlihatkan. kemampuan olah tubuh juga semakin baik, sang guru juga nampak bersemangat sehingga dapat menyampaikan materi denagn baik dan menyenangkan.
menurut saya video tebak pantomim sangat menarik dan menginspirasi saya sebagai guru paud
selain permainannya menyenangkan
juga banyak pelajaran yang bisa anak dapatkan karena tebak pantomim
melatih perkembangan motorik halus,kasar serta bahasa anak, yaitu kemampuan menyimak, mengekspresikan diri dan mengenal kosa kata agar lebih baik lagi.
Nama ; Mery kamali
Nim :859413986
Upbjj:Makassar
Saya sangat senang dengan kegiatan tebak pantonim ini menjadi inspirasi saya untuk mengajarkan kepada anak didik saya dan dengan kegiatan iji anak anak dapat mengembangkan kemampuan motoriknanak melalui gerark terkoordinasi,kalenturan dan membantu perkembangan bahasa anak baik menyimak,mengekspresikan diri dan juga memahami banyak bahasa, dalam pembelajaran ini kalau bisa cara penyusunan kursi lebih tertata lebih baik lagi .terima kasih
nama : Parinem NIM : 857929127
setelah melihat vidio ini saya merasa menambah pengetahuan saya bahwa melalui tebak pantomin ternyata tidak hanya bahasa anak yang bisa di stimulasi, namun motorik kasar yang di berikan melalui menirukan anak anak sepertti di gambar membuktikan bahwa menjadi guru diperlukan pribadi yang kreatif dan inovatif
assllamualaikum
Nama : Monika Indriani
NIM : 858174311
Dari video diatas dapat menambah pengetahuan saya tentang tebak pantonim. Selain menyenangkan ternyata tebak pantonim juga bisa menstimulasi bahasa,motorik anak sebab dari situlah imajinasi anak terbentuk dan tersalurkan seperti mengikuti suara dan gerak hewan contoh: burung, sehingga anak menjadi kreatif.