Sinopsis
Program ini menggambarkan seorang guru yang kesulitan untuk memulai pelajaran karena siswa dalam kelasnya memiliki tingkat pengetahuan yang tidak merata. Upaya yang dilakukan guru dalam program ini adalah meminta siswa untuk mempelajari materi dikrumah sebelum materi tersebut diajarkan keeseokan harinya. Selain itu guru juga memberikan tugas-tugas secara individual agar siswa dapat lebih memahami yang disampaikan. Apabila siswa masih belum dapat menguasai materi juga maka dapat diberikan remedial dengan menggunakan tutor sebaya.
Hartinawati
Video ini bertujuan untuk membantu guru mengatasi masalah, khususnya masalah pengetahuan dasar siswa yang tidak merata.
Pembukaan kurang menarik. Akan lebih menarik bila dikaitkaitkan dengan kehidupan siswa apalagi ini pelajaran IPA yang erat kaitannya dengan kehidupan siswa. Guru menutup pelajaran dengan menarik yaitu sedikit memuji dan memotivasi siswa untuk belajar
Pendekatan dan strategi yang digunakan guru dalam mengatasi masalah sudah OK (mengaktifkan tutor sebaya, memberi PR, dan tugas individual)
Video ini bagus sebagai video pembelajaran. Kekuatan guru: selalu melakukan refleksi kemudian mencari solusi untuk mengatasi masalah.
Saran:
Sebaiknya guru tidak lupa melakukan apersepsi pada saat membuka pelajaran.
Pergantian jam pelajaran (tiba-tiba istirahat) sebaiknya dibuat lebih mulus dan masuk akal.
Deetje Sunarsih
Nama: Jennie Nathania NIM: 501203104 Prodi: Magister Pendidikan Dasar Yang saya pelajari dari video ini mengenai manfaat pretest pada pembelajaran masa kini. Pretest untuk materi baru yang akan disampaikan oleh pendidik ini saya rasa cukup berguna untuk mengukur kemampuan tiap peserta didik terhadap materi yang akan dipelajari. Melalui hasil prestest ini juga, pendidik dapat lebih mudah memetakan tingkat pengetahuan dasar yang dimiliki oleh peserta didik pada materi tersebut. Menurut saya, manfaat yang saya dapat dari mengamati video pembelajaran ini salah satunya adalah sebagai pendidik saya masih perlu untuk meningkatkan keterampilan dalam memberikan perhatian khusus pada peserta didik yang masih belum mencapai pengetahuan dasar rata-rata, bukan justru menyalahkan guru pada jenjang sebelumnya. Saran saya untuk video pembelajaran ini yaitu masih perlunya peningkatan resolusi untuk video. Terimakasih.
Program ini menunjukkan respons yang baik dari seorang guru yang menghadapi tantangan dalam mengajar siswa dengan tingkat pengetahuan yang tidak merata. Upaya guru untuk meminta siswa mempelajari materi di rumah sebelum diajarkan di kelas merupakan langkah yang efektif dalam mengatasi perbedaan tingkat pengetahuan. Hal ini memungkinkan guru untuk memanfaatkan waktu di kelas dengan lebih efisien, karena siswa sudah memiliki pengetahuan awal tentang materi yang akan diajarkan.
Memberikan tugas-tugas secara individual juga merupakan strategi yang baik untuk memfasilitasi pemahaman siswa secara individu. Dengan memberikan tugas yang sesuai dengan kemampuan masing-masing siswa, guru dapat membantu mereka dalam memahami konsep yang diajarkan secara lebih mendalam. Pendekatan ini memperhatikan kebutuhan dan kecepatan belajar yang berbeda-beda pada setiap siswa.
Apabila siswa masih menghadapi kesulitan dalam menguasai materi, memberikan remedial dengan menggunakan tutor sebaya adalah langkah yang positif. Tutor sebaya dapat memberikan bantuan tambahan kepada siswa yang membutuhkan, sehingga mereka memiliki kesempatan lebih besar untuk memahami dan menguasai materi. Pendekatan ini juga dapat meningkatkan interaksi sosial antara siswa dan memperkuat keterampilan komunikasi dan kolaboratif mereka.
Secara keseluruhan, program ini menunjukkan upaya yang berfokus pada kebutuhan individual siswa dan memperhatikan perbedaan tingkat pengetahuan di kelas. Strategi seperti mempelajari materi di rumah, tugas individu, dan remedial dengan tutor sebaya dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif.
Nama : Adinda Khoerunnisa, NIM : 501233153, Prodi: Pascasarjana Pendidikan Dasar.
Program ini menunjukkan respons yang baik dari seorang guru yang menghadapi tantangan dalam mengajar siswa dengan tingkat pengetahuan yang tidak merata. Upaya guru untuk meminta siswa mempelajari materi di rumah sebelum diajarkan di kelas merupakan langkah yang efektif dalam mengatasi perbedaan tingkat pengetahuan. Hal ini memungkinkan guru untuk memanfaatkan waktu di kelas dengan lebih efisien, karena siswa sudah memiliki pengetahuan awal tentang materi yang akan diajarkan.
Memberikan tugas-tugas secara individual juga merupakan strategi yang baik untuk memfasilitasi pemahaman siswa secara individu. Dengan memberikan tugas yang sesuai dengan kemampuan masing-masing siswa, guru dapat membantu mereka dalam memahami konsep yang diajarkan secara lebih mendalam. Pendekatan ini memperhatikan kebutuhan dan kecepatan belajar yang berbeda-beda pada setiap siswa.
Apabila siswa masih menghadapi kesulitan dalam menguasai materi, memberikan remedial dengan menggunakan tutor sebaya adalah langkah yang positif. Tutor sebaya dapat memberikan bantuan tambahan kepada siswa yang membutuhkan, sehingga mereka memiliki kesempatan lebih besar untuk memahami dan menguasai materi. Pendekatan ini juga dapat meningkatkan interaksi sosial antara siswa dan memperkuat keterampilan komunikasi dan kolaboratif mereka.
Secara keseluruhan, program ini menunjukkan upaya yang berfokus pada kebutuhan individual siswa dan memperhatikan perbedaan tingkat pengetahuan di kelas. Strategi seperti mempelajari materi di rumah, tugas individu, dan remedial dengan tutor sebaya dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif.
Setelah menonton salah satu video pembelajaran yang ada di Guru Pintar Online (GPO) seri Pembelajaran SMP dengan judul “Tidak Meratanya Pengetahuan Dasar Siswa dalam Kelas”, masalah yang dihadapi guru adalah ada beberapa siswa yang belum memiliki pengetahuan dasar tentang materi yang dibahas. Penyebab masalah tersebut adalah siswa belum pernah diajarkan materi tersebut di tingkat sebelumnya. Alternatif pemecahan masalah adalah dengan menyuruh siswa untuk mempelajari materi seblum mulai pembelajaran, dan menggunakan tutor sebaya untu membantu pemahaman dasar siswa. Tujuan perbaikan dari pembelajaran tersebut adalah agar siswa memiliki pengetahuan dasar yang sama sebelum dimulainya pembelajaran.
menanggapi vidio di atas terkait tidak meratannya pengetahuan dasar siswa di kelas
hal ini banyak di alami oleh seorang guru karena kemampuan setiap anak berbeda-beda, oleh karena itu apabila ada yang tertinggal atau tidak merata kita harus memberikan tugas tambahan kepada anak tersebut ketika di rumah , dengan tujuan bisa mengejar target pencapaian teori dalam pembelajaran.
terus menguapayakan hal-hal baik yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mencapai proses pembelajaran dengan baik dan afektif.