silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Ilustrasi dalam Video ini berisi tentang pemecahan masalah yang dilakukan guru ketika mengajar bernyanyi kepada siswa dengan menggunakan tape recorder karena guru kurang menguasai teknik bernyanyi dengan baik dan benar. Pada kegiatan awal guru menjelaskan lagu yang akan dipelajari kemudian secara bersama-sama mempelajari dengan memutar lagu tersebut melalui tape recorder.
Rusdianto
–
–
Buat couple singing (menyanyi berpasang) untuk mengenal dan mengetahui kelemahan dan kekuatan bernyanyi masing-masing.
Arfan Santoso, S.S.
1.salam pembuka dan doa tidak ada
2.tidak ada apsensi siswa siswi
3.langsung masuk ke giatan inti
4.tidak ada salm penutup
5.langsung memberi pekerjaan dirumah..
assalammualikum wr.wb
nama: yogi saputra gunawan
nim: 856443776
video pembelajaran yang di tampilkan ada beberapa kekukarangan tentu nya pada tahap awalan guru
1.tidak ada salam pembuka
2. tidak berdoa
3. guru lansung ke materi inti pembelajran
4 salam penutup tidak ada
saat bernyanyi guru kurang menguasai lirik lagu yang dia berikan kepada siswa sehingga siswa sulit untuk bernyanyi,
tetapi guru mencari solusi dengan cara mengunakan sound sistem sehingga siswa bisa mengikuti lagu dengan baik,
sekian analisis video pembelajaran dari saya
wassalammualaikum wr.wb
Nama : Lenny Irmayanti
NIM : 858420061
Jurusan : PGSD Semester 6
POKJAR : Balikpapan
UPBJJ : Samarinda
Assalamualaikum Wr. Wb.
Setelah menyimak video pembelajaran “Teknik Bernyanyi dengan Mudah Melalui Media Audio Tape Recorder” pada awal pembelajaran kekurangannya yaitu tidak ada berdoa dan guru tersebut kurang menguasai materi sehingga siswa kesulitan dalam mempelajari sebuah lagu, maka guru bisa mengajarkan lagu tersebut dengan menggunakan alat bantu audio tape recorder. Setelah itu mengajak siswa menirukan lagu yang keluar dari audio tape recorder, agar siswa dapat menyanyikan lagu dengan baik.
Demikian analisis dari saya.
Terimakasih.
wassalammualaikum Wr. Wb.
Nama : Ni Luh Putu Nareswari
NIM : 858429265
UPBJJ : Samarinda (Kalimantan Timur)
Program Studi : PGSD
Assalamualaikum Wr.Wb
1. Bagaimana reaksi siswa/anak terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakuka guru?
a. Siswa merasa tertarik dengan materi yang disajikan
b. Siswa menikmati pembelajaran
c. Siswa tidak terbebani secara kognitif karena menggunakan media pembelajaran audio
d. Siswa akan mudah dan terbiasa karena guru melakukan pengulangan-pengulanagan sehingga cepat terekam dimemori siswa
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
a. Guru kurang inovatif dalam mengelompokkan siswa untuk bernyanyi dalam berbagai baris dan nada
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
a. Guru melakukan pengulangan-pengulangan lirik lagu sehingga siswa mudah dalam menghafal lagu
b. Guru menggunakan media audio sehingga musik yang didengarkan menjadi pengiring yang sesuai untuk dinyanyikan bersama-sama
c. Guru memberikan kesempatan kepada murid untuk tampil di depan kelas
4. Stelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
a. Menggunakan media pembelajaran yang lebih interaktif dan inovatif serta relevan
b. Guru membuat pentas kecil di halaman sekolah untuk menampilkan bakat dan puncak pembelajaran siswa
Wasalamualaikum Wr.Wb
Nama : Eka Susanti
NIM : 858309648
Assalamu’alaikum Wr Wb
dalam vidio pembelajaran di atas terdapat banyak sekali kekurangan dalam kegiatan pemeblajaran.
seperti tidak menyampaikan tujuan pembelajaran, tidak melakukan apersepsi, tidak melakukan motivasi dan masih banyak lagi kekurangan yang lainnya.
jika seorang guru tidak memberikan tujuan pembelajaran yang akan di pelajari hari itu, maka kegiatan pembelajaran tidak akan selesai dengan maksimal guru tidak akan mampu mengukur dan memberi penilain hasil belajar karena tidak menjelaskan apa yang akan di capai, jika kita mempelajari materi ini.
jterimakasih
Nama : Letisa Tima Amara
NIM : 857677042
UPBJJ : Semarang
Program Studi : PGSD
Menurut saya, Sebelumnya guru memberikan salam pembuka, doa, menerangkan materi pembelajaran, dan tujuan pembelajaran yang diberikan.
Sebelum mulai alangkah baiknya guru juga mengajarkan not angka dari lagu tersebut sehingga anak dapat menyanyikan lagu tersebut menggunakan not angka baru dengan lirik lagu, dan baru menggunakan bantuan alat atau media yang ada.
Saat guru mengecek siswa dalam menyanyikan lagu tersebut menggunakan media, alangkah baiknya siswa yang lain memperhatikan dan tidak berisik, agar dapat mendengar siswa bernyanyi dengan baik. JIka diperlukan menggunakan mic saat siswa bernyanyi.
Sekian saran saya. Mohon maaf jika ada salah kata. Terima kasih.
Nama: Zinta Andini
Nim : 856037867
Assalamualaikum wr.wb.
Menurut saya dari vidio di atas memiliki banyak kekurangan seperti, pada awal masukbguru hanya mengucapkan selamat pagi dan tidak ada salam pembuka. Jadi kesannya seperti buru-buru, dan setelah ke inti pembelajaran pada saat selesai mengajar guru juga tidak ada salam penutup, dan tujuan belajar dari vidio tersebut kurang jelas.
Nama : Heldita Rizka Yani
NIM : 856075193
Jurusan : PGSD Semester 6
Pokjar : UPBJJ KOTA BATAM
Assalamualaikum Wr. Wb.
Setelah saya menyimak video diatas menurut pandangan saya banyak kekurangan nya pada awal masuk kelas tidak ada pendahuluan seperti salam pembuka, doa , penejelasan amteri dan tujuan pembelajaran.
guru langsung masuk pada inti materi dan guru juga kurang menguasai nada lagu sehingga guru sulit mempraktikkan nyanyian dan siswa juga kurang mengenali nada nya sehingga guru mengambil langkah solusi melalui media audio tape recorder dengan seperti ini siswa dapat mengikuti nada lagu dengan baik.
terimakasih
Nama : Wida Ayu Meilani
Nim : 858935811
UPBJJ : Jember
Program Studi : PGSD
Assalamualaikum wr wb.
Menurut saya, setelah menyimak video pembelajaran diatas dapat diketahui bahwa terdapat banyak kekurangan dalam proses pembelajaran tersebut. Sebaiknya sebelum memulai pembelajaran, guru hendaknya memberikan salam pembuka serta memberikan penjelasan tentang materi dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan. Selain itu sebaiknya guru juga memberikan salam penutup yang baik kepada siswa, sehingga dalam proses pembelajaran tersebut dapat sesuai dengan prosedur pembelajaran yang baik dan benar yang mana dengan melakukan prosedur pembelajaran yang baik dan benar tersebut, diharapkan akan mendapatkan hasil yang optimal.
NAMA : ANGELA STEFANI CAROLINA SUNG
NIM : 858416466
1. Bagaimana reaksi siswa/anak terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakuka guru?
a. Siswa merasa sangat tertarik dengan materi yang disampaikan
b. Siswa menikmati pembelajaran
c. Siswa tidak terbebani secara kognitif karena menggunakan media pembelajaran audio
d. Siswa mudah dan terbiasa karena guru melakukan pengulangan-pengulanagan sehingga cepat terekam dimemori siswa
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
a. Guru kurang inovatif dalam mengelompokkan siswa untuk bernyanyi dalam berbagai baris dan nada
b. Guru kurang mengetahui teknik bernyanyi dengan baik dan benar
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
a. Guru melakukan pengulangan-pengulangan lirik lagu sehingga siswa mudah dalam menghafal lagu
b. Guru menggunakan media audio sehingga musik yang didengarkan menjadi pengiring yang sesuai untuk dinyanyikan bersama-sama
c. Guru memberikan kesempatan kepada murid untuk tampil di depan kelas
4. Stelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
a. Menggunakan media pembelajaran yang lebih interaktif dan inovatif serta relevan
b. Guru membuat pentas disekolah untuk menampilkan bakat dan puncak pembelajaran siswa