silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Ilustrasi dalam video ini menyajikan gambaran salah satu cara mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak TK melalui kegiatan tebak pantomim, yang merupakan salah satu alternative kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan gerakan lainnya. Selain itu, kegiatan tebak pantomime ini juga melatih perkembangan bahasa anak, yaitu kemampuan menyimak, mengekspresikan diri dan mengenal kosa kata agar lebih baik lagi.
Agus Tatang
Tujuan tayangan video sudah sesuai, yaitu sebagai alat bantu guru dalam mengembangkan kemampuan motorik Anak Usia Dini.
Pada waktu pembukaan guru kurang memperhatikan kesiapan belajar siswa sehingga masih ada siswa yang kurang memperhatikan pada materi yang akan dijadikan topik pembelajaran, dan pada waktu mengisi pembelajaran guru tidak berusaha melibatkan seluruh siswa sehingga ada siswa yang masih belum aktif. Begitupun pada waktu mengevaluasi hasil pembelajaran, guru belum melibatkan semua siswa sehingga ketuntasan pembelajaran secara umm belum nampak.
Penggunaan pendekatan, strategi metode, media dan evaluasi sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
Materi yang disajikan sudah sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
Materi yang disajikan sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Secara umum video pembelajaran ini sudah sesuai dengan fungsinya sebagai alat bantu pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan motorik anak usia dini, dan guna mengatasi siswa yang acuh tak acuh terhadap materi yang disajikan guru. Namun masih ada siswa yang belum terlibat secara aktif karena guru tidak menghampiri semua siswa, terutama siswa yang belum berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran.
Chofnia Saidah
Secara umum tayangan video tersebut sudah cukup bagus dan banyak manfaatnya bagi pengunjung.
Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran cukup terlihat.
Guru menggunakan strategi bermain, tebak-tebakan, disertai media
gambar-gambar yang mendukung, yang membuat anak merasa senang dan
tertarik untuk melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan motorik
kasarnya, dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta
didik, dimana pembelajaran dilakukan dengan nuansa bermain. Untuk
evaluasi pembelajaran, sebelum anak-anak mencuci tangan atau pulang,
anak dapat melakukan gerakan-gerakan sesuai gambar menuju keluar kelas.
Pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku, dimana anak
diperlihatkan sesuatu, anak menebak, dan memperagakan sendiri
gerakan-gerakan tersebut. Guru hanya sebagai fasilitator.
Harimurti
Assalamualaikum wr.wb
Nama: Sofia Nadila Romadoni
NIM : 858005382
Dalam Video “Tebak Pantomim” tersebut menunjukkan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan melatih kemampuan ekspresi serta pemahaman anak terhadap gerakan non-verbal. Permainan ini dapat meningkatkan kemampuan komunikasi non-verbal, imajinasi, dan pemahaman sosial anak usia dini. Kegiatan ini juga membiasakan anak bekerja dalam kelompok dan mengembangkan kepekaan terhadap isyarat.
Video ditampilkan dengan durasi yang pas, visual menarik, dan penjelasan yang mudah dipahami.
Sekian diskusi ini terimakasih.
Bismillah…
Nama : nur Aziza
Alhamdulillah dari video tersebut saya sebagai seorang mendapat kan suantu pembelajaran yang baru, dan bisa di aplikasikan kepada anak².
Video ” tebak pantomim ” menampilkan suatu aktivitas pembelajaran yang seru dan mampu mengasah kemampuan anak dalam mengekspresikan diri serta memahami gerakan tanpa kata. Permainan itu turut membantu meningkatkan keterampilan komunikasi non- verbal , memperkaya imajinasi , dan menumbuhkan pemahaman sosial pada anak usia dini. Selain itu kegiatan ini juga melatih anak untuk bekerja sama dalam kelompok serta menumbuhkan kepekaan terhadap bahasa ibu.
Terimakasih…
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Nama : Veni Normazalianti
NIM : 877674407
Menurut pendapat saya, video tersebut sangat menarik dan efektif dalam mengembangkan kemampuan motorik dan bahasa anak dengan cara yang menyenangkan, melalui permainan ini, anak anak tidak hanya diajak bergerak dan mengekspresikan diri, tetapi juga melatih kreativitas, imajinasi, serta kemampuan komunikasi mereka dengan cara yang menghibur. Video ini bisa menjadi inspirasi guru-guru di kelas dalam menerapkan belajar sambil bermain yang menarik untuk anak-anak.
Assalamualaikum warahmatullahi Wr.Wb
Nama: Habibah Indira Natasa Hasibuan
NIM:878365468
Video ini tidak hanya menarik, tetapi juga mendidik.
Permainan tebak pantomim yang ditampilkan tidak hanya membuat kita bersenang-senang, tetapi juga mengajarkan kita untuk melihat dan memahami gerakan tubuh yang dilakukan tanpa kata-kata. Metode seperti ini meningkatkan kreativitas dan komunikasi nonverbal, terutama dalam pembelajaran.Saya senang bagaimana video ini menggabungkan elemen hiburan dengan pendidikan, menjadikan proses belajar lebih menyenangkan dan tidak membosankan.Kami berharap semakin banyak guru dan pendidik yang menggunakan pendekatan kreatif seperti ini untuk menciptakan suasana belajar yang interaktif dan penuh semangat.Saya ingin mengucapkan terima kasih atas konten yang sangat menginspirasi.
Terimakasih.
Assalamualaikum wr.wb
Nama : Nur Faliha
NIM : 877860109
Saya telah menonton video pembelajaran berjudul “PAUD17_Tebak_Pantomim” dari portal Guru Pintar Online. Video ini sangat menarik karena memperkenalkan metode pembelajaran kreatif melalui permainan tebak pantomim yang sangat cocok untuk anak-anak PAUD/TK. Dalam video tersebut, guru memperagakan cara melakukan pantomim dan mengajak anak-anak untuk menebak gerakan yang diperagakan. Sesi ini berlangsung dengan suasana yang sangat menyenangkan, penuh tawa, dan partisipasi aktif dari anak-anak.
Permainan tebak pantomim ini sangat efektif untuk melatih kemampuan motorik, konsentrasi, kreativitas, serta ekspresi non-verbal anak-anak. Selain itu, kegiatan ini juga dapat meningkatkan keberanian anak untuk tampil di depan teman-temannya dan melatih kemampuan sosial mereka, seperti bekerja sama, menghargai teman, dan belajar menunggu giliran.
Saya sangat mengapresiasi bagaimana guru dalam video tersebut mampu membangun suasana kelas yang interaktif dan positif. Guru juga memberikan contoh pantomim yang sederhana dan mudah diikuti, sehingga anak-anak tidak merasa kesulitan untuk menirukan atau menebak gerakan.
Video ini menyajikan pendekatan yang sangat menarik untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar dan bahasa anak usia dini. Guru dalam video menggunakan permainan tebak pantomim dengan kartu bergambar hewan, di mana anak-anak diminta menirukan gerakan dan suara hewan. Kegiatan ini efektif dalam menstimulasi aspek perkembangan seperti motorik kasar (gerakan tubuh, keseimbangan, kelenturan), bahasa (menyimak perintah, mengekspresikan diri, memperkaya kosa kata), serta sosial-emosional (kerja sama dan menghargai teman). Saya terkesan dengan antusiasme anak-anak saat mengikuti permainan, yang menunjukkan bahwa pendekatan berbasis permainan sangat sesuai untuk anak PAUD. Namun, seperti disebutkan dalam ulasan (), guru kurang memastikan kesiapan belajar semua anak di awal kegiatan, sehingga beberapa anak tampak kurang aktif. Selain itu, ruang kelas terlihat agak sempit, yang mungkin membatasi keleluasaan gerakan anak.
Nama : MENIK SEPTIANA
NIM : 877794095
dalam video pantomim, kita bisa tahu cara membuat anak untuk bergerak,menyimak dan bertambah pembendaharaan kosakata anak . dalam tebak pantomim dapat juga menstimulasi motorik kasar dan bahasa anak. dimana anak bisa memperaktekkan setiap gerakan dalam gambar yang ditunjukan. anak pun akan berimajinasi bagaimana gerak dan suara binatang tersebut.
saran dan masukan
lebih baik lagi jika dalam video tidak hanya menggunakan gambar melainkan dengan boneka tangan. untuk menarik perhatian dan antusias anak dalam kegiatan berlangsung.
menyertakan audio untuk menambah suasana lebih menyenangkan.
Komentar :
Video “Tebak Pantonim” merupakan media pembelajaran yang menarik dan interaktif untuk anak usia dini. Melalui permainan tebak gerakan (pantomim), video ini berhasil menggabungkan unsur hiburan dengan pembelajaran, sehingga anak-anak bisa belajar sambil bermain. Aktivitas menirukan gerakan pantomime ini membantu anak melatih koordinasi tubuh, kelenturan, serta keterampilan motorik kasar (seperti melompat atau bertepuk tangan) dan halus (seperti gerakan jari saat memperagakan aktivitas tertentu). Selain itu permainan ini juga dapat Merangsang Kreativitas dan Imajinasi Anak diajak berpikir kreatif untuk menebak dan menciptakan gerakan, yang baik untuk perkembangan kognitif dan bahasa. Dengan pendekatan bermain, anak lebih termotivasi untuk berpartisipasi aktif tanpa merasa tertekan.
Saran dan Masukan untuk Pengembangan Video:
o Sertakan petunjuk singkat di awal atau akhir video tentang cara memandu anak saat bermain pantomim, termasuk variasi gerakan yang bisa dicoba.
o Contoh: “Bunda/Ayah bisa menambahkan gerakan hewan atau profesi untuk memperkaya kosakata anak.”
o Agar tidak monoton, tambahkan tema berbeda seperti gerakan alam (angin, hujan), hewan (kucing, burung), atau aktivitas sehari-hari (menyapu, menyiram tanaman).
o Gunakan properti sederhana (topi, sapu mainan) untuk memperjelas gerakan.
o Musik latar atau tepukan ritmis bisa membuat gerakan lebih hidup dan membantu anak memahami timing.
o Misalnya: “Ayo tirukan gerakan sambil menghitung 1-2-3!”
o Teks atau gambar simbolik (emoji, ilustrasi) bisa muncul saat gerakan diperagakan, membantu anak yang masih kesulitan menebak.
o Contoh: Saat memperagakan “makan”, muncul gambar sendok atau piring.
o Untuk anak PAUD, durasi ideal 5-7 menit agar fokus tetap terjaga. Bagi konten menjadi segmen pendek (misal: 3 gerakan per episode).
Menurut saya video pembelajaran sudah sesuai dengan tujuan. Materi yang disampaikan juga sesuai dengan kurikulum dan perkembangan anak. Namun akan lebih baik lagi jika guru memperhatikan kesiapan belajar anak saat pembukaan, melibatkan semua siswa secara aktif selama pembelajaran dan mengevaluasi hasil belajar secara menyeluruh.
Sekian dari saya, Terimakasih.