silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Ilustrasi dalam video ini menyajikan  gambaran salah satu cara mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak TK melalui  kegiatan tebak pantomim, yang merupakan salah satu alternative kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan gerakan lainnya. Selain itu, kegiatan tebak pantomime ini juga melatih perkembangan bahasa anak, yaitu kemampuan menyimak, mengekspresikan diri dan mengenal kosa kata agar lebih baik lagi.

Agus Tatang

Tujuan tayangan video sudah sesuai, yaitu sebagai alat bantu guru dalam mengembangkan kemampuan motorik Anak Usia Dini.

Pada waktu pembukaan guru kurang memperhatikan kesiapan belajar siswa sehingga masih ada siswa yang kurang memperhatikan pada materi yang akan dijadikan topik pembelajaran, dan pada waktu  mengisi pembelajaran guru tidak berusaha melibatkan seluruh siswa sehingga ada siswa yang masih belum aktif. Begitupun pada waktu mengevaluasi hasil pembelajaran, guru belum melibatkan semua siswa sehingga ketuntasan pembelajaran secara umm belum nampak.

Penggunaan pendekatan, strategi metode, media dan evaluasi sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Materi yang disajikan sudah sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

Materi yang disajikan sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Secara umum video pembelajaran ini sudah sesuai dengan fungsinya sebagai alat bantu pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan motorik anak usia dini, dan guna mengatasi siswa yang acuh tak acuh terhadap materi yang disajikan guru. Namun  masih ada siswa yang belum terlibat secara aktif karena guru tidak menghampiri semua siswa, terutama siswa yang belum berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran.

Chofnia Saidah

Secara umum tayangan video tersebut sudah cukup bagus dan banyak manfaatnya bagi pengunjung.

Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran cukup terlihat.
Guru menggunakan strategi bermain, tebak-tebakan, disertai media
gambar-gambar yang mendukung, yang membuat anak merasa senang dan
tertarik untuk melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan motorik
kasarnya, dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta
didik, dimana pembelajaran dilakukan dengan nuansa bermain. Untuk
evaluasi pembelajaran, sebelum anak-anak mencuci tangan atau pulang,
anak dapat melakukan gerakan-gerakan sesuai gambar menuju keluar kelas.

Pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku, dimana anak
diperlihatkan sesuatu, anak menebak, dan memperagakan sendiri
gerakan-gerakan tersebut. Guru hanya sebagai fasilitator.

Harimurti

Similar Posts

469 Comments

  1. Vidia ini sangatlah menginspirasi bagi kamu seorang guru untuk menanggulangi permasalahan anak yang tidak mau mengikuti kegiatan yang di berikan guru yaitu dengan memberikan kegiatan yang lebih menarik lagi seperti menebak pantomim ini seperti menebak gerakan yang di berikan guru dan anak2 menebak.

  2. Nama : Madelkria Lenga
    NIM : 859322252

    Menurut pendapat saya tentang video tersebut, Video tebak Pantomim adalah permaianan yang menyenagkan dan intearktif. permaiann ini dapat memabntu meningkatkan kreativitas, komunikasi nonverbal, dan kerja sama tim. Dalam video tersebut ada guru melakukan pantomim sebuah kata, frasa, objek dan gamabar, sementara anak-anak mencoba menebak apa yang ada digamabar etrsebut. peramaiann ini dapat menjadi sangat menghibur jika pantomimnya kreatif dan ekspresif seperti ibu guru di video tersebut. Tebak pantomim juga dapat menjadi alat pembelajaran yang efektif, terutama untuk ank-anak. permaianan ini dapat membantu anak meningkatkan kemampuan bahasa, memori, konsentrasi dan motorik kasar.
    TERIMAKASIH.

  3. Nama : Juleha
    Nim : 857272191
    Tanggapan saya terhadap video tebak pantomim : video pertama sangat efektif dalam membangkitkan antusiasme anak – anak agar lebih fokus terhadap arahan guru . permainan tebak pantomim ini juga mendukung pengembangan motorik kasar karena melibatkan gerakan tubuh . Kegiatan ini sangat Bermanfaat dalam menstimulasi imajinasi anak usia dini . Selain itu, dapat meningkatkan rasa percaya diri serta membantu anak mengingat informasi . Permainan ini juga mengasah berbagai aspek perkembangan anak seperti motorik, bahasa, sosial -emosional , dan kognitif serta memperkuat hubungan interaktif antara dan guru maupun antar sesama anak.
    Terimakasih….

  4. NAMA:RURY ANGGRAENI
    NIM:877308171
    PRODI:PG/PAUD
    UPBJJ:SURABAYA

    Mohon ijin saya berkomentar tentang video yang berjudul TEBAK PANTOMIM adalah Saya sudah mencoba permainan “Tebak Pantomim” ini di kelas, dan anak-anak sangat antusias mengikutinya! Mereka terlihat aktif, senang bergerak, dan lebih percaya diri saat mengekspresikan ide melalui gerakan tubuh. Permainan ini juga saya sesuaikan dengan tema pembelajaran, seperti tema binatang dan profesi, agar lebih relevan. Selain melatih motorik kasar, ternyata permainan ini juga membantu anak-anak belajar bekerja sama dan menebak secara kreatif. Terima kasih Guru Pintar Online, video ini sangat membantu dan menjadi inspirasi kegiatan di kelas PAUD saya! Video “Tebak Pantomim” sangat inspiratif dan menyenangkan.Permainannya sederhana, namun memiliki manfaat yang besar.

  5. Nama : Anwargani Saputra
    NIM : 836860408

    Kegiatan tebak pantomim bisa dilakukan menggunakan kartu bergambar hewan agar bisa melatih stimulasi motorik kasar anak sekaligus kognitif serta bahasa anak. Kegiatan tebak pantomim bisa dilakukan sebagai variasi untuk menstimulasi motorik kasar anak selain melakukan senam.

  6. zabrina za farany hasna
    878198433
    Komentar dan tangggapan saya
    Saya telah menonton video pembelajaran berjudul “Tebak Pantomim” dari portal Guru Pintar UT. Video ini menampilkan kegiatan pembelajaran yang sangat menarik dan menyenangkan untuk anak-anak usia dini. Dalam kegiatan tebak pantomim ini, anak diminta untuk memperagakan suatu gerakan tanpa suara, dan teman-temannya menebak gerakan tersebut. Kegiatan ini mengasah kreativitas, kemampuan bahasa non-verbal, serta meningkatkan rasa percaya diri dan kerja sama anak.
    Masukan dan Saran :
    • Kelebihan:
    Video ini sangat menginspirasi karena menampilkan praktik langsung kegiatan di kelas. Anak-anak tampak antusias dan aktif, dan guru pun mendampingi dengan pendekatan yang hangat dan komunikatif.
    • Saran:
    Alangkah baiknya jika ditambahkan penjelasan tujuan pembelajaran di awal video agar pemirsa memahami kompetensi apa yang ingin dicapai. Selain itu, bisa ditambahkan narasi atau subtitle untuk memperjelas langkah-langkah kegiatan.
    Apakah video ini perlu dan bermanfaat ?

  7. Nama : zyeko zeky yekty koemolo
    Nim : 858003665
    Tanggapan saya terhadap video tebak pantonim sangat positif. Video tersebut menunjukkan bagaimana kegiatan ini dapat meningkatkan semangat anak-anak untuk memperhatikan instruksi guru, terlihat dari antusiasme mereka dalam menebak pantonim. Motorik kasar mereka ditingkatkan melalui gerakan-gerakan ekspresif yang mereka lakukan saat menirukan kata atau tindakan. Selain itu, daya imajinatif mereka diasah saat mereka harus menerjemahkan kata-kata menjadi gerakan tubuh. Saya juga mengamati peningkatan rasa percaya diri pada anak-anak, terutama ketika mereka berhasil menebak pantonim dengan benar. Secara keseluruhan, kegiatan tebak pantonim dalam video ini efektif dalam mengembangkan aspek motorik, bahasa, sosial-emosional, dan kognitif anak, serta menciptakan interaksi yang positif antara anak-anak dan guru.

  8. nama : arista o.a
    nim : 877959457
    Video “Tebak Pantomim” dari Guru Pintar Online adalah salah satu contoh pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar dan bahasa anak usia dini. Melalui permainan ini, anak-anak dapat meningkatkan koordinasi tubuh, kelenturan, keseimbangan, serta kemampuan menyimak dan mengekspresikan diri

  9. Assalamu’alaikum wr.wb.
    Izin menanggapi video diatas, yang berjudul “tebak pantonim”.
    Video diatas sangat bermanfaat bagi anak, karena dengan permainan tersebut anak bisa melatih berbagai jenis kemampuan dan juga melatih daya pikir anak dalam bermain, dengan hal ini guru bisa menilai anak dari berbagai aspek dan mengetahui dimana kekurangan yang kurang dikuasai anak.
    Terimakasih.

  10. video ini sangat bermanfaat karena dengan kegiatan ini kita bisa melatih motorik anak dalam mengasah kemampuannya dan aktif dalam kegiatan yang dilakukan seperti terdapat pada video ini.

Leave a Reply