Similar Posts
Belajar Matematika dengan Lingkungan Sebagai Media
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini berisi gambaran tentang suasana kelas saat belajar matematika dimana guru menggunakan papan tulis untuk mengajarkan bilangan pecahan. Banyak siswa yang tidak mengerti bahkan tidak memperhatikan. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah menggunakan benda-benda konkret seperti buah-buahan untuk pembelajaran matematika khususnya bilangan pecahan…
Yuk Mengarang Bebas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Teknik Bernyanyi dengan Mudah Melalui Media Audio Tape Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ilustrasi dalam Video ini berisi tentang pemecahan masalah yang dilakukan guru ketika mengajar bernyanyi kepada siswa dengan menggunakan tape recorder karena guru kurang menguasai teknik bernyanyi dengan baik dan benar. Pada kegiatan awal guru menjelaskan lagu yang akan dipelajari kemudian secara bersama-sama mempelajari dengan memutar…
Mendeskripsikan Benda Secara Tepat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini…
Memerankan Tokoh Berdasarkan Teks
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Belajar Membuat Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana…
Nama: Muhammad Aqil Haironi Alamsyah
NIM: 858050324
Kelas: PKP B (Semester 8)
Izin untuk menanggapi.
Berdasarkan yang saya amati, isi dari video tersebut membahas tentang bagaimana cara seorang guru dalam membimbing siswanya untuk belajar dengan materi tentang membaca sebuah teks cerita.
Adapun permasalahan pembelajaran yang saya analisis dari video tersebut yaitu, saat semua siswa sedang fokus pada bacaannya masing-masing, ada salah satu siswa yang mengganggu teman sebangkunya saat sedang membaca sehingga membuat suasana kelas menjadi gaduh. Dan permasalahan lainnya yaitu, guru yang langsung menyuruh siswa untuk membaca bahan bacaannya tanpa terlebih dahulu menjelaskan bagaimana konsep membaca yang baik dan benar agar dapat dipahami isinya serta tidak menjelaskan seberapa pentingnya membaca untuk diterapkan sejak dini.
Sekian dan terima kasih.
Nama : Amara Gandha D.A.S
NIM : 877967035
Pokjar Joyoboyo Kediri
Reaksi : Reaksi anak ketika guru menyuruh membaca ada anak beberapa yang sibuk sendiri ada yang sibuk membaca.
Kelemahan : Guru kurang inovatif dalam penggunaan metode dan media pembelajaran agar siswa focus secara aktif dalam membaca buku bacaan. Proses pembelajaran yang kurang menarik berakibat murid cepat bosan.
Kelebihan : Guru membawakan pembelajaran terbilang klasik, hanya menunjuk siswa untuk mengapresiasi pekerjaan siswa.
Hal unik :
-Tidak adanya salam pembuka.
-Proses pembelajaran yang kurang menarik berakibat murid cepat bosan.
-Seharusnya guru lebih aktif dalam mengawasi murid-muridnya dan mendatangi satu persatu agar tidak ada murid yang bergurau.
Upaya yang bisa dilakukan guru mungkin pemakaian media dan sarana pembelajaran bisa lebih meningkat lagi.
Nama : Srinayanti Telaumbanua
NIM : 855853665
Pada video tersebut, dapat kita lihat reaksi siswa tidak begitu antusias serta tidak fokus dalam membaca dikarenakan kurangnya perhatian guru serta siswa yang hanya sekedar membaca tanpa mengetahui isi bacaan yang mereka baca. Adapun kelebihan dari video tersebut ialah, guru menyediakan media pembelajaran yaitu buku cerita yang dibagikan pada setiap siswa.
Hal unik yang dapat ditemukan dalam video pembelajaran tersebut yaitu cara guru yang langsung mendatangi dan menegur dengan cara yang baik pada siswa yang tidak fokus membaca.
Upaya untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar
menurut saya alangkah baiknya jika pada awal pembelajaran guru menambahkan apersepsi dan ice breaking pada awal pembelajaran tersebut agar siswa semangat dalam mengikuti pembelajaran tersebut. Guru juga hendaknya memberikan perhatian lebih dalam memantau siswa dalam membaca agar tau mana siswa yang benar-benar fokus membaca dan seharusnya seorang guru memberikan contoh terlebih dahulu kepada siswa, agar siswa tau di mana letak tanda baca saat berhenti yang benar.
Nama : Elsya Namora
NIM : 857137912
UPBJJ : JAKARTA
Membaca merupaka sebuah kegiatan yang mampu meningkatkan kemampuan kosakana siswa, dengan membaca siswa diharapkan mampu menambah kosakata mereka yang sangat berguna saat berkomunikasi dengan orang lain baik dengan teman sebaya maupun orang lain.
Ketika siswa diberikan bahan bacaan untuk dibaca secara mandiri, ada saja siswa yang tidak focus terhadap bahan bacaannya sehingga menganggu teman yang lain sehingga kelas menjadi gaduh.
apa yang harus dilakukan untuk mengatasi anak yang tidak focus saat membaca bacaan dikelas.
Salah satu caranya yaitu :
– Mendatangi siswa yang bermasalah tersebut
– Memberikan teguran apakah sudah selesai membaca
– Dan tanyakan apa penyebabnya
Kelemahan Video tersebut :
1. Guru tidak mengucapkan salam dan menyapa siswa
2. Guru tidak memulai pembelajaran dengan membaca Doa
3. Guru tidak mengabsen siswa
4. Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran
5. Guru tidak menjelaskan / mengulang pelajaran sebelumnya, sebelum pelajaran yang baru dimulai.
Kelebihan Video tersebut :
1. Guru mengapresiasi siswa yang maju kedepan
2. Guru aktif dalam pembelajaran
Assalamualaikum Wr.Wb
Nama : Nadia Julia Cania
NIM :856080987
UPBJJ: Batam
Menurut pendapat saya setelah mengamati vidio yang berjudul “yuk, Kita Baca Lagi” terdapat beberapa kekurangan maupun kelebihan dari vidio tersebut, yakni;
Kelebihan: 1) Guru memberikan apresiasi pada siswa yang berani untuk maju kedepan kelas daan memberikan kesempatan bagi siswa lain yang ingin tampil menceritakan kembali hasil bacaan nya. 2) Guru aktif mengawasi dan menegur siswa yang membuat keributan dan mengganggu temannya yang sedang membaca buku cerita yang telah di bagikan. 3) Guru memberikan bahan bacaan yang baru untuk anak yang memiliki kecepatan yang lebih dari siswa lainnya agar tidak mengganggu konsentrasi siswa lainnya saat membaca.
Kekurangan: 1) Diawal pembelajaran guru tidak mengawali pembelajaran dengan salam pembuka, berdoa dan mengabsen serta tidak memberikan apersepsi sebelum memluai pembelajaran. 2) Guru juga tidak menjelaskan tujuan dari pembelajaran yang sedang berlangung, guru tersebut hanya memberikan sebuah bahan bacaan.
sekian pendapat dari saya terimakasih,
Wassalamu’alaikum Wr.Wb
Menurut pendapat saya setelah mengamati vidio yang berjudul “yuk, Kita Baca Lagi” terdapat beberapa kekurangan maupun kelebihan dari vidio tersebut, yakni;
Kelebihan: 1) Guru memberikan apresiasi pada siswa yang berani untuk maju kedepan kelas daan memberikan kesempatan bagi siswa lain yang ingin tampil menceritakan kembali hasil bacaan nya. 2) Guru aktif mengawasi dan menegur siswa yang membuat keributan dan mengganggu temannya yang sedang membaca buku cerita yang telah di bagikan. 3) Guru memberikan bahan bacaan yang baru untuk anak yang memiliki kecepatan yang lebih dari siswa lainnya agar tidak mengganggu konsentrasi siswa lainnya saat membaca.
Kekurangan: 1) Diawal pembelajaran guru tidak mengawali pembelajaran dengan salam pembuka, berdoa dan mengabsen serta tidak memberikan apersepsi sebelum memluai pembelajaran. 2) Guru juga tidak menjelaskan tujuan dari pembelajaran yang sedang berlangung, guru tersebut hanya memberikan sebuah bahan bacaan.
sekian pendapat dari saya terimakasih,
Wassalamu’alaikum Wr.Wb
Khusna fadhillah
Nim : 857697345
Pendapat saya mengenai vidio pembelajarandi atas yaitu ada anak yang tidak fokus sehingga mengganggu teman lain. Dan ada anak yang fokus membaca namum fokus masing masing pada bacaan masing masing jadi kurang memperhatikan guru.Pada awal pembelajaran guru tidak melakukan pembukaan yaitu mengucapkan salam pembuka dan menyapa siswa. Dan tidak mengabsen siswa .Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Kelebihan dari pembelajaran di vidio yaitu :
1.guru sudah mengapresiasi atau memberi timbal balik yang baik bagi siswa yang berani maju ke depan dan memberikan kesempatan kepada siswa lainnya.
2. Guru menegur siswa yang yang kurang memeperhatikan dan bercanda sendiri karena mengganggu siswa lain.
Nama : Anita Amalia Oktavia
Nim : 858698593
Menurut pendapat saya setelah mengamati video ini terdapat beberapa kelebihan dan juga kekurangan, yaitu :
Kelebihan :
1. Guru aktif mengawasi siswa dengan cara menegur siswa yang tidak fokus membaca dan mengganggu temannya
2. Guru memberikan apresiasi terhadap siswa yang berani maju ke depan
3. guru yang langsung mendatangi dan menegur dengan cara yang baik pada siswa yang tidak fokus membaca.
Kekurangan :
1. Diawal pembelajaran guru tidak memberikan salam pembuka, doa dan motivasi
2. Penggunaan metode pembelajaran yang diterapkan membosankan, sehingga ada beberapa siswa yang tidak fokus terhadap pembelajaran
Nama : Paiqoh
NIM: 857104992
POKJAR : Tarumajaya
UPBJJ: UT Jakarta
Dari video yang sudah saya amati menjelaskan bahwa membaca merupakan sebuah kegiatan yang mampu meningkatkan kosakata siswa. Dari video tersebut menggambarkan seorang guru yang menyuruh anak-anak untuk membaca buku tanpa memberi aturan, arahan ataupun cara baca yang baik dan benar, supaya dapat menciptakan kelas yang baik. Karena hal tersebut sehingga ada seorang murid yang mengganggu teman sebelahnya, adapun cara untuk menegur murid yang mengganggu temannya itu yaitu dengan cara mendatangi murid tersebut dan bertanya apakah sudah selesai membaca dan apa penyebab murid tersebut mengganggu temannya, ketika murid tersebut sudah selesai membaca maka guru akan menggantikan buku itu dengan buku bacaan baru, setelah masalah teratasi, dan murid murid lain pun sudah selesai dalam bacaannya, maka seorang guru itu menyuruh muridnya untuk menjelaskan apa dari hasil yang sudah mereka baca, dengan maju kedepan dan menceritakan kepada teman teman di depan kelas, sehingga dari kegiatan membaca tersebut anak anak sudah bisa mencerna dan memahami apa yang sudah di baca dan berani untuk maju kedepan kelas
Nama: Paiqoh
NIM: 857104992
PKJAR: Tarumajaya
UPBJJ: UT Jakarta
Dari video yang sudah saya amati menjelaskan bahwa membaca merupakan sebuah kegiatan yang mampu meningkatkan kosakata siswa. Dari video tersebut menggambarkan seorang guru yang menyuruh anak-anak untuk membaca buku tanpa memberi aturan, arahan ataupun cara baca yang baik dan benar, supaya dapat menciptakan kelas yang baik. Karena hal tersebut sehingga ada seorang murid yang mengganggu teman sebelahnya, adapun cara untuk menegur murid yang mengganggu temannya itu yaitu dengan cara mendatangi murid tersebut dan bertanya apakah sudah selesai membaca dan apa penyebab murid tersebut mengganggu temannya, ketika murid tersebut sudah selesai membaca maka guru akan menggantikan buku itu dengan buku bacaan baru, setelah masalah teratasi, dan murid murid lain pun sudah selesai dalam bacaannya, maka seorang guru itu menyuruh muridnya untuk menjelaskan apa dari hasil yang sudah mereka baca, dengan maju kedepan dan menceritakan kepada teman teman di depan kelas, sehingga dari kegiatan membaca tersebut anak anak sudah bisa mencerna dan memahami apa yang sudah di baca dan berani untuk maju kedepan kelas