Sinopsis

Video ini bertujuan untuk menjelaskan secara singkat Teori Evolusi melalui Seleksi Alam yang dicetuskan oleh Charles Darwin. Materi ini diangkat berdasarkan kurikulum pengajaran Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas XII. Kelebihan pembelajaran melalui video ini adalah adanya gambar visual yang menjelaskan Teori Evolusi melalui Seleksi Alam yang dicetuskan oleh Charles Darwin. Pada awal video siswa akan diberikan pertanyaan yang berkaitan dengan Teori Evolusi melalui Seleksi Alam, kemudian pemateri akan menjabarkan materi dan diakhir video diharapkan siswa dapat menjawab pertanyaan, serta menganalisis Teori Evolusi melalui Seleksi Alam yang dicetuskan oleh Charles Darwin melalui literatur lainnya dan memberikan pandangan tentang evolusi makhluk hidup berdasarkan pemahamannya. Lalu apa yang dimaksud dengan Teori Evolusi melalui Seleksi Alam yang dicetuskan oleh Charles Darwin?

Evolusi atau dalam Bahasa Inggris disebut to evolve memiliki pengertian berkembang atau berubah secara perlahan-lahan, asal kata evolusi ini sendiri berasal dari Bahasa Latin yakni evolut yang artinya menggulir. Teori-teori mengenai evolusi dikemukakan beberapa tokoh seperti Lammarck, Wallace, Weissman dan Charles Darwin. Charles Darwin merupakan seorang naturalis kebangsaan Inggris yang lahir pada tahun 1809. Penelitiannya dimulai ketika ia memulai perjalanan laut ke seluruh dunia menggunakan kapal HMS Beagle, semasa penelitian biologisnya pada tahun 1838 ia menghasilkan kajian mengenai evolusi dengan pernyataan bahwa evolusi terjadi karena adanya proses seleksi alam. Kajian ini kemudian dibukukan dengan judul On The Origin of Species by Means of Natural Selection.

Perjalanan Darwin untuk menemukan teori evolusi bermula ketika ia singgah di Galapagos, ia menemukan perbedaan kelompok-kelompok burung Finch (famili Fingillidae) yang juga hidup di Ekuador namun memiliki perbedaan dengan yang hidup di Galapagos. Ia menemukan terdapat burung Finch pemakan biji dengan paruh tebal, pemakan madu dengan paruh lurus, dan pemakan serangga yang paruh yang dapat memegang duri kaktus. Darwin mengatakan bahwa burung Finch telah mengalami evolusi yang terjadi karena seleksi alam di mana individu yang cocok dengan lingkungannya akan bertahan hidup dan yang tidak cocok akan mati seperti perbedaan paruh burung Finch yang menyesuaikan lingkungan tempat tinggalnya untuk bertahan hidup. Seleksi alam bagi Darwin merupakan agen utama dalam proses terjadinya evolusi, individu yang mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya akan terus berkembang biak, sementara yang tidak dapat menyesuaikan diri akan musnah dan hilang.

Risye Restu Musdama

Similar Posts

6 Comments

  1. Guru memberikan pembelajaran melalui video gambar visual yang menjelaskan Teori Evolusi melalui Seleksi Alam yang dicetuskan oleh Charles Darwin sehingga dapat menarik perhatian siswa sehingga meningkatkan konsentrasi siswa dalam proses pembelajaran.
    Kedua menurut saya guru sudah menguasai kelas dengan baik. Metode yang digunakan yaitu metode cerita sehingga kurang menarik perhatian siswa. tapi guru bertindak profesional dengan menyadari ada masalah dalam kelasnya.
    Dalam video ini guru tersebut mampu membaca situasi di dalam kelas sehingga guru setelah memberi penjabaran materi kemudian memberi pertanyaan langsung kepada siswa. Sehingga terjadi interaksi pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif & menyenangkan

    Usulan terhadap peningkatan kualitas pembelajaran berikutnya
    1. Sebagai guru sebaiknya dapat memetakan anak yang tidak fokus untuk menjadi pusat perhatian dan siswa didekati secara individual. Kemudian guru mengadakan pendekatan secara persuasif pada siswa yang tidak fokus tersebut.
    2. Apabila dalam melaksanankan pembelajaran terdapat masalah maka kita harus segera mengganti strategi pembelajaran agar pembelajaran berlangsung dengan baik.

  2. Nama : Joni Tangaka
    Nim : 041880146
    1. Reaksi anak terhadap kegiatan pembelajarn.
    Dimana siswa siap menerima materi yang akan diberikan.
    2. Kelemahan dalam pembelajaran
    – Guru hanya menjelaskan 1 arah
    3. Kelebihan dalam pembelajaran
    – guru menguasai kelas
    – Media yang di gunakan memudahkan siswa untuk lebih memahami materi
    – Tutur bahasa dan penyampaian materi yang digunakan guru sangat baik
    – Guru memberi umpan balik kepada siswa
    4. Hal unik
    – ada siswa yang melamun saja
    5. Upaya yang diusulkan
    – menurut saya guru dalam menjelaskan materi pembelajaran sudah sangat baik ada baiknya ditingkatkan dalam hal penguasaan kelas yang menyeluruh jangan hanya satu arah saja.

  3. Nama : Nurhikmah
    NIM : 041156558
    -Reaksi siswa terhadap pembelajaran sangat antusias , karena ketertarikan dengan materi yang akan di pelajari sehingga siswa siap menerima materi yang disampaikan guru. Adapun kelemahan dalam proses pembelajaran teaching center walaupun ada pemantik pertanyaan sebelum pembelajaan dimulai. Kelebihan dalam pembelajaran media pembelajaran sangat menarik , guru menguasai materi yang akan diberikan, dan bahasa yang di sampaikan mudah difahami oleh siswa, Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya sehingga adanya forum diskusi .
    – Saran kesimpulan dari proses pembelajaran guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi secara kelompok dengan memberikan pertanyaan -pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi , misal menanyangkan video mengenai teori evolusi , kemudian buat pertanyaan setelah video ditayangkan sehingga dengan pertanyaan tersebut siswa akan berpikir kritis dan metode pembelajaran pun tidak teaching center.

  4. Nama : Kusumanadiani
    NIM : 043854841
    Progdi : FKIP/Pendidikan Fisika

    • Setelah saya mengamati video diatas refleksi dan analisis data saya berpendapat adalah Guru memberikan pembelajaran melalui video gambar visual yang menjelaskan Teori Evolusi melalui Seleksi Alam yang dicetuskan oleh Charles Darwin sehingga dapat menarik perhatian siswa sehingga meningkatkan konsentrasi siswa dalam proses pembelajaran.
    Kedua menurut saya guru sudah menguasai kelas dengan baik. Metode yang digunakan yaitu metode cerita sehingga kurang menarik perhatian siswa. tapi guru bertindak profesional dengan menyadari ada masalah dalam kelasnya.

    Reaksi siswa terhadap pembelajaran
    Siswa menyimak saat guru menyampaikan materi
    Siswa dapat menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan Teori Evolusi melalui Seleksi Alam dari guru
    Siswa mendengarkan secara jelas (fokus ) terhadap materi yang dijelaskan
    Siswa memperhatikan terhadap materi yang disampaikan

    Kekurangan dan Kelebihan guru dalam video:
    Kekurangan
    o Pada saat membuka pelajaran, guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar.
    o Guru tidak melakukan apersepsi/mengaitkan pelajaran
    o Guru tersebut melempar pertanyaan secara tiba tiba kepada siswa tanpa melemparkan pertanyaan terlebih dahulu kepada siswa yang tahu jawabannya
    o Metode yang digunakan yaitu metode cerita sehingga kurang menarik perhatian siswa.
    Kelebihan
    o Guru memberikan pembelajaran melalui video gambar visual yang menjelaskan Teori Evolusi melalui Seleksi Alam yang dicetuskan oleh Charles Darwin
    o Guru menjabarkan materi dan diakhir video diharapkan siswa dapat menjawab pertanyaan, serta menganalisis Teori Evolusi melalui Seleksi Alam yang dicetuskan oleh Charles Darwin melalui literatur lainnya dan memberikan pandangan tentang evolusi makhluk hidup berdasarkan pemahamannya

    Hal unik dalam video proses pembelajaran
    Dalam video ini guru tersebut mampu membaca situasi di dalam kelas sehingga guru setelah memberi penjabaran materi kemudian memberi pertanyaan langsung kepada siswa. Sehingga terjadi interaksi pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif & menyenangkan

    Pendapat maupun Teori dari Pakar yang mendasari langkah-langkah perbaikan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan
    Menurut Cagne dan Biggs dalam Tengku Zahara Djafaar, pembelajaran adalah rangkaian peristiwa atau kejadian yang mempengaruhi siswa sedemikian rupa sehingga proses belajarnya dapat berlangsung mudah. Sebagai bagian dari sistem, sasaran pembelajaran adalah mengubah masukan yang berupa siswa yang belum terdidik menjadi siswa yang terdidik.
    Mel Silberman mengemukakan pernyataan yang disebut paham belajar aktif hasil modifikasi dari pernyataan Conficius. Pernyataan tersebut adalah: “What I hear, I forget; What I hear and see, I remember a little; What I hear, see, and ask question about or discuss with someone else, I begin to understand; What I hear, see, discuss, and do, I acquire knowledge and skill; What I teach to another, I master (Apa yang saya dengar, saya lupa; Apa yang saya dengar dan lihat, saya ingat sedikit; Apa yang saya dengar, lihat, dan tanyakan atau diskusikan dengan beberapa teman, saya mulai paham; Apa yang saya dengar, lihat, diskusikan, dan lakukan, saya memperoleh pengetahuan dan keterampilan; Apa yang saya ajarkan pada orang lain, saya menguasainya).

    Usulan terhadap peningkatan kualitas pembelajaran berikutnya
    1. Sebagai guru sebaiknya dapat memetakan anak yang tidak fokus untuk menjadi pusat perhatian dan siswa didekati secara individual. Kemudian guru mengadakan pendekatan secara persuasif pada siswa yang tidak fokus tersebut.
    2. Apabila dalam melaksanankan pembelajaran terdapat masalah maka kita harus segera mengganti strategi pembelajaran agar pembelajaran berlangsung dengan baik.

  5. Nama:Hot Artauli Silaen
    Nim :043891438
    Prodi : Pendidikan Biologi

    Mengenai Video pembelajaran tersebut,dapat saya perhatikan bahwa guru tersebut sudah baik dalam menguasai kelasnya.
    Cara penuturan pelajaran yang jelas,perlahan dan tidak mengebu-gebu sehingga siswa mampu menangkap pembelajaran dengan baik.
    Guru tersebut juga mampu mengajak siswa-siswinya untuk mengambil kesimpulan dari apa yang sudah dipelajari sehingga pembelajaran tersebut tidaklah menjadi sia-sia.
    Serta memberikan apresiasi atas respon siswa menjadi hal yang penting juga dilakukan untuk memberikan penghargaan kepada siswa tersebut sehingga kedepannya dia semakin rajin lagi kedepannya untuk berproses di kelas.

    Selain hal itu,penggunaan media berupa layar proyektor yang dilakukan sangat mampu memberikan siswa materi yang lebih jelas lagi untuk menambahi informasi pembelajaran dari buku cetak.

    Adapun sedikit tambahan,agar kiranya guru tersebut membuat suasana kelas yang lebih ceria dan bersemangat misalnya dengan diselingi candaan disetiap pelajaran namun melihat batas nya juga sehingga siswa lebih menyenangkan lagi dan untuk mengatasi juga adanya siswa yang mulai bosan dan mengantuk.

    Terimakasih Bapak Ibu guru
    mohon maaf bila ada tutur kata yang kurang berkenan

    Salam pendidikan

Leave a Reply